Tempat Wisata

Pantai Payangan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Jawa Timur tidak hanya daerah Malang dan Pacitan saja yang memiliki keindahan pantai yang memukau. Selain pantai di dua kawasan tersebut, ada pantai lain yang wajib dikunjungi di pesisir Jawa Timur.

Namanya Pantai Payangan, memiliki pesona pantai yang tidak kalah menakjubkan dan terletak di kawasan Jember yang membuat Pantai Payangan sangat menarik bagi sebagian besar pengunjung. Lantas apa saja yang menarik dari pantai Payangan ini?

Objek wisata Pantai Payangan

Objek wisata Pantai PayanganDaya Tarik Pantai Payangan Sumber : instagram.com/nola_at

Salah satu dari banyak hal tentang Pantai Payangan yang selalu menjadi pertanyaan kebanyakan orang adalah daya tariknya. Daya tarik Pantai Payangan sendiri memang sangat luar biasa.

Yang lebih unik lagi, Anda bisa berlibur di tiga pantai dalam satu pantai. Anda tidak perlu pergi jauh atau pindah lokasi yang memerlukan biaya, Anda hanya perlu berjalan beberapa meter dan Anda akan menemukan pantai lain.

1. Pulau multifungsi

Sebenarnya setiap orang bisa memberikan nama panggilan yang berbeda pada setiap pantai. Namun karena sudah ada nama yang membuat suatu tempat dikenal banyak orang, maka sampai sekarang dikenal dengan nama tersebut.

Seperti Pantai Payangan, terkadang kita ingin menyebutnya sebagai pantai multifungsi. Bagaimana bisa? Begitu banyak hal menarik yang bermanfaat bagi kehidupan manusia yang bisa dialami di pantai ini.

Pantai Payangan masih bersebelahan dengan Pantai Papuma dan Pantai Watu Ulo. Lebih tepatnya, ada tiga pantai di satu pulau. Tentunya saat Anda berkunjung ke kawasan ini, Anda bebas memilih tempat mana saja yang bisa Anda nikmati keindahan pantainya.

Baik dari Pantai Payangan, Pantai Watu Ulo ataupun Pantai Papuma. Setiap pantai memiliki keunikan tersendiri, seperti halnya ketiga pantai ini saling melengkapi.

2. Pesona pasir hitam

Pantai Payangan sama halnya dengan deretan pantai selatan yang terkenal dengan keindahan pasir hitamnya. Ketika sebuah pantai terdiri dari pasir hitam dan air keruh, mungkin membuat pengunjung enggan untuk datang ke sana.

Namun berbeda dengan Pantai Payangan yang memiliki pasir hitam namun airnya jernih. Selain airnya yang jernih, ombak di pantai ini juga relatif tenang sehingga tidak berbahaya.

3. Sebagai pelabuhan bagi nelayan

Daya tarik lain dari Pantai Payangan adalah pantainya yang produktif. Penduduk setempat menyimpan perahu mereka di pantai Payangan saat kembali melaut. Ya, mata pencaharian penduduk setempat terutama adalah nelayan.

4. Sabana yang luas

Pantai Payangan tidak hanya dikenal dengan pantai-pantai yang berbatasan dengan Pantai Papuma dan Pantai Watu Ulo, tetapi juga memiliki sabana yang menakjubkan. Terletak di selatan, sabana pesisir ini biasanya digunakan sebagai tempat berkemah yang populer.

5. Tebing tinggi

Tidak hanya savana yang sering dijadikan sebagai salah satu wisata paling populer untuk berkemah, Pantai Payangan juga menjadi salah satu pantai yang dijadikan spot foto unik saat malam tiba. Apalagi di atas tebing.

Jika anda berkunjung ke Pantai Payangan, anda bisa melihat keindahan pantai ini dari ketinggian. Dan tidak hanya itu: saat matahari terbenam, Anda bisa melihat bagaimana matahari melambat dan perlahan menghilang.

Fasilitas di Pantai Payangan

Fasilitas di Pantai PayanganSumber Pantai Payangan : instagram.com/mbolangjatim

Salah satu destinasi terpopuler dan ramai dikunjungi wisatawan, Pantai Payangan memaksimalkan fasilitasnya untuk memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Berbicara mengenai fasilitas di pantai ini sebenarnya cukup lengkap walaupun tidak terlalu mewah.

Beberapa fasilitas yang sudah pasti ada di pantai ini antara lain tempat parkir kendaraan pengunjung, toilet, mushola dan tempat bermalam di dekat Pantai Papuma. Beberapa penginapan juga mengharuskan Anda berkendara ke kota.

Namun, tidak masalah jika Anda berencana untuk bermalam dengan tenda di sabana. Hanya saja udara malam lebih sejuk daripada tidur di dalam. Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat warung makan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi.

Biaya masuk ke Pantai Payangan

Biaya masuk ke Pantai PayanganSumber Pantai Payangan: instagram.com/rhoshandha

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Pantai Payangan

Peta area Pantai Payangan

Tips Mengunjungi Pantai Payangan

Jadikan liburan Anda dan keluarga lebih menyenangkan dan berkelas di Pantai Payangan. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Payangan adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pantai Payangan bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pantai Payangan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Payangan.

Lokasi dan Rute Pantai Payangan

Lokasi dan Rute Pantai PayanganSumber Pantai Payangan : instagram.com/ohella__

Padahal, meski Pantai Payangan berdekatan dengan pantai-pantai ternama di Indonesia, wisatanya tidak mudah untuk dikunjungi, apalagi dari luar kota. Sebenarnya, Anda bisa menggunakan Maps.

Namun, ada juga rutenya. Tujuan Anda saat datang ke sini adalah desa Sumberejo, Ambulu, Jember, Jawa Timur. Jika Anda mengambil rute dari pusat kota Jember dan mengambil jalan Kawi, jarak yang ditempuh hanya 20 mil. Komitmen waktu adalah 55 menit.

Sekarang! Bagi anda yang ingin mengetahui rutenya, silahkan mulai dari pusat Kota Jember. Pergilah ke Ambulu sampai Anda mencapai Ambulu Junction dan pergilah ke selatan. Sesampainya di sini, Anda tinggal mengikuti jalan menuju Pantai Watu Ulo lalu terus lurus ke Payangan.

Gambar dan Foto Pantai Payangan

Foto Tempat Wisata Pantai PayanganFoto Tempat Wisata di Pantai Payangan Sumber : instagram.com/febriliaPemandangan laut dari atas pantaiMatahari terbenam di Pantai PayanganOmbak kecil di Pantai PayanganMenikmati senja di Pantai PayanganDi antara dua bukit berbatuBebatuan di Pantai Payangan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button