Tempat Wisata

Pantai Nglambor: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Yogyakarta seolah menjadi surganya wisatawan lokal maupun mancanegara. Provinsi yang pernah menjadi pusat pemerintahan Indonesia ini menawarkan berbagai atraksi wisata mulai dari wisata budaya, wisata alam, hingga wisata kuliner. Salah satunya adalah Pantai Nglambor yang saat ini sangat populer di kalangan wisatawan karena keindahannya.

Pantai Nglambor merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang ada di wilayah Yogyakarta. Bisa dikatakan objek wisata ini merupakan objek wisata baru karena baru pada tahun 2014 Pangai Nglambor mulai dikenal wisatawan. Lebih spesifiknya pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jika Anda datang dari pusat kota Yogyakarta, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 74 kilometer untuk sampai ke pantai tersebut. Pantai Nglambor terbilang tersembunyi dan diapit oleh dua buah pantai, yaitu Pantai Siung di sebelah barat dan Pantai Jogan di sebelah timur.

Pantai Nglambor menawarkan beragam panorama alam indah yang tak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Saking eksotisnya pantai ini, hingga menjadi magnet wisata. Air di pantai ini sangat jernih sehingga Anda bisa melihat terumbu karang, rumput laut, dan ikan-ikan kecil cantik berenang. Selain itu, pantai ini juga menjadi salah satu tempat snorkeling di Yogyakarta.

Sejarah Pantai Nglambor

Jauh sebelum pantai ini terkenal dengan pesona bawah lautnya yang menakjubkan, ada cerita yang mengiringi perjalanan tempat wisata ini. Pada awalnya, penduduk wilayah pesisir hidup terutama dari pertanian dan perikanan di laut. Namun wilayah pesisir Laut Selatan memiliki tanah yang kurang subur.

Lahan pertanian yang kurang produktif ini menyulitkan warga sekitar untuk bercocok tanam. Belum lagi, di kawasan ini banyak terdapat kera ekor panjang yang kerap memakan tanaman warga. Saat mencari ikan pun sulit untuk mengandalkan hasil, bahkan terkadang tidak sama sekali.

Pada tahun 2000, pemerintah daerah berupaya memperbaiki akses jalan menuju Pantai Nglambor. Warga meyakini pembangunan jalan akses ini akan meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke pantai ini. Nyatanya tidak demikian, setiap akhir pekan hanya sedikit wisatawan yang mengunjungi objek wisata potensial di Jari ini.

Baca juga: Candi Ratu Boko, kemegahan istana dengan sejuta pesona

Keadaan tersebut berubah ketika seorang pemuda bernama Yusuf Adhitya Putratama datang ke Pantai Nglambor. Ia mengaku prihatin dengan lemahnya pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Pemuda itu menyadari potensi wisata bahari di pantai ini. Ia kemudian mengajak warga sekitar untuk membentuk kelompok bernama Bintang Nglambor Snorkeling (BNS).

Bersama BNS, pemuda itu mempromosikan keindahan bawah laut Pantai Nglambor melalui media sosial. Sejak saat itu, pantai ini ramai dikunjungi wisatawan lokal bahkan mancanegara. Warga sekitar pantai kini bisa merasakan dampak dari potensi wisata pantai ini.

BNS kini juga menawarkan penyewaan alat snorkeling bagi wisatawan yang ingin menikmati panorama bawah laut pantai ini. Selain itu, mereka mengajak wisatawan untuk menjaga kelestarian dan ekosistem alam di Pantai Nglambor.

Pesona Pantai Nglambor

Pantai-pantai di Samudera Hindia terkenal memiliki ombak yang tinggi dan ganas. Hal ini berujung pada larangan wisatawan pantai mengunjungi tempat wisata pantai yang berbatasan langsung dengan Laut Selatan. Namun Anda tidak perlu khawatir saat berkunjung ke Pantai Nglambor.

Air di Pantai Nglambor cukup tenang, jernih dan tidak terlalu dalam sehingga wisatawan bisa berenang di pantai ini. Selain itu, Anda juga bisa mengamati bebatuan karang dan ikan dari atas permukaan air. Derasnya ombak yang menjadi ciri khas pantai-pantai di Laut Selatan seolah terbelah oleh dua terumbu karang yang ada di pantai ini.

Jika Anda melihat pantai ini dari ketinggian, Anda akan melihat dengan jelas dua buah karang besar tepat di depan pantai. Kedua karang tersebut berbentuk kura-kura besar yang oleh penduduk setempat disebut Watu Kalong dan Watu Kuntul. Kedua batu karang ini seolah berperan sebagai penjaga pantai, melindungi wisatawan dari hempasan ombak Laut Selatan yang terkenal ganasnya.

Di pantai ini Anda bisa menikmati keindahan ekosistem bawah laut seperti terumbu karang yang indah, ikan-ikan kecil yang lucu, rumput laut, dan biota laut yang terdapat di pantai. Keindahan dan panorama pantai ini seolah menjadi aset berharga bagi warga sekitar.

Hal ini memastikan kelestarian pantai yang juga dikenal dengan nama Akuarium Raksasa ini tetap terjaga oleh warga sekitar. Ada tradisi sedekah yang disebut “Ngalangi” yang dapat diartikan melarang atau melarang siapa pun menangkap ikan di wilayah pantai kecuali setahun sekali.

Selain itu, objek wisata Pantai Nglambor juga dijadikan sebagai tempat penangkaran berbagai jenis ikan dan perlindungan biota laut. Pantai ini masih asri dan alami serta tidak seramai pantai lainnya. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Wisata pantai di Nglambor

Jika Anda menyukai wisata pantai, maka Pantai Nglambor menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Pantai ini menawarkan keindahan alam dan keindahan pantai yang tidak kalah dengan tempat wisata terkenal di pinggir pantai.

Anda bisa menikmati pemandangan alam dan panorama bawah laut yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini. Pantai Nglambor juga menjadi salah satu tempat wisata dengan spot snorkeling terbaik di Yogyakarta. Air di pantai ini cukup jernih dan tenang sehingga memudahkan wisatawan untuk melakukan snorkeling.

Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan keindahan panorama di Pantai Nglambor. Anda juga bisa mengambil foto bawah air sambil snorkeling. Jika Anda tidak memiliki kamera tahan air, Anda bisa menggunakan jasa sewa kamera di Pantai Nglambor.

Harga tiket Pantai Nglambor

  • Harga tiket renang: Rp 6.000/orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 2.000
  • Biaya parkir: Rp 5.000

(Pembaruan Desember 2023)

Jam buka Pantai Nglambor

Pantai Nglambor terbuka untuk umum 24 jam sehari.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Peta lokasi pantai Nglambor

Tips menuju Pantai Nglambor

  • Disarankan untuk membawa kendaraan seperti sepeda motor karena jalan menuju tempat ini cukup terjal.
  • Bawalah sandal jepit karena Anda akan berjalan di atas bebatuan yang cukup tajam.
  • Bawalah topi dan kacamata hitam karena cuaca di sini cukup panas pada siang hari.
  • Ada baiknya untuk membawa pakaian cadangan.
  • Datanglah pada pagi atau sore hari karena matahari sangat terik di tempat ini pada siang hari.

Galeri foto Pantai Nglambor

Pantai Nglambor
Snorkeling
Mandi
Bermain di Pantai Nglambor
Jembatan di atas bebatuan karang
Sunset di Pantai Nglambor

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button