Tempat Wisata

Pantai Laskar Pelangi Belitung – Atraksi, Aktivitas, Tempat & Harga Tiket

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Kecamatan Sijuk, Kab.Belitung, Kepulauan Bangka-Belitung; map: pemeriksaan situs

Kepulauan Bangka Belitung terkenal di kalangan wisatawan karena pantainya yang indah, bercirikan pasir putih halus, gradasi air laut biru, dan deretan tebing granit. Keindahan pantai yang tidak biasa dan berbeda membedakannya dengan pantai-pantai lain di Indonesia. Pesona pantai yang identik dengan bebatuan granit juga dimiliki oleh Pantai Tanjung Tinggi atau biasa dikenal dengan Pantai Laskar Pelangi.

Alasan kenapa pantai ini dikenal dengan nama Laskar Pelangi adalah karena pernah dijadikan lokasi syuting film berjudul Laskar Pelangi pada tahun 2005 silam. Setelah film diputar di bioskop, para penonton dibuat takjub dengan keindahan Pulau Bangka, termasuk penonton yang takjub dengan keindahan pantai di film tersebut. Penonton yang penasaran dengan keindahan pantainya seperti datang ke sana untuk menikmati pesona pantainya.

Sedangkan asal usul nama Pantai Tanjung Tinggi berarti pantai dengan bebatuan yang tinggi, nama ini berasal dari kata Tanjung yang berarti semenanjung. Dan kata jangkung berasal dari batuan granit dengan ukuran yang besar dan tinggi. Dengan keunikannya tersebut membuat Pantai Tanjung Tinggi menjadi salah satu destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Daya tarik itu milik Pantai Laskar Pelangi

Daya Tarik Pantai Laskar PelangiKredit foto: Google Maps Aryo Sanjaya

1. Pasir putih dan air laut yang jernih

Sudah menjadi keistimewaan tersendiri bahwa hampir semua pantai di Bangka Belitung memiliki pasir putih yang indah dan air laut yang jernih. Saking jelasnya terkadang Anda bisa melihat ikan-ikan kecil berenang ke tepian.

2. Pesona pantai bawah laut

Selain keindahan pantai permukaan di Pantai Laskar Pelangi ini juga memiliki pesona bawah laut yang jarang diketahui orang. Cocok bagi anda yang hobi snorkeling, jika anda masuk ke tengah dan lebih dalam anda akan menjumpai karang-karang yang masif. Jika Anda menyelam lebih dalam, Anda akan menemukan jenis terumbu karang lainnya.

Jika Anda menyelam lebih dalam ke pantai ini, Anda akan menemukan bahwa terumbu karang di sini memiliki kondisi yang tidak sehat. Kondisi terumbu karang di sini secara fisik terekspos atau bisa dibilang kering karena air surut. Beberapa jenis terumbu karang antara lain follose, massive coral dan sebagainya.

Saat menyelam Anda juga akan menemukan ribuan ikan kecil membentuk formasi berkelompok. Ada juga padang lamun dengan spesies dan lapisan makroalga yang berbeda. Terkadang Anda juga bisa menjumpai ubur-ubur, meskipun cantik, Anda harus berhati-hati terhadap hewan-hewan ini.

3. Batu granit

Pantai Laskar Pelangi selalu identik dengan bongkahan batu granit yang menjulang tinggi dan besar. Tidak jarang dijumpai batu granit seukuran bangunan rumah, hal yang biasa jika berkunjung ke beberapa pantai di Bangka Belitung. Jika Anda melihat di film Laskar Pelangi ukuran batunya cukup besar, Anda wajib datang ke sini dan menyaksikan kemegahan bebatuan granit tersebut.

Batuan granit di sini memiliki usia sekitar 60 hingga 200 juta tahun, yang berarti batuan di kawasan pantai ini memiliki sejarah yang panjang. Beberapa semenanjung yang mengelilingi pantai ini juga memiliki deretan batu-batu granit besar. Ini adalah daya tarik unik yang mungkin tidak Anda temukan di tempat tujuan wisata mana pun.

4. Menjelajahi kawasan pantai

Daya tarik itu milik Pantai Laskar PelangiSumber gambar: Google Maps Arie Kuznady

Jika Anda pernah mengunjungi destinasi ini, Anda harus meluangkan waktu untuk menjelajahi kawasan pantai ini. Memiliki banyak objek wisata menarik yang bisa Anda jelajahi sedikit demi sedikit, seluas sekitar 80 hektar dan dikelilingi deretan bebatuan granit.

Alhasil, pantai ini memiliki beberapa spot tersembunyi karena aksesnya terhalang oleh bebatuan granit. Terkadang terdapat akses jalan sempit, dengan posisi tersembunyi yang membuat tempat ini menarik untuk Anda jelajahi sendiri.

5. Tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam

Seperti halnya pantai lain yang memiliki pesona sunset, jika wisatawan datang ke sini, Anda juga akan menemukannya. Hanya saja pantai ini memiliki getaran sunset yang lebih bagus dibandingkan pantai kebanyakan.

Pasalnya, batu-batu granit yang terdapat hampir di setiap tepian pantai menambah nilai estetika dan keindahan. Bagi wisatawan yang menyukai seni fotografi, pasti akan mendapatkan banyak sekali foto yang indah dengan nilai estetika.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Pantai Laskar PelangiSumber gambar: Twitter lanskap eksposur

Pantai Laskar Pelangi terletak di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Sijuk. Destinasi ini terletak di bagian utara Pulau Belitung, sekitar 30 km dari pusat kota Tanjung Pandan. Untuk mencapai destinasi ini dari kota Tanjung Pandan membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Sebaliknya, jika Anda datang dari kota Pangkal Pinang, perjalanannya panjang. Bagi wisatawan yang datang dari Bandara HAS Hanandjoeddin membutuhkan waktu sekitar 40-60 menit untuk sampai ke lokasi tujuan wisata ini.

Ada beberapa jalur untuk menuju pantai indah ini, salah satunya jalur Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang. Perjalanan sedikit lebih lama untuk rute ini, namun Anda akan melewati banyak fasilitas umum seperti restoran, ATM dan fasilitas lainnya. Fasilitas ini sudah pasti dibutuhkan oleh para wisatawan untuk membeli semua perbekalan yang mereka butuhkan.

Untuk masuk ke destinasi ini Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 namun belum termasuk biaya parkir kendaraan. Pantai ini memiliki jam buka mulai pukul 06.00 hingga 18.00. Destinasi wisata ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Laskar Pelangi

Aktivitas seru di Pantai Laskar PelangiKredit foto: Google Maps oleh Rizky Fadillah

1. Snorkling

Pantai ini tidak hanya memiliki pesona pantai yang indah, pasir putih dan deretan bebatuan granit, tetapi juga keindahan bawah lautnya. Ternyata destinasi ini memiliki keindahan dasar laut yang terdapat berbagai jenis terumbu karang. Selain itu, terdapat ribuan gerombolan ikan kecil di dasar pantai ini, membuat spot ini cocok untuk snorkeling.

2. Santai

Kawasan pantai Laskar Pelangi memiliki suasana yang sejuk dan tenang karena wisatawan harus memasuki kawasan pantai melalui gang. Jadi, kawasan pantai menawan ini jauh dari keramaian jalan raya, sehingga Anda bisa merasakan ketenangan untuk bersantai.

Anda juga bisa bersantai di pantai dengan bermain air atau sekedar menikmati gemericik air laut yang menerpa kaki. Jika Anda ingin bersantai sambil menjelajahi lokasi tepi pantai, Anda bisa menyewa kano dan bersantai di atasnya dengan santai.

3. Menikmati matahari terbenam

Aktivitas seru di Pantai Laskar PelangiKredit foto: Google Maps jumnan kuswandana

Momen indah ini wajib dinantikan saat berkunjung ke destinasi liburan pantai sebagai suatu keharusan untuk menikmati keindahan sunset. Namun, pantai ini berbeda karena Anda akan menemukan matahari terbenam yang lebih indah dari biasanya. Karena di pantai ini, menikmati keindahan sunset menjadi lebih estetis berkat adanya bebatuan granit.

4. Abadikan momen

Berkunjung ke Pantai Laskar Pelangi Anda akan mendapatkan banyak spot foto yang menarik. Spot foto dengan latar belakang keindahan alam disini, beberapa wisatawan yang datang ke sini selalu mencari spot foto yang menurut mereka paling bagus. Ada yang memotret sunset dengan kano, ada yang mengabadikan momen dengan memanjat bebatuan granit dan masih banyak lainnya.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi murah di dekat Pantai Laskar PelangiKredit foto: Google Maps Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung

1. Santika Premiere Beach Resort Belitung

Berjarak kurang lebih 4,3 km dari bibir pantai, penginapan ini termasuk dalam akomodasi dengan kisaran harga sewa standar. Biaya sewa mulai dari Rp 800.000 – Rp 2.700.000 Dengan biaya tersebut Anda bisa mendapatkan fasilitas seperti pantai pribadi, jacuzzi, spa dan lain-lain.

2. Hotel Lorin Belitung

Berjarak kurang lebih 1 mil dari Pantai Laskar Pelangi, penginapan ini jarang sekali berada di dekat destinasi pantai yang indah. Biaya sewa kamar di sini juga relatif murah, sekitar Rp 390.000. Fasilitas yang ditawarkan di sini antara lain WiFi gratis, transportasi ke terminal feri dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

3. Pelangi Lake Resort & Hotel Belitung

Penginapan ini terletak kurang lebih 2,22 km dari Pantai Laskar Pelangi. Penginapan ini menampilkan tata ruang kamar yang unik dan menarik. Tipe kamar yang berbeda antara lain Regular Cottage, Deluxe Cottage, Super Deluxe, Turtle House, Conch House dan Nias House. Setiap tipe kamar memiliki fasilitas yang berbeda. Biaya sewa kamar mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 2.000.000.

Fasilitas area pantai tersedia

Resor pantai Laskar PelangiKredit foto: Instagram Prawnche #FOODVENTURER

Bisa dibilang fasilitas yang ada di pantai ini sudah memenuhi semua kebutuhan para wisatawan. Hanya saja lokasi pantai ini agak jauh dari fasilitas umum seperti ATM dan lainnya. Beberapa fasilitas seperti toilet, stand, persewaan perahu dan lain-lain tersedia.

Pantai Laskar Pelangi merupakan salah satu destinasi bahari di Belitung yang memiliki segudang keindahan yang jarang diketahui wisatawan, baru setelah menjadi lokasi syuting banyak wisatawan yang datang. Destinasi yang kurang terekspos seperti itu harus diiklankan secara intensif agar dikenal dan menguntungkan secara ekonomi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button