Tempat Wisata

Pantai Nguyahan – Harga tiket masuk dan spot foto terkini 2023

Ada yang pernah dengar nama Pantai Nguyahan? Kalau dari namanya, kita mungkin tidak pernah mengetahuinya. Pasalnya kawasan ini seakan tenggelam karena wisatawan lebih memilih Pantai Ngobaran yang memiliki spot-spot cantik sehingga membuat Anda enggan untuk bersusah payah.

Namun perlu diketahui bahwa Pantai Nguyahan mempunyai daya tarik tersendiri yang wajib untuk dikunjungi. Apalagi saat musim liburan dan saat berkunjung ke Gunung Kidul. Mengunjungi tempat wisata ini memang wajib dilakukan.

Lalu apa saja yang ditawarkan kawasan wisata ini? Pertanyaan yang sering terdengar dari sebagian besar pengunjung yang buta total terhadap objek wisata ini. Jawabannya sangat mengesankan dan sayang sekali untuk menyangkalnya sedikit pun.

Keunggulan lain yang terlihat adalah kebersihan yang tentunya bisa disebut juara. Tidak ada satupun sampah yang berserakan. Beberapa kotak kotoran juga disiapkan. Menariknya, saat ini beberapa pengunjung mulai memerhatikan untuk membuang sampah.

Biaya masuk ke Pantai Nguyahan

Biaya masuk ke Pantai NguyahanFoto:

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati objek wisata ini, karena harga tiket masuk Pantai Nguyahan hanya sebesar Rp 5.000 saja.

Selain biaya parkir, dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah untuk kendaraan bermotor. Dan 10.000 rupee bagi anda yang membawa mobil.

(Biaya masuk Pantai Nguyahan dapat berubah sewaktu-waktu.)

Simak juga daftar 50 pantai di Gunung Kidul yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

Alamat lokasi dan rute

    Alamat di Pantai NguyahanFoto:

Alamat Pantai Nguyahan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak yang harus ditempuh dari kota sekitar 75 km. Atau memakan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit.

Jalan menuju Pantai Nguyahan hanya bisa diakses dengan kendaraan pribadi karena belum banyak angkutan umum yang menuju objek wisata ini. Rute menuju Pantai Nguyahan bisa dimulai dari kota Jogja menuju Piyungan, Patuk, Gading. Kemudian arahkan kendaraan menuju Playen, Paliyan, Pasar Trowono, Kanigoro dan titik lokasi.

Nah, jalur lainnya juga bisa lewat Piyungan, Parangtritis, Panggang, lalu arahkan kendaraan ke Saptosari Pasar Truwono, Kanigoro dan terakhir sampai di titik lokasi.



Kunjungi juga Pantai Sadeng Gunung Kidul Yogyakarta.

Asal

Tempat wisata di pantai NguyahanFoto:

Ketenangan dan keindahan wisata Pantai Nguyahan ini ternyata tidak lepas dari mitos dan cerita rakyat tentang asal muasal wisata ojek ini. Dimana dahulu kala, ketika internet belum ada dan Belanda masih menduduki Indonesia.

Nah, saat itu daerah ini dikenal sebagai penghasil garam. Oleh karena itu, objek wisata ini dinamakan Pantai Nguyahan. Dalam bahasa Jawa, uyah berarti garam. Maka tak heran jika tempat ini disebut Nguyahan.

Kunjungi juga Pantai Ngobaran yang menawarkan banyak spot foto cantik.

Tempat wisata di Pantai Nguyahan

Tempat wisata di pantai NguyahanFoto:

Objek wisata ini biasanya digunakan wisatawan untuk berenang dan bermain pasir. Selain itu, Anda juga bisa menikmati beberapa makhluk laut yang lucu dan mengesankan. Selain itu, pantainya cukup luas dan memiliki tebing-tebing yang mengesankan.

Kita bahkan bisa melihat ikan-ikan kecil di sini. Banyak juga wisatawan yang menjadikannya sebagai objek foto karena puas. Tidak hanya sejauh ini, kita masih bisa melihat beberapa rumput laut di bawah bebatuan.

Biasanya, alga ini dipanen oleh warga dan hasilnya digunakan untuk menunjang perekonomian. Alga ini dipanen di tengah laut. Hasilnya dijual dan dijadikan bahan konsumsi yang rasanya sungguh lezat.

Lihat juga: Sepanjang Pantai Gunung Kidul yang sangat menarik untuk dikunjungi.

1. Matahari terbenam yang mengesankan

Wisata pantai di NguyahanFoto:

Keindahan lain yang bisa kita nikmati di Pantai Nguyahan adalah pemandangan matahari terbenam yang terbenam di sini. Cakrawala kota Gunung Kidul akan berubah warna dari biru menjadi oranye sehingga membekas di hati dan jiwa orang yang melihatnya.

Jadi jangan lupa untuk membawa kamera yang mumpuni agar bisa mengabadikan pesona siluet yang ada di sini dalam gambar dan foto. Jika Anda ingin menikmati matahari terbenam yang benar-benar sempurna, cobalah berdiam lebih lama di dasar karang.

2. Memancing dan berkemah

Pantai NguyahFoto:

Selain beberapa pesona yang ditawarkan di sini, kita juga bisa menikmati beberapa warna lain yang akan semakin membuat Anda takjub di kawasan wisata. Diantaranya adalah tempat memancing dan berkemah.

Jika Anda tertarik memancing di sini, Anda bisa berjalan ke selatan menuju dasar karang. Ada banyak penduduk lokal di sini yang juga memanfaatkan kawasan ini. Maka tak heran bila bertemu dengan mereka yang sangat ramah dan membumi.

Sambil menunggu ikan, kita disuguhi panorama Pantai Nguyahan yang sulit untuk dilupakan. Tapi jangan lupakan dirimu sendiri. Karena ikan di sini juga cukup bersahaja, tidak lama lagi kita akan mendapatkan ikan yang cukup besar.

Sayangnya kami tidak dapat menemukan akomodasi apa pun di sini atau akomodasi apa pun yang dekat dengan hotel, homestay, atau vila. Sama seperti pantai lain di Gunung Kidul. Namun kita bisa memanfaatkan tempat camping yang tersedia di lokasi ini.

Sayangnya, Anda harus membawa perlengkapan camping dan perlengkapan memancing sendiri dari rumah. Karena disini kita tidak akan menemukan toko yang menjual perlengkapan camping ataupun perlengkapan memancing.

Jangan lupa meninggalkan tenda sekitar jam 1-2 pagi. Di sana kita disuguhkan sekilas bintang-bintang yang super imut. Pemandangan ini hanya bisa dinikmati saat cuaca sangat bagus dan bersahabat.

Biasanya yang menginap membakar ikan hasil mancing sore itu. Rasanya lezat meski tanpa bumbu. Jangan lupa perkuat suasana dingin dengan api unggun juga.

Kunjungi juga : Pantai Sadranan yang sangat unik dan menarik.

fasilitas yang ditawarkan

Fasilitas di Pantai NguyahanFoto:

Tempat wisata Pantai Nguyahan mungkin terkesan sepi dan tidak berpenghuni, namun tahukah anda kalau tempat wisata ini mempunyai fasilitas yang sangat bagus sehingga memanjakan anda? Seperti gubuk-gubuk sederhana yang sengaja dibangun agar pengunjung bisa duduk-duduk menikmati semilir angin sepoi-sepoi.

Anda juga bisa memanfaatkan paviliun ini untuk menikmati sebagian makan siang Anda, karena di sini kita akan melihat beberapa stand yang menawarkan berbagai jenis menu, enak dan sangat lezat.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir untuk membawa perbekalan dari rumah. Karena warung di sini enak, selain makanannya. Harganya juga sangat ramah di kantong. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

Tempat parkirnya juga cukup luas, jadi jangan takut tidak mendapat tempat parkir. Tersedia juga toilet, musala, dan ruang ganti bagi anda yang ingin membilas diri dengan air dan berganti pakaian setelah bermain.

Simak juga ulasan kami sebelumnya tentang Pantai Drini yang menawarkan pemandangan alam yang indah.

Pantai Nguyahan di Gunung Kidul merupakan keindahan yang sangat memukau semua orang. Sayangnya, tempat ini belum begitu terkenal. Datang dan kenali objek wisata ini. Jangan lupa ajak teman, kenalan dan juga keluarga agar nama tempat wisata ini semakin dikenal dikalangan wisatawan.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button