Tempat Wisata

Pantai Lombang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Lombang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Madura terkenal dengan beberapa tempat wisata yang berhubungan dengan laut. Ada yang tidak tahu banyak tentangnya, ada pula yang sangat terkenal. Di bawah ini kami akan membahas salah satu pantai di Pulau Garam yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Bahkan bisa dibilang menjadi salah satu tempat terpopuler bagi masyarakat Madura dan ribuan pengunjung bisa datang ke sini saat musim liburan.

Sesampainya di Pantai Lombang, hamparan pasir putih lembut menyambut Anda. Semilir angin yang sejuk membawa aroma air laut yang seketika mampu menyegarkan pikiran. Dari kejauhan terlihat gemerlap air laut diterpa sinar matahari sehingga membuat pemandangan semakin indah.

Selain itu, di pantai ini Anda bisa menikmati pemandangan lain yang mungkin tidak Anda temukan di pantai lain. Keunikan Pantai Lombang sendiri adalah adanya pohon pinus udang dengan tinggi rata-rata 4 meter yang mengelilingi tepian Pantai Lombang. Mengapa disebut Cemara Udang? Pasalnya, pohon pinus jenis ini memiliki batang yang agak melengkung. Dan tentunya nuansa Pantai Lombang terlihat semakin rindang dan sejuk dengan adanya pepohonan tersebut.

Kerennya lagi, ombak di tempat ini tidak terlalu besar. Sekalipun Anda tidak pandai berselancar, setidaknya Anda bisa merasa seperti sedang berenang di laut sambil menikmati pemandangan menakjubkan di sekitar Anda.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai cantik ini, mulai dari berenang di laut, bermain pasir atau voli pantai bersama teman atau keluarga, piknik di bawah rindangnya pohon pinus, atau naik speedboat untuk menjelajahi pantai lebih jauh. Di tengah riak air laut yang membuat wisata Anda semakin seru.

Ternyata udang pinus di sini punya sejarah tersendiri. Konon penduduk setempat meyakini tanaman cemara hanya tumbuh di sekitar Pantai Lombang dan beberapa pantai lain di Laut Cina. Nanas sendiri merupakan tanaman endemik khas Pantai Lombang. Berkembang biaknya udang cemara di perairan Sumenep erat kaitannya dengan ekspedisi besar Kerajaan Tiongkok yang mengarungi perairan Indonesia. Dilakukan pada abad ke-15, ekspedisi ini dipimpin oleh Jenderal Ma’huan, The Ho (Shampo Thai Kam), dan Jenderal Ong Keng Hong. Ketiga jenderal tersebut dikenal dengan nama Sam Po Toa Lang. Sam Po Toa Lang artinya Tiga Pejuang Hebat.

Pelayaran yang dipimpin oleh Sam Po Toa Lang dianggap sebagai pelayaran terhebat pada masanya. Bagaimana tidak, total 62 armada dengan kekuatan sekitar 27.800 orang ikut serta dalam ekspedisi ini. Sayangnya, salah satu kapal induk yang membawa Jenderal Ong Keng Hong jatuh tertimpa batu setibanya di Pulau Jawa. Jenderal juga tewas dalam kejadian ini.

Pasca kejadian tersebut, seluruh armada diperintahkan merapat ke pantai. Tempat berlabuhnya kapal-kapal disebut Mangkang. Kawasan Mangkang berjarak sekitar 10 km sebelah barat kota Semarang. Karena almarhum jenderal beragama Islam, maka dimakamkan pula di Gedongwatu sesuai syariat Islam.

Setelah penguburan, ekspedisi dilanjutkan menuju pusat kerajaan Majapahit. Sayangnya nasib buruk kembali menimpa tim ini. Dalam perjalanan menuju Majapahit kapal-kapal tersebut melayang ke arah timur. Sesampainya mereka di perairan Masalembu, kapal mereka diterjang angin topan yang dahsyat. Peristiwa naas ini mengakibatkan banyak pasukan tenggelam dan kapal mereka hancur. Peralatan mereka juga tersebar dan banyak yang terdampar di sekitar Pulau Jawa dan Madura. Peninggalan sejarah tersebut masih bisa kita lihat dimana ditemukannya tiang kapal di perairan Sumenep, jangkarnya di Pati dan sebuah piring di pantai Kamal yang kemudian diberi nama Pantai Ujung Lempeng.

Dari cerita tersebut dapat disimpulkan bahwa keberadaan tumbuhan pinus udang di perairan Sumenep merupakan sebagian dari sisa-sisa pasukan yang terdampar.

Fasilitas di Pantai Lombang

Untungnya fasilitas atau sarana penunjang bagi wisatawan di tempat ini sudah cukup memadai, mulai dari toilet umum, ruang ganti, beberapa tempat penyewaan jaket pelampung untuk berenang di laut, hingga tempat penyewaan speedboat. Terdapat juga gazebo di bawah pohon pinus yang bisa Anda gunakan untuk bersantai. Ada juga banyak warung di sekitar pantai tempat Anda bisa memuaskan perut lapar Anda.

Selain itu, jika tidak ingin menghabiskan waktu di laut, Anda bisa memilih untuk menunggang kuda karena ada beberapa warga di sini yang menyewakan kudanya kepada pengunjung. Namun, jika Anda memiliki kendala akomodasi, Anda harus membawa camping, karena belum tersedia akomodasi di sini.

Berburu foto di Pantai Lombang

Di tempat ini Anda bisa leluasa mengambil foto dan mengabadikan pemandangan di sekitar Pantai Lombang yang pastinya Instagrammable banget. Kebanyakan wisatawan suka berfoto di bawah pohon cemara karena selain rindang dan tidak panas, anda juga bisa mengambil foto yang unik yaitu dengan latar belakang pantai, namun anda juga bisa melihat banyak pohon cemara, seolah-olah anda sedang berlibur. berada di pegunungan.

Spot selfienya juga banyak. Anda bisa berfoto selfie asyik sambil bermain pasir atau menunggang kuda. Dan jika Anda memiliki kamera tahan air, Anda bisa berfoto selfie sambil berenang di laut atau menaiki speedboat.

Baca Juga: Wisata Museum Keraton Sumenep, Mengenal Sejarah Keraton di Madura

Akses jalan menuju Pantai Lombang

Untuk akses jalan sendiri bisa berkendara langsung dari pusat kota Sumenep. Pantai Lombang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Namun jika Anda datang dari luar Pulau Madura, khususnya Surabaya, Anda bisa naik kapal feri dari Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya menuju Pelabuhan Kamal di Bangkalan Madura. Dari Bangkalan Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum. Selain itu, jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menyeberang langsung melalui Jembatan Suramadu.

Biaya masuk ke Pantai Lombang

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Pantai Lombang

Tips berlibur di Pantai Lombang

  • Jangan lupa gunakan tabir surya
  • Bawalah kamera
  • Awasi anak Anda saat bermain di pantai
  • Hati-hati saat berenang di laut
  • Bawalah makanan dan minuman secukupnya

Galeri Foto Pantai Lombang

Selamat datang di Pantai Lombard
Potret Pantai Lombard
Taman bermain di pantaitaman bermain pantai
Penyewaan kuda
Potret anak-anak bermain di pantai
Berburu foto yang bagus di pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button