Tempat Wisata

Pantai Mesra, pantai indah dengan panorama mempesona di Gunung Kidul

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL Kukup, Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Cab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Dari sekian banyak tujuan wisata dan tujuan wisata, pantai masih menjadi salah satu yang paling populer. Hal ini terbukti dengan banyaknya tempat wisata pantai yang selalu ramai saat liburan tiba. Salah satunya Pantai Mesra di Gunung Kidul yang terbilang masih baru namun tak pernah sepi pengunjung. Kawasan wisata ini termasuk wilayah Jawa Tengah, tepatnya di Yogyakarta. Meski masih baru, objek wisata ini dikelola secara profesional.

Segera masuk ke lokasi tepi pantai, hamparan rumput hijau nan asri seakan menyambut Anda. Cukup unik, bukan? Tidak banyak resor pantai dengan rerumputan yang menghiasi sekitarnya. Titik ini juga disebut taman oleh wisatawan, letaknya tepat di sebelah pantai atau sebelum memasuki pantai. Selain itu, terdapat pula pohon nyiur yang menghiasi keindahan pantai Mesra ini.

Sedikit informasi, kawasan pantai yang menawarkan keindahan alam unik ini tidak dikelola oleh pemerintah melainkan oleh pihak swasta. Namun, mereka sangat profesional dalam menggunakan konsep minimalis modern. Di taman tersebut, Anda bisa melihat sejumlah penjaja makanan khas Jawa Tengah bersatu dalam satu tempat bernama Joglo. Di belakang bangunan Joglo terdapat tebing tinggi yang juga menarik perhatian.

Daya Tarik Pantai Mesra Gunung Kidul

Daya Tarik Pantai Mesra Gunung KidulSumber Gambar: Google Maps Ipong Kezia

Tak bisa dipungkiri, setiap tempat wisata pasti memiliki pesona tersendiri. Baik itu objek wisata gunung, perbukitan, air terjun dan juga pantai. Sedangkan untuk pantainya misalnya Pantai Mesra khususnya, daya tariknya cukup banyak. Sebagian besar tidak jauh berbeda dengan spot pantai pada umumnya. Agar lebih jelas dan tidak mengusik rasa penasaran Anda, inilah daya tarik yang dimaksud!

1. Pemandangan khas pantai yang indah

Setiap pantai tentunya memiliki pemandangan laut dan pantainya sendiri yang khas, begitu pula di pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Ngrawe ini. Tebing karang yang besar di pinggir pantai menjadi daya tarik tersendiri. Saat ombak besar datang, terdengar suara hantaman keras yang turut memeriahkan suasana.

Menariknya, rerumputan dengan warna hijau segar tumbuh di atas bebatuan. Itu tidak bisa dipanjat atau didekati, tetapi Anda bisa menggunakannya sebagai latar belakang foto yang bagus. Pasir putihnya yang lembut juga membuat suasana ceria, terutama bagi anak-anak. Mereka bisa bermain sepuasnya dan membangun gedung untuk meningkatkan kreativitasnya.

2. Taman hijau yang indah

Daya Tarik Pantai Mesra selanjutnya sudah sedikit kita bahas pada pembukaan di atas. Sangat menarik ketika ada pantai yang mengusung konsep taman yang sangat jarang ditemukan. Kemampuan pengelola memadukan konsep alam dan buatan disambut baik oleh wisatawan.

Kehadiran bangku-bangku berwarna putih di beberapa tempat bisa dijadikan sebagai tempat istirahat saat lelah bermain-main di pantai. Bangku tersebut juga berfungsi sebagai tempat singgah sejenak sebelum memasuki lokasi tepi pantai. Ada jalan setapak yang digunakan untuk menuju pantai. Taman ini juga tidak berbatasan dengan pantai yang bertemu langsung dengan pasir putih.

3. Kebersihan terjaga

Pantai memang identik dengan tempat wisata yang tidak terawasi, apalagi jika menyangkut kebersihan. Menariknya, pantai-pantai di Jogja selalu bersih dan terawat. Hal ini tentunya menjadi daya tarik lain yang keindahannya tidak dirusak oleh sampah yang berserakan. Meski membawa barang belanjaan gratis, namun disediakan tempat sampah di beberapa lokasi untuk memudahkan pengunjung membuang sampah pada tempatnya.

Alamat lokasi dan rute

Alamat Pantai Mesra Gunung KidulSumber Gambar: Google Maps Ipong Kezia

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menawarkan banyak tempat wisata berupa pantai. Hampir semuanya letaknya strategis sehingga tidak sulit menemukannya, termasuk Pantai Mesra. Pastikan alamat lengkap di Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta sebelum menuju ke lokasi.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, silakan ambil jalur yang mengarah ke Jalan Imogiri. Lanjut ke daerah Wonosari lalu ke arah daerah Panggang. Dari sini, Anda tinggal berjalan lurus saja hingga menemukan Jalan Pantai Selatan dan tiba di kawasan Ngepung. Karena lokasinya yang masih dekat dengan Pantai Baron, Anda harus membayar biaya yang juga merupakan tiket masuk Pantai Ngrawe.

Biaya masuk

Tiket Pantai Mesra Gunung KidulKredit foto: Google Maps Septi-ny Zilan

Bicara soal harga tiket masuk, hampir bisa dipastikan tempat wisata berupa pantai ini tergolong murah. Kali ini malah seharusnya sangat murah, karena Anda bisa menikmati dua pantai indah dengan satu tiket. Dua pantai yang dimaksud adalah Pantai Baron dan Pantai Mesra.

Harga yang harus dibayar adalah 10.000 rupiah untuk anda masuk ke tempat wisata tersebut. Ada juga biaya lain yang harus dibayar jika membawa kendaraan pribadi untuk sepeda motor, biayanya 3.000 rupiah sedangkan mobil biayanya 5.000 rupiah. Selain itu, Anda tidak perlu membayar biaya wajib lainnya kecuali menikmati kuliner di tempat.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas pantai ramah lingkungan Gunung KidulKredit foto: Google Maps Nurhana Tri Utami

Pantai merupakan tempat wisata menarik yang banyak dikunjungi karena banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Hal ini juga berlaku untuk Pantai Mesra yang terdapat berbagai aktivitas menarik. Kegiatan apa yang cocok sebagai objek wisata baru pantai indah ini?

1. Bermain pasir

Mungkin tidak terlalu spesial untuk orang dewasa, tapi anak-anak suka bermain pasir. Apalagi jika mereka tinggal di perkotaan yang pasir atau tanahnya jarang ditemukan. Menariknya, area berpasir yang tersedia kali ini cukup luas. Jaraknya pun jauh dari bibir pantai tempat bertemunya air laut dan pasir untuk pertama kalinya.

Jadi anak-anak bisa bermain tanpa takut terganggu ombak yang datang kapan saja. Membangun terowongan, membangun objek, berendam di pasir hanyalah beberapa kegiatan menyenangkan bagi anak-anak di pantai. Bisa untuk orang tua atau orang dewasa juga, tidak ada aturan atau batasan umur dalam kegiatan seru ini.

2. Mainkan air

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah bermain air, tentu itu yang terbayangkan saat Anda berkunjung ke pantai. Sayang sekali kalau tiba-tiba diminta berenang seperti di pantai-pantai di tempat lain. Kontur bebatuan yang mendominasi pantai tidak memungkinkan untuk digunakan berenang.

Alas berupa pasir atau tanah liat agak di tengah. Ini juga tidak disarankan karena terlalu berbahaya. Gelombang tinggi yang datang sewaktu-waktu dapat mengancam jiwa. Pantai di Laut Selatan ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan liar.

Karena itu, ada baiknya jika Anda bermain air di pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Saat air surut bisa masuk sedikit ke tengah meski angin tidak kencang dan ombak tenang. Jangan melakukannya saat air pasang karena Anda tidak tahu di mana area perairan dangkal dan dalam.

3. Bersantai di taman

Jika Anda puas bermain di pantai atau sebelum mengunjungi Pantai Mesra, silakan bersantai di taman yang telah dijelaskan sebelumnya. Bangku di lokasi taman dirancang khusus untuk pengunjung yang ingin menikmati gym pantai. Semilir angin laut pasti akan meredakan ketegangan yang selama ini Anda rasakan.

Selain tempat duduk, terdapat juga gazebo yang dibangun dengan konsep unik untuk relaksasi. Pendopo dibangun mengelilingi taman sehingga keindahannya terlihat jelas. Pengunjung yang melakukan kegiatan ini kebanyakan membawa anggota keluarga seperti istri dan anak.

4. Berburu spot foto

Aktivitas seru di Pantai Mesra dari Gunung KidulKredit foto: Google Maps Muhammad Raziqin

Hampir semua spot di Pantai Mesra bisa dijadikan latar foto yang menarik. Misalnya di pantai, Anda bisa menggunakan batu besar di pantai. Selain itu, laut lepas yang digambarkan juga cocok sebagai latar tema alam yang indah. Bagi para penggiat media sosial, kegiatan seperti ini wajib dilakukan.

Ada satu tempat yang bisa dikatakan unik yaitu papan nama lokasi tepi pantai yang indah ini. Setiap tempat wisata pasti memiliki keterangan nama masing-masing tempat. Namun kali ini bisa dikatakan unik karena disertai dengan deskripsi yang unik. Pernyataan itu berbunyi: “Jangan rawat lautku Koyo Ngrat Bojoku”. Artinya “Saya menjaga laut saya seperti saya menjaga istri saya”, kurang lebih begitu.

5. Berburu Kuliner

Kegiatan lain yang pasti tidak boleh Anda lewatkan adalah wisata kuliner, di mana Anda bisa menemukan banyak hidangan lezat yang terbuat dari bahan dasar yang berbeda. Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang artinya makanan khasnya juga tidak jauh dari provinsi tersebut. Misalnya nasi hangat, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan olahan yang terbuat dari sayur nangka muda ini.

Selain itu, masih banyak lagi makanan yang ditemukan, baik dari makanan ringan maupun berat. Ada juga yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Beberapa di antaranya adalah Bakpia, Cokelat Monggo, Mamahke Jogja dan masih banyak lagi. Jika Anda sudah menikmati makanan khas di suatu daerah yang menjadi tujuan wisata utama, maka bisa dikatakan liburan Anda sudah lengkap.

6. Menikmati matahari terbenam

Tidak semua pantai bisa dijadikan momen untuk menikmati sunset. Ini tergantung pada luasnya situs. Pantai Mesra terbukti tak hanya menjadi tempat melihat panorama alam, tapi juga saat matahari terbit. Apalagi pantai cantik ini buka 24 jam sehari, artinya Anda bisa datang di pagi hari sebelum matahari terbit.

Fasilitas yang tersedia

pantai yang ramahSumber Gambar: Google Maps Aulia Wn

Seperti disebutkan, Pantai Mesra dikelola dengan baik di Tanjungsari, Gunungkidul. Dengan demikian, fasilitas yang disediakan juga terbilang lengkap. Beberapa sudah disebutkan yaitu restoran, tempat duduk taman santai dan gazebo. Fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah mushola, toilet dan juga tempat parkir mobil.

Bagi Anda yang berencana menginap, tersedia juga tempat dengan harga terjangkau. Meski murah, tempat ini cukup nyaman untuk menikmati suasana malam khas pantai. Selain itu, tersedia fasilitas kolam renang dan restoran yang siap memenuhi kebutuhan Anda.

Sebagai tempat wisata dengan pesona alam yang menakjubkan, Pantai Mesra di Gunung Kidul harus masuk dalam daftar teratas yang wajib dikunjungi. Tak bisa dipungkiri keindahan alamnya memang memukau dengan pesona tersendiri. Peralatan yang disebutkan di awal juga terbilang cukup lengkap, bahkan bisa dikatakan sempurna.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button