Tempat Wisata

Pantai Ngeden Gunung Kidul – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Pantai Ngeden merupakan pantai indah dan mempesona di Gunung Kidul yang memukau wisatawan dengan keindahan matahari terbit dan terbenamnya.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kramb Sawit, Kec. Saptosari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak tempat menarik sebagai tujuan wisata. Tempat-tempat menarik ini tersebar di seluruh pelosok provinsi. Salah satunya di dekat Gunung Kidul. Terdapat banyak kawasan pantai yaitu Pantai Ngeden.

Salah satu pantai yang membentang di Gunung Kidul ini tak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya. Dulunya pantai ini bernama Ngedan, namun beberapa tahun lalu pemerintah setempat mengubahnya menjadi Ngeden. Pantai ini menarik banyak pengunjung.

Wisata alam yang menampilkan keindahan luasnya air laut yang berwarna kebiruan dan pasir putihnya yang halus baik Anda sentuh maupun injak, menjadikan pantai ini sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bersama orang-orang tercinta, terutama bagi pecinta alam.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Ngeden

Shutterstock Daya tarik Pantai NgedenFoto oleh Tirtaperwitasari di Shutterstock

Pesona pantai

Daya tarik utamanya adalah pesona yang diberikan Pantai Ngeden kepada seluruh wisatawan. Sesampainya di pinggir pantai, Anda bisa melihat sebidang air menyatu dengan laut. Airnya sangat jernih dan berwarna kebiruan, terlihat beberapa terumbu karang yang menambah keindahan air pantai.

Selain itu pasir pantainya memiliki warna putih yang halus, pasir ini dapat dijadikan alas duduk dan bersantai di pinggir pantai. Selain itu, wisatawan juga bisa bermain pasir tanpa alas kaki. Melangkahlah langsung ke pasir halus ini dan dengarkan deru dan gemericik ombak.

Terdapat perbukitan hijau di sepanjang pantai, suburnya tanah perbukitan terlihat dengan suburnya tanaman hijau yang hinggap di perbukitan. Selain perbukitan, di sekitar pantai terdapat beberapa bebatuan yang bisa dipanjat. Menjadi keras meski dihantam ombak pantai.

Perbukitan mengapit pantai

Pantai Ngeden merupakan pantai yang diapit oleh dua bukit besar. Meski luas pantai ini tidak terlalu luas, hanya sekitar 1 kilometer, namun keindahan pantainya tetap terlihat oleh semua pengunjung yang datang ke pantai ini.

Perpaduan kedua bukit ini terlihat indah. Sebuah bukit besar yang terdiri dari pepohonan hijau subur. Terlihat jelas tidak ada yang lepas di atas bukit, semuanya dipenuhi warna hijau yang dominan. Bukit lainnya terdiri dari tanah berwarna kecoklatan. Ada beberapa pepohonan, tapi sebagian besar daratan terlihat.

Di puncak kedua bukit tersebut terdapat gardu induk yang dapat digunakan sebagai titik pandang pemandangan alam sekitar. Meski bukit tersebut terlihat sangat tinggi dan hijau, namun pengunjung mempunyai akses menuju bukit tersebut bagi setiap wisatawan yang ingin mendaki bukit tersebut.

Terdapat jalan setapak yang menyediakan akses ke bukit. Namun sayang Anda harus berhati-hati karena kondisi di lokasi cukup licin dan terjal. Jika ingin menikmati suasana perbukitan, disarankan untuk pergi secara rombongan atau rombongan.

Matahari terbenam dan matahari terbit

Satu hal menarik yang bisa Anda alami saat berkunjung ke Pantai Ngeden adalah menyaksikan matahari terbenam di sore hari. Saksikan matahari perlahan terbenam, meninggalkan kegelapan malam. Namun, menarik sekali suasana menyaksikan langit sore yang jingga.

Berbeda saat senja, pengunjung bisa merasakan suasana matahari terbit ketika kegelapan disambut terangnya cahaya matahari. Cara lain untuk melihat matahari terbit adalah dengan bermalam di pantai atau datang lebih awal sebelum matahari terbit.

Alamat dan rute menuju pantai

Shutterstock Alamat Pantai NgedenFoto oleh Asep Dwi Kurniawan di Shutterstock

Pantai Ngeden yang menarik ini terletak di Desa Kramb Sawit, Dusun Bedalo, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Kota Yogyakarta. Pantai ini strategis untuk dikunjungi. Disarankan bagi pengunjung untuk menyiapkan beberapa perlengkapan penting yang biasa mereka bawa agar perjalanan lebih nyaman.

Rute menuju tempat wisata ini dari Kota Yogyakarta menuju Jalan Wonosari, kemudian berlanjut ke Piyungan dan Bukit Bintang (Patuk). Dari Bukit Bintang menuju Sambipitu lalu langsung menuju Gading atau bandara. Berikutnya ada pertigaan yang bisa Anda belok kanan.

Setelah belok kanan, Anda akan sampai di Tumpak yang mengarah ke Pasar Playen. Dari Playen kita lanjutkan ke Jalan Panggang Wonosari. Setelahnya Anda akan sampai di Balai Desa Kramb Sawit dan melanjutkan perjalanan menuju pantai. Ada tanda-tanda yang menunjuk ke pantai.

Anda bisa menuju tempat wisata pantai ini dengan menggunakan mobil atau sepeda motor pribadi karena tidak ada akses angkutan umum bagi wisatawan. Bagi yang baru pertama kali ke pantai disarankan untuk terus menggunakan aplikasi Google Maps agar perjalanan lebih terpandu.

Setelah sampai di tempat parkir. Wisatawan harus melanjutkan perjalanan menuju pantai dengan menuruni 400 anak tangga. Karena jalannya menanjak, harus mengeluarkan tenaga tambahan. Meski melelahkan, perjalanan itu akan terbayar mengingat panorama pantai yang ditawarkan.

Biaya masuk wisata bahari

Untuk mengunjungi pantai menarik ini, Anda tidak perlu mengosongkan dompet karena biaya yang ditawarkan sangat terjangkau. Tiket ini sudah termasuk pembayaran untuk pemandangan indah dan fasilitas memadai. Harga tiketnya Rp 5.000 per orang.

Biaya lain yang harus dibayar pengunjung di Pantai Ngeden adalah biaya parkir. Harga mobil Rp 3.000 per unit, sedangkan sepeda motor Rp 2.000 per unit.

Sedangkan untuk jam operasionalnya, pantai ini buka 24 jam sehari, Senin hingga Minggu. Meskipun pantai ini buka setiap saat, namun waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada pagi hari menjelang siang dan sore hari karena kondisi jalan yang berkelok-kelok dan minimnya penerangan membuat kunjungan pada malam hari tidak mungkin dilakukan.

Aktivitas yang menyenangkan

Shutterstock Aktivitas Pantai NgedenFoto oleh Purno A di Shutterstock

1. Bermalam

Aktivitas yang menarik adalah bermalam di pantai. Pejabat mengizinkan wisatawan mendirikan tenda di pantai. Karena di lokasi Pantai Ngeden tidak menyediakan perlengkapan bermalam, maka pengunjung harus mempersiapkan sendiri perlengkapannya seperti tenda dan perlengkapan bermalam lainnya.

Banyak wisatawan datang untuk bermalam bersama rombongan orang tercinta. Tak kalah dengan panorama siang hari, pemandangan pantai di malam hari juga sangat indah. Pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan air laut dan hamparan pasir, tapi juga melihat ratusan bintang menghiasi langit biru.

Kegiatan yang dapat dilakukan pada malam hari antara lain menyalakan api unggun dan makan kue bersama. Selain itu, deburan ombak yang kencang dan hembusan angin yang semakin kencang juga bisa terdengar di malam hari, jadi jangan lupa untuk mengenakan pakaian tebal jika tidak ingin masuk angin!

2. Memancing

Jangan lewatkan aktivitas ini saat Anda mampir ke pantai. Memancing dengan suasana pantai akan sangat berbeda. Terdapat beberapa batu karang di sekitar pantai. Anda bisa memancing di beberapa bebatuan ini. Namun peralatan memancing perlu dipersiapkan dari rumah karena peralatan memancing yang lengkap tidak tersedia.

Kawasan Pantai Ngeden terkenal dengan keanekaragaman lautnya yang menarik, antara lain banyaknya lobster dan kerapu. Anda bisa memancing dengan sabar di bebatuan sambil menikmati keindahan alam pantai yang menenangkan.

3. Santai

Pantai Ngeden memiliki fasilitas yang relevan, seperti dibangunnya beberapa kabin atau paviliun khusus untuk wisatawan. Gubuk ini berbahan dasar beton dengan dinding kayu, atapnya meruncing berbentuk segitiga. Ada berbagai jenis gubuk yang tersebar di sekitar pantai.

Wisatawan bisa bersantai di cottage sambil menikmati panorama pantai. Selain itu, gubuk tersebut juga bisa dijadikan gudang. Bagasi dapat disimpan di pondok.

4. Berfoto di Pantai Ngeden

Aktivitas yang wajib Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Ngeden adalah fotografi. Ada banyak spot foto yang bisa diambil di pantai indah ini. Beberapa pemandangan dapat diakses dengan bebas oleh mata.

Ada yang misalnya di pesisir pantai dengan pasir putih halus dan kolam air laut yang besar, ada pula yang di bebatuan karang. Di pinggir pantai banyak terdapat bebatuan, disekitar bebatuan tersebut terdapat ratusan terumbu karang yang hidup hijau. Terlihat indah menghiasi air laut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas Pantai Ngeden ShutterstockFoto oleh Asep Dwi Kurniawan di Shutterstock

Pengelolaan destinasi wisata menarik di Pantai Ngeden ini sudah sangat memadai. Pemerintah setempat telah memberikan fasilitas terbaik kepada seluruh pengunjung. Diantaranya adalah tersedianya lahan parkir yang luas dan beberapa toilet untuk pria dan wanita.

Di pinggir pantai terdapat beberapa warung yang menjual makanan khas pantai, dengan fokus utama pada makanan laut. Selain itu, tersedia musala bagi Anda untuk menunaikan tugas.

Selain itu pantai ini juga menyuguhkan beberapa pemandangan indah seperti ratusan terumbu karang yang hidup alami di perairan pantai, pasir pantai putih halus serta perbukitan hijau di sisi kiri dan kanan pantai.

Pantai Ngeden merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di Gunung Kidul. Berbeda dengan pantai lainnya, pantai ini membanggakan keindahan perbukitan yang mengapit kedua sisinya, ditambah banyaknya terumbu karang yang hidup di bawah air laut.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button