Tempat Wisata

Pantai Minang Rua: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pantai Minang Rua merupakan kawasan wisata bahari di Lampung Selatan. Saat Anda berkunjung ke Lampung, jangan lupa mampir ke pantai untuk sekedar bersantai bersama keluarga atau teman.

Jika anda berkunjung ke pantai ini anda akan disuguhi dengan pantai berpasir putih yang dikelilingi perbukitan yang indah dan pepohonan yang rindang. Suasananya juga keren. Keindahan Pantai Minang Rua menjadikannya salah satu destinasi wisata baru di Lampung, khususnya di Lampung Selatan.

Berikut ulasan lengkap Pantai Minang Rua meliputi lokasi, fasilitas, biaya masuk dan informasi Pantai Minang Rua lainnya.

Lokasi di pantai Minang Rua

Lokasi di pantai Minang RuaPantai Minang Rua Sumber : instagram.com/febryadisaputra02

Pantai Minang Rua berada di sebelah barat Pelabuhan Bakauheni, sekitar 6 kilometer. Dengan jarak tempuh sekitar 15 menit.

Secara administratif, Pantai Minang Rua terletak di Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Akses jalan pantai Minang Rua bisa dilakukan melalui Jalinsum atau dikenal juga dengan Bendungan Sumatera, tanpa harus masuk jalan tol.

Dan jika anda berkendara dari kota Bandar Lampung menuju pantai Minang Rua. Jarak tempuh melalui jalan tol kurang lebih 92 kilometer. Keluar dari pintu tol Bakauheni Utara kemudian memakan waktu sekitar 1,5 jam

Rute Menuju Pantai Minang Rua Lampung

Pantai Minang Rua Lampung Sumber : instagram.com/deli_lie

Jalan menuju pantai Minang Rua cukup mudah untuk dijangkau. Dapat membuka peta Google Maps. Berikut adalah rute yang bisa dilalui.

  • Masuk tol utara Bakauheni.
  • Keluar dari pintu tol utara Bakauheni.
  • Belok ke arah Bakauheni di Jalan Trans Sumatera
  • Anda hanya lewat di bawah jalan tol satu kali.
  • Setelah 6,5 kilometer Anda keluar dari jalan tol dan melewati SPBU Pertamina Garuda Hitam.
  • Kemudian Anda akan menemukan Indomaret Bakauheni 2, setelah itu belok kanan di sebelah Indomaret.
  • Di penyeberangan tepat sebelum Anda melewati jalan kecil menuju pantai. Di sini lagi di bawah pantai.
  • Kemudian, sekitar 200 meter lebih jauh, terdapat Masjid At-Taqwa. Belok kiri dengan kendaraan.
  • Setelah 800 meter belok kanan. Ikuti pertigaan ini untuk masuk ke gang sempit.
  • Kemudian Anda menuruni jalan yang agak terjal dan Anda akan menemukan pintu gerbang pantai.

Jika Anda tidak ingin bertanya kepada orang di jalan, Anda dapat mengikuti panduan Google Maps.

Atraksi di Pantai Minang Rua

Atraksi di Pantai Minang RuaPantai Minang Rua Sumber : instagram.com/winnda_haranny

1. Daerah berpasir

Daya tarik pantai Minang Rua yang pertama adalah adanya hamparan pasir yang cukup luas. Membentang sekitar 300 meter dari utara ke selatan dan pantainya datar.

Menariknya, ada bagian pantai yang pasirnya merupakan hasil pengendapan pasir yang dibawa oleh sungai. Terbawa arus sungai dan tertahan oleh gelombang laut. Sehingga muara tertutup pasir.

Pantai Minang Rua yang dulunya hanya memiliki sedikit pasir, kini memiliki banyak pasir. Hal itu dikabarkan akibat pengiriman pasir hasil land clearing untuk pembangunan jalan tol.

2. Gua Lalai

Daya tarik lain dari Minang Rua adalah Anda dapat melihat fenomena alam yang unik menyerupai gua alam bernama Gua Lalai. Ukurannya tidak sebesar gua pada umumnya. Namun dapat dijadikan sebagai pendidikan bagi anak-anak. Bisa dijadikan spot foto yang unik.

3. Tukik

Ada hamparan pasir yang luas, sehingga beberapa penyu bertelur di pantai Minang Rua. Bayi penyu, juga disebut tukik, dilindungi selama menetas.

Warga setempat dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat melindungi tukik ini hingga menetas dengan selamat. Kemudian mereka dilepaskan kembali ke habitatnya. Keberadaan anak harimau di Pantai Minang Rua menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

4. Laut jernih

Daya tarik Pantai Minang Rua selanjutnya adalah airnya yang jernih. Oleh karena itu, cocok untuk berenang bersama teman atau keluarga. Tapi tetap hati-hati. Selalu berenang dalam batas aman.

5. Temukan matahari terbenam

Letak pantai yang tampak menghadap ke barat tentu menjadikannya spot yang asik untuk menyaksikan matahari terbenam atau sunset. Cara terbaik untuk mengabadikan momen ini adalah dengan kamera karena pemandangannya sangat indah.

6. Green Canyon

Daya tarik lain di Pantai Minang Rua adalah Green Canyon. Spot ini berupa cekungan yang terbentuk secara alami dari bebatuan karang. Air laut di green canyon ini terlihat biru dan jernih. Anda bisa berfoto di green canyon ini.

Pengunjung juga bisa berenang di green canyon ini. Lokasi Green Canyon masih berada di kawasan pesisir. Yakni di ujung kiri Pantai Minang Rua. Untuk sampai ke sini dari pantai Anda harus berjalan sekitar 300 meter melewati bebatuan.

7. Fasilitas Penunjang

Pantai Minang Rua memiliki beberapa fasilitas yang akan membuat liburan Anda semakin nyaman. Misalnya warung makan, mushola, toilet, tempat cuci piring, dan penginapan sewa. Pantai ini juga dijaga kebersihannya oleh pihak pengelola.

Dari sekian banyak yang ada di pantai Minang Rua, dapat disimpulkan bahwa pantai ini wajib dikunjungi pada hari libur atau akhir pekan. Selain lokasinya yang dekat dengan pusat kota Bandar Lampung dan akses yang cukup mudah, liburan di pantai ini bisa menjadi pilihan untuk istirahat sejenak.

Biaya masuk ke pantai Minang Rua

  1. Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  2. Biaya parkir motor pada weekdays: Rp 5.000
  3. Biaya parkir hari kerja: Rp 5.000
  4. Biaya parkir motor akhir pekan: Rp 10.000 (termasuk HTM)
  5. Biaya parkir motor akhir pekan: Rp 20.000 (termasuk HTM)

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Pantai Minang Rua

  1. Buka dari jam 08.00 – selesai

Peta Pantai Minang Rua

Foto tempat wisata di Pantai Minang Rua Lampung

Foto tempat wisata di Pantai Minang Rua LampungPantai Minang Rua Lampung Sumber : instagram.com/winnda_haranny

Pada akhir pekan, pantai ini biasanya ramai pengunjung. Jika Anda memilih suasana pantai yang tenang, Anda dapat mengunjunginya pada hari kerja. Sehingga suasana lebih tenang untuk menyegarkan pikiran.

Gambar dan foto Pantai Minang Rua

Keindahan laut di Pantai Minang RuaPantai MinangkabauPilihan akomodasi yang lengkappersewaan kabinGreen Canyon, spot foto utama di Minang Ruapasir di pantaiMatahari terbenam di Pantai Minang Rua

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button