Tempat Wisata

Pantai Parai Tenggiri, pantai indah dengan bebatuan granit yang eksotik di Bangka

harga tiket: Rp 25.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Cab.Bangka, Kepulauan Bangka-Belitung; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan sektor pariwisata dengan keindahan yang menakjubkan. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan Pantai Parai Tenggiri yang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Eksotisme pantai ini tidak diragukan lagi, perpaduan antara pasir putih, bebatuan alami dan air biru kehijauan menjadi pemandangan indah yang dihadirkan.

Pemandangan lain juga didapat dari pantai tersembunyi ini yaitu pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai. Dengan pesona alam yang ditawarkannya, tak heran jika penghuni pantai cantik ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Wisatawan yang datang berkunjung juga patut berbangga dengan kekayaan alam nusantara ini. Apalagi saat ini banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di lokasi.

Sebelum objek wisata cantik ini dikenal dengan nama Pantai Parai Tenggiri, dikenal dengan nama Pantai Hakok. Perubahan nama tersebut dilakukan oleh Presiden Soekarno pada masa pengasingannya. Ia bersama kerabat dan teman-temannya sering menikmati olahan ikan tenggiri di pinggir pantai. Tak lepas pula tujuan utama dari perubahan nama tersebut, agar lebih berbau nusantara, karena Hakok sendiri tentunya sudah asing di telinga orang Indonesia.

Selain alasan tersebut, ada alasan lain mengapa nama tersebut digunakan juga. Menurut penduduk setempat, kata “Parai” berarti “surga”. Sedangkan kata “Tenggiri” digunakan karena pantai ini dulunya digunakan sebagai tambatan bagi para nelayan yang membawa pulang hasil tangkapan ikan kembung. Sayangnya, saat ini tidak ditemukan nelayan yang membawa pulang ikan karena hanya fokus pada wisata alam.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Parai Tenggiri

Daya tarik Pantai Parai TenggiriKredit foto: Google Maps Toto Hugo

Perawatan dilakukan untuk memastikan bahwa setiap objek wisata memiliki daya tarik tersendiri. Ini pula yang menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang datang dari jauh rela berkunjung. Dalam hal ini daya tarik Pantai Parai Tenggiri cukup menjadi alasan kuat untuk mengunjunginya.

1. Panorama Alam dari Pantai Parai Tenggiri

Apa yang Anda nikmati ketika Anda mengunjungi kota pantai yang indah ini mungkin tidak Anda temukan di tempat wisata lainnya. Keindahan air lautnya yang jernih dengan warna biru kehijauan langsung menarik perhatian. Bebatuan besar dan kecil menghiasi setiap pantai dengan tata alam yang alami. Uniknya, bebatuan tersebut merupakan jenis batu granit yang jarang ditemukan di pesisir pantai.

Pemandangan alam semakin lengkap dengan keberadaan Rock Island yang dihubungkan oleh jembatan unik sepanjang 200 meter. Jembatan ini dilengkapi dengan lampu taman di sisi kanan dan kirinya agar terlihat lebih indah. Untuk menikmati panorama alam buatan ini, ada baiknya jika Anda datang pada malam hari.

2. Penataan batu granit yang menawan

Selain pemandangan alamnya yang indah, daya tarik lain dari pantai Parai Tenggiri adalah adanya bebatuan granit yang tersebar di sepanjang pantai. Beberapa batu besar bahkan menjorok ke laut, namun tidak semuanya berada di bawah air. Di bebatuan inilah banyak wisatawan berburu spot foto untuk mengabadikan momen liburan.

Bahkan ada tugu yang cukup tinggi sehingga membutuhkan lebih banyak usaha untuk mendaki. Namun, wisatawan tak pernah patah semangat untuk sekedar berswafoto di atas batu karang. Ada juga batu-batu kecil yang menghiasi pantai secara terpisah. Permukaannya yang halus sering digunakan sebagai pendukung bagi mereka yang ingin mengambil foto santai.

3. Terdapat berbagai seluncuran air yang menarik

Untuk menarik wisatawan, pihak swasta pengelola Pantai Parai Tenggiri menawarkan berbagai keistimewaan air yang sudah pasti populer. Sebut saja Jet Ski dan Banana Boat yang menambah pesona tersendiri. Selain itu, ada juga parasailing yang sangat seru baik secara berkelompok maupun perorangan. Namun, wahana ini hanya bisa dinikmati saat cuaca mendukung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai ParaiSumber gambar: Facebook Elis’ Lsc

Pantai mempesona ini masih berada di Kecamatan Sungailiat, tepatnya di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Akses menuju lokasi tidak terlalu sulit, namun angkutan umum masih terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan jasa travel yang bisa ditemukan di dekat lokasi.

Khusus bagi Anda yang datang dari luar Kepulauan Bangka Belitung, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum, arahkan tujuan Anda ke Bandara Depati Amir Bangka. Dari sana Anda bisa menyewa kendaraan dengan supir. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi, silahkan langsung menuju kawasan Sungliat dan berakhir di pantai Parai Tenggiri. Jika Anda ragu, silakan gunakan peta Google yang pasti ada di setiap perangkat smartphone.

Biaya masuk ke objek wisata

Biaya masuk ke Pantai ParaiSumber gambar: Facebook Gustalitha Armaningrum

Bisa dikatakan tiket masuk ke kota pantai yang indah ini cukup mahal yaitu 25.000 rupiah per orang. Hanya saja di titik harga ini, pengalaman mendebarkan yang Anda dapatkan sudah pasti lebih mahal. Jadi bisa diartikan sedemikian rupa bahwa tidak masalah biaya apa yang dikenakan, asalkan pengalaman yang didapat bermanfaat.

Pengunjung juga dikenakan biaya parkir, dengan biaya tiket Rp 5.000 untuk yang membawa kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk mobil.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Parai Tenggiri

Kegiatan di Pantai Parai TenggiriKredit foto: Google Maps Morme Taruna Halim

Tidak masalah jika harga diatas cukup mahal asalkan anda bisa melakukan aktivitas seru di lokasi Pantai Parai Tenggiri. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, baik santai maupun menantang. Berikut adalah beberapa aktivitas paling menarik yang dimaksud!

1. Bermain air dan berenang

Karena objek wisata kali ini berupa pantai yang tidak lepas dari airnya, Anda bisa bermain air di lokasi. Cukup menarik jika anda bermain air di pantai ini, apalagi jika anda datang bersama keluarga. Batu-batu kecil yang permukaannya halus dapat digunakan sebagai tendangan sementara tangan mengambil air untuk disiramkan ke anak-anak.

Jika Anda merasa bisa berenang dengan baik, silakan lakukan kegiatan ini. Ombak yang datang tidak begitu besar karena pantai Parai Tenggiri tertutup oleh beberapa pulau lain di sekitarnya. Airnya bersih dan jernih sehingga terasa sangat menyegarkan saat pertama kali masuk.

2. Wahana jet ski yang menantang

Tentunya bagi sebagian wisatawan seluncuran air di laut berbeda dengan yang ada di kolam renang. Dibutuhkan tekad dan keberanian yang cukup untuk melakukan olahraga air seperti jet ski. Meski hampir tidak membutuhkan keterampilan, Anda tetap perlu menguasai kapal motor cepat ini.

Seperti yang sudah dibahas pada atraksi di atas, ada wahana menantang lainnya yang bisa Anda nikmati juga. Banana boat dan parasailing adalah beberapa di antaranya yang juga membutuhkan keberanian. Untuk banana boat sendiri merupakan salah satu permainan kelompok yang sangat membutuhkan keseimbangan agar tidak terjatuh. Tentu saja, sejauh menyangkut parasailing, menguji keberanian Anda dengan parasut yang ditarik oleh speedboat cepat sangat tepat.

3. Berburu spot foto yang cantik

Kegiatan yang dilakukan Pantai Parai TenggiriSumber gambar: Google Maps AP Rachiem

Kegiatan foto menjadi hal yang paling penting bahkan wajib dilakukan untuk melengkapi momen liburan. Tentunya Anda tidak ingin pulang tanpa mengabadikan momen menakjubkan di Pantai Parai Tenggiri, bukan? Selain itu, ada banyak spot foto atau video cantik yang bisa kamu gunakan sebagai background. Sebut saja bongkahan batu granit besar yang menjulang tinggi, Anda bisa berada di spot ini sambil membelakangi pantai agar terkesan semakin eksotis.

Selain itu, tentunya masih banyak spot lainnya yang wajib Anda coba. Sebenarnya spot-spot tersebut liar semua karena pihak pengelola tidak membangun spot khusus untuk kegiatan ini, namun karena keindahan pantainya yang begitu mempesona, hampir setiap spot sangat cocok sebagai background foto.

4. Perhatikan matahari terbit dan terbenam

Tidak semua pantai bisa dijadikan tempat untuk merasakan keindahan matahari terbit dan terbenam. Beruntung, panorama alam yang indah ini bisa Anda saksikan saat berada di Pantai Parai Tenggiri. Sinar matahari yang muncul perlahan dapat terlihat jelas, meski terkadang tertutup awan tebal.

Sementara menjelang malam, cahaya jingga yang khas menghiasi langit biru, menciptakan gradasi warna yang menakjubkan. Agar kecantikannya semakin sempurna, cobalah untuk melihatnya di tempat yang tepat. Hal ini dikarenakan lokasi pantai yang indah ini terkadang terhalang oleh pepohonan yang rindang dan juga pulau-pulau lain yang berada di sebelahnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas pantai Parai TenggiriKredit foto: Google Maps Daniel Haposan Marbun

Pengelola Wisata Pantai Parai Tenggiri menyediakan fasilitas penunjang untuk kenyamanan wisatawan. Hal ini dibuktikan dengan adanya mushola, toilet yang bersih dan nyaman, serta tempat parkir mobil dengan biaya tersebut di atas. Ada juga warung untuk pengunjung yang ingin menikmati makanan di pantai.

Ada beberapa paviliun yang bisa Anda gunakan sebagai tempat istirahat untuk bersantai setelah beraktivitas. Pengunjung yang tidak ingin meninggalkan tempat segera memiliki penginapan dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Harganya tergolong sedang dan masih standar harga tempat wisata.

Tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata andalan warga Kepulauan Bangka Belitung ini? Agar lebih seru, pastikan Anda merencanakan dan mempersiapkannya dengan baik. Semoga informasi menarik tentang pantai Parai Tenggiri ini membuat anda semakin percaya diri untuk segera mengunjungi tempat tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button