Tempat Wisata

Pantai Ngetun, pantai indah dengan pemandangan eksotik di Gunung Kidul

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pantai Ngetun merupakan destinasi pantai dengan bukit-bukit bebatuan yang menonjol menghimpitnya. Lokasinya terletak di sejumlah pantai populer di Gunung Kidul, Yogyakarta. Padahal pantainya tidak terlalu luas. Namun keindahan yang dihadirkan bisa membuat Anda terbelalak karena pesonanya.

Seperti permata tersembunyi. Keberadaan pantai indah ini memang belum begitu dikenal di kalangan wisatawan. Jadi suasana pantainya masih terasa natural banget. Pasirnya yang putih bersih tanpa sampah serta biota laut yang melimpah tentu menjadi pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Bagi wisatawan yang mencari liburan pantai dengan suasana yang sangat tenang, pantai ini adalah pilihan yang tepat. Dijamin Anda tidak akan kecewa. Fasilitas yang ada di lokasi Pantai Ngetun juga sudah lengkap. Membuat wisatawan merasa lebih nyaman dalam berbagai aktivitas seru.

➥ Cek penawaran hotel di Gunung Kidul

Daya Tarik Pantai Ngetun

Shutterstock Daya tarik Pantai NgetunFoto oleh Alfian Muzaki di Shutterstock

1. Pemandangan pantai yang sangat indah

Anda mungkin selalu penasaran sepanjang perjalanan. Khususnya bagi wisatawan yang baru pertama kali memasuki Pantai Ngetun. Saya harap keindahan pantainya tidak mengecewakan Anda.

Ketika kami sampai di tempat itu, semua yang kami bayangkan ternyata benar adanya. Pesona alamnya memang memanjakan mata. Ada juga pemandangan berbeda di pantai indah ini. Salah satunya adalah dua bukit yang mengapit pantai.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Perbukitannya dihiasi tanaman hijau subur khas pantai. Agar suasana pantai tidak menjadi tandus. Terlihat bagus dan keren. Siapapun yang berkunjung ke pantai ini pasti akan betah berlama-lama.

2. Ada penyu dan makhluk lainnya

Mengingat kondisi Pantai Ngetun belum terpengaruh oleh aktivitas besar manusia, maka alamnya masih sangat asri. Pemandangan unik di pantai ini adalah penyu-penyu yang sedang beristirahat di tepi pantai.

Kawasan pasir putih alami ini ternyata menjadi sarang penyu untuk bertelur. Wisatawan bisa menyaksikan penyu-penyu kecil ini bermain-main di pasir pantai. Anda bahkan bisa mengajaknya berfoto selfie.

➥ Jogja Day Tour : Pantai Timang, Indrayanti dan Pantai Drini

3. Diapit dua bukit

Perbukitan yang mengapit pantai indah ini menambah keindahan pemandangan. Bukit-bukit ini terbentang seperti terowongan jalan di kedua sisi pantai. Sehingga jika dilihat dari kejauhan pemandangannya akan semakin menarik.

Hanya saja ditumbuhi tanaman hijau. Perbukitan ini juga merupakan rumah bagi lobster. Maka tak heran jika Anda menemukan beberapa pemancing di kawasan perbukitan. Tidak hanya warga sekitar, wisatawan dari berbagai daerah juga banyak yang ikut berburu lobster.

4. Banyak ditemukan biota laut

Jika ingin menemukan berbagai spesies biota laut, tidaklah sulit. Anda tidak perlu menyelam ke dasar lautan. Karena ombak di Pantai Ngetun cukup besar, maka berbahaya jika berenang atau menyelam tanpa pengawasan profesional.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah berjalan di sepanjang pantai dan Anda akan melihat kepiting berkeliaran di mana-mana. Muncul atau bersembunyi di balik pasir dengan gayanya yang lincah. Anda bahkan dapat menemukan bintang laut dan berbagai jenis kerang.

5. Suasana pantai yang tenang

Banyak wisatawan yang mengunjungi pantai yang belum terlalu dikenal masyarakat umum ini karena ingin mencari suasana tenang. Jauh dari hiruk pikuk kota dan bebas polusi.

Bahkan ada pula yang ingin menikmati kedamaian dan ketenangan pantai lebih lama sambil berkemah. Biasanya nuansa ini sering dijumpai saat musim liburan. Wisatawan biasanya datang dari luar kota, terutama pengunjung dari dalam kota.

6. Ada tempat perkemahan

Lokasi yang sering mendirikan tenda camping adalah di pinggir Pantai Ngetun dan di atas bukit. Tenda warna-warni membuat pemandangan pantai semakin unik dan menarik. Apalagi dari atas bukit, pemandangannya seolah memanjakan mata.

Tidak ada batasan waktu untuk berkemah. Jadi wisatawan bisa melakukan ini kapan saja. Terdapat juga fasilitas pendukung seperti warung dan toilet di kawasan pantai. Jadi traveler tidak perlu lagi khawatir akan kelaparan.

➥ Wisata Gunung Kidul Jogja: Pantai Kukup/Krakal – Pemandangan Laut Heha

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai NgetunFoto oleh Alfian Muzaki di Shutterstock

Pantai Ngetun terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Tepus. Terletak di Desa Purwodadi, Dusun Sureng. Jaraknya sekitar 70 kilometer dari pusat kota Jogja.

Pengunjung dapat berkendara dengan kendaraan pribadi selama kurang lebih 2 jam 20 menit. Dimulai dari pusat kota Yogyakarta dan menuju ke arah Wonosari, Gunung Kidul. Pengunjung pun melewati jalan menuju Pantai Baron hingga mencapai Tepus.

Setelah sampai di kecamatan Tepus arahkan kendaraan menuju Indrayanti atau Pulang Sawal. Pengunjung akan berjalan melalui Pok Tunggal. Lanjutkan melewati Pantai Seruni. Lalu ada papan petunjuk menuju ke lokasi Ngetun.

Selain jalur tersebut, wisatawan juga bisa menjadikan SD Gembuk sebagai landmark. Pertama ambil jalan lingkar menuju Jl. Wonosari. Lanjutkan melewati Piyungan. Masih lurus sampai melintasi Patuk Bukit Bintang. Lanjutkan perjalanan menuju Giri Panggung hingga menemukan pertigaan Balong.

Sesampainya di pertigaan Balong, ambil jalan Purwodadi menuju Gesing. Pertemuan dengan SD Negeri Gembok. Ada jalan kecil beraspal. Ini adalah jalan menuju pantai.

Biaya masuk dan jam buka

Deretan pantai di Gunung Kidul menawarkan pemandangan yang indah dan bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Termasuk perjalanan ke Pantai Ngetun. Pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Jika membawa kendaraan bermotor, cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000 saja. Sedangkan untuk mobil perlu menyediakan tambahan Rp 5.000 per unit.

Jam buka pantai mempesona ini adalah 24 jam sehari. Oleh karena itu, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai tanpa ada batasan waktu.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Pantai NgetunFoto oleh Anggy Dwi Saputra di Shutterstock

Ambil foto dengan latar belakang yang menawan

Pantai Ngetun memang belum sepopuler pantai-pantai di sekitarnya. Namun keindahan yang dimilikinya ibarat perhiasan mahal. Setiap wisatawan yang mengunjunginya pasti akan terpesona dengan eksotismenya. Khususnya bagi pecinta fotografi.

Sesampainya di resor pantai, Anda pasti langsung terpikir untuk berfoto selfie saat melihat perbukitan hijau terjal yang mengapit pantai. Latar belakang alam yang hijau dengan pasir putih dan air berwarna kebiruan menciptakan gradasi warna yang sangat menarik.

Apalagi ditambah pemandangan burung-burung yang beterbangan di pinggir pantai. Tentunya hal ini akan membuat gambar yang dihasilkan menjadi lebih fantastis atau bernilai seni tinggi.

Berjalan di atas pasir putih

Meski tidak seluas pantai pada umumnya, namun pengunjung tetap bisa merasakan lembutnya pasir pantai. Anda bisa berjalan menyusuri pantai dan merasakan semilir angin sepoi-sepoi.

Bahkan di hamparan pasir putih ini, pengunjung bisa menemukan banyak kerang dan bintang laut. Masih ada beberapa biota langka di pantai indah ini.

Mancing di Pantai Ngetun

Selain sebagai tujuan liburan menikmati pemandangan unik, pengunjung juga bisa memancing di kawasan ini. Aktivitas ini juga bisa menjadi pereda stres.

Biasanya warga sekitar juga banyak yang memancing di kawasan perbukitan. Bukit berbatu ini menjadi tempat persembunyian lobster. Sehingga banyak warga yang memburu biota mahal tersebut. Selain lobster, juga terdapat beberapa jenis ikan khas Pantai Ngetun.

Mendirikan tenda kemah

Menikmati suasana pantai sambil berkemah menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika dilakukan bersama rombongan besar. Anda bisa menikmati keindahan pantai sambil melakukan aktivitas seru. Baik pada siang hari maupun malam hari.

Lokasi yang biasa digunakan para pelancong untuk mendirikan tenda kemahnya adalah di atas bukit. Karena aman dari deburan ombak saat air pasang di malam hari. Namun ada juga yang mendirikan tenda di kawasan pantai.

Jadi jika Anda berencana berkemah di malam hari dan merasakan suasana pantai, Anda bisa membawa perlengkapan pribadi dari rumah. Tidak ada persewaan tenda di kawasan ini. Hanya ada tempat perkemahan.

Naiki bukit di sisi pantai

Jika ingin menikmati pemandangan laut luas dari ketinggian, Anda bisa memilih spot di atas bukit. Terdapat dua bukit hijau di sisi Pantai Ngetun. Dipenuhi tanaman khas pantai dan beberapa pandan laut.

Bukit tersebut dinamakan Bukit Gentong dan Bukit Watu Benku. Bukit yang puncaknya lebih tinggi disebut Bukit Watu Benku. Pengunjung tidak hanya sekedar menikmati keindahan pantai indah ini, namun juga kerap menjadikannya sebagai spot foto karena pemandangannya yang sejuk.

Nikmati keindahan matahari terbit dan terbenam yang eksotis

Menjelang pagi, wisatawan khususnya yang berkemah dapat merasakan indahnya matahari terbit. Suasana pantai berangsur-angsur menjadi cerah. Birunya air laut dan pasir putihnya pun terlihat semakin jelas. Kicau burung menyambut cerahnya suasana pagi hari.

Layaknya keindahan sore hari, Pantai Ngetun menawarkan pemandangan matahari terbenam yang mempesona. Langit berwarna kuning keemasan, matahari perlahan tenggelam dan bersembunyi di balik laut. Suasana cerah perlahan berubah menjadi gelap. Banyak pengunjung yang ingin menikmati momen ini dengan berfoto.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Pantai NgetunFoto oleh Alfian Muzaki di Shutterstock

1. Lokasi parkir kendaraan

Pihak pengelola Pantai Ngetun telah menyediakan fasilitas parkir yang nyaman dan aman. Pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir sesuai ketentuan. Kendaraan yang diparkir pun terlihat rapi.

2. Ruang sholat

Meski belum begitu dikenal, namun fasilitas yang ada di pantai ini cukup lengkap. Salah satunya adalah musala yang dilengkapi perlengkapan sholat. Pengunjung yang ingin salat pada waktu yang tepat tidak perlu lagi bersusah payah mencari musala di luar tempat.

3. Stand kuliner

Keberadaan warung-warung di sekitar pantai sangat membantu wisatawan dalam mencari makanan dan minuman. Menu khas di warung ini adalah masakan seafood. Harganya juga sangat terjangkau.

4. Toilet

Fasilitas toilet dapat digunakan tergantung kebutuhan pengunjung. Kondisi toiletnya juga masih utuh. Mulai dari kebersihan hingga ketersediaan air yang cukup.

5. Perkemahan

Jika Anda ingin berkemah, Anda tidak perlu lagi khawatir mencari lokasi yang tepat. Karena sudah tersedia tempat perkemahan yang nyaman dan aman.

6. Tempat sampah

Setiap pengunjung diharapkan menjaga kebersihan. Karena itulah pemerintah menyediakan tempat sampah.

Demikianlah ulasan singkat tentang Pantai Ngetun di Gunung Kidul. Anda bisa menikmati keindahan pantai ini bersama orang-orang tercinta. Liburan yang menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button