Tempat Wisata

Pantai Ngeden – Tiket masuk dan spot foto terkini 2023

Pantai Ngeden – Wisata Yogyakarta Selatan yang tergabung dalam kawasan Gunung Kidul memastikan kawasan ini memiliki sejumlah pantai yang beragam dan beraneka ragam.

Salah satunya adalah Pantai Ngeden. Padahal objek wisata ini masih sangat alami dan asri. Keheningan meninggalkan kesan esoterik pada setiap pengunjung.

Beberapa warga setempat menyebut tempat ini Ngedan. Atau dalam bahasa Jawa artinya “orang gila”. Kemudian pemerintah Yogyakarta menggantinya dengan nama Pantai Ngeden.

Objek wisata ini memiliki pantai. Jika kita perhatikan lebih dekat, bentuknya akan menyerupai sebuah teluk kecil.

Menariknya, tidak ada ombak yang sangat ganas di tempat wisata ini. Tenang dan moderat. Hal ini cukup menguntungkan bagi wisatawan yang datang kesini.

Namun tetap harus berhati-hati di tempat ini, karena terdapat arus yang sama sekali tidak dapat diprediksi. Apalagi saat cuaca buruk bisa berubah. Jadi kita harus lebih berhati-hati dan waspada.

Biaya masuk ke Pantai Ngeden

Biaya masuk ke pantai ini adalah NgedenFoto:

Menariknya, tarif masuk ke Pantai Ngeden saat ini hanya Rp 5.000 per orang. Biaya parkir sebesar 5.000 rupiah bagi anda yang menggunakan mobil.

Serta 2.000 rupiah bagi anda yang membawa kendaraan bermotor. Cukup murah bukanlah harga yang harus Anda bayar jika ingin menikmati objek wisata ini. Harga tiket masuk dan parkir dapat berubah sewaktu-waktu.

Simak juga daftar 50 pantai di Gunung Kidul yang menawarkan pemandangan indah dan menarik.

alamat dan lokasi rute

Lokasi pantai NgedenFoto:

Alamat Pantai Ngeden terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55871.

Untuk menuju objek wisata ini hanya bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi. Mengingat minimnya angkutan umum yang ramah di lokasi ini.

Rute menuju Pantai Ngeden bila berangkat dari Yogyakarta terdiri dari dua rute. Pertama bisa melalui Ring Road, Piyungan, Pathuk atau Bukit Bintang. Lalu menuju ke hutan Bunder. Persimpangan Lapangan Terbang Gading, Paliyan,

Dari sini berjalan lurus hingga mencapai Pasar Paliyan. Selanjutnya arahkan kendaraan menuju Saptosari hingga tiba di Jalan Ciblok. Sesaat setelah itu kita akan menemukan beberapa tanda. Ikuti saja sampai tiba di titik lokasi.

Jalan menuju pantai Ngeden juga bisa dari Bantul. Menuju kawasan Imogiri lalu masuk ke Jalan Siluk Panggang. Tetap di jalan ini hingga mencapai Jalan Panggang – Wonosari. Setelah itu belok kiri menuju pertigaan Jeti-T hingga mencapai Saptosari. Ikuti saja rambu-rambu yang ada di lokasi ini.

Jangan terlalu senang jika kita memarkir kendaraan disini. Karena kita harus berjalan kaki menuju titik lokasi. Ada dua pilihan jalur yang bisa kita pilih. Namun yang paling direkomendasikan adalah pemilihan tangga.

Disana kita harus menuruni sekitar 400 anak tangga. Karena jalurnya yang sedikit menanjak, dibutuhkan tenaga yang lebih sedikit untuk sampai ke tempat ini. Selain itu, pegangan tangan juga tidak terlihat di sini, jadi Anda harus sedikit berhati-hati.



Kunjungi juga: Pantai Sarangan yang menawarkan banyak spot foto bernuansa alami terumbu karang.

Kecantikan yang dibutuhkan

Alamat Pantai NgedenFoto:

Keunikan lain dari wisata pantai Ngeden adalah adanya bukit batu yang mengelilinginya. Jika kalian menggunakan drone kalian akan melihat bentuk kepala penyu yang sungguh menarik.

Mereka yang lelah berlari menuju puncak sebaiknya santai saja. Anda dapat duduk di beberapa titik pandang dan paviliun yang dibangun. Ada juga gubuk-gubuk kecil yang tampak berdiri tegak, memberikan keteduhan dari ancaman sinar matahari.

Dari gubuk ini kita bisa melihat bagaimana ombak seolah bergulung-gulung. Angin sepoi-sepoi yang menembus kulit Anda akan membuat Anda takjub hingga Anda enggan untuk pergi.

Dari puncak bukit Anda bisa berjalan kaki menyusuri pantai yang pasir putihnya begitu lembut dan halus. Karena kondisinya yang masih tenang sehingga anda bisa bermain apa saja seperti bola voli, sepak bola dan masih banyak aktivitas menarik lainnya yang bisa kita lakukan di tempat ini.

Kunjungi juga Pantai Nguluran yang tak kalah indahnya.

1. Area memancing dan berkemah

Spot foto di pantai NgedenFoto:

Pantai yang masih asri dan alami ini sering dimanfaatkan warga untuk memancing. Namun banyak juga ikan kerapu yang berenang di sekitar tempat ini.

Ternyata tak hanya ikan kerapu saja yang ada di sini. Namun, ada beberapa spesies lobster yang bisa Anda lihat dan nikmati. Sayangnya, untuk memancing di sini Anda harus membawa semua perlengkapannya dari rumah. Karena belum ada stand yang bisa menyewa kail pancing.

Di pantai ini kita disuguhkan dengan tempat yang nyatanya tidak terlalu besar. Tempat ini dimanfaatkan sebagian wisatawan untuk mendirikan tenda. Sebab kondisinya masih sangat alami.

Jadi sebelum Anda memutuskan untuk berkemah di sini, disarankan untuk menanyakan terlebih dahulu kepada warga setempat. Untuk menikmati keamanan dan kenyamanan saat menikmati malam disini.

Cobalah untuk bangun sekitar jam 3 pagi. Lihatlah ke langit. Dimana kita bisa melihat bintang-bintang yang bersinar begitu terang. Bintang ini seakan memenuhi langit-langit Pantai Ngeden. Ini menciptakan perasaan menyenangkan.

Sayangnya, untuk bisa menikmati bintang-bintang tersebut, Anda harus beruntung. Sebab, hanya saat langit cerah, pesona malam akan semakin terlihat.

Lihat juga Pantai Kayu Arum yang lokasinya masih sedikit diketahui wisatawan.

2. Matahari terbit dan terbenam

Tempat wisata di pantai ndenFoto:

Tempat wisata Pantai Ngeden menampilkan karang yang memberikan warna yang sangat memanjakan mata.

Keindahan matahari terbenam yang hendak terbenam menyuguhkan siluet karang yang sungguh memikat iman Anda untuk berfoto dan berfoto. Jadi, jangan lupa membawa kamera mumpuni agar bisa mengabadikan setiap keindahannya.

Biasanya wisatawan akan terkesima dengan plafon yang dihadirkan. Seperti lukisan tangan yang terkenal. Cahaya senja menghadirkan warna oranye yang indah. Berpadu dengan birunya air laut.

Jangan lewatkan saat matahari kembali bersinar dan bumi bersinar. Namun saat muncul perlahan warnanya berubah menjadi kuning keemasan. Apa yang akan Anda lihat akan membuat Anda terdiam. Semua ini seolah menebus perjuangan Anda melawan udara dingin dan kelelahan dalam perjalanan kembali ke atas bukit.

Disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup seperti air minum dan makanan. Mengingat tempat yang diresmikan pemerintah sejak tahun 2015 ini masih belum ramah terhadap warung. Kecuali saat Anda berada di tempat parkir, yang terdapat cukup banyak ruang untuk berdiri.

Saat kami berkunjung ke objek wisata ini, kami disuguhi fasilitas yang cukup baik seperti toilet yang cukup bersih, tempat parkir yang luas dan tempat yang dibangun khusus untuk Anda.

Kunjungi juga pantai Kukup Gunung Kidul yang menyuguhkan pemandangan mempesona.

Pantai Ngeden merupakan keindahan alam yang tidak akan pernah bisa dilupakan. Pesona dari ujung ke ujung. Banyak wisatawan yang nampaknya bergantung pada tempat ini sambil menikmatinya. Mereka semua lulus. Kapan Anda akan mengunjungi objek wisata ini?

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button