Tempat Wisata

Pantai Munir, pantai tersembunyi di Serang dengan keindahan bawah laut yang mempesona

Temukan keajaiban Pantai Munir, surga tersembunyi di Serang yang menampilkan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan dan merupakan destinasi sempurna untuk petualangan dan relaksasi.

Harga tiket: Rp2.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Pulo Panjang, Kec. Puloampel, Kab.Serang, Banten; Map: Periksa lokasinya

Pantai Munir merupakan destinasi wisata bahari berupa pantai di Serang, Banten. Bisa dibilang pantai ini merupakan pantai yang tersembunyi. Namun keindahan alam yang dihadirkan tak kalah mempesona dibandingkan pantai lainnya.

Suasana tenang dan panorama laut biru menyegarkan pikiran dan mata sekaligus. Oleh karena itu, pantai ini cocok dikunjungi untuk menghilangkan kepenatan. Selain itu, masih banyak hal menarik sebagai berikut.

Atraksi yang Ditawarkan Pantai Munir

Daya Tarik Pantai MunirFoto: Google Maps/Keyung 23

1. Nama unik

Nama Pantai Munir di Serang mungkin mengingatkan Anda pada seorang aktivis hak asasi manusia yang meninggal karena diracun dalam pesawat menuju Belanda. Namun pantai ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan seseorang bernama Munir.

Bahkan, beberapa warga setempat menyatakan bahwa nama pantai ini sudah ada sejak zaman dahulu.

2. Keindahan pantai

Perlu diketahui bahwa Pantai Munir Serang merupakan objek wisata pantai yang baru sehingga belum terlalu ramai dikunjungi. Hal ini juga disebabkan karena letaknya yang berada di sebuah pulau kecil di Serang bernama Pulau Panjang.

Karena belum banyak yang terjadi, maka pengurusannya dilakukan secara mandiri oleh warga.

Meski demikian, pesona pantai dan alam sekitarnya sungguh menakjubkan. Di sebelah barat, Anda bisa menyaksikan indahnya panorama Gunung Tukung Gede dari kejauhan. Keindahannya bagaikan hasil lukisan alam yang tampak nyata.

Siluet lengkungan gunung, deretan perbukitan hijau, dan laut di bawahnya menciptakan panorama mempesona yang tidak ditawarkan pantai lain. Perpaduan kontras, awan, dan birunya laut semakin menambah efek eksotis tersendiri.

Selain panorama alam di darat, wisata ini juga menyuguhkan keindahan panorama bawah laut. Sebab alam bawah lautnya masih terjaga kelestariannya. Terumbu karang dan berbagai biota laut menjadi sorotan sisi lain kawasan pantai.

Selain itu, kebersihan pantai dan jernihnya air juga turut menambah keindahan alam bawah laut. Tak heran jika objek wisata ini sering dijadikan sebagai wisata olah raga bawah laut.

3. Medan menguji adrenalin

Medan yang terjal tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta alam dan pesepeda. Anda akan menemukannya dalam perjalanan menyusuri pulau menuju pantai. Dikatakan menantang karena jalannya masih terbuat dari batu yang belum beraspal.

4. Hutan bakau

Terdapat hutan bakau di sepanjang jalan, menambah indahnya pemandangan hijau. Hutan-hutan di pesisir pantai masih mempertahankan keindahannya.

5. Tempat berfoto

Pihak pengelola telah melengkapi wisata ini dengan beberapa spot foto yang menjadi ciri khas destinasi berupa tulisan Pantai Munir. Simbol ini terbuat dari bambu dengan sentuhan warna cerah.

Oleh karena itu, name tag ini memiliki warna yang kontras dengan birunya air laut di pinggir pantai. Ada juga ayunan kayu di sekitar pantai.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai MunirFoto: Google Maps/Ratih Mirantih

Penasaran dengan panorama bawah laut pantai yang mempesona ini? Anda dapat mengunjungi Jl. Pantai Munir, Desa Pulo Panjang, Kecamatan, Kecamatan. Puloampel, Kabupaten Serang, Banten.

Dengan menggunakan perahu atau sepeda motor, perjalanan dari Kecamatan Pulo Ampel menuju pantai hanya berjarak sekitar 10 km atau sekitar 30 menit. Namun, Anda harus naik perahu terlebih dahulu ke Pulau Panjang.

Waktu tempuh yang dibutuhkan hanya sekitar 1 jam dari Pelabuhan Karangantu. Kini hanya setengah jam dari pelabuhan Bojonegara.

Anda kemudian bisa naik ojek atau pemandu menuju pantai. Kalau rombongan sebaiknya sewa mobil pick up.

Biaya masuk wisata bahari

Bersantai di tengah keindahan eksotis Pantai Munir tak harus mengeluarkan banyak biaya. Karena tiket masuknya sangat terjangkau hanya Rp 2.000-Rp 5.000 saja. Tur ini sekarang buka sepanjang waktu.

Namun perjalanan menuju pantai ini bergantung pada perahu penyeberangan menuju Pulau Panjang yang biasanya hanya tersedia pada pagi hingga sore hari.

Aktivitas yang menyenangkan

Kegiatan di Pantai MunirFoto: Google Maps/Deni Sukmawan

Santai

Seperti diketahui, wisata pantai Munir Serang menawarkan panorama alam yang mempesona. Sesampainya di lokasi, Anda akan terkesima dengan pemandangan pepohonan dan hutan bakau yang mengelilingi jalan.

Belum lagi air lautnya yang biru jernih dan pasirnya yang putih membuat rasa penat hilang setelah menempuh perjalanan jauh. Anda bisa duduk sejenak di kursi seperti gubuk atau ayunan yang tersedia. Anda bisa memilih tempat duduk dengan pemandangan pantai.

Aktivitas bersantai tentunya terasa nikmat berkat suara deburan ombak dan gemuruh air laut. Angin sepoi-sepoi pun memberikan efek sejuk dan menenangkan.

Snorkeling di Pantai Munir

Mengingat keindahan bawah lautnya yang mempesona, sayang sekali jika Anda melewatkan waktu tanpa melakukan snorkeling. Pengunjung yang ingin melakukan snorkeling dapat membawa perlengkapannya sendiri atau menyewanya pada perusahaan penyewaan peralatan snorkeling.

Pemandu wisata biasanya akan membawa Anda ke tengah pantai terlebih dahulu untuk menjelajahi kawasan bawah laut terbaik. Scuba diving memungkinkan Anda merasakan keajaiban bawah laut dari objek wisata di Pantai Munir ini.

Bermain di air

Sesampainya di lokasi tentunya Anda langsung ingin menyelami air laut untuk merasakan kesegarannya. Anda bisa bermain air atau berenang di tepi pantai. Berhati-hatilah untuk tidak berenang terlalu jauh.

Sepeda

Medan yang terjal membuat Anda bisa meluangkan waktu untuk bersepeda. Namun Anda perlu menyeberang ke Pulau Panjang dan naik perahu dari dermaga terdekat dan membawa sepeda sendiri.

Selama bersepeda Anda bisa merasakan serunya medan yang menguji adrenalin Anda. Apalagi jalannya dikelilingi hutan bakau yang pastinya membuat suasana semakin menyenangkan.

Makan

Selepas berbagai aktivitas seru, Anda bisa mengisi perut lapar di warung makan yang ada di sekitar lokasi. Anda bisa memilih menu sesuai selera Anda. Tentu saja, setiap suguhan memiliki cita rasa yang unik.

Beberapa menu lokalnya antara lain kepiting, ikan bakar, pepes, clam chowder, urap dan menu seafood lainnya yang tak kalah nikmatnya. Pastikan Anda mengabadikan momen seru bersama rombongan dengan cuplikan kamera.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai MunirFoto: Google Maps/Keyung 23

Meski tersembunyi, Pantai Munir Serang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang dapat menunjang aktivitas liburan pengunjung.

Lahan parkir tersebut dapat digunakan untuk memarkir kendaraan bagi pengunjung yang membawa kendaraan menuju Pulau Panjang.

Fasilitas toilet tersedia dalam kondisi bersih sehingga nyaman digunakan. Berbagai pilihan tempat duduk seperti kursi dan gubuk. Warung makan juga bisa dikunjungi untuk memesan aneka masakan ikan.

Ruang makan berupa meja dan kursi panjang dapat digunakan untuk makan sambil menikmati keindahan pantai. Titik foto berupa rambu wisata dapat digunakan untuk fotografi.

Fasilitas lainnya berupa jembatan kayu sebagai dermaga dan ayunan yang berdiri di atas air laut atau tepi pantai.

Demikian penjelasan mengenai keunikan apa saja yang ditawarkan Pantai Munir. Bisa dibilang pantai ini menawarkan keindahan alam yang masih alami dan terjaga. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button