Tempat Wisata

Pantai Nancala: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil. Kawasan terpencil di lautan lepas Samudera Hindia ini beberapa tahun terakhir menjadi populer di kalangan wisatawan mancanegara yang terkagum-kagum dengan keindahan alam Pulau Simeulue. Deretan pantainya tersebar di beberapa wilayah pulau, salah satunya Pantai Nancala.

Seperti pantai lainnya di Kepulauan Simeulue, Pantai Nancala menawarkan keindahan pantai dengan hamparan pasir putih dan karang hitam. Selain itu, ombaknya yang menantang menjadi daya tarik bagi para peselancar di seluruh dunia. Bahkan diadakan kejuaraan selancar internasional di pantai ini dengan peserta dari berbagai belahan dunia.

Pantai Nancala

Secara geografis Pantai Nancala terletak di Desa Nancala, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Untuk mengunjungi pantai ini, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 27 kilometer dari Kota Sinabang. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum seperti becak motor atau juga menyewa mobil untuk mencapai pantai ini.

Untuk mengunjungi Pulau Simeulue Anda hanya bisa menggunakan jalur laut atau udara. Jika wisatawan ingin menyeberangi lautan bisa melalui Pelabuhan Labuhan Haji di Aceh Selatan. Setidaknya perjalanan feri memakan waktu hingga 8 jam. Jika ingin lebih hemat, pemudik bisa menggunakan jalur penerbangan lalu mendarat di Bandara Lasikin di Kota Sinabang.

Pesona Pantai Nancala

Sesampainya di Pantai Nancala, wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir putih pantai yang dipenuhi bebatuan karang hampir di sepanjang pantai. Batuan ini dulunya merupakan terumbu karang di dasar laut yang telah mengering dan tampak berwarna hitam. Pepohonan hijau seperti pohon kelapa dan pepohonan khas daerah dapat ditemui di pantai ini.

Pantai Matanurung tidak hanya menjadi tujuan para peselancar dari seluruh dunia, Pantai Nancala juga menjadi salah satu pantai di Simeulue yang menjadi spot populer untuk berselancar. Ombak yang ditawarkan pantai ini tinggi dan besar sehingga menjadi tantangan bagi para peselancar untuk menaklukkannya.

Pantai Nancala

Pada tahun 2015, Pantai Nancala menjadi tuan rumah kompetisi selancar internasional bertajuk Aceh International Surfing Championship. Puluhan peselancar dunia dari dalam dan luar negeri mengikuti kompetisi ini. Beberapa negara seperti Jerman, Australia, Perancis, Kanada dan juga peselancar lokal mengikuti perlombaan tersebut, yang akhirnya dimenangkan oleh peselancar asal Bandung bernama Dede Suryana.

Usai event internasional tersebut, wisatawan perlahan tapi pasti terus berdatangan dari berbagai belahan dunia untuk menjajal ganasnya ombak di Pantai Nancala. Tentunya hal ini turut mendorong pariwisata dan perekonomian masyarakat setempat karena jumlah wisatawan yang terus meningkat setiap tahunnya.

Bagi pengunjung yang tidak bisa berselancar, bukan berarti pantai ini umumnya tidak cocok untuk dikunjungi wisatawan. Keindahan Pantai Nancala masih mempesona, berupa hamparan pasir putih sepanjang tak kurang dari satu kilometer yang akan memuaskan pemandangan para wisatawan. Pantai yang bersih dan deretan bebatuan karang pun tampak menghiasi pantai di Simeulue ini.

Wisatawan bisa menikmati panorama laut luas yang membiru jika terkena sinar matahari. Gradasi warna yang tercipta begitu indah dan mempesona, selaras dengan langit yang seolah menyatu dengan laut. Tempat ini memang sangat cocok untuk dikunjungi karena membuat wisatawan sejenak melupakan hiruk pikuk kota.

Fasilitas di Pantai Nancala

Fasilitas di Pantai Nancala cukup lengkap dan memadai. Terdapat beberapa penginapan dan resort di sekitar pantai ini yang bisa dijadikan tempat menginap oleh wisatawan. Akomodasi dan resort ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, tempat parkir, catering dan juga perlengkapan selancar.

Harga yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari Rp100.000 per malam hingga Rp1.000.000. Selain itu, terdapat juga masjid dan musala di sekitar pantai yang dapat digunakan umat Islam untuk beribadah. Jalan yang menjadi akses menuju pantai juga sudah beraspal baik sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung.

Baca juga: Air Terjun Gunung Palang, Eksotisme Air Terjun di Pidie Jaya

Selain mengunjungi Pantai Nancala, wisatawan juga bisa memanjakan lidah dengan mencicipi berbagai hidangan seafood yang ditawarkan di warung dan restoran sekitar pantai. Wisatawan bisa mencicipi olahan ikan, udang, kepiting, dan lobster yang merupakan salah satu komoditas andalan di Simeulue.

Jika Anda suka berselancar, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Nancala.

berselancar

Aktivitas selancar memang menjadi nilai jual Pantai Nancala. Pantai ini menawarkan karakteristik ombak yang cukup menantang, itulah sebabnya banyak pecinta selancar yang mencoba mengatasi dahsyatnya ombak di pantai ini. Namun perlu diingat bahwa ombak di pantai ini diperuntukkan bagi para peselancar profesional.

Jika Anda belum pernah berselancar di Pantai Nancala, Anda bisa menyewa jasa pemandu yang akan mengantarkan Anda ke spot-spot selancar terbaik. Rasakan sensasi deburan ombak dan hembusan angin membawa Anda seolah melayang di udara. Kunjungi kami saat libur panjang sudah dekat agar Anda bisa menikmati pantai-pantai di Simeulue sepuasnya.

Menikmati keindahan pantai

Selain menjadi tujuan para peselancar dari seluruh dunia, keindahan Pantai Nancala juga tak kalah memukau. Di hadapan Anda menanti hamparan pasir putih, bebatuan karang hitam, dan pepohonan hijau yang sangat memanjakan mata. Lembutnya pasir putih di pantai ini bisa Anda rasakan sepuasnya.

Hamparan lautan luas akan terlihat sejauh mata memandang, angin sepoi-sepoi seakan bertiup tiada henti. Wisatawan bisa menikmati pantai dengan berenang atau mengejar deburan ombak yang tak henti-hentinya menyapa pantai. Tempat ini juga sangat cocok bagi anda yang sedang mencari objek wisata untuk berbulan madu.

Perburuan Foto

Bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi, Anda juga bisa berburu foto di Pantai Nacala. Banyak objek menarik yang bisa Anda foto, seperti para peselancar yang sedang menaklukkan ombak, pantai berpasir putih, dan juga laut biru yang luas. Kunjungi berbagai sudut pantai untuk mendapatkan subjek dan sudut foto yang lebih menarik.

Jangan lupa abadikan momen saat berlibur di pantai dengan selfie. Upload foto tersebut ke media sosial anda karena secara tidak langsung anda sedang mempromosikan pantai ini kepada dunia. Pantai ini juga sangat cocok bagi anda yang sedang mencari tempat untuk foto prewedding.

Baca juga:

Peta lokasi Pantai Nancala

Jam buka dan biaya masuk Pantai Nancala

Saat ini belum ada informasi akurat mengenai HTM atau biaya masuk mengunjungi Pantai Nancala. Namun, Anda dapat mengunjungi pantai ini kapan saja selama jam buka karena pantai ini buka 24 jam sehari.

Tips menuju Pantai Nancala

  • •Jika Anda seorang pemula dalam berselancar, undanglah orang yang berpengalaman untuk memandu Anda dalam berselancar.
  • • Berhati-hatilah saat bermain di pantai karena ombaknya besar.
  • •Gunakan alas kaki karena pantai ini penuh dengan bebatuan karang yang licin dan tajam.
  • • Memperhatikan kelestarian pantai dan tidak merusak apapun yang ada di pantai.
  • • Jagalah kebersihan pantai ini dan jangan pernah membuang sampah sembarangan.
  • •Berdoalah sebelum berangkat agar liburan Anda berjalan lancar sesuai rencana.

Galeri Foto Pantai Nancala

Potret Pantai Nancala di Aceh

Potret perairan pantai yang indah
Berselancar di Pantai Nancala

Potret prosesi kerbau di Pantai Nancala
Potret keindahan Pantai Nancala dari udara

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button