Tempat Wisata

Pantai Ngurbloat Maluku – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Desa Wisata Ngilngof, Kec. Manyeuw, Kab.Maluku Tenggara, Maluku; map: pemeriksaan situs

Liburan ke Maluku belum lengkap rasanya tanpa mengunjungi destinasi pantai yang terkenal dengan keindahan pantai berpasir putihnya, Pantai Ngurbloat di Maluku Tenggara. Pantai indah ini dikenal sebagai pantai pasir putih terbaik di Asia bahkan dunia. Maka tak heran jika pantai berpasir putih ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

Pantai yang terkenal dengan butiran pasir seperti tepung ini dijuluki Pantai Pasir Panjang. Nama “Ngurbloat” berasal dari bahasa kei yang berarti “pasir panjang”. Dikatakan panjang karena pantai berpasir putih di pantai ini panjangnya mencapai 5 km. Situs ini terletak di kawasan Desa Ngilngof yang berjarak sekitar 17 km dari kota Langgur.

Selain keindahan pantainya, pantai eksotis ini menawarkan berbagai wisata yaitu keindahan alam, kuliner yang nikmat, kesenian tradisional masyarakat setempat dan juga budayanya. Terpesona dengan keindahannya? Sudah tidak sabar ingin bermain pasir di sana? Simak ulasan berikut tentang Pantai Ngurbloat

Daya tarik yang dimiliki Pantai Ngurbloat

Obyek wisata Pantai NgurbloatKredit foto: Google Maps Rikhardus Tanlain

1. Pasir putih seperti tepung

Daya tarik utama Pantai Ngurbloat adalah keindahan pasir putihnya yang membentang sepanjang 5 kilometer di bibir pantai. Pasir putih ini begitu terkenal karena tekstur pasirnya yang sangat halus sehingga dianggap seperti tepung. Pengunjung dapat berjalan-jalan santai di sepanjang pantai sambil menikmati keindahan laut.

2. Spot foto yang menarik dan ikonik

Spot foto juga disediakan pengelola dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen di pantai. Spot foto tersebut antara lain tulisan “NGURBLOAT Beach” dengan warna merah dan kuning yang kontras dengan warna background pantai dan langit, serta tulisan “I Love Kei”.

3. Menunggu matahari terbenam yang indah

Sunset di Pantai Ngurbloat tak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain di Indonesia. Keindahan sunset berpadu dengan jernihnya air laut dan pasir putih pantai yang menawan akan memberikan Anda sensasi melihat sunset yang berbeda. Ada juga dermaga di pantai yang memberikan kesan indah saat matahari terbenam.

4. Air laut yang landai dan ombak yang tenang, bagus untuk berenang

Pergi ke pantai tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati asyiknya berenang. Daya tarik selanjutnya dari pantai populer ini adalah air lautnya yang landai sekitar seratus meter dengan ombak yang sangat tenang. Saat air laut surut, pantai yang basah menjadi berpasir seperti lapangan luas dengan pantulan sinar matahari.

5. Mudah mendapatkan air bersih

Setelah bermain di air laut yang asin, tubuh akan terasa tidak nyaman dan perlu segera dibilas. Daya tarik selanjutnya dari pantai yang mempesona ini adalah mudahnya pengunjung menemukan sumber air di sekitar pantai. Sumber air ini memiliki air yang tawar dan tentunya sangat segar.

6. Pantai bersih dengan penduduk yang ramah

Kesadaran akan kebersihan warga setempat patut diapresiasi. Sepanjang mata memandang, ujungnya tak akan melihat sampah berserakan. Penduduk setempat juga sangat ramah turis. Ke depannya manajemen akan menawarkan paket wisata live in di desa Ngilngof. Di mana wisatawan bisa tinggal bersama penduduk.

7. Akomodasi bergaya tropis kelas internasional

Saat berkeliling pulau, akomodasi adalah suatu keharusan. Pengelolaan pantai berkembang sehubungan dengan fasilitas akomodasi ini.

Apa yang dulunya hanya sebuah vila atau rumah panggung bergaya tropis sekarang menjadi penginapan bertaraf internasional untuk menyaingi penginapan pantai lainnya di dunia.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Pantai NgurbloatSumber gambar: Google Maps Octovianus Salipadang

Alamat Pantai Ngurbloat secara administratif terletak di Desa Wisata Ngilngof, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Pantai indah ini merupakan salah satu dari 50 besar desa wisata di Indonesia dalam Indonesia Tourism Village Award 2021.

Wisatawan dari luar Kepulauan Maluku atau Sulawesi harus terlebih dahulu transfer di Bandara Kota Ambon, Maluku atau di Makassar, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Setelah itu wisatawan dapat melanjutkan penerbangan menuju Bandara Langgur yang terletak di Desa Ibra, Kecamatan Kei Kecil, Pulau Kei Kecil.

Rute menuju lokasi pantai. Desa Wisata Ngilngof berjarak sekitar 23 km dari Bandara Karel Sadsuitubun, Langgur merupakan ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara. Pengunjung membutuhkan waktu sekitar 35 menit dari bandara untuk sampai ke kota pantai di Pulau Kei ini.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai NgurbloatKredit foto: Google Maps Ronald Tethool

Untuk menikmati keindahan pantai berpasir putih ini, pengunjung yang datang dari luar Pulau Kei harus menempuh perjalanan darat untuk sampai ke pulau ini. Harga tiket pesawat ke Pulau Kei bervariasi tergantung maskapai yang dipilih.

Tarif masuk pengunjung Pantai Ngurbloat hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang per hari. Harga parkir kendaraan Rp 5.000 per mobil dan Rp 3.000 untuk parkir sepeda motor. Harga tersebut tidak akan dikenakan lagi kepada pengunjung yang telah melakukan reservasi paket wisata.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai dan sekitarnya dapat memilih untuk bermalam di vila atau kampus yang disediakan pengelola. Harga sewanya bervariasi tergantung fasilitas yang didapat. Rasakan paket wisata lengkap di Pulau Kei saat Anda menginap di sana.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Ngurbloat

Kegiatan wisata di pantai NgurbloatKredit foto: Google Maps Rikhardus Tanlain

1. Bermain pasir

Daya tarik utama dari pantai yang indah ini adalah pasirnya yang putih sehalus tepung, pengunjung tentunya bisa menikmati sensasi bermain pasir yang berbeda. Cobalah membangun istana pasir, mengubur diri di pasir, mengukir kata di pasir, dan aktivitas lain untuk menjelajahi pasir pantai yang lebih halus.

2. Jalan-jalan santai

Jika tak ingin kotor dengan pasir pantai, pengunjung bisa menikmati hembusan angin laut dengan berjalan-jalan menyusuri tepian Pantai Ngurbloat. Angin sepoi-sepoi yang tenang, butiran pasir putih yang berkilauan, dan deburan ombak yang tenang akan menyejukkan jiwa Anda. Jalan-jalan di pantai pada pagi atau sore hari juga bisa menjadi sarana berolahraga.

3. Ambil foto Ria

Kehadiran spot foto yang disediakan pengelola tentunya tak boleh dilewatkan. Cobalah berbagai gaya pose unik untuk mengisi feed Instagram Anda agar semakin semarak saat liburan. Manfaatkan juga momen matahari terbenam untuk membuat foto menjadi estetik. Terdapat sebuah dermaga yang menjadi latar foto saat anda berada di Pantai Pasir Panjang.

4. Berenang

Berenang adalah kegiatan yang harus dilakukan pengunjung di pantai yang indah ini. Air laut yang landai dan ombak yang tenang merupakan kombinasi sempurna untuk berenang. Jernihnya perairan pantai tidak perlu diragukan lagi. Jangan lupa bilas dengan air tawar segar setelah berenang.

5. Snorkeling dan Menyelam

Kegiatan snorkeling dan diving pun tak boleh dilewatkan, pantai eksotis ini menjadi rumah bagi berbagai spesies biota laut yang unik dan menarik. Keindahan pantai bawah laut yang menjadi simbol pariwisata Maluku Tenggara memang tak terbantahkan. Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat biota laut yang indah di pantai yang mempesona ini.

6. Kuliner

Wisata kuliner yang wajib dicoba di Pantai Ngurbloat. Beragam jenis makanan lezat ditawarkan di pantai cantik ini, seperti pisang goreng, sayur lat, aneka olahan seafood, varian enbal dan minuman ko haus yang akan menyegarkan tenggorokan.

7. Bermalam di lokasi eksotis

Bosan dengan kehidupan sehari-hari dan ingin mencari ketenangan pulau, pengunjung bisa menginap di penginapan yang telah disediakan. Perasaan damai dan tenang tercapai seiring dengan sapaan ombak. Keramahan masyarakatnya, kesejukan pantainya akan membuat betah berlama-lama disana.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas di Pantai NgurbloatKredit foto: Google Maps Hauke ​​​​Fabian Kegler

Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada di pantai yang mempesona ini. Seperti fasilitas pada umumnya, terdapat tempat parkir mobil yang luas, kamar mandi bersih dengan air tawar yang segar, spot foto menarik yang bisa diputar, tempat duduk warna warni dan berbagai fasilitas yang terus berkembang.

Pilihan akomodasi dan menginap di Pantai Ngurbloat sudah tidak perlu diragukan lagi. Jenis akomodasi yang ditawarkan mulai dari villa hingga cottage yang memenuhi standar internasional bergaya tropis dengan suasana teduh berpadu dengan pepohonan rindang dan pantai berpasir putih yang indah.

Yang tak kalah menarik adalah akses internet Wi-Fi gratis di sepanjang pantai yang dapat digunakan oleh semua pengunjung. Tentunya dengan koneksi internet ini pengunjung tidak perlu khawatir ketinggalan pesan dari luar dan tidak timbul masalah kesulitan sinyal.

Itulah beberapa daya tarik Pantai Ngurbloat yang dijuluki sebagai pantai pasir putih terlembut di dunia dan menjadi destinasi wisata unggulan di Maluku. Daya tarik pantai juga terbantu dengan fasilitas yang disediakan pengelola. Kedepannya, pantai indah ini akan terus berinovasi untuk menciptakan pengalaman baru bagi para pengunjungnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button