Tempat Wisata

Pantai Mantak Tari: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Wisata pantai sangat mudah ditemui di Provinsi Aceh. Puluhan bahkan ratusan pantai tersebar di berbagai kabupaten dan kota di Aceh, termasuk Pidie. Kabupaten yang berbatasan dengan Selat Malaka ini juga memiliki beberapa pantai yang mempesona seperti Pantai Mantak Tari.

Jika biasanya wisatawan menemukan pantai berpasir putih, Anda tidak akan menemukannya di Pantai Mantak Tari. Pantai ini menawarkan pasir berwarna hitam pekat serta garis pantai yang cukup luas dan landai. Selain itu, pantai ini juga dihiasi bebatuan besar yang berfungsi sebagai pemecah ombak yang ganas. Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit warga sekitar untuk liburan akhir pekan.

Pantai Mantak Tari

Secara geografis Pantai Mantak Tari terletak di Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Pantai ini terletak sekitar 8 kilometer dari kota Sigli dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit. Terdapat berbagai macam moda transportasi yang bisa dipilih wisatawan, seperti bus, angkutan umum, becak motor atau bahkan menggunakan kendaraan pribadi.

Ada beberapa rute yang bisa dipilih wisatawan. Jika berangkat dari Kota Sigli biasanya wisatawan menggunakan Jalan Sigli-Kembang Tanjong karena lebih cepat. Di sepanjang jalan terlihat kolam di kiri dan kanan milik warga sekitar.

Ketika wisatawan menemukan papan yang meminta agar tidak berwisata ke Pantai Mantak Tari, tujuan mereka sebenarnya tidak jauh. Plakat ini sengaja dibuat oleh masyarakat setempat karena banyak anak muda yang sering memanfaatkan tempat wisata ini untuk hal-hal nakal. Hal ini juga merupakan upaya masyarakat dalam menciptakan wisata halal di Aceh.

Pesona Pantai Mantak Tari

Suara deburan ombak memecah kesunyian pantai seakan menyambut kedatangan wisatawan di Pantai Mantak Tari. Hamparan pasir hitamnya juga memberikan panorama yang bisa dilihat pengunjung. Pohon kelapa dan pinus pun tampak menari-nari saat angin laut bertiup.

Di pantai berpasir luas ini, wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas seperti bermain sepak bola atau voli, membangun istana pasir, atau bahkan mengubur diri di pasir. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati segar dan sejuknya air dengan berenang dan mandi air laut.

Pantai Mantak Tari

Ombak di Pantai Mantak Tari tidak terlalu tinggi sehingga cukup cocok bagi wisatawan yang ingin bermain air dan mengejar ombak. Bebatuan besar yang ada di pinggir pantai juga bisa dimanfaatkan untuk memecah ombak hingga menikmati keindahan pantai. Duduk di atasnya dengan santai dan merasakan hembusan angin sepoi-sepoi menyapa seluruh tubuh merupakan penawar rasa lelah.

Tak hanya menawarkan keindahan pantai yang memikat, sebagian masyarakat juga meyakini bahwa pasir di pantai ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Banyak pengunjung yang menderita penyakit kulit, rematik, otot dan tulang meluangkan waktu untuk terapi di Pantai Mantak Tari.

Untuk melakukannya, wisatawan cukup menggali pasir pantai sekitar setengah meter dan mengubur diri di dalamnya selama satu hingga dua jam. Terapi ini perlu dilakukan minimal seminggu sekali dan sudah banyak orang yang merasakan manfaatnya. Selama terapi alami ini, pengunjung bisa menikmati luasnya lautan biru.

Wisatawan yang datang ke Pantai Mantak Tari biasanya juga membawa bekal dan menikmati makan siang di bawah rindangnya pepohonan di pinggir pantai. Dengan menggelar tikar, pengunjung bisa makan bersama keluarga sambil menikmati panorama laut dan angin sepoi-sepoi.

Pantai Mantak Tari merupakan tempat wisata yang cocok untuk liburan akhir pekan keluarga. Tempat ini begitu eksotis, dengan pasir hitamnya yang memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh.

Fasilitas di Pantai Mantak Tari

Sayangnya keindahan Pantai Mantak Tari tidak berbanding lurus dengan fasilitas yang tersedia. Masih belum ada fasilitas wisata di pantai ini, seperti toilet umum atau musala. Wisatawan bisa salat di masjid yang letaknya tak jauh dari pantai. Selebihnya ada juga tempat parkir, namun kondisinya kurang terawat.

Di sekitar pantai juga terdapat warung-warung sederhana yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal karena di Pantai Mantak Tari mereka bisa mencicipi berbagai kuliner khas Aceh seperti mie Aceh.

Baca juga: Gunung Singgah Mata, panorama gunung yang mempesona di Nagan Raya

Jika ingin bermalam, wisatawan di Kota Sigli bisa menyewa beberapa akomodasi dan hotel yang jaraknya sangat dekat dengan pantai. Kunjungan ke Pantai Mantak Tari bisa menjadi alternatif destinasi wisata saat Anda berada di Kabupaten Pidie. Berikut aktivitas yang bisa Anda lakukan selama berada di pantai.

Menikmati keindahan pantai

Bagi Anda yang menyukai wisata alam khususnya pantai, Anda bisa mengunjungi Pantai Mantak Tari di Kabupaten Pidie. Anda akan disuguhi pantai berpasir hitam yang jarang ditemukan. Hamparan laut biru yang menjadi bagian dari Selat Malaka juga menjadi pemandangan yang patut dinikmati.

Anda bisa menikmati pantai tanpa gangguan dengan berenang, bermain air, atau membenamkan diri di pasir pantai yang kaya nutrisi ini. Bagi anda yang menderita penyakit kulit, mungkin berkunjung ke pantai ini bisa menyembuhkan penyakit anda. Pantai ini juga sangat cocok jika Anda ingin menyegarkan diri setelah menjalani hari yang membosankan di akhir pekan.

Lihat matahari terbit

Di pagi hari, Pantai Mantak Tari juga menyuguhkan fenomena matahari terbit yang sangat indah. Datanglah ke pantai ini setelah salat subuh dan Anda akan disuguhi sinar matahari yang perlahan bersinar mengubah suasana dingin menjadi hangat.

Keindahan gradasi warna yang tercipta juga menjadi momen yang patut Anda abadikan. Rasa dingin yang pahit berangsur-angsur menghilang dan matahari seakan menerangi kegelapan dunia. Seketika tercipta suasana yang sangat romantis, lengkap rasanya jika dinikmati bersama kekasih.

Perburuan Foto

Bagi Anda yang suka mencari objek menarik untuk difoto dengan kamera, Pantai Mantak Tari bisa menjadi pilihan menarik. Di sini Anda bisa memotret keindahan pantai dengan pasir pantainya yang hitam, bebatuan besar, dan laut biru yang luas. Anda juga bisa mengambil foto panorama indah matahari terbit di pagi hari.

Anda juga bisa berfoto selfie bersama teman-teman di pantai ini. Salah satu tempat yang paling populer bagi wisatawan adalah bebatuan pemecah gelombang. Jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone ketika anda mengunjungi pantai ini karena anda pasti akan menyesal jika tidak mengabadikan keindahan pesona alamnya.

Biaya masuk ke Pantai Mantak Tari

Untuk memasuki Pantai Mantak Tari wisatawan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Peta lokasi Pantai Mantak Tari

Tips Menuju Pantai Mantak Tari

  • Bawalah pakaian ganti jika berencana berenang dan bermain di laut.
  • Hati-hati dan jangan melangkah terlalu jauh saat bermain air laut.
  • Dilarang berperilaku tidak senonoh di kawasan pantai.
  • Jaga kebersihan dan jangan membuang sampah di pantai.
  • Perhatikan kelestarian pantai dan jangan merusak apapun yang ada di Pantai Mantak Tari.

Galeri Foto Pantai Mantak Tari

Selamat datang di Pantai Mantak Tari

Potret indahnya pantai Mantak Tari
Pantai Mantak Tari penuh pengunjung
Spot foto di bebatuan pantai
Sunset di Pantai Mantak Tari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button