Tempat Wisata

Pantai Pailus Jepara – atraksi, aktivitas, tempat dan harga tiket

harga tiket: Rp3.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Karanggondang, Kec. Mlonggo, Kab.Jepara, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Pantai Pailus yang terletak di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah ini masih belum banyak dikunjungi karena belum banyak terekspos. Hal ini tentu wajar mengingat pantai ini baru diresmikan sebagai objek wisata alam oleh pemerintah setempat sekitar tahun 2020. Pantai ini tergolong baru, namun pemandangan yang ditawarkan cukup memanjakan mata para pengunjungnya.

Ombak di Pantai Pailus relatif kecil, sehingga anak-anak bisa bermain air sepuasnya. Pantai yang berbentuk selat membuat lebih aman bagi Anda yang suka bermain air tapi tidak bisa berenang.

Bukan hanya ombak kecil. Namun rimbunnya pohon kembang sepatu yang terdapat di sepanjang pantai memungkinkan pengunjung untuk berteduh dari teriknya matahari sambil menikmati hamparan pantai yang diselimuti pasir putih. Wisata pantai ini dinilai bersih, sehingga pengunjung diharapkan tetap bersih. Sehingga keindahan pantai ini tetap terjaga dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Atraksi Pantai Paulus

Atraksi Pantai PaulusKredit foto: Google Maps Muhammad Besar Rifai

Sebuah pantai pasti memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik pengunjung. Berikut mari kita bahas beberapa hal yang menjadi daya tarik Pantai Pailus di Kabupaten Jepara.

1. Gelombang yang relatif kecil

Ombak di pantai ini terlihat kecil dan sangat cocok untuk anak-anak atau orang dewasa yang ingin bermain air tetapi tidak bisa berenang. Pantai ini aman karena letaknya yang dibentuk oleh selat, sehingga ombak di pantai ini relatif kecil.

Jadi pengunjung yang membawa anak kecil tidak perlu takut karena anak-anaknya bisa bermain air sepuasnya. Namun harus tetap terkendali agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, bisa menyewa simpai di pantai untuk digunakan sebagai pelampung saat berenang.

2. Pantai Pesisir

Pepohonan waru yang tumbuh di sepanjang bibir pantai menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk berteduh sambil menikmati segarnya angin laut. Ditambah lagi dengan pasir putih yang membentang sejauh mata memandang membuat keindahan Pantai Pailus semakin terlihat. Bagi Anda yang ingin bersantai dari hiruk pikuk dunia perkotaan, kunjungi pantai yang satu ini.

Lokasinya yang terpencil dan suasana pantai yang tenang membuat para pengunjungnya merasa seperti berada di pantai pribadi. Ada kalanya pantai terasa cukup ramai. Namun karena ukurannya yang cukup panjang, kehadiran pengunjung lain tidak terlalu mengganggu kami.

3. Matahari terbenam

Atraksi Pantai PaulusKredit foto: Perusahaan OFJ Google Maps

Tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati sunset atau terbenamnya matahari saat sudah berada di Pantai Pailus. Dari pantai ini Anda bisa menikmati matahari terbenam dan langit berubah menjadi kuning kemerahan. Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan pembangkit listrik di sekitar pantai.

4. Tangkapan ikan

Bukan hanya keindahan alamnya saja yang membuat wisata pantai jadi tak terlupakan. Namun hasil tangkapan para nelayan setempat juga menciptakan nilai tambah saat berkunjung ke tempat yang satu ini.

Pengunjung bisa membeli lalu memilih ikan segar untuk dibakar dan dimakan langsung di pinggir pantai. Saat pulang kita bisa membeli dan membawa pulang ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat.

Pailus – alamat pantai, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Pantai PaulusSumber Gambar: Google Maps Tony AM

Pantai ini terletak di Kabupaten Jepara. Lebih tepatnya di Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 12 kilometer dari kota Jepara, dengan perjalanan sekitar 25 menit dengan kendaraan bermotor.

Rute atau jalur yang bisa ditempuh dari pusat Kota Jepara menuju lampu merah di pertigaan Mlonggo, kemudian ambil jalur menuju Pantai Blebak. Namun jangan ke Pantai Blebak karena Pantai Pailus tidak jauh dari Gerbang Pantai Blebak.

Jalannya sendiri sudah beraspal sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan yang buruk. Namun, Anda harus berhati-hati, karena lebar jalan menuju pantai ini cukup kecil. Dimana hanya satu mobil yang bisa lewat.

Ada berbagai jenis harga tiket dan beberapa fasilitas yang bisa digunakan di pantai. Namun, harganya masih relatif murah. Berikut harga tiket dan fasilitas tambahan di pantai. Tiket masuk gratis pada hari kerja (Senin sampai Sabtu). Rp 3.000 untuk sepeda motor pada hari Minggu dan hari libur. Pada hari Minggu dan hari libur dengan mobil Rp 5.000.

Liburan Lebaran Rp 10.000 per kendaraan. Biaya toilet Rp 2.000, sewa ban kecil Rp 5.000 dan sewa ban besar Rp 10.000. Harap dicatat bahwa tiket masuk sudah termasuk tiket masuk dan biaya parkir. Oleh karena itu, jumlah kendaraan bukan per orang.

Aktivitas seru di Pantai Pailus

Aktivitas menyenangkan di Pantai PaulusKredit foto: Perusahaan OFJ Google Maps

Bukan hanya indah dipandang. Namun, pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas saat tiba di pantai ini.

1. Berenang

Saat tiba di sebuah pantai, tentu akan terasa kurang jika tidak membasahi diri dengan air laut. Aktivitas pertama yang dilakukan di pantai ini adalah berenang.

Tak hanya untuk orang dewasa, anak-anak pun bisa bermain air tanpa takut ombak besar. Bagi yang ingin merasakan berada di atas permukaan laut sambil berjemur, bisa menggunakan hoops atau pelampung yang bisa disewa di sekitar pantai. Ada yang besar dan kecil, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

2. Bermain bersama keluarga

Pantai ini merupakan pantai yang sangat cocok untuk acara santai keluarga. Oleh karena itu, Anda yang memiliki anak kecil bisa puas bermain di sini. Mulai dari bermain bersama di air, berburu di sepanjang pantai atau bahkan berayun bersama anak atau kerabat.

Tidak hanya untuk pasangan yang sudah menikah, pasangan muda juga bisa bermain ayunan dan tertawa bersama.

3. Berkemah

Menjauh dari hiruk pikuk kota dan menikmati keindahan alam adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan stres. Bagi pecinta alam, Anda bisa mencoba berkemah di tepi pantai.

Pepohonan waru yang tumbuh di pinggir pantai bisa dijadikan tempat untuk mendirikan tenda dan bermalam di sini. Jangan lupa untuk meminta izin kepada warga sekitar untuk keamanan lebih.

4. Ambil gambar

Mengabadikan beberapa momen adalah hal wajib yang harus dilakukan saat liburan. Selain kenangan indah bermain air. Anda juga bisa berfoto di ayunan kayu di sekitar pantai. Jangan lupa tambahkan senyuman agar terlihat lebih menawan.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi murah di sekitar pantai LokasiKredit foto: Google Maps ning rum

Ada beberapa penginapan yang bisa digunakan untuk bermalam bagi Anda yang ingin ke Pantai Pailus. Berikut beberapa penginapan tersebut.

1. Resor Pantai Desa Sekuro

Yang pertama adalah Sekuro Village Beach Resort yang berjarak sekitar 3 km yang dapat ditempuh dalam waktu 9 menit dengan kendaraan bermotor. Di resor ini Anda dapat menikmati indahnya matahari terbenam di tepi pantai. Untuk fasilitas tambahan ada WiFi dan TV yang bisa digunakan.

2. Mlonggo Asri

Selanjutnya ada penginapan yang jaraknya 2,5 kilometer. Dengan perkiraan waktu tempuh 7 menit. Penginapan ini dekat dengan masjid, jadi bagi anda yang ingin beribadah berjamaah bisa kesana.

3. Hotel Santo Mencuk

Jaraknya sekitar 4,5 kilometer dari pantai. Dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu 10 menit. Hotel ini juga bisa dijadikan pilihan jika Anda membutuhkan akomodasi yang dekat dengan pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pailus Jepara

Fasilitas Fasilitas Pantai Pailus JeparaKredit foto: Google Maps khoir roni

Ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung yang berlibur di pantai ini. Berikut beberapa fasilitas tersebut.

1.Restoran

Saat berlibur, pengunjung bisa membeli sembako di beberapa warung yang terletak tidak jauh dari pantai. Tidak hanya makanan di sini, tetapi juga makanan ringan dan kopi untuk pecinta kopi. Selalu jaga kebersihan setelah makan. Sehingga pantai terlihat bersih dan bisa dinikmati bersama.

2. Kamar mandi atau toilet

Jika Anda puas bermain air laut. Pengunjung bisa membersihkan diri dengan air bersih di kamar mandi. Bagi yang ingin buang air besar juga tersedia jamban yang bisa digunakan hanya dengan Rp 2.000 saja.

3. Sewa Ban

Bagi Anda yang tidak bisa berenang tetapi ingin bermain air laut, jangan takut. Karena ada tempat dimana Anda bisa menyewa ban yang berukuran besar atau kecil. Jadi Anda bisa bermain air dengan riang tanpa khawatir tidak bisa berenang.

4. Tempat parkir

Tentunya hal terpenting saat mengunjungi tempat wisata adalah parkir. Sehingga pengunjung dapat menikmati liburannya dan tidak perlu khawatir dengan kondisi kendaraannya. Ada juga tempat parkir mobil yang bisa digunakan untuk memarkir kendaraan bermotor dan dijaga dengan aman sampai pengunjung kembali.

Itulah beberapa pembahasan tentang pantai Pailus yang terletak di kabupaten Jepara. Jika anda ingin liburan bersama keluarga atau pasangan dengan suasana pantai yang private, maka anda harus mencoba pantai berpasir putih ini. semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button