Tempat Wisata

Pantai Licin: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setelah seharian bekerja selama berminggu-minggu, tentunya kita merasakan masa kebosanan dalam aktivitas sehari-hari yang tidak terganggu, baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun sekolah dan kuliah. Terkadang kita perlu menggunakan beberapa hari libur untuk menyegarkan diri dan melepaskan segala penat dan stress yang kita rasakan. Nah, buat kamu yang tinggal di Jawa Timur, tidak perlu jauh-jauh ke luar Jawa atau luar Jawa Timur untuk berlibur. Di Malang juga terdapat pantai-pantai dengan pesona indah yang bisa membuat Anda terkagum-kagum.

Pantai Licin merupakan kawasan wisata pantai di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dibandingkan dengan pantai lain di Malang, pantai ini memiliki pamor yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya. Selain itu, masih banyak orang yang memilih pantai sebagai tempat favorit untuk menghabiskan waktu saat berwisata, baik bersama keluarga, sahabat, maupun pasangan. Suasana pantai yang khas dengan hamparan pasirnya yang luas dan perairannya yang berwarna biru kehijauan menjadi magnet yang kuat bagi wisatawan dari daerah maupun luar kota Malang.

Sebelum tahun 1960, pantai ini disebut “pasir putih” karena terdapat hamparan pasir putih yang luas hampir di mana-mana di pantai. Namun sejak tahun 1960, Pantai Licin mulai terkenal karena dasarnya masih cukup licin dan berlumut hingga saat ini. Dulu di sekitar pantai dan desa terdapat hutan lebat yang sering tergenang air, lama kelamaan seluruh tanah menjadi berlumut dan licin. Karena itu, penduduk setempat menyebut pantai ini Pantai Licin.

Ada yang unik yang menjadi daya tarik utama di Pantai Licin yaitu hamparan pasirnya yang hitam legam, meskipun pasirnya berwarna putih atau putih kecokelatan di hampir sebagian besar pantai. Namun di Pantai Licin warnanya hitam, pasir hitam yang berasal dari lahar yang keluar saat Gunung Semeru meletus.

Selain pantai berpasir hitam, pantai ini menyuguhkan pemandangan indah melalui perbukitan karang pesisir dan ke perairan yang jaraknya cukup jauh dari bibir pantai. Adanya gundukan karang di kawasan ini membuat gelombang besar yang datang dari laut tidak setinggi saat mencapai pantai. Alhasil, meski Pantai Licin berada di pesisir selatan, namun ombak di pantai ini terbilang tenang dan aman untuk mandi dan berenang.

Pengunjung yang datang juga bisa mengamati aktivitas nelayan dan masyarakat sekitar yang menggunakan perahu di laut lepas dan di pesisir pantai untuk mencari ikan. Aktivitas para nelayan ini tentu menarik jika diabadikan.

Fasilitas di Pantai Licin

Bicara soal fasilitas, di lokasi ini Anda akan menemukan beberapa fasilitas pendukung bagi pengunjung, seperti:

– tempat perkemahan

Daripada harus mencari tempat menginap, anda bisa membawa perlengkapan camping dari rumah dan mendirikan tenda disini karena tentunya camping di pantai ini seru dan menyenangkan dan anda bisa menikmati alam secara maksimal. Ditemani api unggun, pengalaman berkemah yang seru menanti Anda.

– Kantin atau tempat makan

Jangan khawatir membuat diri Anda kelaparan jika Anda datang ke sini, tetapi jangan membawa makanan dan minuman. Di kawasan pantai ini Anda akan menemukan beberapa warung yang juga menjual makanan dan minuman dengan harga yang relatif murah.

– Kamar mandi umum

Padahal, toilet atau kamar mandi umum merupakan salah satu fasilitas penting yang harus ada dimana-mana di setiap objek wisata dan di pantai ini anda tidak perlu bingung lagi ketika mencari toilet umum karena di kawasan ini telah disediakan beberapa yang bisa anda gunakan. jika perlu perlu.

– Area parkir

Fasilitas yang satu ini tidak kalah penting karena tentunya banyak wisatawan yang datang kesana menggunakan kendaraan pribadi sehingga perlu mencari tempat yang aman dan nyaman untuk memarkirkan kendaraannya. Di sini juga terdapat tempat parkir yang cukup luas yang bisa digunakan pengunjung jika membawa kendaraan bermotor sendiri. Tempat parkir ini juga cocok untuk bus wisata

– Kamar untuk menginap

Anda dapat mencari di sekitar pantai untuk akomodasi yang sesuai dengan anggaran Anda. Ada yang murah, ada yang mahal.

Berburu foto di Slippery Beach

Saat datang ke pantai, rugi banget kalau tidak membawa kamera dan melewatkan berbagai momen seru yang dialami saat berlibur. Anda bisa memanjakan hasrat fotografi Anda di Pantai Licin, karena banyak spot menarik yang bisa dimanfaatkan, seperti ruang di depan bebatuan di sana, dan pasir hitam yang eksotis membuat pemandangan semakin menarik. Anda juga dapat merekam aktivitas yang Anda lakukan di sana, mis. B. bermain voli, snorkling atau membuat api unggun. Ingin pemandangan yang lebih indah? Tunggu saja sore hari saat matahari mulai beranjak ke tempat peristirahatannya dan Anda bisa melihat indahnya langit jingga nan cantik berpadu dengan birunya air laut yang mampu membuat Anda tertawa terkagum-kagum.

Baca Juga: Coban Parang Tejo, Wisata Sambil Melihat Fenomena Pelangi

Akses jalan menuju Slippery Beach

Perjalanan dari kota Malang menuju Pantai Licin dimulai dengan berkendara menuju Kecamatan Dampit dilanjutkan ke Kecamatan Tirtoyuda dan selanjutnya menuju Kecamatan Ampelgading. Sesampai di sana, lanjutkan perjalanan ke desa Tamansari. Saat bertemu dengan pertigaan Sumberejo, beloklah menggunakan sepeda motor menuju desa Lebakharjo. Dari desa Lebakharjo hingga sampai di pantai licin ini, Anda akan melewati medan berat dengan jarak 17 km.

Biaya masuk ke Slippery Beach

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam operasional Slippery Beach

Tips liburan di Slippery Beach

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Licin semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Licin adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pantai Licin bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pantai Licin.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Licin.

Galeri Foto Pantai Licin

Pantai yang licin
Berburu foto di Slippery Beach
Batu Karang Hitam
Spot foto di atas batu
Berfoto dengan ombak
Pantai yang licin
Matahari terbenam di Pantai Slippery

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button