Tempat Wisata

Pantai Menye: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Jika Anda pernah ke Provinsi Aceh khususnya Aceh Tengah pasti sudah tahu dengan ibu kotanya, Takengon. Letak kota ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Alhasil, kawasan ini memiliki udara yang sejuk dan sejuk. Banyak juga tempat wisata alam di kawasan ini yang pasti membuat Anda ingin kembali lagi ke kota ini, salah satunya adalah Pantai Menye.

Nama Pantai Menye sendiri memiliki arti “pantai yang dimanjakan” atau “tempat memanjakan”. Nama Menye berasal dari bahasa Gayo atau suku utama yang mendiami wilayah pegunungan tinggi tersebut. Dan jika anda mengira bahwa pantai ini adalah laut maka anda salah besar, karena pantai ini bukanlah laut seperti yang anda bayangkan, melainkan sebuah danau yang didalamnya ombaknya juga menderu seperti laut.

Pantai Menye

Pantai ini berada tepat di seberang Kota Takengon, di sisi timur danau. Jadikan kota ini sebagai jalur jalan mengelilingi Danau Lut Tawar. Dan lokasi objek wisata Pantai Menye sendiri berada di Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah.

Jadi jika anda ingin mengunjungi pantai ini anda bisa menempuh perjalanan dari Kota Takengon yang jaraknya sekitar 19 kilometer dari utara atau 26 kilometer jika menggunakan jalur selatan. Waktu yang dibutuhkan dari kota menuju pantai sekitar 60 menit atau satu jam perjalanan.

Dalam perjalanan menuju lokasi Pantai Menye, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang akan menghilangkan sebagian kebosanan perjalanan. Selain pemandangan, Anda juga akan menemukan banyak tempat menarik yang tidak ingin Anda singgahi, antara lain kawasan One-One yang banyak menyajikan masakan tradisional dataran tinggi Gayo seperti ikan bakar, mie aceh, kopi aceh, arabika gayo dan berbagai macamnya. menu lainnya.

Pesona Pantai Menye

Gambaran panorama alam dengan puncak gunung yang melingkar dan hembusan angin yang sejuk serta lekukan pantai yang lebar disertai deburan ombak yang tiada henti membasuh kaki menjadikan Pantai Manye sebagai tempat wisata yang sangat menarik. Pesona pantai ini seringkali membuat kita lupa bahwa sebenarnya kita sedang berada di sebuah danau di puncak gunung dan bukan di tepi lautan.

Hamparan pantai yang luas, hembusan angin dari pegunungan serta kondisi geografis yang berada di sela-sela puncak gunung mengakibatkan terciptanya deburan ombak yang jarang kita jumpai di danau-danau pada umumnya, dan ombak tersebut menjadi ciri khas yang menjadi sebuah daya tarik tersendiri. objek wisata di Pantai Menye.

Pantai Menye

Pemandangannya yang luas membuat kita sadar betapa hebatnya tempat ini. Bunga-bunga liar yang tumbuh di sekitar pantai serta batang bunga mawar yang memancarkan wanginya seolah menciptakan suasana romantis di pantai ini. Oleh karena itu, tak heran jika penduduk setempat memberi nama pantai ini Meny Beach yang artinya pantai tempat Anda bisa memanjakan diri. Tempat dimana kita bisa memanjakan diri bersama pasangan atau keluarga.

Pesona pantai ini seakan tak ada habisnya karena pada sore hari saat langit berubah kemerahan tak lama lagi kita bisa menyaksikan betapa indahnya matahari terbenam yang akan memberikan kesan eksotis pada Pantai Menye.

Pegunungan tinggi yang mengelilingi tempat ini seolah menjadi pagar pelindung tempat wisata alam Pantai Menye. Oleh karena itu sudah selayaknya kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna juga turut serta menjaga kelestarian alam di sekitar kita.

Fasilitas Pantai Menye

Letak Pantai Menye yang strategis dan akses jalan yang baik dengan penunjuk arah di kedua sisi jalan memudahkan setiap orang untuk mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Semakin dekat kita dengan kawasan pantai, semakin banyak pula warung wisata kuliner atau restoran yang kita jumpai. Padahal jika dicermati, cukup banyak pilihan akomodasi bagi Anda yang masih ingin berlama-lama di kawasan ini.

Baca juga: Menurut Danau Tawar, sebuah fenomena danau dengan sejuta rahasia

Sesampainya di kawasan Pantai Menye, kita bisa langsung menuju tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan. Terdapat juga toilet umum yang dibedakan untuk pria dan wanita. Tidak ketinggalan tersedia tempat ibadah bagi umat Islam untuk menjalankan tugasnya.

Di pintu masuk, kami langsung disambut oleh pedagang yang menjual berbagai jenis kopi dan minuman untuk menghangatkan tubuh dari dinginnya udara di kawasan ini. Setelah melewati pintu masuk, kita bisa melihat beberapa kursi dimana pengunjung bisa menikmati suasana di Pantai Menye.

Pacuan Kuda Pantai Menye

Pacuan kuda biasanya tidak hanya berlangsung di Desa Matawai, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur. Namun di Pantai Menye juga terdapat pacuan kuda tradisional yang sudah ada sejak zaman Belanda, namun setelah Indonesia merdeka, pacuan kuda ini diadakan dua kali dalam setahun yaitu menjelang hari ulang tahun Kota Takengon yaitu pada bulan Februari dan Agustus untuk merayakan hari kemerdekaan. Republik jatuh. Indonesia.

Pantai Menye merupakan tempat diadakannya pacuan kuda tradisional. Kuda yang sudah terlatih dipacu dengan cepat oleh para joki di tepi pantai bahkan di tengah hempasan ombak yang menerjang tepian pantai. Danau yang menyerupai lautan ini berhasil menawarkan pengalaman yang benar-benar berbeda bagi para joki dan pengunjung untuk merasakan keseruan pacuan kuda.

Nikmati matahari terbenam

Di Pantai Menye kita juga bisa menyaksikan terbenamnya matahari atau biasa kita sebut dengan matahari terbenam. Langit yang perlahan berubah warna seiring menghilangnya sinar matahari, akan menampakkan sebuah mahakarya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Menikmati fenomena ini akan terasa semakin lengkap saat kita sedang berkumpul dengan keluarga atau orang tercinta.

Perburuan Foto

Berfoto sepertinya sudah menjadi aktivitas wajib bagi para pelancong di zaman modern ini. Apalagi bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi. Saking indahnya pemandangan dan keunikan ombak di Pantai Menye, sayang sekali jika tidak diabadikan.

Jam buka dan biaya masuk Pantai Menye

Bagi yang ingin menikmati keindahan tempat wisata ini dapat mengunjunginya pada pukul 07.00 hingga 18.00. Sebelum memasuki kawasan pantai, Anda terlebih dahulu akan mendapatkan tiket parkir senilai Rp 5.000 untuk satu kendaraan. Selain itu, tiket masuk pantai sebesar Rp 10.000 bahkan pada hari libur dan akhir pekan serta gratis pada hari kerja.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Tips berwisata ke Pantai Menye

  • Bawalah pakaian hangat karena udara di pantai ini cukup dingin.
  • Bawalah baju ganti atau baju pantai karena tempat wisata ini terhubung dengan perairan.
  • Bawalah kamera karena keindahan alam kawasan ini sayang untuk dilewatkan.
  • Selalu pastikan kebersihan di sekitar pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Berdoalah agar liburan Anda sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

peta

Galeri Foto Pantai Menye

Potret Pantai Menye
Spot foto dengan latar belakang laut
Bermain di pantai
Potret bukit di atas pantai
Perburuan Foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button