Tempat Wisata

Pantai Lenggoksono: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Negara kita, Indonesia, sebenarnya sangat beruntung dengan bentuk negara kepulauannya. Karena letak geografis tersebut, terdapat banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi dengan tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang yang hanya menganggap Bali adalah tempat yang tepat untuk berlibur, namun nyatanya bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa, Jawa Timur juga merupakan surga tersendiri bagi para pecinta travel. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata antara lain taman bermain, taman air, museum, candi, air terjun, pantai dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk merencanakan liburan Anda ketika Anda dapat menemukan tempat-tempat menarik di dekat Anda. Seperti Malang, ada satu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan yaitu Pantai Lenggoksono.

Pantai Lenggoksono merupakan sebuah pantai yang berada di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sampai saat ini pantai masih menjadi tempat liburan yang banyak dipilih orang dan ketika wisatawan datang ke Malang bisa mengunjungi beberapa pantai indah yang ada disana. Dan salah satunya yang pasti Anda lewatkan adalah Pantai Lenggoksono. Nama tempat ini berasal dari banyaknya pohon sono di sekitar pantai.

Anda dijamin betah saat berkunjung ke pantai ini karena bisa menikmati tiga pantai sekaligus, yaitu Pantai Lenggoksono, Banyu Anjlok dan Bolu-Bolu. Bagi yang ingin ke Pantai Banyu Anjlok harus berhati-hati saat musim hujan karena medannya rawan licin. Bolu-bolu sendiri bisa Anda kunjungi jika menginginkan suasana yang lebih sepi dan tenang karena pantai ini sepi dan tidak berpenghuni. Meski sangat indah, Anda harus menyeberangi lautan untuk sampai ke pantai ini. Kecuali para nelayan, tidak semua orang berani. Pantai berpasir putih ini berbeda dengan pantai lainnya. Ombaknya terbilang tenang, bahkan airnya sangat jernih sehingga Anda bisa melihat karang di bawah permukaan laut. Bebatuan karang di pantai ini ditata sedemikian rupa secara cerdas dan terstruktur.

Pantai Lenggoksono juga dijadikan penangkaran lobster, seperti lobster pasir dan lobster mutiara. Lobster-lobster ini bermukim di dalam goa dan warga sekitar sengaja menjaga goa tersebut untuk menghindari nelayan tidak bertanggung jawab yang ingin melakukan seabom lobster sehingga dapat merusak potensi lobster di kawasan pesisir ini.

Fasilitas di Pantai Lenggoksono

Sayangnya fasilitas yang ada di pantai ini tidak terlalu banyak dan lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti;

– tempat perkemahan

Bagi Anda yang menyukai petualangan, camping di pantai ini bisa menjadi pilihan kegiatan yang menarik.

– Kamar untuk menginap

Anda mungkin masih ingin menginap di pantai, karena di sana Anda akan menemukan beberapa penginapan dengan harga yang berbeda-beda tergantung perlengkapannya.

– Area parkir

Bagi Anda para wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir soal parkir karena tempat wisata ini juga memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga ada di kawasan pantai Lenggoksono, jadi bagi anda yang ingin menggunakan toilet tidak perlu mencari lagi karena di tempat ini terdapat dua toilet yang bisa anda gunakan.

Berburu foto di Pantai Lenggoksono

Bagi Anda yang hobi fotografi, hunting foto di Pantai Lenggoksono pasti mengasyikkan karena tempat wisata ini luas dan memiliki pemandangan yang indah. Pepohonan seperti kelapa dan lain-lain di sekitar pantai juga menambah indah panorama alam yang tercipta. Dengan latar belakang lautan biru dan langit cerah, Anda akan mendapatkan foto-foto bagus yang dapat langsung Anda unggah ke berbagai media sosial Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan momen dengan mengunjungi tiga pantai lain di Lenggoksono karena banyak turis yang datang ke sana. Seperti yang sudah disebutkan di atas, di pantai ini juga terdapat gua penyimpan lobster, tidak ada salahnya untuk berfoto di depan gua. Di tempat ini juga dimungkinkan untuk berfoto selfie, sehingga Anda bisa mendapatkan foto-foto menarik yang bisa Anda unggah ke berbagai media sosial. Dengan cara ini Anda dapat berkontribusi untuk membuat objek wisata ini dikenal banyak orang.

Baca juga: Pantai Sipelot, Wisata Sambil Bermain Air Payau

Akses jalan menuju pantai Lenggoksono

Untuk mencapai Pantai Lenggoksono Anda membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam. Jika Anda dari Purwodadi dan Surabaya, Anda bisa berkendara ke Malang, melewati Turen dan menuju ke selatan menuju Tirtoharjo. Untuk menuju Pantai Lenggoksono, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umum yang menuju ke sana. Kalau mau naik ojek bisa ambil di Dampit dengan harga Rp 70.000 per orang. Jika menggunakan sepeda motor pribadi, tidak dikenakan biaya Rp 50.000 untuk sampai ke sana.

Biaya masuk ke pantai Lenggoksono

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Pantai Lenggoksono

Tips Liburan di Pantai Lenggoksono

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Lenggoksono semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai Lenggoksono adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Pantai Lenggoksono bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Pantai Lenggoksono.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar saat berlibur di Pantai Lenggoksono.

Galeri foto pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono
Bukit Karang di pantai
Berkendara di sepanjang pantai dengan jip
Pantai Lenggoksono
Potret pengunjung
Keindahan Pantai Lenggoksono
Pantai Lenggoksono pada malam hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button