Berita Wisata

Pantai Londa Empat tetap menjadi pilihan warga Kota Waingapu untuk menyejukkan diri

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Ada banyak tempat wisata di Pulau Sumba khususnya di Kabupaten Sumba Timur yang sangat indah. Salah satunya adalah Pantai Londa Empat yang sering dijadikan pilihan rekreasi oleh warga kota Waingapu.

Pantai ini terletak di Desa Kutta, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur.

Meski tidak setenar Pantai Londa Lima, Purukambera, Pantai Walakitri dan lainnya, sebagian besar masyarakat kota Waingapu tetap memilih Pantai Londa Empat karena lokasinya yang berdekatan dengan kota Waingapu. Sekitar 9 km tepatnya.

Dilacak TIMES Indonesia, Minggu (4/12/2022), jalan menuju pantai Londa Empat sudah sangat bagus.

Di pantai yang masih alami ini pengunjung dapat menikmati dan melihat kota Waingapu dan perbukitan di ujung timur Pulau Sumba dari jauh. Dengan pantai berpasir putih, laut biru dan lokasi yang dikelilingi pepohonan hijau, pesona pantai ini sangat alami.

Anda dapat mandi dan berenang di waktu luang Anda bersama keluarga dan teman-teman Anda. Jika matahari sedang terik, Anda bisa berteduh di bawah pohon rindang yang ada sambil melihat nelayan menebar jala atau pukat dengan perahu kecil.

Beach-Londa-b.jpg

Afandi, salah seorang pengunjung Pantai Londa Empat mengatakan, pantai ini merupakan tempat rekreasi paling nyaman dan terjangkau yang paling dekat dengan kota Waingapu.

“Nah, kalau mau cari tempat rekreasi terdekat yang terjangkau dari kota Waingapu, itu Londa Empat. Di sini sama dengan tempat rekreasi lainnya, hanya saja Londa Empat belum menjadi tempat wisata. Namun jika ingin bersantai atau refreshing bersama keluarga atau teman, menurut saya tempat ini yang paling cocok. Cukup dengan membawa bekal makanan dan minuman, kita sudah bisa menikmati dan melepaskan keinginan melihat laut dan kota Waingapu dari jauh. Kalau cuaca cerah dari jauh, terlihat pegunungan di Pulau Flores yang sangat indah,” kata Afandi.

Sementara itu, tokoh masyarakat Sumba Umbu Dikky mengaku pantai ini belum banyak dikenal sebagai tempat wisata resmi meski pantai ini banyak dikunjungi wisatawan. Biasanya tempat ini juga disediakan untuk ulang tahun, hari raya atau tempat istirahat jika ingin melanjutkan perjalanan.

“Memang tempat ini belum dikenal sebagai tempat wisata, tapi sudah banyak pengunjung yang datang jika ingin melakukan event yang paling nyaman dan terjangkau di sini,” ujarnya.

Umbu Dikky mengatakan nama Londa Empat dalam bahasa Sumba artinya bergandengan tangan atau berkelompok. Walaupun terletak di desa Kutta, kata Kutta berarti Kutta dalam bahasa Sumba adalah “Sirih”.

Umbu Dikky berharap pengunjung Pantai Londa Empat selalu menjaga kebersihan dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan di tempat ini.

“Sangat penting karena kebersihan sangat tergantung pada kesadaran agar pantai kita tetap terjaga kebersihannya dan terjaga. Walaupun pantai Londa Empat belum diakui sebagai tempat wisata resmi, mari kita jaga kebersihannya agar tempat ini tetap menjadi rujukan pengunjung. ,” ujar Umbu Dikky.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button