Tempat Wisata

Pantai Melur Batam – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam, Riau; Map: verifikasi lokasi

FpPantai Melur menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Batam. Pantai ini terkenal dengan alamnya yang eksotik dan hamparan garis pantai yang sangat indah untuk dipandang. Oleh karena itu masyarakat disana menjadikan pantai ini sebagai salah satu destinasi wisata alam utama yang sayang jika dilewatkan.

Selain alamnya yang indah, pantai ini juga memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. Tempat wisata ini akan membuat Anda melupakan sejenak semua masalah dan tekanan hidup sehari-hari. Selain itu, tentunya Anda juga bisa merasakan berbagai pengalaman menyenangkan selama berlibur di pantai ini.

Anda juga bisa mengajak pasangan, teman atau kerabat Anda untuk berwisata ke pantai indah ini agar semakin seru. Pantai ini sangat cocok dikunjungi pada pagi, siang, sore bahkan malam hari. Bagi Anda yang penasaran dengan tempat wisata tersebut, berikut beberapa informasi menarik seputar Pantai Melur yang wajib Anda simak.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Melur

Objek wisata pantai MelurFoto: Google Maps/Daniel

✦ Panorama bawah laut yang menakjubkan

Pantai Melur menawarkan panorama bawah laut dengan arus yang relatif tenang dan merupakan tempat wisata yang sangat menarik. Di sekitar pantai kawasan ini bebas dari bebatuan. Di bawah lautnya terdapat terumbu karang dan ikan-ikan yang memanjakan mata. Hewan biotik yang cantik juga menambah keindahannya.

✦ Air laut biru

Pesona air laut yang berwarna kebiruan terpampang di sekitar pantai sejauh mata memandang. Selain itu, sifat airnya yang jernih membuat panorama pantai terlihat luar biasa. Pada kunjungan pertama Anda, Anda akan dibuat takjub dengan keindahannya.

✦ Ada banyak perahu nelayan

Di pantai ini wisatawan akan menjumpai beberapa perahu nelayan. Selain itu, kamu juga bisa menemukan kapal pesiar ukuran kecil di sana. Kapal dan perahu pesiar ini umumnya bisa disewakan kepada wisatawan yang ingin melihat pemandangan indah di sekitar pantai dan Pulau Galang.

✦ Pemandangan matahari terbenam yang indah

Jika Anda mengunjungi Pantai Melur pada sore hari, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Sunset di sana menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu banyak wisatawan. Suasana yang akan Anda rasakan saat ini adalah suasana tenang, nyaman dan romantis. Lebih tepat lagi jika Anda mengajak pasangan.

✦ Hamparan pasir putih yang luas

Tempat wisata ini memiliki pantai berpasir putih dengan tekstur yang sangat halus. Warna putihnya berkilau karena terkena pantulan terik matahari. Meski berjalan tanpa alas kaki di atas pasir halus, Anda tidak akan merasa mual.

✦ Pepohonan hijau rindang

Kawasan pantai banyak ditumbuhi pepohonan hijau yang memberikan banyak keteduhan dan membuat kawasan semakin rindang. Kehadiran pepohonan rindang tersebut juga menciptakan suasana lebih segar di pantai. Jadi Anda akan betah berlama-lama di sana.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai MelurFoto: Google Maps/Gzegorz Iminski

Alamat pantai di Melur ini berada di Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, Riau. yang letaknya persis di Pulau Galang. Kawasan pantai ini sangat dekat dengan tempat pengungsian manusia perahu dari Vietnam. Oleh karena itu, pantai ini juga populer sebagai tempat wisata sejarah.

Bekas desa tempat orang Vietnam mengungsi hanya berjarak 1 km dari pantai. Hingga saat ini, tempat tersebut masih menjadi tempat wisata sejarah. Jika Anda ingin menjadikan pantai sebagai salah satu destinasi liburan Anda, Anda perlu mencari tahu cara menuju ke sana.

Anda akan melewati Jembatan Barelang yang merupakan jalan pintas menuju Batam, Rempang dan Galang. Jembatan tersebut merupakan penghubung antara beberapa pulau kecil dengan tiga pulau besar yang ada di Kota Batam. Jumlah angkutan umum yang bisa digunakan untuk menuju pantai ini sebenarnya masih terbilang sedikit.

Namun, ada satu pengecualian dimana taksi dapat mencapai area tersebut. Meski demikian, Anda harus berpikir ulang lagi, karena biaya yang dikeluarkan biasanya cukup tinggi.

Biaya masuk wisata laut

Karena letaknya yang dekat dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura, maka wajar jika diasumsikan Kota Batam populer dengan biaya hidup yang relatif tinggi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir mengenai rencana liburan atau wisata ke Pantai Melur. Semua wisatawan tidak dipungut biaya sepeser pun untuk tiket masuk kawasan pantai atau gratis.

Namun, hanya ada pengecualian untuk fasilitas yang ditawarkan di pantai ini, seperti: B. Menyewa banana boat dan raft boat dikenakan biaya sekitar 10.000 hingga 50.000 rupiah tergantung pengelola.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas di Pantai MelurFoto: Google Maps/Chee Siong Cheng (CS)

1. Main wahana air

Atraksi air telah disiapkan di Pantai Melur untuk lebih mempromosikan pariwisata di kawasan tersebut. Meski tidak banyak wahana yang ditawarkan, keseruan dijamin akan terasa.

Diantara atraksi air tersebut antara lain terdapat banana boat dan pelampung khusus bagi wisatawan yang ingin berenang. Meski wahananya belum siap, Anda tidak akan menyesal berlibur ke sana setelah melihat keindahan pantainya.

2. Berburu Kuliner

Selain seluncuran air, wisata kuliner juga bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Pantai Melur. Di kawasan pantai, berjejer restoran dan warung yang menawarkan beragam menu kuliner khas.

Kuliner yang disajikan di sana kebanyakan merupakan masakan lokal khas Sumatera, namun juga olahan yang berasal dari makanan laut. Tentunya, Anda tidak akan menyesal setelah mencicipi kelezatan berbagai menu kuliner yang ada di sana.

3. Ambil foto

Pada siang hari, wisatawan yang datang ke pantai ini biasanya relatif tenang karena terik matahari. Namun, di balik suasana tenang di siang hari, Anda bisa lebih leluasa menikmati keindahannya.

Suasana tenang ini memberi Anda lebih banyak kebebasan saat mengambil foto. Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang panorama Pantai Melur yang luar biasa.

4. Lakukan olahraga pantai

Karena pantai ini dikelilingi daratan yang menjorok ke laut, pantai cantik ini tidak menawarkan pemandangan pantai yang luas. Selain itu, arus di pantai ini juga tergolong rendah.

Sehingga suasana seperti ini sangat cocok bagi wisatawan yang melakukan olah raga pantai seperti voli pantai, sepak bola dll. Kegiatan ini secara alami akan membuat tubuh Anda lebih bugar.

5. Berkemah di Pantai Melur

Berkemah merupakan salah satu aktivitas terbaik yang dapat dilakukan di pantai ini pada malam hari. Pada malam hari, suasana di pantai ini sangat menyenangkan karena suara ombak pantai dan kicau jangkrik. Ditambah lagi dengan kelap-kelip bintang di langit yang cukup memukau.

Kegiatan ini semakin menyenangkan jika dilakukan bersama saudara, teman atau pasangan. Anda bisa membuat api unggun untuk membakar jagung atau sosis dengan diiringi musik gitar. Malammu di pantai ini dijamin semakin tak terlupakan.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai MelurFoto: Google Maps/Daniel

Karena Pantai Melur sendiri merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan, maka tidak heran jika fasilitas yang tersedia disana cukup lengkap. Ketika datang ke pantai, wisatawan akan menemukan banyak batang pohon di sepanjang pantai untuk duduk santai sambil menikmati pemandangan pantai yang luar biasa.

Selain itu ada juga persewaan ban pelampung bagi anda yang ingin berenang. Kemudian juga terdapat kamar mandi atau toilet dalam kondisi bersih dan terawat. Anda juga akan menemukan warung berjejer di pantai ini.

Selain itu, telah didirikan musholla di pinggir pantai sebagai tempat ibadah bagi wisatawan yang beragama Islam. Tersedia juga tempat parkir mobil yang cukup luas bagi anda yang membawa kendaraan seperti mobil, motor bahkan bus. Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan karena sudah ada juru parkir.

Itulah berbagai informasi menarik tentang Pantai Melur di Pulau Batam. Tips bagi anda yang berlibur di pantai ini : jangan lupa membawa perlengkapan pribadi yang dapat membantu anda dalam beraktivitas. Barang-barang yang wajib dibawa antara lain kacamata hitam, topi, baju ganti, kamera, dan lainnya. Pastikan juga kondisi Anda sehat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button