Tempat Wisata

Pantai Ngeden, pesona pantai pasir putih yang eksotik di Gunung Kidul

Terpesona dengan eksotisme Pantai Ngeden di Gunung Kidul dengan pasir putihnya yang memukau dan nikmati keindahan perbukitan yang mempesona melengkapi pesona alamnya.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 09.00 – 17.00 WIB, Alamat: Kramb Sawit, Kec. Saptosari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Berbicara mengenai Pantai di Kecamatan Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta pasti banyak sekali yang membahasnya. Salah satu pantai terindah di kabupaten ini adalah Pantai Ngeden di Desa Kramb Sawit. Pantai yang mempesona ini terkenal dengan keindahan alamnya.

Saat Anda memasuki tempat wisata alam ini Anda akan menemukan pantai yang indah dengan pasir putih yang super indah, laut biru cerah dan bukit-bukit yang mempesona di pinggir pantai. Dengan segala keindahan alam ini, Anda bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya.

Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam di sore hari dari tepian Pantai Ngeden yang populer. Tempat wisata alam populer ini telah dibuka sejak tahun 2015 dan kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit banyak orang. Kali ini kami akan memberikan ulasan singkat mengenai pantai indah di bagian selatan pulau jawa.

➥ One Day Tour ke Wisata Bahari Jogja

Daya Tarik Pantai Ngeden

Shutterstock Daya tarik Pantai NgedenFoto oleh Asep Dwi Kurniawan di Shutterstock

1. Pantai pasir putih

Sedangkan untuk daya tarik Pantai Ngeden, pantainya sendiri yang akan menjadi daya tarik tersendiri. Dimana pasir pantai Kabupaten Gunung Kidul berwarna putih dan bercampur dengan beberapa cangkang karang sehingga memberikan tampilan yang begitu indah. Selain itu, terdapat juga bebatuan karang di hamparan pasir putih ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Perpaduan pasir putih dan bebatuan karang menjadi peluang berfoto yang bagus. Namun dengan adanya karang ini membuat Anda yang ingin bermain atau berenang di airnya perlu berhati-hati agar tidak melukai diri sendiri.

2. Laut

Daya tarik selanjutnya dari tempat wisata alam ini adalah luasnya lautan di hadapannya. Lautan ini memiliki ombak yang cukup besar karena masih mengalir hingga ke Samudera Hindia. Oleh karena itu, selain bebatuan karang, ombak laut juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa Anda perlu berhati-hati jika ingin bermain air laut di pantai populer ini.

Meski ombaknya cukup besar, Samudera Hindia sangat cocok untuk berfoto atau sekedar menikmati alam. Keindahannya semakin terlihat ketika deburan ombak laut menghantam bebatuan dan membelah air laut.

3. Bukit Menawan

Kita lanjutkan ke daya tarik Pantai Ngeden selanjutnya yaitu bukit mengesankan di ujung pantai. Bukitnya cukup tinggi dan menjulang hingga ke tengah laut, sehingga ketika berada diatasnya anda bisa melihat seluruh kawasan pesisir desa Kramb Sawit dengan sangat jelas.

Tidak terlalu sulit untuk mencapai bukit indah ini karena terdapat serangkaian anak tangga yang membantu Anda mencapai puncak tertinggi bukit yang terlihat seperti kura-kura dari kejauhan. Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk mengambil foto, menikmati pemandangan sekitar dan menyaksikan matahari terbenam di sore hari.

➥ Wisata Gunung Kidul Jogja: Pantai Kukup/Krakal – Pemandangan Laut Heha

4. Panorama matahari terbenam

Daya tarik terakhir dari tempat wisata alam ini adalah matahari terbenamnya. Momen matahari terbenam akan terlihat sangat indah dari puncak bukit di pantai populer ini. Oleh karena itu, ketika Anda sampai di tempat wisata menakjubkan ini, Anda pasti wajib menyaksikan matahari terbenam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai NgedenFoto oleh Asep Dwi Kurniawan di Shutterstock

Pantai Ngeden sendiri terletak di Kegubernuran Gunung Kidul, Desa Kramb Sawit, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kecamatan Saptosari. Untuk mencapai tempat wisata ini Anda dapat menggunakan Tugu Jogja di Jl. Jendral Sudirman, Kecamatan Jetis sebagai patokan.

Jadi dari Jl. Jendral Sudirman silahkan ambil jalur sampai perempatan Jl. Suroto, lalu belok kanan, lalu belok kiri di perempatan dekat Manna Bakery Tart dan teruskan perjalanan hingga sampai di perempatan T di Jl. tiba. Wardhani. Belok kanan dan ikuti Jl. Lewati Wardhani hingga sampai di pertigaan Jl. tiba. Trimo.

Dari perempatan Jl. Trimo, silakan belok kiri lalu terus lurus hingga sampai di Jl. DR. Pergi ke Wahidin Sudirohusodo dan belok kanan mengikuti jalan tersebut. Kemudian lanjutkan berkendara hingga mencapai Jl. Dokter Sutomo. Setelah sampai di perempatan dekat Kursus Komputer, silakan terus lurus dan ikuti Jl. Ki Mangunsarkoro dan sampai di pertigaan Jl. pada. Sultan Agung.

Belok kiri di pertigaan lalu lurus lagi di Jl. Berbalik dan tetap di jalur utama hingga mencapai Jl. Veteran. Belok kiri ke Jl. Veteran, lalu belok kanan di pertigaan menuju Jl. Menteri Supeno yang letaknya tidak jauh dari pertigaan sebelumnya.

➥ Cek hotel murah di Gunung Kidul

Ikuti Jl. Menteri Supeno sampai menemukan pertigaan di Jl. Pramuka silahkan belok kanan kesini mengikuti Jl. Pramuka sampai masuk Jl. Imogiri Tim kemudian melewati Jembatan Karang Semut dan sampai di persimpangan tiga patung kuda Sultan Agung Imogiri. Silakan belok kanan di persimpangan untuk mengikuti Jl. Imogiri.

Tak jauh dari tiga simpang sebelumnya Anda akan menemukan Jl. Imogiri Siluk dimana Anda perlu belok kiri dan ikuti jalan utama sampai melewati Jl. Siluk Panggang kemudian masuk ke Jl. Raya Panggang Wonosari dan sampai di pertigaan dekat Balai Desa Jetis Saptosari. Silakan belok kanan di pertigaan untuk mencapai Jl. jetis.

Ikuti terus Jl. Jetis menuju pintu masuk Jl. Kramb Sawit dan menemukan pertigaan di Jl. Pantai Ngeden. Silakan ikuti jalan tersebut hingga mencapai kota pantai yang berada tepat di ujung jalan. Panjang itinerary ini diperkirakan kurang lebih 53 km, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 38 menit.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Ngeden, Anda harus membayar kepada pengelola tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Selain itu, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi harus membayar biaya parkir sebesar Rp3.000 per unit untuk sepeda motor dan Rp5.000 per unit untuk mobil.

Pantai populer ini buka setiap hari dengan rincian Senin hingga Jumat mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Pantai NgedenFoto oleh Purno A di Shutterstock

Berfoto di Pantai Ngeden

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di pantai indah ini adalah fotografi. Kegiatan ini didukung dengan alam yang sangat indah mulai dari pantai berpasir putih, bebatuan karang, laut biru dan bukit indah yang menjulang ke tengah laut. Oleh karena itu, pastikan kamera Anda siap mengambil gambar sebanyak-banyaknya.

Nikmati pemandangan sekitarnya

Saking indahnya alamnya, banyak orang yang datang ke Pantai Ngeden untuk menikmati pemandangan sekitar yang masih alami. Selain itu, ada juga wisatawan yang sengaja datang ke pantai asal Kabupaten Gunung Kidul ini untuk menyegarkan semangat.

Hal ini dimungkinkan karena alam di pantai populer ini masih perawan sehingga udara di sekitarnya sangat segar. Selain itu, suara alam seperti deburan ombak yang menghantam bebatuan dan angin yang bertiup melalui dedaunan menjadi semacam obat penenang bagi wisatawan.

Saksikan indahnya matahari terbenam

Lanjut ke aktivitas menarik berikutnya yaitu menyaksikan indahnya matahari terbenam di sore hari. Keindahan matahari terbenam selalu berhasil memukau semua orang dengan keindahannya, sehingga tidak heran jika banyak orang yang selalu menantikan untuk menikmati momen indah tersebut dari tempat wisata alam ini.

berkemah

Aktivitas menarik terakhir yang bisa Anda lakukan di Pantai Ngeden adalah berkemah atau bermalam di alam. Kegiatan ini sangat populer di kalangan wisatawan, namun sebelum melakukan kegiatan berkemah sebaiknya mendapat izin terlebih dahulu dari pihak pengelola.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Ngeden ShutterstockFoto oleh Herukru di Shutterstock

1. Tempat parkir kendaraan

Fasilitas pertama yang bisa Anda temukan di Pantai Ngeden yang indah ini adalah area parkir kendaraan. Fasilitas ini berukuran cukup besar dan mampu menampung berbagai jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga mobil. Semua kendaraan ini juga dijaga oleh petugas parkir untuk menjamin keamanan.

2. Tempat makanan ringan

Di Pantai Ngeden juga terdapat warung makan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Warung makan ini menjual berbagai jenis makanan, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan, selain itu juga tersedia minuman panas dan dingin. Fasilitas ini dapat membantu wisatawan yang datang berlibur tanpa membawa perbekalan.

3. Toilet umum

Fasilitas terakhir dari pantai populer ini adalah toilet umum yang terbagi menjadi toilet pria dan toilet wanita. Wisatawan yang ingin buang air besar atau kecil bisa menggunakan opsi ini. Perhatikan juga kebersihan toilet umum untuk memperkirakan kegunaannya di kemudian hari.

Demikianlah ulasan singkat tentang Pesona Pantai Ngeden di Desa Kramb Sawit, Provinsi Gunung Kidul. Menjelajahi pantai ini tentu dapat meninggalkan kesan tersendiri bagi pengunjungnya, apalagi saat sedang berlibur bersama orang tercinta.