Berita Wisata

Pantai Pasir Kuning Tempilang, Tempat Perang Ketupat yang Diduga Tercemar, Kini Menjadi Bintang Banyak Pihak

BANGKAPOS.COM – Pantai pasir kuning di Tempilang, Bangka Barat, mendapat sorotan dari berbagai pihak selama dua pekan terakhir.

Pantai pasir kuning Tempilang yang biasa menjadi tempat perang intan tradisional diduga tercemar.

Bagi yang belum tahu, tradisi perang ketupat di Tempilang merupakan kekayaan budaya Bangka Barat, atau Bangka Belitung pada umumnya.

Dikutip dari Budaya.kemendikbud.go.id, tradisi perang ketupat masih dilestarikan di Desa Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung. Tradisi ini bertujuan untuk mencari keamanan dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Asal muasal tradisi ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, di desa Tempilang banyak gadis yang diambil dan dimakan oleh siluman buaya.

Tradisi Perang Ketupat berlangsung pada minggu ketiga bulan Sya’ban.

Simbol dan makna tradisi perang ketupat adalah ketupat yang memiliki makna persatuan, kesatuan, kesadaran dan gotong royong; banten yang memiliki rasa kekeluargaan dalam kehidupan bermasyarakat guna terciptanya kehidupan bersama.

Nah, lore Diamond Wars biasanya terjadi di Pantai Pasir Kuning.

Dugaan pencemaran Pantai Pasir Kuning sebelumnya menjadi sorotan di media sosial.

Dikatakan bahwa air laut telah berubah menjadi hijau.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Barat langsung turun meninjau pantai pasir kuning Tempilang pada Selasa (13/12/2022) sore.

DPRD ingin mengetahui informasi selengkapnya, penyebab pantai pasir kuning Tempilang berubah menjadi hijau tua, diduga akibat pencemaran beberapa waktu lalu.

Rombongan DPRD yang berangkat adalah Presiden DPRD Babar Marudur Saragih didampingi Wakil Presiden I Oktorazsari, serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Yopie dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangka Barat, Ridwan.

Anggota DPRD Bangka Barat mengunjungi Pantai Pasir Kuning Tempilang, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat pada Selasa (13/12/2022) sore.(DPRD Babar)- Pantai Pasir Kuning Tempilang, tempat perang Ketupat, diduga tercemar, diduga kini menjadi sorotan banyak pihakAnggota DPRD Bangka Barat mengunjungi Pantai Pasir Kuning Tempilang, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat pada Selasa (13/12/2022) sore.(DPRD Babar)- Pantai Pasir Kuning Tempilang, Tempat Perang Ketupat, diduga tercemar, kini itu menjadi sorotan di banyak pihak (khusus)

Marudur mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, pihaknya menemukan air laut di Pantai Pasir Kuning sudah kembali normal.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button