Tempat Wisata

Pantai Namosain Kupang – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pesona Pantai Namosain, surga mancing di Kupang, memikat pengunjung dengan keindahan alamnya yang mempesona dan kesempatan untuk berbagai aktivitas memancing.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Pahlawan, Namosain, Kab. Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasinya

Pantai Namosain menampilkan warna air laut kebiruan yang menyejukkan mata. Dilengkapi pula dengan arus air yang berubah warna menjadi putih seiring gulungan ombak. Kedua kombinasi ini menjadi daya tarik terbesar bagi semua orang, terutama bagi pecinta pantai.

Sebagai salah satu pantai di Kota Kupang, objek wisata cantik ini sering dicari oleh pengunjung.

Orang-orang datang dan pergi setiap hari untuk bersenang-senang dan mengabadikan momen dalam lanskap estetis. Anda juga bisa bergabung di sana dan menghabiskan sisa hari dengan cara yang menyenangkan.

Menariknya lagi pihak pengelola Pantai Namosain telah menyiapkan deretan kursi untuk beristirahat atau bersantai.

Dengan begitu, saat bermain di sini Anda tidak perlu capek dan bingung mencari tempat istirahat. Ditemani suara daun kelapa, seluruh wisatawan bisa menikmati waktunya hingga puas.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Namosain

Daya Tarik Pantai NamosainFoto: Google Maps/Palti Laitera

1. Tempat memancing

Pantai Namosain menawarkan area pemancingan umum yang membuat pengunjung betah. Pasalnya, bagi sebagian orang, memancing merupakan aktivitas yang patut dicoba ketika datang ke laut. Karena itulah objek wisata eksotik ini menjadikan momen memancing sebagai salah satu daya tariknya.

Terakhir, memancing juga mengajarkan kesabaran, karena tidak jarang Anda harus menunggu beberapa jam sebelum bisa mendapatkan ikan.

Namun tak perlu khawatir di sini karena biota laut banyak ditemukan di kawasan pesisir. Yang terpenting adalah Anda tahu cara memancing yang benar.

Rasanya percuma jika pihak pengelola pantai sudah menyediakan tempat khusus, namun Anda buta total dalam hal memancing. Oleh karena itu, jika Anda berencana menggunakan spot pemancingan sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu sebelum memutuskan berlibur ke perairan Kecamatan Alak.

2. Pasir bersih

Keistimewaan lain dari Pantai Namosain adalah hamparan pasirnya terlihat bersih dan dominan warna putih. Setiap item terasa halus saat Anda menginjaknya, mendorong Anda untuk bermain.

Baik Anda sekedar ingin berfoto, membangun istana pasir, atau melakukan aktivitas lainnya, hamparan pasir menakjubkan ini pasti menjadi tempat yang menarik untuk dijelajahi. Terlebih lagi, keadaan menjadi semakin mempesona ketika sinar matahari sedang terik dan butiran pasir tampak berkilauan terkena cahaya.

Kemudian pasir yang bersih juga cocok dijadikan tempat berjemur karena tidak memerlukan alas tambahan. Temukan saja posisi paling nyaman dan gunakanlah krim matahariTambahkan kacamata hitam dan nikmati waktu terbaik dengan santai.

Tidak perlu khawatir terluka oleh batu karena tekstur pasirnya halus dan tidak terkontaminasi kerikil tajam. Namun tetap harus berhati-hati, karena pecahan cangkang atau karang dapat terbawa arus air dan berpotensi merusak kulit.

3. Air laut yang jernih

Selain pasirnya yang putih bersih, Pantai Namosain juga memukau dengan air lautnya yang jernih. Tampaknya ini merupakan paket kombo bagi pengunjung yang memiliki lebih banyak properti untuk dijelajahi.

Anda bisa berenang di laut sambil melihat dasarnya atau sekedar berjalan-jalan di pinggir pantai. Di kesempatan lain juga ada kesempatan untuk bermain air bersama teman dan keluarga, seperti melempar dan menangkap atau sejenisnya.

Anda tidak akan menemukan sampah plastik yang dibuang sembarangan oleh ombak di sini, karena pihak pengelola pantai sangat menjamin pengawasan yang ketat. Situasi ini semakin sempurna berkat intensitas gelombang yang rendah sehingga relatif aman bagi pengunjung segala usia.

Tentunya jika Anda datang bersama si kecil, Anda tetap harus mengawasinya dan tidak membiarkannya bermain sendirian. Pada dasarnya pantai indah ini hadir untuk memanjakan wisatawan, namun jangan sampai terlena dan mengabaikan hal-hal tertentu atau lengah dengan membuang sampah sembarangan.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai NamosainFoto: Google Maps/Palti Laitera

Menemukan Pantai Namosain di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, tidak sulit karena bisa dicapai dengan kendaraan bermotor.

Kunjungi saja Jalan Pahlawan yang berjarak sekitar 15 menit berkendara dari pusat kota. Caranya adalah dengan mengarahkan kemudi menyusuri Jalan El Tari kemudian lurus menuju Jalan Jenderal Sudirman.

Setelah itu, Anda masih harus melewati Jalan Moch Hatta sebelum sampai ke jalur Jalan Pahlawan. Saat mendekati kawasan pantai, sejumlah petugas sudah bersiap menyambut wisatawan dan dilengkapi dengan plang penunjuk arah di sekitar kawasan Kecamatan Alak, Desa Namosain.

Tentu saja waktu terbaik untuk datang ke sini tergantung jadwal Anda. Namun, jika ingin suasana tenang, sebaiknya datang pada pagi hari kerja.

Sebaliknya jika Anda lebih menyukai tempat wisata yang suasananya meriah, ada baiknya Anda mengunjunginya di akhir pekan dan ajaklah teman-teman terdekat Anda.

Biaya masuk wisata bahari

Tidak ada perbedaan biaya kunjungan ke Pantai Namosain, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Semua wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Jika membawa kendaraan, belum termasuk sewa parkir.

Untuk biaya parkirnya kamu hanya perlu menambahkan Rp3.000 jika membawa sepeda motor dan Rp10.000 jika membawa mobil. Termasuk murah kan? Apalagi destinasi eksotik ini dekat dengan pusat kota sehingga tidak perlu menempuh perjalanan jauh, sehingga akomodasi yang dibutuhkan biasanya minim.

Jika Anda menginginkan liburan yang lebih murah, Anda bisa menyiapkan perbekalan sebelum berangkat. Bagi pengunjung yang datang dari luar Nusa Tenggara Timur, pertimbangkan untuk memilih akomodasi yang minimalis agar bisa beristirahat di malam hari. Alternatifnya, Anda bisa mengajak teman agar biayanya ditanggung bersama.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai NamosainFoto: Google Maps/Palti Laitera

Mengeksplorasi

Pantai Namosain menawarkan pemandangan eksotis dari berbagai sisi, sehingga aktivitas penjelajahannya tidak boleh dilewatkan. Mulai dari deretan pohon kelapa di pesisir pantai, kejernihan laut, pasir putih berkilau hingga dasar laut dengan biota yang beragam, semuanya menanti untuk dijelajahi.

Eksplorasi juga bisa menjadi cara mencari inspirasi bagi seniman seperti novelis, dimana banyak sekali objek yang bisa diamati.

Datang saja ke sini, kenakan topi bertepi lebar jika memungkinkan, lalu jelajahi. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaikmu agar bisa mengabadikan momen dengan tepat.

berkemah

Keberadaan bumi perkemahan di Pantai Namosain juga bisa menjadi indikasi aktivitas yang bisa Anda lakukan selama berlibur. Anda bisa menyewa tenda atau menyiapkannya sendiri dari rumah lalu datang bersama teman-teman untuk menikmati suasana objek wisata tepi pantai yang menakjubkan ini.

Namun tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat aktivitas tambahan yang menyenangkan seperti memasak atau memanggang. Ini pasti akan jauh lebih mengesankan dibandingkan jika Anda hanya membuatnya di rumah.

Saksikan matahari terbenam di Pantai Namosain

Pantai adalah tempat paling populer di mana orang biasanya dapat menyaksikan matahari terbenam. Warna jingga yang seolah menyebar di lautan merupakan pemandangan terindah.

Apalagi jika Anda membuat video selang waktu untuk merekam momen matahari terbenam. Hasilnya pasti tidak akan mengecewakan Anda, meski kemampuan fotografi Anda terbatas.

Fasilitas yang ditawarkan di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai NamosainFoto: Google Maps/Palti Laitera

Selain biayanya yang relatif murah, Anda hanya akan menemukan fasilitas standar saat berkunjung ke Pantai Namosain. Mulai dari tempat parkir, toilet hingga warung makan, semuanya tersedia dengan nyaman di sini. Namun keadaannya hanya sebatas itu, tidak lebih dan tidak kurang.

Jika ingin memenuhi kebutuhan yang lebih kompleks, seperti tarik uang di ATM atau menyewa akomodasi, Anda bisa mengandalkan fasilitas umum terdekat di kota. Hal terbaik berlibur di pantai estetik ini adalah lokasinya yang strategis.

Kondisi pemandangannya cukup menghibur dengan pemandangan alam yang menarik. Anda bisa duduk santai di kursi di bawah pohon kelapa sambil menikmati estetika pantai.

Pihak pengelola kemudian akan mengambil bagian dalam persiapan lokasi perkemahan yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan biaya tambahan jika ingin menyewa tenda.

Pantai Namosain pada dasarnya cukup terkenal di Kota Kupang namun masih perlu pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan jumlah kunjungan harian.

Kunjungan ke sini bisa menjadi wujud kontribusi Anda terhadap upaya memanfaatkan sektor pariwisata di kawasan dan menopang kelangsungan hidup Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button