Tak Berkategori

Pantai Paropo, destinasi wisata di Danau Toba yang termasuk dalam Seven Geotrails

Pantai Paropo di Dairi merupakan destinasi wisata di kawasan Danau Toba yang dikenal dengan nama Sealess Beach dan merupakan salah satu dari tujuh geotrail.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Paropo I, Kec. Silahsabungan, Kab.Dairi, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Pantai Paropo menawarkan keistimewaan unik untuk pengalaman wisata yang tak terlupakan. Keberadaan pantai dengan Tampilan yang berbeda dengan pantai pada umumnya akan membuat Anda takjub.

Pantai ini merupakan bagian dari pusat wisata Danau Toba. Nama telaga ini sendiri sudah lama populer di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri.

Kawasan pantai ini termasuk dalam tujuh geotrail yang ada di kawasan danau. Kondisi alam yang masih terjaga menawarkan pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Paropo

Daya Tarik Pantai ParopoFoto: Google Maps/Hidayat Chaniago

Danau Toba memiliki luas yang sangat luas yaitu sekitar 1.130 km2 menjadikannya sebagai danau terluas di kawasan Asia Tenggara.

Karena luasnya kawasan, banyak sudut yang luput dari perhatian orang, termasuk pantai ini. Namun kini semakin populer karena keindahan dan keunikannya

1. Pulau kecil dekat pantai

Keunikan pertama hadir dari keberadaan pulau mungil yang letaknya sangat dekat dengan tepian Pantai Paropo Dairi, hanya berjarak 5 meter. Dengan ketinggian pantai 1.000 meter di atas permukaan laut, terdapat suasana sejuk dan damai.

2. Bukit Hijau

Pantai indah ini dikelilingi perbukitan hijau. Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai dengan perairan dan pulau-pulau kecil di satu sisi dan perbukitan hijau yang tinggi di sisi berlawanan.

3. Pantai Tanpa Laut

Jika Anda mengira pantai ini tepat berada di tepi laut, maka Anda salah. Pantai ini sebenarnya berbatasan dengan Pantai Paropo dengan laut lepas, namun berbatasan dengan Danau Toba.

Lokasinya berada di seberang Danau Toba. Kehadiran pulau kecil di depannya dan bentuk geografisnya memberikan kesan seperti pantai.

Namun berbeda dengan pantai pada umumnya yang dipenuhi pasir, kawasan di sekitarnya merupakan ruang hijau yang asri.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai ParopoFoto: Google Maps/Hidayat Chaniago

Kawasan wisata Pantai Paropo terletak di Provinsi Sumatera Utara, lebih tepatnya di Silasahisabungan, Kec. Paropo 1, Kab.Persusuan.

Dari pusat kota, lebih tepatnya dari bandara, jarak yang akan ditempuh sekitar 135 km. Waktu tempuh dengan angkutan darat kurang lebih 4,5 jam.

Perjalanannya bisa dilakukan dengan sepeda motor atau mobil. Mengingat rute yang cukup panjang dan medan pegunungan yang berkelok-kelok, Anda perlu mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum perjalanan.

Anda tidak perlu khawatir tersesat karena Anda bisa menggunakan peta digital dan memperhatikan rambu-rambu yang dipasang di beberapa tempat.

Biaya masuk wisata bahari

Sebelum memasuki tempat wisata ini anda harus membayar biaya masuk. Besaran biaya ini berbeda-beda pada hari kerja dan hari libur.

Kalau weekdays cukup bayar 10.000, tapi di hari libur dan weekend harus bayar biaya 15.000.

Jika ingin berkemah, Anda perlu menyiapkan modal lebih. Biaya sewa tempat perkemahan berkisar antara 30.000 pada hari biasa hingga 50.000 pada hari libur.

Banyak pengunjung dari dalam dan luar negeri yang memilih untuk menginap dan berkemah di tempat ini.

Tak heran jika Anda bisa menikmati pemandangan unik berupa deretan kemah warna-warni di sepanjang pantai yang semakin ramai saat liburan.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas pantai ParopoFoto: Google Maps/Rino Rafi

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Jangan lupa persiapkan semua barang bawaan dan perlengkapan Anda sesuai dengan aktivitas yang ingin Anda lakukan.

Berkemah di pantai

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling digemari pengunjung. Tenda camping dapat disewa di Pantai Paropo Dairi dari warga sekitar atau penyedia persewaan camping.

Anda juga bisa membawa tenda sendiri agar lebih praktis. Selagi berkemah, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas lainnya seperti membuat api unggun dan menyiapkan ikan bakar.

Jangan lupa untuk mengabadikannya pada sore hari matahari terbenam Sungguh mempesona dan di malam yang cerah anda bisa menyaksikan keindahan langit malam dan kerlap-kerlip bintang yang semakin terlihat jelas karena tidak adanya polusi udara.

Memancing di pantai Paropo

Anda bisa memancing langsung dari air di area khusus yang disediakan pengelola sebagai tempat memancing, kemudian menyiapkan ikan bakar untuk disantap bersama teman atau keluarga.

Jangan lupa membawa peralatan memancing sendiri. Ingatlah bahwa tidak ada persewaan di Pantai Paropo. Jika bosan, Anda bisa bermain di air danau yang sejuk.

Menjelajahi keindahan alam sekitar Danau Toba

Kondisi alam berupa perbukitan hijau yang mengelilingi pantai mengundang Anda untuk menjelajah. Apalagi kawasan ini merupakan bagian dari Geotrail Karo Dairi di kawasan Danau Toba.

Anda bisa mengikuti jalur pendakian yang ada untuk menjelajahi kawasan sekitar. Jangan lupa persiapkan kondisi fisik dan bawa perlengkapan yang sesuai agar tidak cepat lelah selama perjalanan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas Pantai ParopoFoto: Google Maps/Rino Rafi

Sebagai tempat wisata yang semakin populer dan dikenal banyak orang, Anda tidak perlu khawatir dengan kelengkapan fasilitas yang tersedia. Mulai dari lahan parkir yang luas untuk segala jenis sepeda motor dan mobil hingga beberapa toilet yang tersebar di beberapa tempat.

Banyak pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman, jadi bisa dipastikan makanan tidak akan habis.

Situs persewaan tenda juga membuat segalanya lebih nyaman karena Anda tidak perlu membawanya sendiri.

Jika Anda senang memancing, bawalah perlengkapan Anda sendiri karena saat ini belum ada lokasi yang menawarkan persewaan perlengkapan tersebut.

Rencanakan petualangan Anda berikutnya dengan mengunjungi Pantai Paropo di Dairi. Tantangan yang dibawa oleh perjalanan ini akan terbayar ketika Anda melihat keindahan di depan mata Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button