Tempat Wisata

Pantai Marina Dumai – atraksi, aktivitas, lokasi, dan harga tiket

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau; map: Cek lokasi

Pantai Marina adalah salah satu tempat wisata unggulan di Dumai, Kepulauan Riau. Selain jernihnya air laut yang bisa menarik perhatian banyak pengunjung, pantai ini juga memiliki beberapa keunikan lainnya. Ada berbagai jenis fasilitas lengkap yang tersedia di tempat wisata ini seperti di pantai-pantai lain pada umumnya.

Pantai ini bisa dijadikan solusi tempat wisata yang bisa menghilangkan penat setelah lelah beraktivitas. Pantai ini juga menawarkan suasana pemandangan alam yang indah dengan berbagai bebatuan di sekitarnya. Biasanya orang selalu ramai datang ke pantai pada akhir pekan, tanggal merah atau musim liburan.

Anda juga bisa melihat pemandangan indah beberapa perahu nelayan mencari ikan di laut. Ada juga beberapa penduduk lokal yang sering datang ke tempat ini hanya untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam. Selain itu, informasi lengkap mengenai wisata pantai terkenal di Kepulauan Riau ini juga dijelaskan secara detail di bawah ini.

Atraksi Pantai Marina

Atraksi Pantai MarinaKredit foto: Google Maps Nazaruddin Sahar

1. Kecantikan alami

Tentunya daya tarik utama tempat wisata berupa pantai selalu terletak pada keindahan panorama alamnya. Anda bisa berjalan-jalan di pinggir pantai dan merasakan sejuknya semilir angin yang berhembus dengan suara deburan ombak yang besar. Anda juga bisa menikmati pergerakan beberapa pohon kelapa yang menghiasi keindahan pantai ini.

Selain itu, kekayaan alam bawah laut Pantai Marina tak kalah indah dengan wisata lainnya. Ada banyak spesies ikan dan terumbu karang yang terpelihara dengan baik di dunia bawah laut. Anda bisa snorkeling bersama rombongan untuk merasakan keadaan laut yang masih terjaga dan menjadikannya pengalaman yang tak terlupakan.

2. Pelatihan wisata kebun binatang

Pemerintah Kota Dumai sendiri akan menambah kebun binatang di dekat pantai sebagai wisata edukasi. Dengan demikian, setiap pengunjung bisa menghabiskan liburan menikmati berbagai tempat wisata hanya dalam satu kota. Kebun binatang ini juga menampilkan berbagai hewan khas Indonesia, mulai dari burung hingga hewan berbahaya.

Properti taman sekitar 40 hektar dibagi menjadi beberapa area yang dapat digunakan. Ini termasuk kawasan mamalia, kawasan unggas, kawasan satwa liar, cagar alam dan kawasan pendidikan. Dengan tambahan kebun binatang ini, Anda dapat memperluas pengetahuan Anda tentang berbagai hewan langka yang hidup di laut dan di darat.

3. Air laut yang jernih

Daya tarik sebuah pantai juga terletak pada kondisi air lautnya. Pengunjung tidak akan datang ke pantai dengan air laut yang keruh atau banyak sampah yang mencemari keindahan pantai. Hal ini tentu tidak berlaku untuk Pantai Marina yang memiliki air laut yang jernih dan bersih. Anda bisa menikmati kesegarannya dengan berenang di pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Marina

Alamat Pantai MarinaKredit foto: Google Maps Budi C. Dirgantara

Untuk alamatnya, tempat wisata ini berada di Kota Dumai. Lebih tepatnya terletak di kawasan Teluk Makmur Kecamatan Medang Kampai, Riau. Beranjak dari pusat kota, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer untuk sampai ke Pantai Marina. Jalan yang dilalui juga cukup baik, sehingga tidak ada resiko saat berkendara.

Pantai yang memiliki luas sekitar 500 meter ini dapat dengan mudah dicapai dengan berbagai kendaraan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum dan internet untuk mengunjungi tempat wisata ini. Akan sangat menyenangkan jika Anda mengunjungi pantai bersama rombongan keluarga atau teman dan menginap di hotel selama berhari-hari.

Biaya masuk Marina Beach Tour

Biaya masuk ke Pantai MarinaKredit foto: Google Maps Zainas rioki

Tiket masuk Pantai Marina hanya dikenakan berdasarkan jenis kendaraan yang masuk. Biaya tiketnya Rp 10.000 untuk pengguna kendaraan roda dua dan Rp 20.000 untuk yang menggunakan mobil. Jika Anda datang dengan bus, harga tiketnya bisa jauh lebih tinggi. Untuk harga paket liburan cukup bervariasi.

Jika Anda tinggal di dekat Kota Dumai, biaya perjalanan ke pantai ini mungkin hanya sekitar ratusan ribu. Namun, jika Anda berasal dari pulau yang perlu menggunakan pesawat dan membutuhkan biaya makan dan hotel, Anda harus memiliki dana yang besar. Anda akan merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk paket liburan mewah ini.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mendirikan tenda dengan bebas di pantai, sehingga meminimalkan biaya. Menginap di tenda menghilangkan kebutuhan akan biaya hotel yang mahal. Dengan paket liburan seperti ini, yang perlu Anda pikirkan hanyalah biaya transportasi, makan dan menyewa fasilitas hiburan lainnya.

Untuk jam operasionalnya sendiri, pantai ini dapat diakses secara bebas tanpa batasan waktu. Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan berkunjung kapan saja. Anda juga tidak perlu lagi khawatir datang ke pantai lebih awal atau larut malam.

Aktivitas seru di Pantai Marina

Aktivitas seru di Pantai MarinaKredit foto: Google Maps ahmad taufik

1. Olahraga di pantai

Jika Anda berlibur bersama teman-teman, akan sangat menyenangkan untuk berlatih berbagai olahraga di sekitar Pantai Marina. Cobalah olahraga menyenangkan seperti bola voli atau sepak bola. Olahraga ini akan membuat liburan terasa lebih bermanfaat dan berkesan.

2. Berenang

Tentunya saat berkunjung ke pantai, tujuan utamanya adalah berenang di dalamnya. Merasakan segarnya air pantai dengan deburan ombak merupakan perasaan yang tak terlupakan. Anda juga bisa berenang dengan bermain ombak yang seru. Namun saat berenang pun, waspadai batas wilayah agar tidak ada bahaya yang berbahaya.

3. Memancing dan jalan-jalan di pantai

Kegiatan ini adalah suatu keharusan ketika mengunjungi pantai manapun. Memancing adalah kegiatan menarik yang paling bermanfaat selama liburan pantai. Anda bisa mencicipi lezatnya ikan yang hidup di perairan ini. Selain itu, Anda juga tidak menghabiskan banyak uang dengan menikmati ikan yang lezat sebagai camilan atau lauk.

Anda juga bisa menikmati pemandangan indah dari Pantai Marina di Dumai dengan berkeliling menggunakan perahu. Anda bisa menggunakan bantuan nelayan untuk menyewa perahu dan mengenal daerah sekitar pantai yang belum begitu terkenal di kalangan wisatawan.

4. Ambil foto

Di era modern ini, aktivitas fotografi menjadi aktivitas utama yang tidak boleh dilewatkan saat liburan ke pantai. Anda harus memiliki jumlah waktu yang tepat untuk mendapatkan latar belakang terbaik dari beberapa foto yang Anda ambil. Datang ke pantai saat matahari terbit atau terbenam membuat foto lebih stylish dan banyak orang yang tertarik untuk mengoleksinya.

Akomodasi murah terdekat ke pantai

Comforta Hotel DumaiSumber gambar: Twitter Layanan Perjalanan Tautan Langsung LTD

1. Zuri Dumai

Akomodasi terdekat dari Pantai Marina adalah hotel lengkap bernama The Zuri Dumai. Anda hanya membutuhkan waktu setengah jam untuk mencapai tempat wisata dengan jarak 16 kilometer. Hotel ini terlihat sangat mewah dan memiliki desain yang menarik di area restoran. Namun, harga sewanya hanya berkisar 350.000 rupiah per malam.

2. Comforta Hotel Dumai

Hotel ini juga dapat dicapai dalam waktu setengah jam dengan mobil di lokasi pantai. Anda hanya membutuhkan 300.000 rupiah untuk menyewa Comforta Hotel Dumai. Hotel besar ini juga memiliki desain bangunan yang elegan dan klasik serta fasilitas yang lengkap.

3. Sonaview Hotel

Hotel ini memiliki keindahan tersendiri dimana Anda bisa menikmati suasana kota dan laut dari lantai paling atas. Hotel yang memiliki fasilitas lengkap ini juga memiliki harga sewa sekitar 300.000 rupiah per malam.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Marina Dumai

Fasilitas Pantai Marina DumaiSumber gambar: Google Maps Ariiq Daffa

Keistimewaan Pantai Marina yang pertama adalah tersedianya tempat parkir yang sangat luas. Area tersebut dapat menampung hingga ratusan sepeda motor dan mobil. Anda dapat memarkir kendaraan Anda dengan aman dan tenang sambil menikmati liburan Anda. Oleh karena itu, warga sekitar memastikan biaya parkir untuk setiap pengunjung.

Selain itu, ada juga puluhan pendopo yang disebut Pondok Kayu yang dibangun oleh pemuda setempat. Pondok kayu ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan para wisatawan dari perjalanan melelahkan yang telah dilalui. Kabin kayu juga bisa digunakan untuk makan bersama keluarga sambil menikmati sejuknya angin pantai.

Terakhir, wisata pantai ini juga telah dilengkapi dengan beberapa warung yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman, baik itu berupa jajanan ataupun masakan tradisional. Di setiap stand juga terdapat beberapa meja dan kursi untuk bersantai.

Itulah beberapa informasi tentang Pantai Marina yang sangat indah dan terkenal di Dumai. Anda harus mencoba datang ke tempat ini saat berkunjung ke Kepulauan Riau. Anda juga dapat memperkenalkan keindahannya dengan berbagi foto di media sosial, yang membuat wisata ini semakin populer di tingkat internasional.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button