Tempat Wisata

Pantai Manikin: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ada banyak tempat wisata pantai di Kota Kupang yang semuanya memiliki keindahannya masing-masing. Salah satu wisata pantai Kupang yang sangat digemari masyarakat adalah Pantai Manikin. Wisata pantai ini berlangsung tidak jauh dari dua spot pantai lainnya di Kupang, yaitu Pantai Lasiana dan Nunsui yang juga Instagrammable.

pantai boneka

Tempat wisata pantai Kupang ini sangat dekat dengan pusat kota. Tepatnya di Ds. Tarus, Kec. Kupang Tengah, Cab.Kupang. Jarak yang harus ditempuh dari pusat kota Kupang untuk melihat pemandangan sekitar 13 km. Karena letaknya yang dekat dengan pusat kota, Pantai Manikin sering dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan.

Atraksi Pantai Manikin:

Pantai Manikin memiliki pesona tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya di Kabupaten Kupang. Pengunjung yang beruntung saat air laut sedang surut bisa bermain dengan jutaan batu karang di pantai ini. Selain itu juga terdapat bongkahan batu akik di tepian pantai di lokasi pantai ini.

Banyak wisatawan yang penasaran untuk mengunjungi tempat wisata menarik ini karena pemandangan alamnya yang sangat indah terutama di sore hari. Selain pemandangan alam, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan unik di pantai ini yaitu aktivitas para nelayan Bagan. Pemandangan ini sangat menyejukkan mata karena memberikan perasaan desa yang damai dan tentram.

Untuk mencegah bibir pantai menyempit akibat air pasang, pemerintah setempat membangun bendungan. Hal ini dapat mengurangi dampak pasang surut air laut. Selain itu, terdapat pula tanggul alam berupa pepohonan di beberapa bentangan pantai. Deretan pohon memberikan kontribusi yang signifikan untuk mencegah risiko erosi dari gelombang pasang.

Laut Pantai Manikin merupakan salah satu habitat bagi berbagai spesies biota laut. Salah satu biota laut yang ada di pantai ini adalah ikan paus. Paus adalah mamalia yang hidup di perairan dekat lokasi Pantai Manikin. Selain itu, pantai ini juga menjadi rumah bagi hewan lain seperti buaya air asin yang hidup di sekitar perairan pantai.

Buaya mencari nafkah dengan memakan ikan yang berkeliaran di perairan Pantai Manikin. Walaupun pantai ini merupakan habitat buaya air asin, namun jangan khawatir karena pantai ini aman bagi wisatawan karena biasanya buaya ini menghindari manusia.

Banyak juga wisata kuliner lezat yang ditawarkan di tempat wisata ini saat musim liburan. Diantaranya adalah ubi rebus, jagung bakar, pisang rebus, dan makanan lain yang menggugah selera untuk ngemil. Untuk kenyamanan wisatawan yang datang, beberapa fasilitas pendukung juga tersedia di tempat wisata ini. Jika ingin membersihkan diri setelah bermain air di pantai, Anda bisa menggunakan toilet yang disediakan.

Pantai Manikin juga memiliki banyak pepohonan yang membuat suasana tempat ini sangat rindang dan sejuk. Pepohonan di pantai ini merupakan hasil penanaman 1.000 pohon sekitar 11 tahun lalu. Jenis pohon yang ditanam di pantai ini antara lain pohon asam, pohon enau, pohon ulin dan pohon turi.

Kini pohon-pohon yang ditanam tersebut terlihat sangat lebat dan menjadi salah satu pertahanan alami di sepanjang Pantai Manikin. Hasilnya, abrasi dapat ditolak dengan baik dan ombak yang kuat pun tidak dapat merusak wisata pantai ini. Keamanan dan kebersihan di pantai selalu dijaga di tempat wisata ini, sehingga pengunjung akan betah dan betah berlama-lama di tempat wisata NTT yang satu ini.

Keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Pantai Manikin adalah momen sunset yang sangat langka. Momen menarik ini berbeda dengan sunset di pantai lain. Cahaya matahari terbenam saat senja sangat indah dan pemandangan pantai yang langka sangat cocok untuk diabadikan.

Bagi Anda yang hobi fotografi, kunjungan ke tempat wisata pantai NTT ini sangat direkomendasikan. Ada banyak tempat yang menarik untuk difoto mulai dari rimbunnya pepohonan, pantai berpasir putih halus, ratusan batu karang yang menawan, batu akik yang langka, ikan paus yang menggugah rasa penasaran banyak orang dan masih banyak lagi yang foto yang akan anda ambil bisa membuat takjub.

Fasilitas di Pantai Manikin:

  • area parkir
  • Toilet
  • Wisata kuliner
  • Spot foto yang menarik

Biaya masuk ke Pantai Manikin

  • Biaya masuk: Rp 15.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Pantai Manikin:

  • WITA buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore

Lokasi dan Rute Pantai Manikin :

Pantai Manikin ada di ds. Tarus, kec. Kabupaten Kupang Tengah. Kupang, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan jalur Larantuka – Tanjung Perak (Surabaya) dengan jarak tempuh sekitar 2.100 km.

Pantai Manikin merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang paling populer di NTT. Bagi Anda yang sedang mencari tips tempat liburan menarik di kawasan Kupang, pantai ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama teman, keluarga atau rekan kerja.

Lokasi Pantai Manikin juga sangat menarik untuk dijadikan spot foto Instagram. Tak jarang, yang ingin mengambil foto prewedding datang jauh-jauh ke NTT untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus. Anda yang suka traveling tentunya tidak akan kecewa karena Pantai Manikin menawarkan foto-foto memuaskan untuk ditampilkan di akun media sosial Anda.

Peta lokasi Pantai Manikin

Tips mengunjungi Pantai Manikin

Tambahkan keseruan dan kualitas liburan Anda dan keluarga di Pantai Manikin. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Pantai Manikin adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pantai Manikin bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pantai Manikin.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Manikin.

Galeri Foto Pantai Manikin

pantai bonekaSumber Pantai Manikin : instagram.com/restituta_lbpantai bonekaPantai Manikin Sumber: instagram.com/geraldyamuntoda/Potret boneka pantaiFoto sebelum pernikahan di Pantai ManikinberkemahKeindahan air lautMatahari terbenam di Pantai Manikin

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button