Tempat Wisata

Pantai Maluk Sumbawa – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Benamkan diri Anda dalam pesona Pantai Maluk di Sumbawa, destinasi populer bagi pecinta selancar yang tidak hanya menawarkan ombak yang menantang tetapi juga kawasan penangkaran penyu yang unik, sehingga memberikan pengalaman liburan yang mempesona.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Maluk, Kec. Jeraweh, Kab.Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Periksa lokasinya

Pantai Maluk merupakan tempat wisata di Sumbawa Barat dengan eksotisme yang tiada duanya. Pasir pantainya yang putih lembut, gemerlap air laut yang berwarna kebiruan dengan ombaknya yang kecil, serta deretan bukit-bukit yang tinggi seolah melengkapi keindahan pemandangan pantai.

Banyak juga wisatawan mancanegara yang penasaran dengan pantai di Sumbawa Barat ini. Itu sebabnya pantai indah ini tidak pernah sepi setiap harinya. Termasuk hari kerja atau weekdays.

Saat berkunjung ke Pulau Sumbawa, sempatkanlah untuk mengunjungi Pantai Maluk yang keindahannya luar biasa.

Meski perjalanan dari pusat kota cukup jauh, namun sesampainya di pantai ini Anda akan langsung terpikat dengan pesonanya. Benar-benar ciptaan Tuhan yang sungguh memanjakan mata.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Maluk

Daya Tarik Pantai MalukSumber gambar: Google Maps Arfansyah Abdulrasyid

Diapit oleh dua bukit

Sesampainya di pantai berpasir putih ini, Anda langsung melihat pemandangan alam berupa perbukitan yang mengapit Pantai Maluk. Di sisi utara pantai terdapat Bukit Mantun, sedangkan di sisi selatan terdapat Bukit Balas.

Keduanya memiliki keindahan alam yang hijau dan deretan perbukitan yang terawat. Hal ini menambah keindahan pemandangan pantai yang terkenal di kalangan wisatawan mancanegara.

Disebut Gelombang Super Sedot

Pantai Maluk merupakan pantai berbentuk teluk yang mengalir ke laut tepat di garis khatulistiwa. Di tengahnya terdapat ombak besar yang tinggi gelombangnya bisa mencapai 2 meter. Namun saat kami sampai di pantai ombaknya cukup kecil.

Ketinggian ombak tidak sampai ke pinggir pantai karena ombaknya terbelah oleh Tanjung Ahmad. Dalam kondisi seperti itu, wisatawan asing (wisman) menyebut ombak di pantai ini super jelek.

Terdapat tempat penangkaran penyu

Salah satu daya tarik dari pantai bersih ini adalah adanya tempat penangkaran penyu. Namun, saat ini hanya tersisa jejaknya saja. Oleh karena itu, wisatawan yang mengunjungi kami dapat menikmati keindahan cangkang penyu yang lucu dan unik.

Memiliki pesona Twilight yang sempurna

Sore menjelang matahari terbenam, wisatawan bisa menikmati momen romantis di Pantai Maluk. Cahaya jingga keemasan terpantul di permukaan air laut yang berkilauan. Seberkas cahaya jingga memenuhi langit di area pantai.

Matahari perlahan mulai tenggelam hingga akhirnya bersembunyi di balik lautan lepas yang tak berbatas. Suasana gelap berangsur-angsur semakin terlihat. Pesona tersebut seolah memikat wisatawan dan menjadikan momen liburan semakin tak terlupakan.

Mainkan olahraga air

Salah satu olahraga air yang sangat populer di kalangan wisatawan di Pantai Maluk adalah selancar. Bagi para peselancar, lokasi pantai ini merupakan tempat terbaik untuk aktivitas yang cukup menuntut tersebut.

Deburan ombak di sebuah tanjung membuat air laut menjadi sempurna. Cocok untuk aktivitas selancar. Jarang sekali wisatawan menemukan pantai dengan ombak seperti Maluk atau Sumbawa.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai MalukSumber gambar: Google Maps JN Subastian

Pantai Maluk terletak di Desa Maluk, Kecamatan Jeraweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya tidak jauh dari Taliwang, sekitar 30 kilometer.

Jika menggunakan angkutan darat, naik bus jurusan Mataram-Taliwang-Maluk dari kota Mataram. Selanjutnya singgah di Maluk dan naik ojek menuju kota pantai. Perjalanan bus bisa memakan waktu sekitar 5-6 jam.

Jika Anda berangkat dari Pelabuhan Kayangan di Lombok, Anda bisa naik feri ke pantai. Waktu tempuh yang dibutuhkan cenderung lebih singkat, sekitar 2 jam.

Biaya masuk wisata bahari

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Maluk, wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Tentu saja harga tersebut sangat terjangkau untuk menikmati panorama alam yang mempesona.

Jam operasional pantai ini adalah dari jam 7 pagi. Biasanya banyak turis di sana. Apalagi menjelang musim liburan.

Aktivitas yang menyenangkan

Biaya masuk ke Pantai MalukKredit foto: Google Maps Rizaldi Rachman

1. Berenang

Karena kondisi airnya yang tenang dan bersih, wisatawan tidak bisa menahan diri untuk tidak berenang di pantai ini. Anak-anak juga bisa berenang di pantai ini. Namun tetap harus dalam pengawasan orang tua dan dilengkapi dengan jaket pelampung untuk perlindungannya.

2. Berselancar atau Berselancar

Para pecinta selancar akan menyukai kondisi perairan di Pantai Maluk untuk berselancar. Ombaknya tinggi di tengah laut namun tidak sampai ke bibir pantai sehingga wisatawan merasa tertantang untuk mengatasi ombak tersebut.

Tidak hanya wisatawan mancanegara, wisatawan lokal pun banyak yang ingin mencoba olahraga air ini. Maka tak heran jika Anda melihat sejumlah pengunjung berkeliling membawa papan selancarnya untuk ikut menyaksikan aksi tersebut.

3. Menyewa kano di Pantai Maluk

Jika ingin lebih menikmati suasana pantai dan perairan tenang, Anda bisa mengelilingi pantai dengan menggunakan kano. Penyewaan kano ditawarkan oleh manajemen dengan tarif standar per jam.

Sebuah kano dapat dikendarai oleh beberapa orang. Mendayung dapat dilakukan dengan sangat mudah atau bergantian. Agar tidak terlalu lelah, pilihlah tempat yang tidak ada ombak.

4. Berburu Foto

Keindahan Pantai Maluk yang mempesona memang patut untuk diabadikan. Beberapa sudut memberikan kesan estetis. Hamparan pasir putih yang berbatasan dengan birunya air laut membuat hasil foto terlihat sangat indah.

Apalagi dengan latar perbukitan tinggi dan hijau. Menambahkan tampilan yang lebih siap untuk Instagram. Keren banget untuk diunggah di beranda media sosial sebagai penambah koleksi liburan anda khususnya Pulau Sumbawa.

5. Melihat keindahan matahari terbenam

Setiap pantai mempunyai ciri khas yang berbeda-beda untuk menampilkan keindahan matahari terbenam. Sunset di Pantai Maluk juga sangat eksotis. Apalagi jika dibarengi dengan kuliner khas yang lezat. Pastinya suasana semakin romantis tercipta di tengah senja.

Anda bisa mengabadikan momen indah ini. Bergaya seperti model dengan latar belakang laut luas atau perbukitan yang indah.

6. Olahraga pantai

Olah raga pantai yang dapat dinikmati wisatawan di Pantai Maluk antara lain voli pantai, sepak bola, selancar, dan lari. Berolahraga di pantai tidak hanya menyehatkan, juga meninggalkan kesan mendalam dan menambah keseruan liburan Anda.

Menjadi lebih menarik bila Anda melakukannya bersama sekelompok anggota keluarga atau teman dekat. Suasana perkenalan membuat kalian semakin merasa akrab.

7. Lakukan aktivitas pasir

Umumnya anak-anak beraktivitas bermain pasir di Pantai Maluk. Namun di pantai cantik ini aktivitas tersebut juga bisa dilakukan oleh orang dewasa.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati aktivitas lain di hamparan pasir putih yang lembut. Misalnya berjemur, bersantai dan menikmati pemandangan sambil minum es krim kelapa serta melihat biota laut.

Anda bisa membawa matras berjemur sendiri tanpa harus menyewanya. Berkat area berpasirnya yang luas, Anda bisa membentangkan tikar di mana saja tanpa takut bertabrakan dengan wisatawan lain.

8. Piknik di pantai

Kata piknik identik dengan jalan-jalan ke suatu tempat. Jangan lupa membawa perlengkapan relaksasi dan kuliner tersendiri untuk dinikmati di tepi pantai sambil merasakan semilir angin sepoi-sepoi.

Setelah menikmati makan siang atau memesan kuliner di warung makan sekitar pantai, jangan lupa membuang sampah pada tempatnya. Usahakan untuk tidak mengotori pantai dengan sampah dapur.

Menjaga kebersihan pantai merupakan salah satu upaya untuk mencintai lingkungan. Sebab ketika sampah berserakan maka perkembangan biota laut di pantai pun ikut terganggu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai MalukSumber gambar: Google Maps tb sp

1. Lokasi parkir

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Maluk dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir yang tersedia. Tempat parkir cukup luas dan tersedia izin parkir.

2. Ruang sholat

Musholla yang ada di pinggir pantai dapat digunakan sebagai sarana salat bagi umat Islam.

3. Toilet

Jumlah toilet di Pantai Maluk tidak mencukupi. Meski demikian, kondisinya cukup bersih sehingga memungkinkan penggunanya tetap nyaman menginap.

4. Sewa kano

Wisatawan yang ingin berkeliling pantai bisa menyewa kano dengan biaya Rp 10.000 per kano.

5. Sewa papan selancar

Jika Anda ingin berselancar tetapi tidak membawa papan selancar sendiri, Anda bisa menyewanya. Lokasi pantai ini memiliki persewaan papan selancar dengan harga terjangkau.

6. Warung makan

Bersantai di pantai belum lengkap rasanya tanpa menikmati kuliner. Nah, warung makan di sekitar pantai ini menyediakan aneka minuman kemasan, jus, es krim kelapa muda, serta aneka jajanan dan hidangan laut seperti seafood.

7. Paviliun

Terdapat paviliun dengan tempat duduk di pinggir pantai. Wisatawan bisa bersantai di sini, menikmati alam dan menikmati kuliner yang dipesan.

Demikianlah informasi mengenai Pantai Maluk di Sumbawa Barat yang keindahannya luar biasa. Agar anda tidak semakin penasaran, kami akan mengunjungi objek wisata ini bersama keluarga anda. Apalagi untuk menghabiskan musim liburan bersama anak tercinta.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button