Tempat Wisata

Pantai Ngeden: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Gunung Kidul menawarkan sejuta pesona pantainya yang memukau. Bahkan ada beberapa pantai yang terlihat seperti pantai pribadi. Ada juga pantai, teluk sempit dengan ombak yang tenang. Salah satunya adalah Pantai Ngeden.

Pantai yang terletak di desa Krambilsavit ini tersembunyi di balik bukit berbatu. Bagi wisatawan, bagaimanapun, itu memiliki nuansa eksklusif.

Lokasi Pantai Ngeden

Lokasi Pantai NgedenSumber Pantai Ngeden : instagram.com/fazel_azka

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Ngeden, Anda harus pergi ke Dusun Bedolo yang termasuk dalam desa Krambil Sawit.

Daerah tersebut termasuk dalam wilayah Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika Anda datang dari Jogjakarta, pilih jalur Imogiri, Siluk, Panggan.

Dan begitu sudah masuk ke Panggang, tinggal ikuti petunjuk arah yang mengarah ke Pantai Ngeden.

Biaya masuk ke Pantai Ngeden

Jika Anda mengunjungi pantai ini Anda tidak perlu khawatir tentang biaya. Karena pantai ini memiliki tiket masuk yang murah dan terjangkau. Hanya dengan membayar Rp 5.000 kamu sudah bisa menikmati keindahan alamnya.

Ada biaya parkir sebesar Rp 2.000 bagi yang membawa kendaraan roda dua. Dan bagi yang membawa mobil biaya parkirnya Rp 3.000.

Jam buka Pantai Ngeden

Pantai Ngeden seperti wisata pantai lainnya di Gunung Kidul yang buka 24 jam sehari. Namun, disarankan saat Anda datang ke sini yaitu pada pagi atau siang hari. Ini karena kurangnya penerangan jalan.

Peta lokasi Pantai Ngeden

Tips mengunjungi Pantai Ngeden

Sehingga liburan anda dan keluarga di Pantai Ngeden semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Ngeden adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pantai Ngeden bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Pantai Ngeden.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Ngeden.

Fasilitas di Pantai Ngeden

Meski Pantai Ngeden luas dan terpencil, fasilitas yang ditawarkan sangat memadai. Diantaranya fasilitas parkir yang luas, warung makan dengan toilet umum, mushola dan paviliun yang bisa digunakan untuk istirahat.

Spot foto menarik di Pantai Ngeden

Spot foto menarik di Pantai NgedenSumber Pantai Ngeden : instagram.com/rizkadiaha

Pantai Ngeden layak dijadikan sebagai destinasi liburan Anda. Tampak masih alami dan letaknya yang tersembunyi diapit oleh dua bukit karang dan bebatuan karst Gunung Kidul.

Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, meski berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Hal ini disebabkan adanya gundukan karang yang berfungsi sebagai pemecah gelombang.

Di bagian atas, bukit cadas juga bisa dijadikan spot foto yang menarik. Coral Hill di pantai ini juga menyerupai kura-kura raksasa jika dilihat dari atas.

Hotel dan akomodasi di sekitar Pantai Ngeden

Di Pantai Ngeden sendiri kita bisa berkemah dan mendirikan tenda di pinggir pantai. Ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin menikmati liburan lebih lama di Pantai Ngeden.

Namun bagi yang tidak mau ribet dan praktis bisa mencari penginapan yang paling dekat dengan Pantai Ngeden.

Beberapa penginapan tersebut antara lain:

  • Royal Joglo Inn berjarak 11,7 km dari Pantai Ngeden
  • Kukup Beach Barokah Inn, 4 km dari Pantai Ngeden
  • Indraprastha Inn berjarak 12,7 km dari Pantai Ngeden
  • Bintang Baron Homestay berjarak 6 km dari Pantai Ngeden

Itinerary ke Pantai Ngeden

Itinerary ke Pantai NgedenSumber Pantai Ngeden : instagram.com/dckydermawan

Pantai Ngeden di Gunung Kidul hanya bisa diakses dengan kendaraan pribadi. Ini karena tidak ada angkutan umum di lokasi ini.

Saat meninggalkan Jogjakarta menuju Pantai Ngeden, Anda bisa melalui jalan lingkar terlebih dahulu kemudian menuju ke arah Piyungan, Pathuk atau Bukit Bintang. Setelah itu langsung berkendara menuju hutan Bunder dan melewati pertigaan lapangan terbang Gading dan Paliyan.

Setelah itu langsung saja menuju Pasar Paliyyan dan arahkan kendaraan menuju Saptosari hingga sampai di Jalan Ciblok.

Di sini Anda akan menemukan penunjuk jalan yang harus Anda ikuti sampai Anda tiba di titik lokasi.

Untuk rute lainnya Anda bisa berkendara dari Bantul. Kendaraan kemudian diarahkan ke kawasan Imogiri lalu masuk ke Jalan Siluk Panggang.

Lanjutkan perjalanan ke Jalan Pangang dan Wonosari. Lalu belok kiri hingga sampai di dermaga penyeberangan ke Saptosari. Setelah itu, ikuti saja petunjuk arah menuju lokasi.

Begitu sampai di tempat parkir mobil, Anda harus melanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi Pantai Ngeden.

Di sini Anda harus memilih dua jalur alternatif. Namun, disarankan untuk memilih jalur tangga. Untuk tangga ini anda harus menuruni tangga sekitar 400 anak tangga.

Rutenya sendiri agak menanjak, sehingga diperlukan juga stamina yang sehat dan kuat. Dan yang paling penting, Anda harus berhati-hati saat berkendara.

Objek wisata Pantai Ngeden

Objek wisata Pantai NgedenSumber Pantai Ngeden : instagram.com/helmiadis12_

Dibandingkan pantai-pantai lain di Gunung Kidul seperti Pantai Nglambor atau Pantai Baron, Pantai Ngeden memang belum banyak dikenal wisatawan.

Namun keindahan pantai ini juga menawarkan panorama yang mempesona. Dengan pasir putih bersih yang dihiasi karang-karang mempesona di tepi pantai.

Dan yang paling penting, ombak di pantai ini tidak terlalu besar, sehingga bisa dikatakan masih aman digunakan untuk bermain air. Ombaknya tidak terlihat besar karena tebingnya cukup besar untuk memecah ombak.

Dan jika Anda suka berkemah, Anda bisa mendirikan tenda untuk berkemah di pinggir pantai. Tanah berpasir yang luas sangat cocok dijadikan tempat perkemahan.

Kemudian di sisi timur Pantai Ngeden terdapat perbukitan karang yang mengapit Pantai Ngeden ini.

Di puncak bukit ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk lebih menikmati deburan ombak dan luasnya laut dari atas.

Nah untuk menikmati sunset dan sunrise anda bisa menyaksikannya di bukit ini.

Tertarik? Mari berwisata ke Pantai Ngeden, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Gambar dan foto Pantai Ngeden

Foto oleh Tempat Wisata Pantai NgedenSumber Pantai Ngeden : instagram.com/hidayah_gndtPantai Ngeden di pagi hariSpot foto di bawah tebing karangSpot foto dengan background karangPemandangan pantai dari atastempat fotoSunset di Pantai Ngeden

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button