Tempat Wisata

Pantai Pasir Putih Parparean, tempat liburan keluarga populer di Toba Samosir

Harga tiket: Rp3.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Parparean II, Kec. Porsea, Cab.Toba, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Pantai Pasir Putih Parparean dikenal sebagai destinasi wisata pantai di Sumatera Utara sebagai tempat yang menawarkan pesona keindahan alam. Pantai di Porsea ini terkenal dengan keindahan pantai berpasir putih dan panorama alamnya yang menarik. Saking mempesonanya, pantai indah ini pernah menjadi lokasi syuting industri film dan menarik perhatian banyak wisatawan.

Pantai seluas 2,5 hektar ini tampil memukau dengan hamparan pasir putih halusnya yang luas dan memancarkan pesona indah yang tiada duanya. Lokasinya dekat dengan Samosir dan pemandangan di sekitarnya diperkaya dengan siluet perbukitan yang dianut kemegahan Gunung Toba. Selain itu Pantai Parparean juga mempunyai berbagai hal menarik yang ditawarkan (lihat dibawah).

Daya Tarik Pantai Pasir Putih Parparean

Daya Tarik Pantai Pasir Putih ParpareanFoto oleh Seruan Kasih Sinaga di Google Maps

✦ Rasakan keindahan alam yang menakjubkan

Setiap pantai mempunyai pesona dan keindahan tersendiri. Begitu pula dengan Pantai Pasir Putih Parparean yang menawarkan panorama yang tidak ditawarkan pantai pada umumnya. Pengunjung bisa refreshing dan refreshing ditemani pemandangan pantai di atas pasir putih yang lembut dan bersih.

Keindahannya selalu memukau pengunjung dengan jernihnya ombak air laut. Pesona pantai ini dengan air lautnya yang biru menyerupai langit cerah di siang hari menandakan bahwa kondisi pantainya masih terjaga dan terawat. Belum lagi udaranya yang bersih dan berangin meninggalkan kesan sejuk.

✦ Pasir putih alami

Hal menarik berikutnya dari Pantai Parparean adalah pasir putihnya. Begitu menginjakkan kaki di atasnya, pasirnya terasa sangat lembut dan halus. Hamparan pasir mendominasi kawasan pantai dan menciptakan panorama pantai yang eksotik.

✦ Berbagai spot foto

Pantai Pasir Putih Parparean tidak hanya menjadi destinasi wisata saja, namun juga menjadi tempat di mana Anda bisa menemukan berbagai tempat estetik dan spot foto instan. Soal biaya, Anda tidak perlu khawatir karena spot fotonya tidak dipungut biaya sepeser pun atau gratis dengan berbagai macam background foto yang unik. Manfaatkan keindahan laut biru, pasir putih, ayunan, dan perbukitan sebagai backdrop sempurna untuk foto Anda.

✦ Satu-satunya pantai pasir putih di Porsea

Pantai Parparean bukan sembarang pantai, melainkan satu-satunya pantai di Porsea yang berpasir putih. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung lokal bahkan warga setempat.Tak heran jika pantai mempesona ini selalu menjadi tujuan wisata penduduk setempat.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Pasir Putih ParpareanFoto oleh Biston Gabariel (BonS_09) di Google Maps

Pantai berpasir putih ini terletak di Desa Parparean II, Kec. Porsea, Cab.Toba Samosir, Sumatera Utara. Pantai cantik ini buka 24 jam sehari dan sangat cocok untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam baik siang maupun malam hari. Dari pusat kota Medan, perjalanan menuju pantai ini memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam, namun pengalaman yang ditawarkan pasti sepadan dengan waktu perjalanan.

Sesampainya di Porsea anda dapat mengikuti jalur menuju Rumah Sakit Umum Daerah Porsea agar perjalanan lebih mudah. Sesampainya di rumah sakit daerah, ambil arah barat. Meski jalan menuju lokasi belum beraspal, namun dianggap masih bisa dilalui. Selain itu, akses jalan bagi kendaraan roda empat dan dua relatif mudah.

Anda juga bisa menggunakan itinerary dari Jalan Parsoburan. Rute dari kawasan Toba sangat mudah untuk dilalui, khususnya bagi pengunjung dari Sumatera Utara. Kemudian langsung menuju Jalan Sisingamangaraja dan Jalan SM Raja. Anda bisa belok ke Jalan Raja Sipakko Napitupulu.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru di Pantai Pasir Putih ParpareanFoto oleh Hans TM di Google Maps

1. Bermain air

Diketahui ombak di Pantai Pasir Putih Parparean tidak terlalu ganas sehingga bisa digunakan untuk olahraga air. Jika Anda menyukai tantangan, Anda bisa menjelajah laut dengan jet ski atau perahu pribadi dan menguji adrenalin Anda. Agar aktivitas liburan rombongan semakin variatif, wahana banana boat patut dicoba.

Selain itu, Anda juga bisa berenang atau bermain air di pinggir pantai untuk mendapatkan pengalaman seru. Di segarnya air laut ini rasa penat dan letih akan seketika hilang dan semangat anda akan bangkit kembali. Dengan kedalaman kurang dari 50cm, semua orang bisa berenang atau bermain air dengan aman.

2. Menikmati keindahan Pantai Pasir Putih Parparean

Dengan panorama pantai yang eksotis, sayang sekali jika tidak menikmatinya sambil bersantai. Anda bisa menggelar tikar dan menyiapkan makanan serta minuman sambil menyaksikan langsung gulungan ombak. Kegiatan ini semakin seru jika dilakukan bersama rombongan teman atau keluarga.

3. Ambil foto lucu

Anda bisa membuat momen liburan Anda tak terlupakan dengan mengambil foto-foto lucu. Di pantai mempesona ini, Anda bisa berpose dan bergaya sepuasnya di hadapan spot foto estetik mulai dari pasir putih, laut biru, hingga ayunan. Dua monumen di sudut pantai menjadi tempat berfoto yang populer bagi pengunjung.

Di pasir putihnya Anda akan menemukan area melingkar dengan gerbang bermotif Gorga di kedua sisinya. Jangan lewatkan menjelajahi keindahan Pantai Parparean dan abadikan momen tak terlupakan dengan berfoto di ikon pantai ini. Selain itu nikmatilah pengalaman bermain ayunan di air laut yang bisa menjadi spot foto menarik untuk melengkapi kenangan Anda.

Aktivitas foto seru selanjutnya bisa dilakukan di tengah pantai dengan siluet perbukitan atau air laut yang biru. Sudut yang berbeda menciptakan kesan cantik yang dapat disesuaikan untuk menghasilkan jepretan Instagram-ready. Foto bersama si kecil bermain juga bisa menjadi foto kenangan terbaik di pantai populer ini.

4. Menjelajahi Pantai Parparean

Meski bukan hari libur, destinasi bahari ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang ingin menikmati keindahannya. Selain itu, jumlah pengunjung akan meningkat dua kali lipat saat musim liburan dimulai. Namun Anda tidak perlu khawatir karena bibir pantai serta bibir pantai yang panjang dan lebar masih nyaman untuk dilalui.

Berkat topografinya yang unik, pemandangan pantai terasa luas dan sepi. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar pantai dan menikmati pemandangan pantai sambil melihat laut yang lebih luas dan jernih. Selain kawasan ramai, di sudut-sudut tertentu juga terdapat tempat sepi seperti pantai pribadi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Pasir Putih ParpareanFoto oleh Elfrida Hutapea di Google Maps

Karena merupakan pantai yang cukup terkenal, pemerintah tentu telah menyediakan sejumlah fasilitas yang cukup lengkap. Tujuannya agar pengunjung merasa nyaman dan aman selama seharian berada di Pantai Parparean. Hal ini akan membuat momen liburan Anda menyenangkan dan Anda tidak akan ragu lagi untuk mengunjungi pantai tersebut.

Begitu pengunjung sudah tiba, mereka dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir yang telah ditentukan. Fasilitas standar seperti toilet dan kamar kecil mudah diakses sehingga menambah kenyamanan pengunjung. Pengunjung yang ingin menunaikan salat bisa datang ke musala. Pilihan hiburan lainnya juga ada, mulai dari tempat kuliner, sepeda air, jet ski, hingga jogging track.

Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dengan bersantai di gazebo yang disediakan. Anda dapat dengan mudah menemukannya karena jumlahnya banyak dan berjajar di payung pantai. Aktivitas bersantai semakin ditunjang dengan pohon kelapa dan bunga segar.

Pantai Pasir Putih Parparean merupakan salah satu pantai di Medan yang menawarkan panorama alam yang indah dan berbagai fasilitas menarik yang bisa Anda coba saat berlibur. Jadi banyak aktivitas menarik mulai dari berenang, foto-foto, bermain air, bermain wahana hingga bersantai untuk melepas penat. Biar makin seru, kami sangat menyarankan untuk mengundang grup.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button