Tempat Wisata

Pantai Matanurung: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Gugusan kepulauan Simuelue memang bak surga bagi wisatawan mancanegara pecinta surfing. Setiap tahun wisatawan mancanegara mencatatkan peningkatan. Ada banyak pantai indah di pulau ini yang menawarkan spot surfing yang menantang. Salah satu dari sekian banyak pantai adalah Pantai Matanurung.

Pantai Matanurung merupakan pantai karang yang menjadi idola para peselancar dari seluruh dunia. Dengan tinggi ombak yang mencapai 5 meter, pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini juga menyuguhkan panorama indah pasir putih dan pohon kelapa di pinggir pantai. Selain itu, kondisi pantainya yang bersih, langit yang cerah dan belum banyak dikunjungi wisatawan menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Pantai Matanurung

Secara geografis, Pantai Matanurung terletak di Desa Matan Urung, Kecamatan Teupah Tengah, Kabupaten Simuelue, Provinsi Aceh. Untuk menuju pantai ini, wisatawan dapat menggunakan jalur dari Kota Sinabang menuju Teupah Tengah yang memakan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam. Lokasi pantai-pantai di Simuelue juga tidak sulit ditemukan. Jika wisatawan bingung, mereka bisa bertanya kepada penduduk setempat.

Untuk mencapai Pulau Simuelue harus ditempuh dengan transportasi laut atau udara. Wisatawan dapat menggunakan jalur laut dengan menaiki kapal ferry menuju Pelabuhan Sinabung. Jika pengunjung menggunakan jalur udara, bisa naik pesawat dari Bandara Kuala Namu dan terbang menuju Bandara Lasikin di Kota Sinabang. Dari Kota Sinabang, wisatawan bisa menggunakan becak bermotor atau menyewa mobil.

Pesona Matanurung

Sesampainya di Pantai Matanurung, wisatawan disuguhkan dengan pantai dengan hamparan karang di sepanjang tepiannya. Banyak juga pohon kelapa yang melambai di sekitar pantai, tertiup angin yang cukup kencang seakan menyambut wisatawan. Berada tepat di Samudera Hindia, ombak di pantai ini cukup besar dan kuat.

Terletak di ujung barat Pulau Simuelue, pantai ini merupakan surga tersembunyi bagi para peselancar dunia. Keindahan pantai yang masih alami dan terjaga kebersihannya membuat setiap orang betah berlama-lama menikmati keindahan Pantai Matanurung. Pantai ini memang tidak seterkenal pantai-pantai yang ada di Bali atau Lombok, namun itulah yang menjadi nilai jual dari tempat wisata ini.

Pantai Matanurung

Karakter ombak di Pantai Matanurung didesain khusus untuk para peselancar tingkat lanjut. Ombak di pantai ini bisa mencapai ketinggian 5 meter dan membentuk gelombang bergulung yang sering disebut dengan Long Tube Barrels. Ombak seperti inilah yang diburu para peselancar di seluruh dunia untuk menikmati olahraga selancar.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak kecil dari desa Matan Urung juga banyak yang menguasai olahraga selancar. Memang bagi wisatawan yang menyukai olah raga yang menuntut tersebut, tempat ini sangat cocok. Bahkan wisatawan mancanegara pun bisa menghabiskan waktu menikmati Pantai Embracing hingga malam hari.

Bagi wisatawan yang tidak bisa berselancar tidak perlu khawatir karena Pantai Matanurung menawarkan keindahan alam yang luar biasa meski berada di bawah laut. Ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi wisatawan untuk menikmati keanekaragaman biota bawah laut. Selain itu, wisatawan juga bisa memancing di pantai ini.

Di sore hari, pemandangan alam di Pantai Matanurung semakin terkuak pesonanya. Wisatawan bisa bersantai di pinggir pantai sambil memandangi lautan luas ditemani hembusan angin dan suara ombak yang sesekali menerjang bebatuan. Keindahan pantai ini sangat layak untuk dikunjungi, merupakan tempat yang tepat untuk sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk kota.

Fasilitas di Pantai Matanurung

Fasilitas di Pantai Matanurung cukup lengkap. Di sekitar pantai terdapat beberapa penginapan bahkan resort yang bisa disewa wisatawan untuk bermalam. Resor dan penginapan ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet dan tempat parkir, bahkan ada yang menawarkan sepeda motor untuk perjalanan.

Harga akomodasi dan resort berkisar dari Rp 200.000 per malam hingga Rp 1.000.000. Selain itu, pengelola resor biasanya juga menyediakan fasilitas peralatan selancar dan snorkeling. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan Pantai Matanurung, tetapi juga berwisata kuliner dan mencicipi aneka olahan seafood seperti udang, lobster, ikan dan kepiting. Wisatawan hanya menikmatinya di warung, kafe atau restoran.

Baca juga:

Mengunjungi Pantai Matanurung menjadi pilihan menarik bagi Anda yang hobi surfing, memancing, atau snorkeling. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan di pantai.

selancar dan snorkeling

Pantai Matanurung memang menjadi spot populer yang diburu oleh peselancar mancanegara dari seluruh dunia. Tempat ini menawarkan ombak besar dan membentuk ombak panjang yang sering disebut Long Tube Barrels. Jika Anda menyukai olahraga yang memacu adrenalin ini, pantai ini bisa Anda kunjungi jika bosan dengan pantai di Bali atau Lombok.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut Pantai Matanurung sambil snorkeling. Gunakan pemandu untuk membawa Anda ke tempat-tempat indah dengan biota bawah air yang mempesona. Anda bisa menyelam bersama ribuan ikan kecil yang cantik dan melihat berbagai terumbu karang yang indah.

Menikmati keindahan pantai

Pantai Matanurung juga menawarkan keindahan panorama alam pantai yang sayang untuk dilewatkan. Hamparan pasir putih penuh bebatuan dan pohon kelapa yang seolah bergoyang tertiup angin menjadi fenomena unik di pantai ini. Anda bisa menikmati pantai dengan duduk di pasir putih yang lembut dan merasakan suara ombak.

Sejauh mata memandang, mata dimanjakan oleh luasnya lautan dan gulungan ombak yang tak henti-hentinya mengejarnya. Wisatawan diperbolehkan berenang, tetapi disarankan untuk berhati-hati dan pantai dengan ombak tinggi harus dihindari. Pantai eksotis ini juga semakin cantik karena terjaga kebersihannya.

berburu foto

Saat berada di tempat seindah Pantai Matanurung, tidak lengkap rasanya tidak mengabadikan panorama pantai dengan kamera. Anda bisa mengabadikan berbagai objek menarik seperti gulungan ombak, turis selancar, dan deretan pohon kelapa yang menghiasi bibir pantai. Di sini Anda juga bisa berpose di depan kamera.

Ada banyak background menarik yang bisa Anda gunakan untuk mengambil foto, seperti ombak dan laut biru yang luas. Selain itu, pantai ini juga bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata untuk berfoto prewedding. Tidak salah bila Pulau Simuelue disebut sebagai surga yang tersembunyi.

Baca juga:

Peta Pantai Matanurung

Tips Berwisata di Pantai Matanurung

  • Bagi Anda peselancar pemula, jangan memaksakan berselancar di pantai ini karena ombak di pantai ini hanya untuk peselancar tingkat menengah.
  • Jika Anda ingin snorkeling, Anda dapat menggunakan pemandu lokal untuk membawa Anda ke tempat snorkeling terbaik.
  • Berhati-hatilah saat bermain ombak atau berenang di pantai karena ombaknya kuat.
  • Jaga kebersihan pantai dan jangan membuangnya dengan sampah.
  • Selalu jaga kelestarian tempat wisata dan jangan sampai merusak fasilitas dan keindahan tempat wisata.

Galeri foto Pantai Matanurung

Selamat datang di Pantai Matanurung, tempat selancar terbaikBerselancar di Pantai Matanurung

Fasilitas mewah di Pantai MatanurungPotret pengunjungMatahari terbenam di Pantai Matanurung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button