Tempat Wisata

Pantai Lancok: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Lancok merupakan pantai yang menjadi saksi bisu peristiwa besar yang menimpa Aceh. Peristiwa yang menggemparkan dunia tersebut bahkan menimbulkan kesedihan bagi semua orang yang mengetahuinya. Pantai yang mendokumentasikan bencana tsunami 26 Desember 2004, sebuah tragedi yang tidak ingin dialami oleh siapa pun di dunia ini.

Selalu ada hikmah dibalik kejadian, begitulah yang terjadi di Pantai Lancok. Pantai yang sempat porak-poranda akibat kekuatan gelombang tsunami besar beberapa tahun lalu, kini perlahan berubah menjadi tempat wisata yang selalu ramai dan dikunjungi banyak orang dari berbagai daerah. Seolah Tuhan ingin menghapus kekhawatiran umat manusia lewat keindahan pantai ini.

Pantai Lancok

Pantai Lancok terletak di Desa Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Lebih tepatnya tempat wisata ini terletak 14 kilometer dari kota Lhokseumawe. Wisatawan asal Banda Aceh atau Sumut bisa menggunakan jalan Medan-Banda Aceh. Selanjutnya dapat mengambil jalan di sebelah Lapangan Bayu yang berada tepat di depan Kantor Kecamatan Syamtalira Bayu.

Setelah itu wisatawan harus berkendara sekitar 5 kilometer hingga mencapai sebuah tikungan yang terdapat brosur berisi informasi tentang perlindungan lingkungan. Dari sudut ini tidak jauh lagi menuju Pantai Lancok. Melalui jalan beraspal, wisatawan juga bisa menggunakan segala transportasi darat untuk menuju pantai ini.

Pesona Pantai Lancok

Hembusan angin datang dari arah laut dan perlahan membelah hembusan daun palem. Suara deburan ombak yang tak henti-hentinya bagaikan alunan musik tenang yang perlahan membawa kita ke dalam keheningan. Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah birunya laut.

Satu demi satu perahu nelayan kecil berenang dengan tenang mencari ikan. Saking damai dan asrinya, mungkin itulah kesan yang ingin diberikan oleh Pantai Lancok. Kaki kita terasa dimanjakan saat menginjak pasir putih yang lembut. Jejak kaki yang kami tinggalkan di pantai perlahan menghilang ditelan ombak.

Pantai Lancok

Segala keindahan yang ditawarkan Pantai Lancok seakan membuat wisatawan terpesona dan ingin kembali lagi ke tempat wisata ini. Tempat dimana kita bisa serasa berada di surga kecil, surga yang sengaja diciptakan Tuhan untuk mengobati kesedihan akibat bencana tsunami di Aceh.

Sesampainya di kawasan ini, wisatawan melihat sebagian pantai yang dibentengi tembok laut untuk menahan deburan ombak. Banyak pengunjung yang memancing dari atas bendungan.

Di sisi lain, wisatawan juga menjumpai pantai yang tidak memiliki tanggul sehingga bisa memandang langsung hamparan lautan luas. Tempat ini biasanya menjadi tempat yang populer bagi para wisatawan untuk bermain air, mandi, berenang, bermain ombak atau sekedar duduk bersantai di atas pasir sambil menikmati keindahan laut.

Fasilitas di Pantai Lancok

Sesampainya di lokasi Pantai Lancok wisatawan langsung menemukan tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan. Di tempat parkir ini juga terdapat toilet umum yang dapat digunakan oleh pengunjung. Dan terdapat juga mushola kecil untuk wisatawan muslim.

Setelah melewati pintu masuk, pengunjung akan disambut dengan deretan gubuk semi permanen yang terdapat hampir di setiap tepian Pantai Lancok. Pondok-pondok ini terletak tepat di bendungan pemecah gelombang pantai. Tempat ini sengaja diperuntukkan bagi pengunjung untuk bersantai dan menikmati panorama sekitar objek wisata.

Baca juga:

Selain pondok untuk bersantai, terdapat juga pondok yang memungkinkan untuk hiburan seperti karaoke. Di gubuk ini pengunjung bebas memilih lagu sesuai keinginan. Bernyanyi bersama orang tercinta di Pantai Lancok akan menjadi kenangan yang mungkin sulit untuk dilupakan.

Dengan segala fasilitas yang ada, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Aceh Utara. Selain itu, warga sekitar juga berharap dengan adanya fasilitas yang lengkap membuat kunjungan ke pantai ini semakin menarik wisatawan dan memudahkan wisatawan untuk berada di Pantai Lancok.

Mengunjungi Pantai Lancok bisa menjadi destinasi liburan populer di Aceh. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di pantai.

Mandi di pantai

Selepas puas berkaraoke bersama orang tercinta, Anda juga bisa berenang di tepian Pantai Lancok dan menikmati sensasi deburan ombak yang tak ada habisnya. Sejuknya air berwarna kebiruan serta deburan ombak yang datang silih berganti menerpa tubuh kita seolah menjadi terapi alami untuk melepas kepenatan selepas perjalanan.

Bagi anda yang tidak bisa berenang disarankan untuk tidak melakukan aktivitas ini karena pantai Lancok memiliki ombak yang cukup besar. Meski tidak berbahaya, Anda tetap perlu waspada dan berhati-hati.

penangkapan ikan

Jika tidak ingin basah kuyup di pantai, Anda bisa menghabiskan waktu dengan memancing. Kegiatan ini dapat dilakukan di bendungan gelombang. Tak sedikit warga lokal dan wisatawan yang datang dari jauh untuk memancing sambil menikmati pemandangan di sekitar Pantai Lancok.

Jika Anda tidak membawa peralatan memancing, jangan khawatir karena di sekitar Pantai Lancok banyak terdapat persewaan peralatan memancing termasuk umpan. Harga jasa sewa alat pancing ini tergolong murah karena Anda hanya perlu menyiapkan Rp 5.000 hingga Rp 5.000 saja. 10.000 tergantung jenis alat pancing yang ingin disewa.

Wisata kuliner

Selain menikmati keindahan Pantai Lancok, Anda juga bisa berwisata kuliner dan menyantap hidangan khas yang lezat, yaitu mie kepiting. Namun, Anda harus bersabar karena masakan ini membutuhkan waktu hingga satu jam untuk disiapkan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau pada kepiting. Kepiting ini dibeli oleh pedagang dari pembuat kolam setempat yang berada tidak jauh dari Pantai Lancok. Jadi bisa dipastikan kepiting ini selalu segar dan terjamin kualitasnya.

Selain mie kepiting petelur, Anda juga bisa mencoba menu lainnya di Pantai Lancok seperti mie aceh yang bagian atas mienya ditaburi saos tomat dan acar timun sebagai lauknya. Untuk menikmati sajian lezat di atas, Anda hanya perlu menyiapkan Rp. 25.000 untuk satu porsi dan Rp 10.000 untuk es krim kelapa muda.

Perburuan Foto

Mengabadikan momen berharga bersama orang-orang terdekat pun menjadi kegiatan yang tak kalah seru. Anda dapat berpose di setiap sudut pantai, yang memberikan latar belakang yang bagus untuk selfie yang menyenangkan. Sebab segala pesona dan keunikan Pantai Lancok sayang jika dilewatkan tanpa diabadikan dalam foto.

Baca juga:

Biaya masuk dan jam buka Pantai Lancok

Untuk menikmati indahnya panorama Pantai Lancok, wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pengunjung hanya perlu menyiapkan Rp. 2.000 untuk parkir dan Rp 5.000 di akhir pekan. Untuk memasuki kawasan pantainya sendiri, Anda hanya perlu membayar Rp5.000 pada hari kerja dan Rp10.000 pada hari libur. Sedangkan untuk jam bukanya, Anda bisa menikmati keindahan Pantai Lancok mulai pukul 09.00 hingga 17.00

Peta lokasi Pantai Lancok

Tips menuju Pantai Lancok

  • Jika Anda ingin mandi atau sekedar bermain ombak di kawasan ini, sebaiknya membawa pakaian ganti.
  • Bawalah barang secukupnya karena fasilitas di kawasan ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.
  • Waspada dan hati-hati saat berenang karena terkadang ombak besar bisa membahayakan Anda.
  • Menjaga kelestarian dan kebersihan di pantai dengan tidak membuang sampah
  • Doakan agar liburanmu tetap menyenangkan dan berjalan sesuai rencana.

Galeri Foto Pantai Lancok

Potret Pantai Lancok
Bermain di Pantai Lancok
Fasilitas di Pantai Lancok
Sarana akomodasi dan istirahat
Potret restoran terapung di Pantai Lancok

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button