Tempat Wisata

Pantai Panrang Luhu, pantai yang indah untuk menikmati matahari terbit di Bulukumba

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kabupaten Bonto Bahari, Kabin Bulukumba, Sulawesi Selatan; map: pemeriksaan situs

Kabupaten Bulukumba merupakan kawasan wisata yang berhasil menarik banyak minat wisatawan. Sebuah kawasan di Provinsi Sulawesi Selatan dengan ikon utama kapal Phinisi yang legendaris. Perahu dengan berbagai ukuran akan menyambut Anda begitu Anda memasuki lingkungan yang indah ini.

Tak hanya itu, ada juga pantai yang didominasi pantai berpasir putih luas yang memungkinkan wisatawan melakukan banyak hal. Mulai dari bersepeda di pantai, jogging, bermain bersama teman dekat, mendirikan tenda, ada banyak alternatif untuk menghibur Anda selama seharian di sini.

Misalnya Pantai Panrang Luhu yang dilambangkan sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi masyarakat Luwu. Namun, bukan berarti objek bahari ini digunakan sebagai pemakaman umum, hanya makna simbolis yang diturunkan dari kata ke kata. Dengan mampir ke sini secara tidak langsung Anda akan berkontribusi dalam berbagai pengalaman bijak dalam budaya lokal.

Daya Tarik Pantai Panrang Luhu

Objek wisata Pantai Panrang LuhuKredit foto: Google Maps Galih Wardhana

1. Laut dengan ombak yang minim

Jangan khawatir menjelajahi area laut di pantai cantik ini karena ombaknya sangat bersahabat. Anda bahkan bisa pergi sedikit ke tengah jika Anda bisa berenang di tempat yang dalam.

Terdapat perbedaan warna air antara tempat yang biasa digunakan wisatawan untuk berenang dengan yang tidak. Di tempat pemandian, airnya agak kehijauan dan terlihat jernih meski dengan mata telanjang. Perairan di kawasan biru tua ini biasanya dijelajahi dengan perahu atau banana boat.

Bayangkan mengajak sahabat Anda menjelajahi kawasan laut di Pantai Panrang Luhu bersama. Dijamin, kegiatan seperti ini bisa mempererat kedekatan dan menjadi sarana untuk bersenang-senang bersama.

Ada dua jenis kendaraan yang bisa ditempuh wisatawan, antara banana boat dan kano. Apa pun itu, pastikan Anda menikmatinya dan alangkah baiknya jika Anda bisa berenang untuk berjaga-jaga.

Untuk pengalaman yang lebih mengasyikkan bagi penduduk kota, ada baiknya jika Anda memilih untuk menyewa kano. Namun, berbeda dengan perahu mungil ini, banana boat biasanya mudah ditemukan di tempat wisata renang.

2. Matahari terbit di Pantai Panrang Luhu sungguh menakjubkan

Pantai biasanya diidentikkan dengan keindahan matahari terbenam dan orang lebih menantikan fenomena ini daripada matahari terbit. Namun, saat Anda datang ke Pantai Panrang Luhu, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda.

Memang sunset yang ditawarkannya sungguh indah, namun sunrise tak kalah mempesona. Hal ini disempurnakan dengan pohon-pohon kelapa yang berjejer di bibir pantai sedemikian rupa sehingga sedikit menghalangi sinar matahari.

Alhasil, kilau keemasan di pagi hari yang diselimuti udara dingin akan menyenangkan wisatawan. Belum lagi pasir putihnya yang seolah berkilauan, menciptakan kombinasi alam yang mempesona. Anda bisa percaya bahwa matahari terbit di tempat estetis ini akan menjadi salah satu ikon alam yang pernah Anda alami dalam hidup Anda.

Namun untuk menikmatinya, Anda bisa datang lebih awal saat suasana benar-benar sepi. Atau mungkin berpiknik di malam hari agar Anda bisa menyaksikan matahari terbit saat hari berganti pagi.

Tidak perlu keluar rumah atau penginapan terlalu pagi jika sudah siap piknik di Pantai Panrang Luhu. Keluar saja dari tenda, hirup udara segar dan tunggu sampai matahari yang kuat muncul di balik sebagian besar awan kelabu.

3. Wilayah pesisir yang luas

Bagi Anda yang menginginkan liburan pantai dengan bibir pantai yang luas, Pantai Panrang Luhu adalah pilihan yang cocok. Meski suasananya ramai, kisaran ini cukup untuk tetap menenangkan hati Anda.

Jika Anda menghadap ke laut sejauh mata memandang, tidak ada yang menghalangi pandangan Anda. Hanya perahu-perahu nelayan yang berlabuh rapi penuh warna dan itu saja yang membuatnya semakin meriah. Anda bisa membanggakan cerita datang ke pantai ini saat pulang kampung dan kemudian bertemu keluarga.

Area pantai yang luas juga memungkinkan untuk dipilih sebagai akomodasi liburan dengan rombongan besar. Anda bisa berkunjung dengan mengandalkan kendaraan roda empat lalu menghabiskan waktu hingga tidak ada lagi yang bisa dijelajahi.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Panrang LuhuKredit foto: Google Maps Galih Wardhana

Pergi ke Desa Bira untuk melihat indahnya panorama Pantai Panrang Luhu. Meski harus menempuh jarak lebih dari 30 km dari pusat Kabupaten Bulukumba, namun hasilnya dijamin memuaskan.

Destinasi cantik ini merupakan salah satu spa kebanggaan provinsi Sulawesi Selatan, jadi pastikan untuk mencobanya. Tak perlu khawatir dengan kontur jalan yang terbentang indah di kawasan Bonto Bahari karena kondisinya cukup jinak.

Biaya sebesar Rp 5.000 sudah cukup untuk mendapatkan satu tiket masuk ke pantai yang mempesona ini. Namun jika datang dengan membawa kendaraan, Anda harus membayar uang tambahan yaitu Rp 5.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat.

Fasilitas lain seperti persewaan tenda bisa dibeli dengan harga Rp 30.000 per buah. Anda dapat berdiskusi dengan sekelompok teman apakah menginap di sini untuk tujuan berkemah.

Aktivitas seru di Pantai Panrang Luhu

Aktivitas Seru Pantai Panrang LuhuKredit foto: Google Maps Imam Budiman

1. Berkemah

Akan menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk berkemah di Pantai Panrang Luhu setidaknya selama satu hari. Luasnya kawasan pesisir membuat Anda bisa mendirikan tenda tanpa kendala.

Selain itu, tekstur pasirnya relatif halus sehingga meski duduk tanpa alas pun tetap nyaman. Anda tentunya tetap membutuhkan alas untuk kegiatan camping, mengingat udara malam hari bisa sangat dingin.

Kemudian pastikan Anda mengikuti survei dengan serius sebelum menghabiskan waktu di sini. Periksa dengan hati-hati seberapa jauh permukaan laut akan naik saat air pasang, biasanya sepuluh kaki dari pantai saat air surut.

Tentu Anda tidak ingin tersapu ombak saat tidur atau bercengkrama di dalam tenda. Jadi tanyakan pada penduduk setempat di mana batas maksimum air pasang. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mendirikan tenda jauh dari daerah pasang surut agar anda tetap nyaman sampai pulang.

2. Joging

Menyamai tawaran sunrise yang luar biasa, Anda juga bisa mengandalkan aktivitas olahraga seperti jogging di Pantai Panrang Luhu. Pilihan ini bisa dibarengi dengan berkemah sehari sebelumnya.

Di pagi hari Anda bisa meninggalkan tenda, memakai sepatu kets, dan berjalan di atas pasir sambil berjemur di bawah sinar matahari. Jika ingin merasakan suasana alam secara maksimal, sebaiknya jauhkan smartphone untuk sementara waktu agar tidak terganggu.

Namun, jika ingin mengabadikan keindahannya, mintalah bantuan teman atau berfotolah sebelum mulai jogging. Gunakan semua potensi yang bisa muncul di sini. Pasalnya, udara pagi yang beraroma asin di pantai membuat Anda merasa segar dan bersemangat.

3. Mampir untuk melihat Pinisi

Sayang sekali jika Anda datang ke Kabupaten Bulukumba namun melewatkan kesempatan untuk melihat Pinisi. Pasalnya, kawasan ini merupakan lokasi kapal legendaris sekaligus lokasi pembuat kapal kayu.

Mungkin butuh sedikit usaha untuk menemukan lokasi pembuat perahu kayu itu berada. Namun, tidak akan terasa rugi jika Anda memilih untuk menghabiskan waktu karena berpotensi untuk menambah wawasan.

Sekembalinya dari Pantai Panrang Luhu, Anda bisa mampir ke lokasi produser untuk melihat-lihat atau wawancara singkat. Ini juga bisa dianggap sebagai kegiatan tambahan untuk mengeksplorasi keindahan Kabupaten Bulukumba.

Fasilitas di sekitar pantai

Fasilitas di sekitar pantaiKredit foto: Google Maps Nafriwati Dahlan

Ada panggangan yang disewakan pengelola yang bisa Anda manfaatkan semaksimal mungkin. Untuk menambah sentuhan kemewahan liburan ke Pantai Panrang Luhu, alangkah baiknya jika Anda mengambil kesempatan ini. Ajak teman dan keluarga untuk mencicipi seafood bakar sambil merasakan panorama yang indah.

Adapun fasilitas kebutuhan dasar tidak diragukan lagi karena disediakan e. B.Toilet. Jika ingin menginap, ada dua pilihan tempat menginap, yaitu di tenda atau shelter. Keduanya gratis untuk disewa dengan harga yang tidak kalah ramah komunitas.

Butuh istirahat? Berhentilah di paviliun yang tersebar di sekitar pinggir laut dan biarkan tubuh Anda rileks. Bawalah buku atau hiburan lain yang bisa mengimbangi rasa tidak nyaman hanya duduk di atas papan kayu tanpa tujuan yang sebenarnya.

Pantai Panrang Luhu merupakan tempat sewa liburan tepi pantai dengan kondisi yang menggiurkan. Harga di sini relatif murah, meski layanannya cukup mengesankan. Tidakkah Anda ingin mencoba apa yang ditawarkannya?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button