Tempat Wisata

Pantai Muncar, pantai indah berpasir putih di Gunung Kidul

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Cab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Pantai Muncar merupakan destinasi wisata bahari di Gunung Kidul yang layak dikunjungi untuk berlibur. Pantai ini begitu indah dan menawan sehingga siapapun yang mengunjunginya dijamin akan betah. Meski saat ini masih sepi, keindahannya tidak bisa diremehkan, perpaduan perbukitan, air laut, dan pasir putihnya begitu indah.

Kalau bicara soal pantai di Jogja, Gunung Kidul paling banyak menyumbang jumlah pantai. Sejauh ini telah ditemukan lebih dari 60 pantai yang tersebar di beberapa tempat. Sayangnya, tidak semuanya diketahui banyak wisatawan, sehingga sebagian kondisinya masih sepi, sepi, dan tentunya masih terjaga kelestarian alamnya.

Dari sekian banyak pantai di Jogja, masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Sebenarnya unsur-unsur pariwisata hampir sama, tetapi dari segi geografi dan lokasi tepatnya berbeda. Berkunjung ke tempat ini lebih cocok jika bersama keluarga atau pasangan, yang penting rombongan.

Daya Tarik Pantai Muncar

Atraksi di Pantai MuncarKredit foto: Google Maps Muhammad Rizqi Ridho

Kami tidak akan berbicara tentang pantai lain meskipun sebenarnya ada banyak keindahan yang bisa didapat. Kali ini kita hanya akan fokus pada Pantai Muncar yang tidak kalah menarik dan menawan. Pantai yang indah ini memiliki banyak atraksi yang menarik wisatawan.

1. Dikelilingi perbukitan yang indah

Keistimewaan pantai di Gunungkidul ini adalah perbukitan yang mengelilinginya. Beberapa di antaranya mengapit pantai sehingga terlihat sangat eksotik. Untuk pantai kali ini cukup luas sehingga terlihat perbukitan yang mengelilinginya. Bukit bebatuan kart yang eksotis ini terlihat sangat hijau karena ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan.

Sebagian besar bukit tidak dapat didaki ke puncak. Hanya sedikit yang bisa didaki, juga harus menempuh perjalanan yang agak panjang dan medan yang berat. Namun begitu sampai di puncak, pendakian sepertinya tidak menjadi masalah karena tergantikan oleh laut biru yang indah dengan ombak berbuih yang indah.

2. Pantai dengan air yang jernih

Ada banyak pantai di nusantara. Namun tidak semua memiliki air jernih sebagai daya tarik. Pantai Muncar adalah salah satu yang terindah dengan air laut yang jernih dan hijau. Terkadang airnya terlihat biru dan terkadang putih. Perbedaan warna tergantung pada pasang surut air.

Airnya yang jernih memungkinkan untuk melihat biota laut. Sayangnya, tidak disarankan untuk kegiatan snorkeling mengingat ombaknya sering tinggi dan disertai angin kencang. Terkadang ada banyak batu dengan ukuran berbeda. Hal ini membuatnya terlihat lebih eksotis dan enak dipandang.

3. Kondisi alam dan damai

Daya tarik itu milik Pantai MuncarKredit foto: Google Maps Benjamin Kufa

Pantai Muncar yang masih sepi ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian wisatawan. Mereka yang datang tidak hanya ingin menikmati pesona keindahannya atau melakukan aktivitas pantai. Tujuan lainnya adalah penyembuhan, yaitu memulihkan pikiran segar.

Tidak ada pengunjung yang datang dengan aktivitasnya, hanya suara ombak dan angin yang terdengar. Hanya di satu titik perahu nelayan beristirahat. Pantai indah ini sangat bersih, hampir tidak ada sampah yang ditemukan. Kondisinya masih alami, baik dari pantainya sendiri maupun perbukitan yang mengelilinginya.

4. Pasir putih berkilau

Daya tarik Pantai Muncar Gunung Kidul selanjutnya adalah pasir putihnya. Sebenarnya tidak heran jika pantai-pantai di Jogja memiliki pasir putih, meski ada juga yang berwarna hitam. Namun ada hal yang berbeda sekaligus unik, yaitu pantai di sini terlihat bersinar.

Penyebab kilau pasir ini tak lain karena salinitas yang ditinggalkan air laut. Selain itu, cangkang kerang dan makhluk laut lainnya juga berkontribusi pada kilau yang indah. Akan terlihat lebih berkilau dan indah di siang hari saat matahari menyinari seluruh bagian pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai MuncarKredit foto: Google Maps Benjamin Kufa

Pantai Muncar merupakan pantai tersembunyi dengan segala keindahannya. Untuk mencapai tempat ini, wisatawan harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki karena tidak ada akses kendaraan bermotor. Perjalanan dimulai dari Pantai Siung karena letaknya yang berdekatan. Pengunjung juga harus memarkir kendaraannya di pantai tetangga.

Silakan ke Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta jika penasaran dengan pesonanya yang indah. Jarak yang harus ditempuh jika perjalanan dimulai dari pusat Gunung Kidul adalah sekitar 30 kilometer. Dengan kecepatan kendaraan rata-rata, Anda membutuhkan waktu 1 jam untuk tiba di lokasi.

Gunakan Pasar Cuwelo yang tak jauh dari Jalan Semanu sebagai patokan utama Anda. Masih melaju di jalan utama, arahkan kendaraan ke pasar Regedeg. Dari sini anda akan menuju ke arah Pantai Siung karena tujuan anda adalah menuju pantai. Harap perhatikan rambu-rambu karena beberapa titik sudah gratis.

Harga Tiket Masuk Pantai Muncar

Harga Tiket Masuk Pantai MuncarKredit foto: Google Maps Suryono

Mengunjungi Pantai Muncar tidak dipungut biaya. Pantai eksotis ini tidak memerlukan tiket karena belum resmi menjadi objek wisata. Namun karena memasuki kawasan Pantai Siung maka tiket masuknya mengikuti. Sederhananya 5.000 rupiah sebagai syarat utama untuk memasuki kawasan pantai.

Tentunya ada biaya tambahan wajib bagi yang membawa kendaraan bermotor. Selama ini tarif parkir sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Silakan datang ke properti wisata laut ini kapan saja karena buka 24 jam setiap hari. Namun, karena pengunjungnya tidak banyak dan aksesnya sulit, sebaiknya Anda tidak menginap.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Muncar

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai MuncarKredit foto: Google Maps Benjamin Kufa

Objek wisata, rute dan harga tiket masuk ke Pantai Muncar sudah kami bahas di atas. Tidak lengkap rasanya jika tidak membicarakan hal-hal apa saja yang menarik. Tak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya, berikut aktivitas menarik yang bisa dilakukan!

1. Menikmati pesona Pantai Muncar Gunung Kidul

Keindahan alam memang tidak pernah mengecewakan, terutama Pantai Muncar. Jika Anda datang ke sini, jangan lupa untuk menikmati alam yang indah penuh pesona. Air laut yang jernih, perbukitan yang ditumbuhi tumbuhan menghijau dan pasir putih yang berkilau seakan berpadu sempurna memanjakan mata.

2. Berenang dan bermain air

Sambil menikmati keindahan alam termasuk aktivitas pasif, Anda bisa lebih aktif dengan berenang atau bermain air. Sebelum melakukan aktivitas ini, ada baiknya untuk mengecek cuaca terlebih dahulu. Ini karena pantai-pantai di Jogja terkenal dengan ombaknya yang liar. Lebih aman bermain air di pantai sambil bermain dengan pasir putih yang halus dan berkilau.

3. Memancing

Aktivitas selanjutnya di Pantai Muncar adalah memancing. Jika Anda suka melakukan olahraga relaksasi dan butuh kesabaran, harap membawa perlengkapan sendiri dari rumah. Ada banyak situs batu karang yang tidak jauh dari pantai. Ikan yang ditemukan di sini beragam, namun kebanyakan dihuni oleh ikan-ikan kecil.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai MuncarKredit foto: Google Maps Benjamin Kufa

Jika Anda menyimak semua ulasan di atas, Anda akan tahu bahwa tidak ada fasilitas di Pantai Muncar. Hal ini karena objek wisata tersebut masih belum resmi dibuka untuk umum. Anda hanya akan menemukan fasilitas begitu Anda berada di Pantai Siung, seperti toilet, warung makan, tempat parkir, dan musala.

Ada banyak cara untuk mengisi waktu luang, salah satunya dengan liburan. Dalam memilih tujuan wisata tidak boleh asal-asalan, harus disesuaikan dengan budget dan juga tujuan utamanya. Seperti Pantai Muncar di Gunung Kidul yang tidak membutuhkan banyak biaya tapi apapun tujuan liburan Anda pasti terpenuhi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button