Tak Berkategori

Pantai Muara Beting, pantai indah di Bekasi yang menjadi habitat berbagai jenis burung

Pantai Muara Beting di Bekasi merupakan destinasi wisata pantai dengan keindahan alam dan habitat berbagai jenis burung.

Harga tiket: Rp 20.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Pantai Bahagia, Kec. Muara Gembong, Kab.Bekasi, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Pantai Muara Beting merupakan salah satu tempat liburan menarik di Bekasi, Jawa Barat. Otomatis akan tercipta kawasan dengan citra padat di dekat Jabodetabek yang identik dengan asap pabrik dan udara panas Suasana hati segalanya bisa tiba-tiba menjadi buruk.

Namun ada fakta menarik karena ternyata Bekasi menawarkan destinasi alam untuk bersantai dengan pantai bagi warganya.

Jika Anda mempunyai waktu untuk ke Bekasi, Anda juga bisa menambahkannya ke dalam daftar kunjungan Anda ke tempat wisata bahari ini sebelum kembali ke kampung halaman. Warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menikmati keindahan alam tak perlu melakukan perjalanan jauh.

Luangkan waktu sejenak untuk keluar dari kota dan pergilah ke Muara Gembong untuk menikmati tenangnya perairan pantai setelah bekerja keras sebagai penduduk kota yang sibuk.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Muara Beting

Objek Wisata: Pantai Muara BetingFoto: Google Maps/Supriyono Riyyo

Pantai eksotik ini menjadi salah satu daya tarik utama Jawa Barat dan tentunya menawarkan banyak daya tarik bagi pengunjungnya. Selain itu, ternyata masih banyak fakta menarik lainnya. Mari kita lihat berbagai situs menariknya, berikut beberapa di antaranya:

1. Perlindungan hutan bakau

Aspek menarik pertama adalah kepemilikan lahan 70 hari yang dijadikan lahan konservasi tanaman mangrove. Hal ini merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam menjaga lingkungan hidup di bekasi, khususnya fakta menarik yang patut anda ketahui.

Selain menikmati keindahan Pantai Muara Beting Bekasi sambil bersenang-senang bersama teman, Anda juga bisa sesekali melepaskan diri dari hiruk pikuk keramaian.

Jika biasa melihat pemandangan kendaraan yang sangat padat, sesekali nikmati semilir angin di sela-sela tanaman bakau.

2. Habitat banyak jenis burung

Kawasan wisata Pantai Muara Beting terletak tidak jauh dari Jabodetabek. Namun, terdapat berbagai spesies burung, mulai dari burung camar hingga bangau dan bangau.

Mereka semua hidup alami di alam dan yang perlu Anda lakukan hanyalah menyaksikan mereka terbang dan mendengarkan kicauannya di tengah suara air pantai. Melarikan diri sejenak dari perkotaan akan menyegarkan pikiran dan hati Anda.

3. Pasir berwarna coklat

Aspek menarik terakhir yang bisa didapat adalah warna pasirnya yang cenderung hitam pekat. Tidak seperti banyak destinasi serupa lainnya yang bercirikan putih, warna gelap pun tak kalah menyenangkan.

Berbagai aspek menarik yang disebutkan di atas menjadi alasan masyarakat ingin datang ke Bekasi dan menikmati keindahan yang ditawarkan di sini. Tanpa harus bepergian jauh ke luar kota atau pulau, Bekasi merupakan lokasi tersendiri yang cukup menyembuhkan.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Muara BetingFoto: Google Maps/Supriyono Riyyo

Hal pertama yang perlu disepakati saat menentukan rute menuju kawasan wisata Pantai Muara Beting adalah memastikan Anda sudah sampai di Bekasi terlebih dahulu.

Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Ganda Agung dan dilanjutkan menuju desa Sriamur Babelan.

Tanpa singgah di desa tersebut, lanjutkan perjalanan menuju Muara Gembong dan selanjutnya menuju desa Muara Beting Jawa Barat. Kemudian ikuti saja jalan tersebut atau sesekali bertanya kepada warga sekitar tentang lokasi pantai tersebut.

Sebagai saran, sebaiknya gunakan kendaraan roda dua agar bisa parkir lebih dekat ke pantai. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 2 jam dari pusat kota bekasi.

Biaya masuk ke Pantai Muara Beting

Biaya masuk awalnya gratis karena pengelolaannya belum memadai. Namun berdasarkan perkembangan informasi pada Agustus 2023, harga tiket masuknya dipatok Rp 20.000 per orang.

Pantai ini buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore, namun ada juga yang mengklaim bahwa pantai ini buka 24 jam. Kami menyarankan untuk datang hanya pada siang hari untuk menjamin keamanan dan kenyamanan.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai Muara BetingFoto: Google Maps/Septianto Wahyudi

Banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Pantai Muara Beting di Bekasi, Jawa Barat. Pada berbagai referensi di bawah ini Anda bisa melihat berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan:

Dengan kapal

Pengelola setempat menawarkan jasa penjelajahan Pantai Muara Beting Bekasi menggunakan perahu dengan pengaturan biaya khusus. Anda hanya perlu membayar Rp 25.000 hingga 30.000 per perahu atau getek.

Jika Anda bepergian bersama rombongan, Anda bisa mengajak penumpang lain untuk ikut menyumbang biaya sewa perahu. Datang di pagi hari akan lebih menyenangkan karena bisa menikmati pemandangan dan udara yang masih sejuk.

Difoto Selfie di kawasan Pantai Muara Beting

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan muda masa kini adalah berfoto di setiap Pantai Muara Beting. Mengambil foto estetis menciptakan kenangan istimewa yang dapat Anda simpan secara pribadi atau diunggah ke media sosial.

Mengabadikan momen dalam sebuah gambar menjadi alasan untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Suatu hari Anda akan melihat foto dan kenangan kebahagiaan akan terungkap.

Mainkan air

Satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke pantai ini adalah bermain air. Hal ini juga berlaku untuk mengunjungi destinasi wisata utama Bekasi yang menawarkan perairan pantai biru jernih.

Berbagai aktivitas seru dan menyenangkan di atas mampu menghilangkan kepenatan setelah bekerja lima hari dalam seminggu. Anda juga bisa cepat tersesat di tengah kemacetan dan jalanan padat saat pergi ke pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas pantai Muara BetingFoto: Google Maps/Reza Maha

Destinasi wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang nyaman bagi pengunjung. Anda bisa membersihkan diri di toilet, shalat di musala, makan di berbagai tempat makan dan lain sebagainya.

Terdapat tempat parkir untuk menjamin keamanan kendaraan dan gazebo untuk duduk bersantai sambil menunggu anak-anak bermain. Beragamnya atraksi dan aktivitas menarik di Pantai Muara Beting menjadi alasan banyak pengunjung datang ke Bekasi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button