Tempat Wisata

Pantai Lon Malang, destinasi wisata bahari populer di Sampang

Kunjungi Pantai Lon Malang di Sampang, destinasi wisata bahari populer dengan pemandangan indah mempesona dan berbagai aktivitas menarik.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 07.30-17.30 WIB, Alamat: J L. Raya Batu Lenger, Batu Lenger Timur, Kabupaten Bira Tengah. Sokobanah, Kab.Sampang, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Ketika banyak orang menikmati keindahan alam sekitar, biasanya akan merasakan kedamaian batin dan hal ini juga bisa dirasakan ketika berkunjung ke Pantai Lon Malang.

Keindahan alam yang ada di tempat ini kerap membuat banyak orang terpesona. Pantai ini terkenal dengan pemandangannya yang spektakuler sehingga tak jarang membuat wisatawan ingin mengunjungi tempat ini lagi.

Meski namanya mengandung kata “Malang”, bukan berarti pantai ini terletak di Malang, Jawa Timur.

Banyak orang yang terkejut ketika mengetahui bahwa pantai indah ini terletak di Sampang, Madura, Jawa Timur karena mereka fokus pada kata “Malang” pada nama pantainya dan mengira bahwa pantai tersebut berada di Malang, Jawa Timur.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Lon Malang

Daya Tarik Pantai Lon MalangFoto: Google Maps/Achmad Toharudin

Dibandingkan beberapa tahun lalu, daya tarik pantai ini meningkat signifikan.

Hal ini karena manajemen terus melakukan perbaikan dari waktu ke waktu. Lalu apa saja faktor yang membuat pantai ini terkenal?

1. Suasana tenang di tepi pantai

Biasanya pantai terkenal dengan suasananya yang panas karena tidak ada pepohonan disekitarnya. Namun berbeda dengan Pantai Lon Malang yang menawarkan suasana sejuk dan teduh.

Pasalnya, pepohonan rindang tumbuh di beberapa tempat di tepi pantai sehingga menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan beristirahat.

2. Aliran air dangkal

Selain itu, salah satu keunikan Pantai Lon Malang Sampang adalah terdapat saluran air dangkal di beberapa kawasan.

Aliran air dangkal ini tidak hanya berfungsi sebagai saluran irigasi, tetapi juga menambah keindahan pantai karena terdapat tumpukan batu-batu kecil di sudut-sudut tertentu.

3. Menara observasi

Untuk memperkaya pengalaman berwisata, pantai ini dilengkapi dengan menara observasi yang memungkinkan pengunjung menikmati panorama sekitar dengan lebih leluasa.

Menara ini cukup tinggi dan untuk menggunakannya pengunjung harus mengantri terlebih dahulu, hal ini menunjukkan popularitas dan daya tarik fasilitas ini di kalangan wisatawan.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Lon MalangFoto: Google Maps/Sanny Octavia Kusnadi

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata bahari ini, harus selalu diingat bahwa lokasinya bukan di Malang melainkan di Sampang, Jawa Timur. Jadi nama Lon Malang pada pantai ini bukan berarti berada di Malang.

Lokasi tepatnya objek wisata pantai yang menakjubkan ini berada di Desa Bire Tengah, Sokobanah, Sampang, Jawa Timur. Sebagian orang mungkin menganggap perjalanan ke sana cukup melelahkan karena menganggap jalannya masih bergelombang dan berkelok-kelok.

Namun Anda tidak perlu khawatir jika ingin kesini karena jalurnya sangat aman. Nantinya wisatawan dari luar pulau bisa melintasi Jembatan Suramadu dan menuju Bangkalan Utara. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Tanjung Bumi.

Sesampainya di kawasan Tanjung Bumi, Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan sejauh 30 km untuk sampai ke kawasan Sampang. Kemudian ikuti petunjuk arah terdekat hingga mencapai kawasan pantai Lon Malang yang menghadap ke Laut Jawa.

Biaya masuk wisata bahari

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menghabiskan liburan di tempat yang indah karena Anda bisa menikmati pemandangan indah dengan mengunjungi Pantai Lon Malang. Harga tiket masuk yang dipatok di sini hanya Rp 5.000 per orang.

Setelah membeli tiket masuk seharga Rp 5.000, seluruh pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas menyenangkan di dalamnya. Namun ada satu aktivitas yang dikenakan biaya tambahan yaitu mengendarai ATV.

Wisatawan yang suka melakukan aktivitas menantang dan menyenangkan saat berlibur bisa mencoba aktivitas ini dengan menyewa ATV seharga Rp 20.000 per 10 menit. Tentu saja angka tersebut masih tergolong murah dan tidak akan mengosongkan dompet Anda sepenuhnya.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai Lon MalangFoto: Google Maps/Ayu Lestari

Semakin bervariasi hal yang bisa Anda lakukan di suatu lokasi wisata, maka liburan pun akan semakin seru. Di bawah ini kami bagikan informasi mengenai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di salah satu pantai Sampang, yaitu:

Cobalah perahu pisang

Pengunjung yang datang bersama keluarga atau teman bisa mencoba aktivitas liburan seru ini di Pantai Lon Malang Sampang.

Namun untuk memainkan wahana menantang ini, Anda harus membayar biaya sewa sebesar Rp 100.000 untuk jangka waktu 20 menit.

Naik ATV di Pantai Lon, Malang

Aktivitas menantang namun menyenangkan di wisata Pantai Lon Malang berikutnya adalah mengendarai ATV di jalanan yang rumit.

Namun, hanya pengunjung yang bisa mengendarai kendaraan off-road yang bisa menikmati aktivitas menyenangkan ini.

berkemah

Masihkah Anda merasa kurang puas meski sudah menikmati setiap sudut pantai indah ini? Jadi bermalamlah satu malam lagi dan berkemah di area perkemahan yang telah ditentukan. Namun pengunjung harus membawa tenda dan perlengkapan sendiri untuk berkemah di sini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai Lon MalangFoto: Google Maps/Sanny Octavia Kusnadi

Banyaknya atau lengkapnya fasilitas suatu objek wisata akan menjadi penentu bagi sebagian orang untuk berkunjung bersama keluarganya atau tidak. Dalam hal ini, banyak fasilitas bagus yang tersedia untuk Anda di wisata bahari yang indah ini.

Fasilitas seperti toilet umum, musala, tempat penyewaan alat renang, warung makan dan minum, Wi-Fi gratis, serta ATM akan tersedia di sini. Karena di sini terdapat ATM, Anda tidak perlu khawatir kehabisan uang tunai.

Pada dasarnya semua pantai yang ada di berbagai daerah di Indonesia mempunyai daya tarik dan keunikan masing-masing sehingga membuatnya terkesan semakin menarik. Begitu pula dengan Pantai Lon Malang yang popularitasnya semakin meningkat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button