Tempat Wisata

Pantai Mirota, pantai indah di Batam yang menawarkan suasana perbukitan yang asri

Temukan kedamaian dan keindahan alam di Pantai Mirota Batam, dimana indahnya suasana perbukitan berpadu sempurna dengan pesona pantai yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 06.00 – 19.00 WIB, Alamat: Sijantung, Kecamatan Galang Barelang. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Periksa lokasinya

Keindahan pantai-pantai di Batam tidak perlu diragukan lagi, menjadikannya destinasi wisata unggulan. Selain itu, masih banyak tempat yang bisa Anda jelajahi termasuk Pantai Mirota.

Karena popularitasnya di kalangan wisatawan, mungkin banyak orang yang sudah mengenalnya. Keindahan dan pesonanya menjadi faktor utama yang membuat tempat ini begitu istimewa.

Pantai trendi di Batam ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya. Pasir putihnya terasa begitu lembut di kaki meski tidak terlalu luas.

Pantainya cukup panjang dan di beberapa tempat dihiasi bebatuan karang yang menawan. Seperti biasa, air laut di sini sangat jernih sehingga Anda bisa melihat dasar laut hingga kedalaman tertentu.

Pantai Mirota di Batam selalu ramai pengunjung baik di hari biasa maupun akhir pekan. Namun, tidak dapat disangkal bahwa jumlah pengunjung mencapai puncaknya pada hari-hari libur, baik akhir pekan maupun hari libur nasional.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pengunjungnya tidak hanya warga lokal saja, namun banyak juga wisatawan mancanegara dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Daya Tarik Pantai Mirota

Daya tarik Pantai MirotaFoto oleh Matti Hopponen di Google Maps

Wisatawan yang datang dari berbagai daerah bahkan luar negeri tentu tidak mempunyai alasan untuk mengunjungi pantai ini. Seperti yang diketahui, setiap objek wisata mempunyai nilai tambah daya tarik. Oleh karena itu, pantai-pantai indah di Batam selalu ramai dikunjungi.

1. Ciri-ciri pantai yang tenang

Hampir semua pantai indah di Batam bercirikan ketenangan. Artinya tidak ada ombak besar sepanjang musim. Kalaupun ada, tidak seperti pantai-pantai di Bali atau Pantai Selatan di Jawa.

Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas air yang menghibur di sini. Berenang di Pantai Mirota misalnya, merupakan aktivitas yang cukup seru dan banyak disukai pengunjung.

Karena ombaknya minim, berenang di sini relatif lebih aman. Jika masih ragu, tidak ada salahnya menggunakan jaket pelampung yang disewa dari petugas. Atau sekedar bermain air di pinggir pantai sepertinya tak kalah seru.

2. Hamparan pasir putih yang luas

Tak hanya sepi, pantai-pantai indah di Batam kerap dihiasi pasir putih yang membentang luas. Namun, jika Anda membangunkannya dengan yang lain, kali ini tidak akan selebar itu.

Hanya saja masih memenuhi pantai mana pun dengan bentuknya yang sedikit melengkung. Butiran pasir yang lembut sering digunakan sebagai media bermain atau bersantai. Anak-anak suka bermain pasir di Pantai Mirota Batam, sedangkan orang dewasa lebih suka berjemur.

Ada juga yang berjalan menyusuri pantai yang luas dan merasakan lembutnya butiran pasir. Apa pun yang Anda lakukan di sini, dijamin akan lebih menarik jika Anda meluangkan waktu untuk menikmati pemandangan dan pesona alam yang ditawarkan.

3. Airnya jernih dan berwarna kebiruan

Daya tarik selanjutnya adalah airnya yang sangat jernih, ada yang berwarna hijau dan ada yang kebiruan. Perairan berwarna hijau ini biasanya terdapat di pinggir Pantai Mirota karena perairannya yang dangkal.

Sekarang warna birunya ada di tengah pantai karena cukup dalam. Pemandangan menjadi semakin eksotis ketika keduanya berpadu membentuk gradasi yang indah.

4. Suasana asri khas perbukitan

Sedikit berbeda dengan pantai pada umumnya yang terkesan kering dan panas. Kawasan wisata Pantai Mirota tidak seperti itu, justru terkesan sejuk dan udaranya menyegarkan.

Pasalnya, banyak pepohonan yang berjajar rapi di sepanjang pantai. Ada juga tumbuhan yang menjorok ke laut meski tidak banyak yaitu pohon bakau.

5. Perjalanan laut dimungkinkan

Daya tarik yang lebih luas di Pantai Mirota Batam adalah kapal pesiar laut yang ditawarkan. Sebagian besar penduduk setempat bekerja sebagai nelayan.

Saat penangkapan ikan sedang sepi, mereka menggunakan perahu sebagai fasilitas wisata. Anda bisa berlayar mengarungi lautan luas sekaligus merasakan petualangan seru sekaligus menikmati pesona alam.

6. Tempat Foto Gratis

Spot foto di Pantai Mirota tidak banyak, namun sebagai backdrop cukup unik. Anda bisa menggunakan ayunan yang letaknya agak di tengah laut.

Saat air pasang ayunan ini hampir menyentuh permukaan air. Lokasi lain yang bisa dipertimbangkan adalah properti yang menyerupai dermaga kecil yang menjorok ke pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai MirotaFoto oleh Arif Amrizal di Google Maps

Batam merupakan gugusan pulau yang dihubungkan oleh beberapa jembatan. Jika ingin mengunjungi pantai indah ini tidak harus menyeberangi lautan.

Jalan-jalan saja dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Anda juga bisa menggunakan jasa travel jika tidak memiliki kedua jenis kendaraan tersebut.

Secara administratif kawasan wisata Pantai Mirota terletak di Sijantung, Galang Barelang, Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Jika Anda berangkat dari Batam Square, jarak yang harus Anda tempuh cukup jauh, sekitar 54 kilometer. Dengan kecepatan kendaraan normal Anda dapat mencapainya dalam waktu sekitar 2 jam.

Agar lebih mudah, gunakanlah Jembatan Barelang 5 sebagai patokan utama Anda. Jarak destinasi wisata dengan jembatan ini adalah 1 kilometer.

Jadi Anda telah menempuh jarak sejauh 53 kilometer. Setelah melintasi jembatan, arahkan kendaraan menuju Jalan Trans Barelang dan ikuti rambu yang tersedia.

Biaya masuk dan jam buka

Siapkan biaya pembelian tiket karena wisata bahari ini tidak gratis. Namun jangan khawatir, harga tiket masuk Pantai Mirota Batam cukup murah dan terjangkau.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10.000 rupiah untuk memasuki kawasan wisata ini. Biaya tambahan hanya diwajibkan bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi.

Kalau sepeda motor, pajak yang berlaku adalah 2.000 rupiah, untuk mobil 5.000 rupiah. Pantai ini menawarkan wahana air yang menyenangkan dengan harga yang berbeda-beda.

Beberapa paviliun atau gazebo berjejer rapi untuk disewakan. Tentu saja tidak terlalu mahal dibandingkan fungsinya, hanya sekitar 50.000 rupiah saja untuk satu jamnya.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Pantai MirotaFoto dari Utas Channel di Google Maps

Agar liburan Anda di pantai ini semakin berkesan, lakukan aktivitas sebanyak-banyaknya.

Misalnya saat berenang karena ombaknya relatif kecil sehingga aman. Anda juga bisa bermain air atau pasir di pinggir pantai. Informasi selengkapnya dapat ditemukan di bawah ini!

Berenang atau bermain air

Seperti yang telah disebutkan, ombak di Pantai Mirota relatif aman sehingga cocok untuk aktivitas air. Misalnya saja berenang yang juga banyak dilakukan wisatawan. Pantainya datar cukup luas, terlihat dasarnya berpasir.

Namun jika Anda ragu dan takut, tidak ada salahnya mengenakan jaket pelampung atau sekedar bermain air di pinggirnya.

Bersantai dan nikmati pesona alam Pantai Mirota

Aktivitas menarik berikutnya yang bisa dilakukan di Pantai Mirota Batam adalah relaksasi. Tentu saja bukan sekedar relaksasi saja, tapi juga menikmati suasana alam di sekitar Anda.

Udara sejuk terasa karena masih banyak tumbuh-tumbuhan hijau di balik pantai. Kegiatan ini bisa dilakukan di atas pasir putih, berjalan-jalan atau menyewa gazebo.

Cobalah wahana yang mengasyikkan

Wisata perahu yang dibahas di atas hanyalah salah satunya, masih banyak lagi yang bisa Anda temukan. Sebuah kano, misalnya, menawarkan ruang untuk maksimal 2 orang.

Wisata pantai Mirota bisa menjadi pilihan utama jika anda berkunjung bersama pasangan agar semakin romantis. Jika berkunjung bersama keluarga, naik pompong boat atau banana boat nampaknya lebih seru.

Mencari spot foto terbaik

Di penghujung aktivitas Anda selama berkunjung ke Pantai Mirota, jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut dalam bentuk foto atau video.

Tempat yang paling menarik dan banyak dicari wisatawan adalah ayunan yang menjorok ke laut. Anda juga bisa memanfaatkan dermaga mini atau segala keindahan alam sebagai background foto.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai MirotaFoto oleh Mega Supriyani di Google Maps

Pengelolaan yang baik terlihat dari lengkapnya fasilitas pantai indah ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir selama berkunjung, semua keinginan Anda pasti akan terkabul.

Terdapat tempat parkir yang luas bagi mereka yang datang dengan mobil. Mushola, toilet, pendopo, warung makan dan masih banyak fasilitas lainnya bisa disediakan.

Cukup sekian informasi mengenai Objek Wisata, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Bahari di Batam yang dikenal dengan Wisata Pantai Mirota.

Dari semua ulasan di atas, kemungkinan besar Anda akan setuju kalau ini adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Agar lebih menarik, sebaiknya datang bersama keluarga atau rombongan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button