Tempat Wisata

Pantai Pangasan, Nikmati keindahan lautan dengan bebatuan eksotis di Pacitan

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Krajan, Ketro, Kec. Kebonagung, Cab.Pacitan, Jawa Timur; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Indonesia memiliki keindahan alam yang memukau dan menarik wisatawan seperti halnya Pantai Pangasan yang menawarkan sejuta pesona. Berada di kawasan Pacitan, pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan.

Pantai ini sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan banyak pemandangan indah dan memukau pengunjung dengan keindahan alamnya. Selain itu, terdapat tebing bebatuan yang sangat tinggi di sisi timur dan juga di sisi barat.

Ada tebing bernama Gunung Lanang dan Ganjuran. Hal menakjubkan lainnya tentang pantai ini adalah tidak ada pasir di sekitar pantai dan Anda hanya melihat bebatuan berbeda dengan ukuran berbeda.

Daya Tarik Pantai Pangasan

Objek Wisata Pantai PangasanSumber gambar: Google Maps Denice Frank

Keindahan Pantai Pangasan cukup memanjakan mata. Arti dari nama pantai tersebut karena lokasi pantai ini memiliki banyak bebatuan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke kawasan pantai ini.

1. Keindahan di jalur trekking

Jika melihat jalur trekking menuju pantai ini, Anda bisa melihat keindahan pantai dengan laut biru dan tebing yang agak tinggi di kedua sisinya. Lokasi pantai ini terdiri dari dua kawasan yaitu bagian barat dan timur yang memiliki ciri khas bebatuan.

2. Batu yang indah

Pantai ini tidak memiliki pasir dan hanya bebatuan dengan berbagai ukuran, dari kecil hingga besar. Ombak dari pantai ini terbilang tenang, sesekali menyentuh bebatuan dimana birunya laut sangat indah sebagai ciptaan dewa yang luar biasa ini.

Keadaan Pantai Pangasan yang cukup menakjubkan ini memiliki dua buah batu besar yang menjulur ke atas, dengan kedua batu tersebut menjadi landmark wisata Pangasan. Sedangkan untuk kondisi pantainya tidak terlalu ramai, ini adalah tempat yang layak untuk anda jika ingin menenangkan diri.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Tiket Masuk Pantai TangasanKredit foto: Google Maps yusup jatnika

Anda yang ingin ke Pantai Pangasan memulai perjalanan dari pusat kota di Pacitan, Jawa Timur yang membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 40 menit untuk sampai ke desa Kalipelus dan melalui jalur Lintas Selatan. Sebelum Bagian Overflight Gayam, Anda perlu belok kiri untuk mencapai pertigaan jalan yang menanjak dan kemudian belok kanan untuk mencapai Pasar Gayam.

Setelah melewati ini, lurus saja, ikuti jalan layang dan masuki gerbang desa Klesem. Setelah itu anda akan melewati desa Kalipelus dan menemukan pertigaan jalan, lalu belok kiri dan terus ikuti jalan yang sudah bercampur panas. Ketika Anda berada di pertigaan jalan, Anda harus memilih kiri.

Kondisi jalan yang tidak terlalu lebar dipenuhi turunan dan tikungan. Jalanannya masih asri dengan pepohonan yang cukup rimbun dan sesekali rumah penduduk bisa ditemui di sepanjang jalan. Anda juga akan menemukan jalan yang sedikit landai dan tajam hingga sampai di area tempat memarkirkan sepeda motor Anda.

Untuk harga tiket masuk ke pantai ini anda hanya perlu membayar Rp. 5000 saja per orang dan untuk biaya parkir mulai Rp 2000-10.000 saja.

Aktivitas Menarik ke Pantai Pangasan

Aktivitas Menarik Pantai PangasanSumber gambar: Google Maps Arif Sasono

1. Santai

Keindahan Pantai Pangasan bisa Anda lihat sendiri saat tiba di tempat parkir yang ada. Di sisi barat pantai terdapat tebing yang menjulang tinggi, memungkinkan Anda untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam dari pantai.

2. Berkemah

Ada beberapa kabin yang bisa Anda gunakan sebagai tempat duduk santai jika berencana menginap di tempat ini. Meski begitu, bagi Anda yang tertarik berkemah di kawasan ini bisa sangat mengandalkannya.

Fasilitas di sekitar pantai

Fasilitas Pantai PangasanKredit foto: Google Maps Ocky adetya

Nah, pembahasan selanjutnya jika Anda tertarik mengunjungi Pantai Pangasan adalah mengenai fasilitas pantai. Meski bisa dikatakan wisata tersebut sudah lama tidak dibuka, namun sudah memiliki beberapa fasilitas yang lumayan. Di bawahnya terdapat tempat parkir yang mampu menampung puluhan mobil bahkan puluhan sepeda motor.

Fasilitas lainnya adalah adanya mushola di samping jalan penghubung antara pintu masuk dan kawasan pantai. Anda tidak perlu khawatir kelaparan saat mengunjungi pantai yang indah ini karena sudah ada beberapa warung tradisional di sepanjang jalan.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Pangasan

Kredit foto: Google Maps Gusagan

Nah, setelah mengetahui beberapa hal tentang Pantai Pangasan di Pacitan, selanjutnya ke pembahasan lebih lanjut mengenai waktu yang cocok untuk kunjungan Anda. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi cuaca saat itu, agar kunjungan Anda nyaman.

Yang harus Anda ketahui sebelum berkunjung adalah jangan memakai sepatu yang licin karena sebagian besar pantai terdiri dari bebatuan. Selanjutnya yang tak kalah penting adalah membawa kamera agar bisa mengabadikan momen terbaik di kawasan Pantai Pangasan.

Bagi yang ingin menginap dan berkemah di pantai ini dalam waktu yang lama sebaiknya membawa tenda, matras dan sebagainya dari rumah. Pantai merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi sebagai penghilang stres ketika Anda memiliki masalah.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berkunjung dan menginap di Pantai Pangasan adalah berkemah di pinggir pantai. Tersedia area khusus untuk mendirikan tenda yang letaknya sangat dekat dengan sawah.

Memasang tenda di kawasan ini, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan Pantai Pangasan, di mana Anda bisa sampai ke pantai hanya dalam beberapa menit.

Salah satu alasan penting lainnya mengapa orang menikmati kegiatan berkemah di alam liar adalah saat suasana malam hari terlihat sangat menyenangkan dan nyaman. Mendarat di tanah dan juga ditemani bintang-bintang di langit pada malam hari memang sangat mengasyikkan.

Demikian ulasan singkat mengenai Pantai Pangasan dan semoga artikel ini dapat memberikan sumber informasi tentang wisata pantai. Bagi yang tertarik dengan pantai ini bisa langsung mengunjungi jalur yang telah dijelaskan di atas.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button