Tempat Wisata

Pantai Mengening, tempat paling populer untuk menikmati panorama matahari terbenam di Badung Bali

Nikmati panorama matahari terbenam yang menakjubkan di Pantai Mengening, Badung, Bali sambil bersantai di spot favorit dengan megahnya kehadiran Pura Gede Luhur Batungau

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Cemagi, Kec. Mengwi, Kab. Map: Periksa lokasinya

Bali tidak hanya terkenal di Indonesia tetapi juga di berbagai negara di dunia. Yang terkenal di Bali tentu tidak lepas dari pantainya.

Banyak sekali pantai di Badung sehingga kepulauan ini mendapat julukan “Seribu Pantai”. Salah satu yang menawarkan panorama alam indah adalah Pantai Mengening di kawasan Cemagi.

Padahal, pantai pada umumnya memiliki pemandangan alam yang hampir sama. Air laut, pantai berpasir putih, bebatuan karang, dan pepohonan rindang di sekitar pantai menjadi pemandangan berbeda yang bisa dipilih.

Namun tentunya setiap pantai memiliki ciri khasnya masing-masing, mulai dari bentuk, warna pasir, hingga kontur bebatuan karangnya.

Setiap pantai di Bali menawarkan panorama yang berbeda-beda. Ada yang lebih unggul dari ombaknya, kejernihan air lautnya atau bahkan hal-hal lain yang berhubungan dengan keindahan alam.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu alasan mengunjungi wisata bahari berupa pantai tentunya adalah keinginan untuk menikmati pesona alamnya, begitu pula dengan pantai ini.

Daya Tarik Pantai Mengening

Daya Tarik Pantai MengeningFoto oleh Infowisatabali di Instagram

Mengapa Anda harus mengunjungi Pantai Mengening? Mungkin ini pertanyaan pertama yang ditanyakan oleh saudara atau teman. Jawabannya pasti terletak pada keindahan dan panorama alam yang ditawarkannya. Bagi Anda yang penasaran, inilah sederet objek wisata yang ditawarkan salah satu pantai indah di Bali ini!

1. Panorama Pantai Mengening yang indah dan unik

Daya tarik pertama pastinya adalah keindahan yang jarang ditawarkan pantai lain. Kali ini bukan sekedar hamparan pasir saja, melainkan banyak bebatuan karang yang menghiasinya. Di pinggir pantai terdapat beberapa batu karang yang menjorok ke laut, sehingga membuat kita seolah-olah bisa berjalan di atasnya hingga sedikit masuk ke tengah laut.

Namun hal ini tentu tidak disarankan karena batuan karang dikenal tajam dan licin. Selain itu, gelombang besar yang tiba-tiba bisa berbahaya.

Nikmati saja keindahan Pantai Mengening dengan bebatuan karangnya. Jika memang membutuhkan atau ingin merasakan sensasi lain, silakan saja memanjat batu karang tersebut, namun tetap memperhatikan kondisinya.

2. Terdapat Pura Gede Luhur Batungaus

Seperti halnya Pantai Tanah Lot, pantai indah dengan bebatuan karang yang unik ini juga memiliki tempat ibadah umat Hindu: Pura Gede Luhur Batungaus.

Posisinya pun serupa, yakni menjorok ke tengah laut. Pengunjung yang ingin menikmati bonus pemandangan di Pantai Mengening hanya perlu menunggu hingga air surut.

Meski bisa dikunjungi saat air pasang, namun harus menggunakan perahu. Sayangnya tidak semua orang mempunyai akses, Anda hanya bisa melihatnya dari luar saja.

Alasannya tentu saja karena setiap pura merupakan bangunan suci bagi pemeluk agamanya. Menikmatinya dari luar pun tak kalah menarik dan cukup menciptakan pengalaman berbeda saat berlibur.

3. Pantai dengan suasana tenang

Berbeda dengan Pantai Kuta atau pantai-pantai lain di Bali, Pantai Mengening tidak banyak terdapat hal menarik. Terlepas dari minimnya persaingan atau minimnya iklan, faktanya keindahannya tak kalah dengan pantai-pantai di tempat lain.

Ternyata sepinya pengunjung menjadi salah satu daya tarik yang tidak dimiliki oleh pantai yang ramai.

Bagaimana tidak, suasana tenang bisa Anda rasakan di tempat wisata bahari ini. Karena sepinya kerumunan, suara deburan ombak yang menghantam bebatuan karang semakin terdengar jelas. Angin sepoi-sepoi melarutkan atmosfer sehingga perubahan waktu tidak terlalu terlihat.

4. Tempat melihat matahari terbenam

Tidak semua tempat wisata di pantai ini bisa dijadikan tempat menikmati indahnya matahari terbenam. Untuk mengagumi panorama alam sehari-hari ini, hanya pantai yang menghadap ke barat saja yang bisa digunakan.

Pantai Mengening memiliki garis pantai yang memanjang ke utara dan selatan serta menghadap langsung ke barat.

Di belakang pantai, di sebelah timur banyak terdapat pepohonan rindang berwarna hijau. Seperti halnya di pantai, pohon kelapa mendominasi di sini.

Laut luas kini terbentang tanpa sekat di depan pantai maupun di sisi barat. Di sinilah atraksi dimana pengunjung bisa dengan gembira menyaksikan matahari terbit hingga kembali tidur.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai MangeningFoto oleh Win di Instagram

Silakan langsung menuju Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali jika tertarik mengunjungi Pantai Mengening.

Jarak menuju kawasan Gianyar pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 30 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan. Jika saat ini Anda berada di kawasan Tabanan, jaraknya sedikit lebih jauh, yakni sekitar 50 kilometer.

Rute yang diambil tergantung pada arah kedatangan. Agar lebih mudah, ambillah tol Tol Munggu – Tanah Lot sebagai patokan.

Silakan gunakan petunjuk untuk membantu jika Anda tidak yakin. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Google Map jika masih bingung. Meski tidak begitu dikenal, namun lokasinya memiliki kepentingan yang strategis.

Biaya masuk ke tempat wisata

Berkunjung ke Pantai Mengening tidak harus mahal. Secara umum berbeda dengan jenis pantai lainnya, tiket masuknya dikenakan biaya. Masuk ke objek wisata ini sewaktu-waktu gratis tanpa harus mengeluarkan biaya apapun, artinya gratis. Nikmati keindahan alam dan berbagai aktivitas.

Sebenarnya tidak sepenuhnya gratis karena jika datang dengan kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir. Bagi yang membawa mobil harus menganggarkan 5.000 rupiah, sedangkan untuk sepeda motor hanya perlu menganggarkan 2.000 rupiah.

Harga parkirnya bisa dibilang sangat murah. Karena tidak ada jam buka, Anda bisa berkunjung kapan saja, namun berkunjung pada malam hari tidak disarankan.

Aktivitas menarik di Pantai Mengening

Harga tiket pantai MangeningFoto oleh Sharka Mihokova di Instagram

Selain karena daya tariknya, alasan wisatawan berkunjung ke Pantai Mengeing adalah karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana.

Beberapa di antaranya mirip dengan pantai di tempat lain, namun kali ini Anda pasti tidak bisa menggunakannya untuk berenang karena terlalu berbahaya. Sebaliknya, kegiatan berikut ini bisa menjadi alternatifnya!

1. Saksikan matahari terbenam

Letaknya yang sempurna menghadap ke barat tanpa hambatan apa pun menjadikan pantai eksotis ini cocok untuk menyaksikan matahari terbenam.

Tentunya Anda tidak hanya bisa melihatnya tetapi juga menikmati keindahannya. Meski panorama alam ini bisa Anda amati setiap hari, namun Anda akan selalu merindukan cahaya yang perlahan memudar seiring malam.

Pantulan cahaya kuning cerah yang perlahan berubah menjadi oranye menjadi pemandangan unik tersendiri. Sebagian cahayanya tidak dapat menembus jernihnya air laut dan terpantul sehingga menciptakan panorama indah lainnya.

Jika beruntung, Anda bisa merasakan pesona surutnya sinar matahari yang terhalang awan tipis yang pastinya semakin eksotis.

2. Mengunjungi Pura Gede Luhur Batungaus

Pengunjung tidak akan pernah bosan jika berkunjung ke Pantai Mengening. Sambil menunggu matahari terbenam, Anda bisa mengunjungi Pura Gede Luhur Batungaus. Ada jalan khusus yang bisa dilalui karena itulah akses jalan. Candi ini memiliki gapura yang cukup tinggi dengan warna hitam.

Setelah sampai di pantai, pertama-tama Anda harus pergi ke jalan utama. Pengunjung hanya diperbolehkan memasuki halaman, bukan bagian dalam gereja. Namun cukup menarik untuk menikmati keunikan arsitektur bangunan candi.

3. Memancing sambil menikmati keindahan pantai

Apa yang terlintas di benak Anda saat melihat air laut? Selain berenang dan bermain air, tentunya Anda juga terpikir untuk memancing, apalagi bagi Anda yang menyukai olahraga santai ini. Ikan di Pantai Mengening banyak sekali, terutama ikan kerapu. Pada dasarnya ikan kerapu merupakan ikan yang hidup di karang.

Pengunjung yang memancing biasanya memanfaatkan bebatuan karang yang menjorok ke laut. Bukan tanpa alasan, karena kemungkinannya lebih besar dibandingkan saat memancing di tepian. Selain itu, cara melempar kail juga lebih mudah karena tidak perlu jauh-jauh untuk sampai ke bebatuan karang tempat ikan bersembunyi.

4. Carilah spot foto yang indah

Kegiatan selanjutnya adalah mencari spot foto. Hampir pasti Anda juga memikirkan aktivitas ini, bukan? Sayang sekali jika panorama indah Pantai Mengening dilewatkan begitu saja tanpa diabadikan.

Hampir setiap sudut tempatnya menawarkan keindahan alam yang berbeda-beda, mulai dari bebatuan karang, deburan ombak, hingga pohon palem.

Anda tidak harus menjadi fotografer profesional untuk mengambil foto yang indah dan mempesona. Pasalnya, tempat pengambilan fotonya sangat indah sehingga setiap jepretannya dijamin indah. Spot foto lain yang sayang untuk dilewatkan adalah pura yang berada di pantai eksotis di Bali ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Aktivitas menarik di Pantai MengeningFoto oleh Lola Linda di Instagram

Akses jalan yang baik menjadi fasilitas pertama di Pantai Mengening yang pasti Anda sukai. Meski tidak terlalu ramai, namun tetap ada fasilitas penting yang bisa Anda gunakan seperti toilet dan tempat parkir.

Karena lokasinya yang masih berada di akses jalan utama dan didukung oleh pura, banyak berjejer warung-warung yang menawarkan berbagai menu makanan dan minuman.

Tujuan berlibur bukan hanya untuk mengisi waktu luang saja, namun juga untuk menghibur diri sendiri. Dengan hiburan yang tepat, pikiran Anda akan lebih segar dan siap untuk bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari.

Pantai Mengening memiliki semua yang Anda butuhkan sebagai destinasi liburan, sehingga wajar jika Anda memasukkannya ke dalam daftar destinasi wisata Anda selanjutnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button