Tempat Wisata

Pantai Ngrenehan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Deretan pantai di Provinsi Yogyakarta seolah tak ada habisnya untuk dijelajahi. Beragam pantai dengan karakteristik berbeda-beda, serta keindahan panorama alamnya yang mempesona menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai lain yang keindahannya luar biasa adalah Pantai Ngrenehan.

Pantai Ngrenehan menawarkan panorama alam yang tak kalah indahnya dengan pantai lain di Yogyakarta. Awalnya pantai ini bukan tempat wisata melainkan tempat pelelangan ikan. Selain itu, pantai ini juga dimanfaatkan oleh para nelayan setempat sebagai tempat peristirahatan perahu nelayan mereka setelah mengarungi lautan untuk mencari ikan.

Secara geografis pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk mencapai pantai eksotik ini, wisatawan perlu menempuh perjalanan minimal 1,5 jam dari pusat kota Jogja. Pantai ini terletak sekitar 54 kilometer dari pusat kota Jogja. Lokasi pantai ini juga tidak jauh dari pantai Nguyahan dan Ngobaran.

Untuk sampai ke Pantai Ngrenehan harus menempuh perjalanan yang cukup berat. Selain itu, jalan utama yang menjadi akses menuju pantai ini berkelok-kelok dan terjal. Namun perjalanannya terbayar ketika Anda sampai di pantai ini. Pantainya yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih seakan menyambut Anda di pantai ini.

Sejarah Pantai Ngrenehan

Ada cerita terkait penamaan pantai di Kegubernuran Gunung Kidul ini. Konon nama pantai ini merupakan pemberian dari Raden Fatah, seorang raja dari Kerajaan Demak. Cerita bermula ketika Raja Brawijaya V, ayah Raden Fatah sekaligus raja Kerajaan Majapahit, melarikan diri ke pesisir selatan Pulau Jawa.

Pada masa ini kerajaan Majapahit sedang mengalami kehancuran sedangkan agama Islam berkembang pesat di Pulau Jawa. Raja Brawijaya V yang menolak masuk Islam, melarikan diri ke pantai selatan Pulau Jawa bersama salah satu anaknya, Bondan Kejawan, dan kedua istrinya. Selanjutnya Prabu Brawijaya V memilih mengungsi karena ingin menghindari peperangan dengan putranya sendiri, Raden Fatah.

Raden Fatah pun mengerahkan seluruh pasukannya untuk mencari ayahnya hingga tiba di pantai ini. Rupanya Raja Brawijaya yang merupakan ayahnya tidak ada di pantai. Terakhir, Raden Fatah mengajak para petinggi Kerajaan Demak untuk berdiskusi bagaimana cara menemukan ayahnya.

Baca juga: Pantai Ngobaran, pantai dengan sentuhan Pulau Dewata

Peristiwa tersebut memunculkan kata Pangrena yang dapat diartikan sebagai ajakan. Pangrena sendiri berasal dari kata rene yang dalam bahasa Jawa bisa diartikan “di sini”. Kemudian masyarakat pesisir mengubah kata tersebut menjadi “ngrenehan” yang artinya “kemarilah”. Dari sinilah asal mula nama Pantai Ngrenehan.

Pesona Pantai Ngrenehan

Pantai ini memang mempunyai pesona alam yang menakjubkan. Pasir putih lembut membentang di mana-mana di pantai. Tempat wisata ini mempunyai luas pantai yang cukup sempit hanya sekitar 100 meter persegi. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi keindahan pantai yang berbatasan langsung dengan laut selatan ini.

Lokasi Pantai Ngrenehan sendiri terbilang unik. Pantai ini dikanan dan kirinya diapit oleh dua buah tebing karang yang kokoh dan cukup tinggi. Kedua tebing karang tersebut menjorok ke laut dan ditumbuhi tanaman sehingga tampak hijau seolah menambah indah pemandangan pantai ini. Kondisi tersebut membuat pantai ini terlihat seperti teluk kecil jika dilihat dari atas.

Karakter air di pantai ini dikatakan sangat tenang karena adanya dua tebing karang yang mengapit pantai. Karang tersebut tampaknya mampu menahan gempuran ombak besar yang menjadi ciri khas gelombang laut selatan. Selebihnya, air laut di Pantai Ngrenehan sangat jernih dan berwarna biru kehijauan. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk melihat dasar laut dari atas permukaan air.

Dasar laut pantai ini didominasi pasir putih lembut. Hal ini yang membedakannya dengan pantai-pantai lain di pesisir selatan Jogja yang biasanya dipenuhi bebatuan karang. Wisatawan bisa bebas bermain dan berenang di air tanpa takut terhantam ombak.

Selain itu, wisatawan juga bisa menjumpai perahu-perahu nelayan yang berjejer rapi di pinggir pantai. Pantai ini digunakan oleh nelayan setempat sebagai tempat berlabuhnya perahu mereka setelah melaut. Di pantai ini juga terdapat tempat pelelangan ikan. Jika datang pada pagi hari, wisatawan bisa membeli ikan segar di pelelangan dengan harga yang jauh lebih murah.

Meski dijadikan tempat pelelangan ikan dan tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan, namun kebersihan pantai ini tetap terjaga. Terlihat air lautnya yang sangat jernih dan belum banyak wisatawan yang mengetahui lokasi pantai eksotik ini seolah menambah keindahan Pantai Ngrenehan.

Fasilitas di Pantai Ngrenehan

Fasilitas pendukung yang ada di tempat wisata ini bisa dikatakan cukup memadai. Terdapat kamar mandi serta tempat parkir yang cukup luas. Sayangnya jalan utama menuju pantai ini cukup berkelok-kelok dan terjal. Oleh karena itu, wisatawan perlu berhati-hati saat berkunjung ke tempat pantai ini.

Pantai Ngrenehan juga menawarkan beragam kuliner lezat yang bisa Anda temukan di warung-warung sekitar pantai. Warung-warung ini menjual olahan hasil laut seperti ikan bakar dan sambal yang nikmat. Setelah lelah menikmati keindahan pantai, tidak ada salahnya mengisi perut keroncongan dengan hidangan ikan di pantai ini.

Menikmati keindahan pantai

Bagi Anda yang menyukai wisata pantai, tempat ini bisa menjadi alternatif menarik sebagai destinasi wisata Anda selanjutnya. Berbagai keindahan disuguhkan seperti pasir putih, air laut yang jernih, serta tebing-tebing tinggi yang terlihat asri dan ditumbuhi tanaman hijau serta mampu menghilangkan penat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Di pantai eksotis ini Anda bisa berenang dan bermain pasir sepuasnya. Jika masih kurang puas, Anda bisa mendaki bukit di dekat pantai untuk menikmati pemandangan Pantai Ngrenehan dari ketinggian. Dari bukit Anda memiliki pemandangan yang luar biasa. Pasirnya yang putih, birunya laut, dan sejuknya angin akan membuat Anda betah berlama-lama di pantai ini.

Berburu foto dan melihat matahari terbenam

Pantai Ngrenehan juga bisa menjadi destinasi menarik bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi lanskap. Di pantai ini Anda akan menemukan berbagai objek menarik yang bisa Anda abadikan dalam karya fotografi Anda. Bagi Anda yang ingin mengabadikan sisi lain dari keindahan pantai ini, mengambil foto dari atas bukit bisa menjadi pilihan.

Jika Anda datang pada sore hari, Anda juga akan mendapatkan pemandangan matahari terbenam yang indah di pantai ini. Pantai ini masih sepi karena belum banyak wisatawan yang mengetahui lokasi pantai ini. Menikmati indahnya matahari terbenam di pinggir pantai yang masih asri dan alami tentu menciptakan suasana romantis yang sayang untuk dilewatkan.

Wisata kuliner

Pantai Ngrenehan tidak hanya menawarkan panorama alam yang indah, namun juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata kuliner. Ada banyak warung yang berjejer rapi di dekat pantai ini yang bisa Anda pilih. Warung-warung ini menyajikan berbagai macam makanan untuk menggugah selera Anda.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Tentu saja menu utama warung-warung ini terdiri dari olahan makanan laut seperti ikan bakar, ikan goreng, kepiting, dll. Setelah puas menikmati pemandangan di Pantai Ngrenehan, Anda bisa mengikuti wisata kuliner di warung tersebut. Anda bisa menikmati hidangan seafood yang lezat sambil menikmati keindahan pantai.

Jam buka dan tarif masuk Pantai Ngrenehan

Bagi yang ingin menghabiskan liburan bersama orang tercinta bisa mengunjungi tempat wisata ini kapan saja karena buka 24 jam. Wisatawan dalam dan luar negeri hanya dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah per orang untuk masuk ke objek wisata Pantai Ngrenehan. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk kawasan wisata Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan.

Peta lokasi Pantai Ngrenehan

Tips Menuju Pantai Ngrenehan

  • Berhati-hatilah saat menuju ke lokasi karena jalan utama menuju pantai ini penuh dengan tikungan yang ekstrim.
  • Mampirlah di pagi hari jika ingin membeli ikan segar sebagai oleh-oleh.
  • Sebaiknya membawa baju ganti jika berencana berenang di Pantai Ngrenehan.
  • Jika ingin menikmati matahari terbenam, datanglah pada sore hari dan naik ke puncak bukit karena pemandangan lebih indah dari atas bukit.
  • Selalu jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Galeri Foto Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan
Spot foto di atas kapal

Potret pantai dari atas bukit

Bermain di Pantai Ngrenehan
Potret sebuah bukit di pinggir Pantai Ngrenehan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button