Tempat Wisata

Pantai Nunggalan, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis di Badung Bali

Menikmati keindahan Pantai Nunggalan dengan pasir putihnya yang eksotik berhiaskan sisa-sisa kapal karam menambah pesonanya, di Badung, Bali

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Batu Nunggalan, Pecatu, Kecamatan. Kuta Selatan, Cab. Map: Periksa lokasinya

Ada banyak sekali pantai yang ada di pulau dewata Bali. Masing-masing memiliki karakter berbeda karena keindahan alamnya.

Salah satu tempat wisata di Badung yang sangat indah dan menawarkan banyak pesona adalah Pantai Nunggalan di Pecatu. Pantai ini tidak terlalu ramai bahkan mungkin belum banyak dikenal di kalangan wisatawan asing.

Namun bukan berarti tidak indah. Seperti pantai lainnya, keindahan pemandangannya bisa dinikmati dari segala sudut. Padahal, kawasan yang sepi menjadi salah satu daya tarik wisatawan, terutama yang ingin menjauh dari hiruk pikuk keramaian.

Pantai indah ini terletak di balik tebing dan menawarkan pesona yang tidak biasa dengan pemandangan hijau yang indah.

Tempatnya yang tersembunyi, mungkin itulah yang menjadi alasan banyak orang yang belum mengetahui keberadaannya. Jika mereka sudah mengetahuinya, kemungkinan besar mereka akan kembali lagi karena rindu pesonanya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Jalur menuju pantai ini cukup panjang, namun hal itu tidak menyurutkan niat Anda untuk berkunjung.

Daya Tarik Pantai Nunggalan

Daya Tarik Pantai NunggalanFoto Agas Maha Astra di Google Maps

Ulasan singkat di atas mungkin belum bisa menggambarkan keseluruhan daya tarik Pantai Nunggalan. Untuk itu sebaiknya simak ulasan berikut ini agar lebih jelas, dengan tujuan agar tidak terlalu penasaran dan segera mampir jika berminat.

1. Air pantai yang biru

Hampir setiap pantai indah di Bali memiliki air laut yang biru dan jernih. Pantai ini juga mempunyai lokasi yang masih berdekatan dengan Pantai Uluwatu. Terkadang hembusan angin yang kencang membawa ombak hingga ke tepi pantai bahkan tidak mampu mengubah warna biru air laut.

Menariknya, setiap titik memiliki warna biru yang berbeda-beda. Pada bagian pinggir pantai terlihat berwarna biru tua, sedangkan agak ke tengah berwarna biru cerah. Kedua warna ini disebabkan oleh kedalaman air yang berbeda.

Warnanya agak gelap, menandakan airnya tidak terlalu dalam. Sebaliknya, warna-warna cerah justru sebaliknya, cukup dalam dan bahkan bisa dikatakan sangat dalam.

2. Perbukitan hijau yang indah

Pantai Nunggalan terletak di balik bukit tinggi menjulang yang dihiasi pepohonan rindang. Wajar jika daya tarik selanjutnya adalah suasana asri dan nyaman. Pengunjung yang datang ke sini tak hanya menikmati panorama air laut saja yang bisa membosankan.

Jika hal ini terjadi pada Anda, tidak ada salahnya untuk menengok ke belakang dan memandangi hijaunya perbukitan. Selain itu, kemiringannya yang cukup landai menjadi ornamen tersendiri dan terlihat eksotis. Hampir tidak ada pohon kelapa di sekitar lokasi, sebagian besar ditumbuhi tanaman tropis.

3. Ada sisa-sisa kapal karam

Lokasi lain mungkin tidak menawarkan pemandangan seunik Pantai Nunggalan. Masih terdapat sisa-sisa kapal karam di pesisir pantai. Saat air pasang, bangkai kadang tenggelam sedikit. Meski tidak mencakup separuh dari keseluruhan lambung kapal, namun kehadirannya menjadi pemandangan unik tersendiri.

Wisatawan yang berkunjung ke kami biasanya memanfaatkan bangkai kapal tersebut sebagai tempat berteduh dari teriknya sinar matahari. Banyak juga yang menjadikannya sebagai spot foto unik untuk diposting di media sosial. Saat Anda mengunjungi kami, tidak ada salahnya untuk meniru tingkah laku pengunjung lainnya.

4. Kondisi pantai tenang dan damai

Berbeda dengan pantai indah lainnya di Bali yang banyak pengunjungnya, Pantai Nunggalan tergolong sepi. Artinya kondisinya masih alami, bahkan belum ada bangunan sebagai fasilitas khusus, kecuali warung yang menjual aneka makanan. Kondisi ini mungkin kurang menyenangkan bagi wisatawan yang sedang berlibur hingga menarik perhatian orang banyak.

Lain halnya dengan mereka yang mendambakan suasana tenang dan tenteram. Pantai eksotis di Bali ini menjadi pilihan utama mereka. Deburan ombak terkadang terdengar cukup keras.

Suasana hijau pepohonan di sekitar lokasi masih alami, tanpa terkena tangan-tangan nakal orang. Selain itu, Anda bisa menikmati aktivitas seperti berlari atau berjalan-jalan di tepi pantai.

5. Pantai berpasir putih yang luas

Kondisi pantai yang tenang semakin didukung dengan luasnya kawasan Pantai Nunggalan yang cukup luas. Pantai berpasir putih terlihat sejauh mata memandang.

Satu-satunya penghalang yang menjadi penghalang hanyalah bukit dan bebatuan yang menjorok ke laut. Pasir putih di pantai cantik ini memiliki tekstur yang halus bahkan bisa beterbangan karena hembusan angin pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai NunggalanFoto oleh Kateryna di Google Maps

Saat pertama kali melihat tempat wisata di atas, mungkin sebagian dari Anda semakin penasaran dan ingin segera mengunjunginya. Silakan datang ke Jl. Batu Nunggalan, Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Pantai Nunggalan masih satu jalur dengan Pantai Uluwatu sehingga bisa dijadikan referensi utama.

Jarak dari Uluwat tidak lebih dari 3 kilometer dan perjalanan dengan kendaraan bermotor memakan waktu sekitar 10 menit. Terdapat banyak tanda di sekitar lokasi. Silakan gunakan ini sebagai panduan. Jika Anda masih ragu, gunakan fungsi Google Maps di perangkat Anda masing-masing.

Biaya masuk dan jam buka

Keindahan Pantai Nunggalan tidak serta merta mengharuskan Anda membayar tiket masuk yang mahal. Selama ini tiket masuk ke pantai indah ini gratis bagi siapa saja yang ingin mengunjunginya, alias gratis. Namun selain tiket masuk, berlaku biaya lain, yaitu biaya parkir kendaraan.

Tidak terlalu mahal, bahkan bisa dibilang murah. Pengendara sepeda motor hanya membayar 2.000 rupiah. Jika Anda membawa mobil, Anda harus menyiapkan uang sebesar 5.000 rupiah untuk sewa tempat parkir. Anda bisa datang kapan saja baik pagi, siang maupun malam, namun tidak disarankan untuk datang pada malam hari.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai NunggalanFoto oleh Nuraeni Fitri di Google Maps

Karena pengunjungnya masih sedikit, Anda bisa menikmati semua aktivitas di Pantai Nunggalan. Aktivitas yang dimaksud tentu tak jauh berbeda dengan pantai di tempat lain, berikut detailnya!

Trekking ke lokasi

Sebagian besar aktivitasnya hampir sama dengan di pantai. Namun ada yang sedikit unik sekaligus membedakannya, yaitu lokasinya. Hal ini membedakannya dengan pantai lain yang biasanya terletak di pinggir jalan sehingga Anda bisa langsung berjalan kaki setelah memarkir kendaraan.

Kali ini Anda harus berjalan kaki setelah sampai di tempat parkir. Perjalanan ini memakan waktu hampir setengah jam dan melewati medan yang biasanya berbukit dengan tanjakan dan turunan.

Namun jangan khawatir, perjalanannya tidak akan melelahkan karena Anda akan disuguhi pemandangan alam perbukitan yang indah. Selain itu, sebelum anda turun ke pinggir Pantai Nunggalan terdapat pantai yang bisa dijadikan tempat beristirahat.

Berenang dan bermain air di Pantai Nunggalan

Tak heran jika sesampainya di pantai Anda langsung ingin terjun ke air dan berenang. Birunya perairan selalu mampu memikat pengunjung, meski Anda sudah berkali-kali mengunjungi objek wisata pantai tersebut. Banyak wisatawan yang melakukan aktivitas tersebut, namun diimbau untuk selalu berhati-hati.

Pasalnya, ombak yang datang tidak dapat diprediksi, kadang tinggi dan kadang tidak begitu kuat. Bahkan ada kalanya tidak ada ombak sama sekali saat tidak ada angin kencang.

Perhatikan kedalaman laut dari warna airnya. Jika cuaca kurang bagus dan sering terjadi ombak besar, ada baiknya Anda bermain air saja di pinggir pantai, karena di Pantai Nunggalan tidak ada penjaga pantai.

Bersantai dan nikmati pemandangan

Anggap saja Anda sedang malas beraktivitas atau karena lelah selama perjalanan. Aktivitas yang cocok adalah bersantai sambil menikmati pemandangan alam Pantai Nunggalan.

Silakan berteduh di bawah pohon yang rindang dan menikmati makanan dan minuman yang dibeli di warung atau membawa sendiri.

Jika terlalu jauh di bawah pohon sehingga ombak tidak terdengar, gunakan sisa-sisa kapal yang tenggelam di pantai. Memang tidak terlalu melindungi Anda dari panasnya cuaca, namun keruntuhannya cukup membuat suasana liburan Anda semakin nyaman. Anda bisa menggunakannya sebagai spot foto karena bentuknya yang unik.

Asyiknya bermain pasir

Jika Anda berwisata bersama keluarga dengan anak-anak, bermain pasir bisa menjadi kegiatan yang cocok. Menurut informasi di atas, di Pantai Nunggalan tidak ada penjaga pantai seperti pantai-pantai lain di Bali. Makanya lebih baik bermain pasir bersama anak-anak karena lebih aman.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Harga tiket Pantai NunggalanFoto oleh Putrayasa Wayan di Google Maps

Anda mungkin sudah membayangkannya jika membaca semua ulasan yang ada di atas. Keindahan pantai ini masih belum didukung dengan banyaknya fasilitas karena masih belum dikelola oleh pemerintah maupun swasta.

Salah satu fasilitas yang ditawarkan adalah stand yang disebutkan di atas, namun sejauh ini baru ada satu.

Jika Anda ingin menggunakan toilet harap meminta izin kepada pemilik warung karena di dalamnya terdapat toilet yang dapat Anda gunakan. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa meninggalkan kendaraan Anda di tempat parkir. Meski terbilang jauh dari tempat wisata, namun kondisinya dijamin aman dan terkendali.

Berikut yang perlu Anda ketahui tentang Pantai Nunggalan, mulai dari atraksi, aktivitas, hingga fasilitas yang ditawarkan. Jangan berkecil hati dengan minimnya peralatan, Anda bisa menyiapkannya sendiri dari rumah.

Informasi yang kami berikan dimaksudkan untuk memberi Anda wawasan tentang situasi setempat sehingga Anda dapat mempersiapkan segala kebutuhan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button