Tempat Wisata

Pantai Ngetun Gunung Kidul – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Pantai Ngetun merupakan pantai indah yang dikelilingi perbukitan eksotis di Gunung Kidul, dengan keberadaan penyu menambah daya tarik alamnya.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Yogyakarta merupakan daerah yang sangat kaya dengan wisata bahari yang mempesona dan mempesona. Pantai Ngetun merupakan salah satu dari beberapa tempat wisata di Gunung Kidul. Pemandangan alam yang ditonjolkan oleh hijaunya perbukitan menjadi keunikan tersendiri dari pantai cantik ini.

Jumbai karang yang indah semakin menambah pesona pantai indah ini. Hamparan pasir putih di sepanjang pantai membuat pengunjung betah duduk bersantai sambil menikmati kesegaran khas wisata bahari. Pantai mempesona ini diapit oleh dua buah tebing, sehingga fenomena alam yang tercipta membuat mata seluruh pengunjung terpesona.

Pantai yang mempesona ini memiliki sejarah, rahasia dan mitos. Menurut penduduk setempat, Pantai Ngetun dimulai dari sebuah teluk kecil. Meski belum banyak yang mengetahui pantai ini, namun eksotisme pantai ini menjadi incaran para pelancong sejati. Pantai ini sangat cocok jika Anda ingin mencari ketenangan dari hiruk pikuk.

Daya Tarik Pantai Ngetun

Shutterstock Daya tarik Pantai NgetunFoto oleh Shutterstock/Alfian Muzaki

Cantik alami

Hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai menjadi pesona yang Anda rasakan saat pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini. Suara deburan ombak yang menghantam bebatuan menambah eksotisme pantai unik ini. Pepohonan khas pantai dan pegunungan di sekelilingnya membuat suasana pantai semakin mempesona.

Warna biru alami khas lautan akan terlihat jelas di sini. Pantai Ngetun masih kurang dikenal di kalangan wisatawan sehingga tidak heran jika pantai ini terlihat bersih, apalagi karena berbagai sampah yang ditinggalkan masyarakat. Keindahan alam dan keaslian lingkungan sekitar pantai masih terlihat jelas.

Keunggulan lainnya adalah air laut yang jernih dan bersih. Pasir putih di dasar lautnya pun semakin mempesona. Bibir laut yang dihiasi karang-karang kecil yang terlihat saat air laut sedang tidak tinggi merupakan fenomena alam yang indah.

Dengan karang yang kecil, biota laut seringkali terjebak di sekitar karang. Beberapa tumbuhan hijau, seperti alga, juga tumbuh indah di sekitar karang. Nilai eksotik tentu saja tergambar ketika kita berada di Pantai Ngetun. Hal ini membuat pengunjung betah duduk bersantai di pantai yang mempesona ini.

Perbukitan mengapit pantai

Keunikan lainnya dari pantai ini adalah adanya dua bukit yang mengapit tepi pantai. Keberadaan kedua bukit ini semakin melengkapi keindahan Pantai Ngetun. Semua orang pasti akan mengagumi panorama wisata bahari yang sangat alami dan mempesona ini.

Spot foto yang menarik

Siluet pantainya menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta wisata bahari untuk difoto. Momen Sunset dan Sunrise memang ditunggu-tunggu oleh para pecinta wisata bahari sejati.

Pesona matahari terbenam akan tercipta keindahan ketika langit yang berada tepat di atas laut memancarkan warna jingga dipadukan dengan kuning keemasan. Fenomena alam ini hanya bisa dinikmati pada sore hari.

Keindahan yang muncul di pagi hari saat matahari terbit dan terlihat sangat mempesona membuat Pantai Ngetun semakin mempesona; pasir putih yang terkena sinar matahari akan terlihat lebih putih dan eksotis. Pemandangan kedua fenomena alam matahari ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk diabadikan.

Deretan karang kecil yang mengelilingi pantai juga menjadi tujuan pengunjung untuk berfoto. Kehadiran biota laut seperti penyu yang hanya muncul di malam hari juga bisa diabadikan. Penyu ini menjadi salah satu keunikan pantai ini karena pantai lain di kawasan tersebut tidak memiliki hewan ini.

Tempat perkemahan

Topografi dataran di pantai ini terbilang datar sehingga sebagian pengunjung memanfaatkannya untuk kegiatan berkemah. Suasana alam sekitar Pantai Ngetun pada malam hari menimbulkan kenangan tersendiri bagi pengunjung yang memilih aktivitas tersebut. Perlengkapan dan keperluan berkemah tentunya harus disiapkan di rumah dan kebersihan pantai harus tetap terjaga.

Berkemah bersama teman, keluarga, dan orang-orang tercinta merupakan kegiatan yang sangat menghibur. Keindahan pantai di malam hari diiringi hembusan angin laut dimana para camper dapat menikmati aktivitas seperti membakar ikan dan menikmati kebersamaan akan menjadi momen indah yang tidak akan terlupakan.

daerah penangkapan ikan

Kawasan Pantai Ngetun merupakan kawasan yang populer bagi para pemancing. Keanekaragaman biota laut dapat dibeli di sini. Biota laut seperti lobster dan ikan-ikan kecil banyak dijumpai di dekat bebatuan karang. Pemancing dijamin akan betah berlama-lama berada di lokasi ini. Sambil menekuni hobinya, mereka juga akan merasa damai di sini.

Bagi pengunjung yang ingin memancing, disarankan untuk membawa perlengkapan memancing seperti kail dan umpan. Pihak pengelola pantai tidak menyediakan persewaan peralatan memancing di pantai ini, sehingga pengunjung harus mempersiapkannya dari rumah.

Kehadiran penyu

Selain keindahan alamnya yang mempesona, pantai ini juga menjadi tempat populernya penyu. Karena lokasi pantai ini yang sepi, penyu lebih memilih pantai ini untuk beraktivitas. Kehadiran penyu inilah yang menjadi daya tarik Pantai Ngetun di Yogyakarta.

Penyu ini hanya muncul pada malam hari dan tidak ditemukan di pantai sekitarnya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan pengunjung berkemah pada malam hari, yakni untuk bisa menyaksikan langsung aktivitas hewan unik tersebut.

Alamat dan rute menuju pantai

Shutterstock Alamat Pantai NgetunFoto oleh Shutterstock/Alfian Muzaki

Pantai Ngetun yang terletak 80 km dari pusat kota Yogyakarta membutuhkan waktu berkendara selama 120 menit. Pantai ini terletak di Kecamatan Gunung Kidul, tepatnya di kawasan Dusun Sureng, Purwodadi, Kecamatan Tepus. Pantai Pok Tunggal merupakan pantai yang konsisten dengan pantai indah ini.

Untuk menuju lokasi pantai ini rutenya dimulai dari pusat kota Yogyakarta, kemudian melewati Wonosari dan kemudian menuju jalan Baron, sampai di pertigaan Mulo T dan melewati kawasan Tepus. Dari kawasan Tepus belok kiri menuju Pulang Sawal, lalu melewati pantai Pok Tunggal dan Seruni lalu sampai di pantai tujuan utama kami.

Tentunya pengunjung harus dalam kondisi fisik yang prima jika ingin menuju ke pantai indah ini. Akses jalan masih dibatasi dan pengunjung harus berhati-hati saat melewati jalan setapak.

Biaya masuk wisata bahari

Terdapat tarif yang cukup terjangkau bagi setiap orang yang ingin menikmati keindahan alam yang diciptakan oleh pihak pengelola pantai ini. Pengunjung hanya perlu membayar untuk memarkir kendaraannya. Biaya pengantaran sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp3.000 untuk kendaraan roda dua.

Merupakan pantai yang tergolong baru diantara sekian banyak pantai indah yang ada di Yogyakarta, sehingga pantai ini belum mendapat perhatian yang besar dari pemerintah setempat mengenai pengelolaannya, sehingga untuk menikmati keunikan pantai ini tidak dipungut biaya apapun dari pihak pengelola. Fasilitas umum yang tersedia belum optimal.

Aktivitas yang menyenangkan

Shutterstock Aktivitas Pantai NgetunFoto oleh Shutterstock/Aan_Fnh

1. Bersantai dan berlibur

Hiruk pikuk keseharian Anda akan hilang ketika Anda berada di pantai yang mempesona ini. Birunya lautan berpadu dengan keindahan bebatuan karang yang mengapit pantai ini merupakan sebuah fenomena alam yang menakjubkan.

Pengunjung bisa berjalan-jalan menyusuri Pantai Ngetun sambil menikmati pesona alam yang tersaji indah. Hamparan pasir putih di darat dan di laut menambah eksotismenya. Banyaknya pepohonan yang tumbuh dan perbukitan hijau menciptakan suasana yang menenangkan.

2. Mendaki bukit di Pantai Ngetun

Perbukitan hijau dengan pemandangan mempesona mengundang Anda untuk mendaki. Setelah sampai di puncak bukit, kita bisa menikmati fenomena alam yang sangat menarik dari atas.

3. Berkemah

Bagi para pemburu wisata bahari, belum lengkap rasanya jika tidak berkemah di Pantai Ngetun yang indah. Menyaksikan keindahan dan siluet pantai saat matahari terbit dan terbenam menjadi hal paling seru bagi pengunjung yang memilih aktivitas berkemah di tempat ini.

Mengolah hasil laut seperti ikan dan berbagi santapan menjadi kegiatan yang bisa dilakukan saat berkemah di malam hari. Indahnya suasana pantai di malam hari tentu menjadi kenangan yang tak terlupakan. Serunya ngobrol bareng teman sambil ditemani deburan ombak.

4. Memancing

Banyak sekali biota laut di sekitar pantai unik ini, sehingga tak heran jika lokasi ini menjadi spot favorit para pemancing. Pemancing bahkan bisa duduk dalam waktu lama untuk menangkap biota laut. Pengunjung disarankan membawa perlengkapan memancing seperti umpan dan kail.

Aktivitas memancing ini sangat menyenangkan di pantai ini. Menangkap ikan tidak hanya menjadi pengalaman tersendiri, Anda juga menikmati keindahan alam sambil menekuni hobi memancing.

5. Dokumentasi

Ini adalah aktivitas yang wajib dilakukan bagi siapa pun yang sedang berlibur. Spot foto menarik dihadirkan dan mengajak Anda untuk mengabadikannya. Fenomena Sunset dan Sunrise di Pantai Ngetun pastinya patut anda lewatkan. Beragam foto indah bisa tercipta dengan latar belakang fenomena alam yang indah.

Siluet pantai yang indah dengan ditonjolkan pasir putih dan birunya laut bisa dijadikan latar foto yang sangat mempesona. Spot foto populer lainnya adalah deretan karang kecil yang tertata indah di sekitar pantai.

6. Berenang

Air pantai yang jernih dan bersih dipadukan dengan pasir putihnya menarik pengunjung untuk menikmati aktivitas olahraga air di pantai yang mempesona ini. Berenang merupakan salah satu kegiatan yang sangat menghibur dan pastinya akan membuat Anda rileks.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Shutterstock Fasilitas Pantai NgetunFoto oleh Shutterstock/Anggy Dwi Saputra

Meski tergolong baru, Pantai Ngetun telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat digunakan pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut antara lain toilet dan kamar mandi, stand wisata serta tempat parkir. Fasilitas ibadah seperti musala juga tersedia di sekitar objek wisata ini.

Meski fasilitas yang ada masih terbatas, namun pemerintah setempat mulai membangun fasilitas karena pesona pantai ini menjadi magnet wisata.

Pantai Ngetun dengan keindahan dan keunikan alamnya yang masih alami, meninggalkan kenangan tersendiri bagi pengunjungnya. Kenangan indah liburan bersama keluarga dan orang tercinta. Meski lokasi pantainya cukup berkelok-kelok, namun pantai dengan segala eksotismenya ini menarik perhatian semua orang untuk datang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button