Tempat Wisata

Pantai Mataram Ampenan – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 15.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Bea Cukai, Kab. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat; map: Periksa lokasi

Wisata pantai di kota Mataram memang menjadi incaran banyak orang. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Ampenan, ikon di Kota Tua Ampenan. Dalam beberapa tahun terakhir, tempat wisata ini telah banyak diperbaiki oleh pengelola untuk memperbaikinya. Ada beberapa bangunan baru dan juga bangunan lama yang telah dilestarikan.

Menurut laporan, pantai ini dulunya adalah bekas pelabuhan yang digunakan pada zaman Belanda. Namun kini pelabuhan tersebut telah berpindah ke kawasan Lembar, Lombok Barat. Karena pada tahun 1979 terjadi gelombang besar di Selat Lombok. Namun hingga saat ini masih terdapat sisa-sisa reruntuhan pelabuhan di sekitar pantai ini.

Di sisi barat wisata ini terdapat terminal tangki Pertamina. Ada juga replika kapal yang ditopang oleh beberapa kayu yang terletak di tepi Pantai Ampenan. Destinasi alam ini dikenal dikelilingi oleh pasir hitam dan bebatuan. Tak hanya itu, ombak ganas juga terlihat oleh mata.

Daya tarik itu milik Pantai Ampenan

Atraksi Pantai AmpenanKredit foto: Google Maps Indra Yana

Tempat pertama untuk melihat matahari terbenam yang indah

Sasaran alami ini tidak memiliki gelombang hijau yang jelas. Tapi jangan khawatir, karena wisata bisa jadi tempat refreshing. Pengunjung bisa menikmati sunset sore hari dengan duduk di pinggir pantai. Pemandangan matahari terbenam ini terlihat indah tepat di belakang Mt.

Setelah matahari seolah menghilang, warna langit pantai berubah menjadi jingga. Banyak wisatawan juga mengabadikan momen ini dengan smartphone. Bangunan setinggi sekitar 10 meter juga telah dibangun di pesisir pantai untuk menikmati sunset.

2. Memiliki cerita yang bisa dipelajari

Pantai Ampenan memiliki banyak cerita sejarah untuk dijelajahi pengunjung. Pariwisata yang dulunya merupakan pelabuhan, pernah berperan penting dalam transportasi laut. Pada zaman Belanda, pelabuhan itulah yang menghubungkan Pulau Lombok dengan Pulau Bali. Banyak orang juga menggunakannya sebagai sarana berziarah.

Banyak alasan pemindahan pelabuhan, salah satunya gelombang tinggi yang membuat kapal sulit sandar. Sejak saat itu, Pemkot Mataram melakukan pembenahan untuk menjadikan kawasan ini sebagai destinasi wisata alam. Wisatawan bisa berlibur sambil belajar sejarah, yang bisa memberikan wawasan.

3. Cuaca pantai yang sejuk

Liburan dengan tujuan melepas penat dan menghirup udara segar memang sangat menyenangkan. Banyaknya pepohonan yang berjejer di Pantai Ampenan menjadikan cuaca sejuk dan asri. Petugas juga membantu menjaga kebersihan kawasan dengan menyediakan tempat sampah di setiap sudut pantai.

Banyak turis mancanegara yang betah berlama-lama di pantai. Apalagi pada sore hari, kawasan wisata Ampenan ramai dikunjungi pengunjung. Ada yang berjalan-jalan di sepanjang pantai menikmati cuaca dan ada juga yang duduk di dekat bebatuan sambil mengobrol.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai AmpenanKredit foto: Google Maps Awaludin Yordania

Tempat Wisata Pantai Ampenan terletak di Jl Pabean, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya sangat strategis karena berada di tengah kota yang mudah dijangkau. Jaraknya hanya 37 km dari Bandara Internasional Lombok dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dengan kendaraan pribadi.

Jika Anda berangkat dari Mataram, Anda harus melewati Jl Pejangik kemudian menuju Jl Yos Sudarso untuk sampai ke kawasan Ampenan. Pengunjung tidak perlu khawatir karena akses jalannya mudah dilalui dengan aspal yang mulus. Selain itu, angkutan umum juga tampak melintas di kawasan wisata sehingga memudahkan perjalanan.

Pada hari biasa, pantai ini terlihat tidak begitu ramai, sehingga wisatawan bisa datang mulai siang hari. Namun jika pada hari Minggu atau hari libur daerah tersebut sangat ramai dan padat, kemacetan akan timbul jika Anda tidak datang pagi-pagi. Sepanjang jalan, Anda akan disuguhi pemandangan banyaknya penjual di sepanjang jalan.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket masuk Pantai AmpenanKredit foto: Google Maps Guk Asyhar

Resor pantai Ampenan memiliki harga terjangkau dan tidak akan menguras kantong. Di area depan, pengunjung dikenakan harga tiket Rp 15.000 per orang, berlaku pada hari kerja dan hari libur. Dengan harga tersebut, Anda bisa duduk santai di tepi pantai sambil ditemani suara debur ombak.

Ada juga tarif Rp2.000 untuk sepeda dan Rp5.000 hingga Rp10.000 untuk roda empat di tempat parkir. Berbagai tempat lain di sekitar pantai seperti restoran dan persewaan peralatan juga ditawarkan dengan harga terjangkau.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Ampenan

Kegiatan Pantai AmpenanKredit foto: Google Maps odie akbar

1. Lihat tradisi penduduk setempat

Mulai dari suku Jawa, Bugis, Melayu dan Tionghoa banyak yang tinggal di kawasan wisata ini. Hal ini menyebabkan banyak budaya dan tradisi yang berbeda. Pada hari-hari besar tertentu, pengunjung dapat melihat tradisi yang dilakukan, mulai dari upacara adat hingga berbagai ritual. Masyarakat juga tampak hidup berdampingan dengan rukun meski berbeda etnis.

2. Kuliner

Berbagai tempat kuliner berjejer di area sekitar Wisata Pantai Ampenan. Penjual menjual makanan khas mulai dari seafood, plecing kangkung, jagung bakar hingga es krim durian. Harganya pun bervariasi dari yang murah hingga yang mahal. Anda bisa menikmatinya di pantai ditemani semilir angin.

3. Ambil gambar

Fotografi memang suatu keharusan saat liburan. Tidak heran setiap wisatawan selalu membawa kamera dalam perjalanannya ke wisata ini. Banyak spot foto di sekitar Pantai Ampenan yang unik dan klasik. Mulai dari background air laut hingga gedung-gedung tua kota tua bisa membuat foto Anda terlihat bagus.

4. Saksikan Festival Kota Tua

Kegiatan Pantai AmpenanKredit Foto: Google Maps Nik Sampurno, ST.

Lokasi pantai di Kota Tua Ampenan ini biasanya menyelenggarakan festival tahunan. Kegiatan ini biasanya berlangsung pada bulan Agustus dan bertujuan untuk mempromosikan pariwisata di Kota Tua dan Pantai Ampenan. Ada berbagai pertunjukan musik, tarian, pameran foto, dan bazaar untuk dinikmati pengunjung.

5. Memancing

Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini juga bisa membawa perlengkapan memancing. Kebanyakan orang menggunakan sisa-sisa dermaga yang rusak sebagai tempat memancing. Anda bisa ditemani penduduk setempat atau melakukan aktivitas ini bersama keluarga.

6. Bermain layang-layang

Bermain di pantai bukanlah hal yang aneh. Karena angin pantai yang kuat, pengunjung dapat bermain layang-layang di area berpasir. Wisatawan bisa membawa layang-layang sendiri dari rumah atau membelinya di toko-toko dekat tempat wisata. Anda dapat menikmati kesenangan ini di sore atau malam hari.

Penginapan murah dekat pantai

Penginapan murah dekat pantaiSumber Gambar: Google Maps Shahibul Ahyan

1. Hotel Mataram Square

Penginapan ini sangat cocok bagi wisatawan yang menginginkan liburan dengan suasana berbeda. Pelayanan dan fasilitas pengelola hotel juga lengkap. Terdapat kurang lebih 44 kamar yang dilengkapi dengan televisi kabel, kamar mandi pribadi, dan AC, serta LCD di beberapa kamar. Di restoran yang telah disediakan, pengunjung juga bisa menikmati hidangan Asia.

2. Hotel Hastina yang Bergaya

Salah satu hotel yang dekat dengan Pantai Ampenan adalah Hastina Stylish karena jaraknya hanya sekitar 5km. Di kawasan tersebut terdapat pusat perbelanjaan Lombok Epicentrum Mall. Setiap kamar tamu juga dimanjakan dengan pemandangan taman kecil yang memanjakan mata pengunjung. Tersedia berbagai tempat tidur dengan harga mulai dari Rp 270.000.

3. Nitrour Inn Hotel

Lokasi tempat ini bisa dibilang sangat strategis karena berada di pinggir jalan utama di kawasan Ampenan. Wisatawan dapat menikmati fasilitas seperti balkon di setiap kamar, tempat parkir yang luas dan antar jemput bandara. Nitour Inn dekat dengan Pasar Ampera, Turtle Water Park dan Taman Mayura yang bisa dikunjungi tamu hotel.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai AmpenanSumber gambar: Google Maps Yaa Seenn_17

Lokasi Pantai Ampenan yang berada di kawasan Kota Tua membuat fasilitas wisata ini sangat lengkap. Ada masjid, vihara, candi, gereja yang bisa digunakan wisatawan untuk beribadah. Nuansa berbeda akan Anda rasakan saat berdoa di dalamnya karena bangunan ini merupakan peninggalan Belanda.

Area di luar wisata juga memiliki beberapa kafe makanan yang menjual berbagai kuliner legendaris. Kota Tua Ampenan juga memiliki banyak tempat duduk di pinggir jalan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan pemandangan di tempat ini. Transportasi umum juga sangat mudah ditemukan di kawasan pantai.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, baik sepeda, mobil atau bus, tidak perlu khawatir karena di area depan terdapat tempat parkir mobil yang aman untuk kendaraan. Toilet umum juga banyak terdapat di setiap sudut tempat wisata. Pengelola juga sangat memperhatikan kebersihan fasilitas agar pengunjung betah berlibur disini.

Demikian penjelasan singkat tentang Wisata Pantai Ampenan yang bisa Anda jadikan salah satu rekomendasi untuk berlibur di Kota Mataram. Fasilitas yang lengkap dan keindahan alam akan membuat pengunjung kembali lagi ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button