Tempat Wisata

Pantai Pelabuhan Ratu, saksikan keajaiban pesta Ritual Laut di Sukabumi

harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kecamatan Pelabuhanratu, Kota Palabuhanratu, Jawa Barat; Map: verifikasi lokasi

Sukabumi terkenal dengan pesona alamnya yang menakjubkan. Apalagi di bagian pantainya, banyak pantai indah di sini yang bisa dikunjungi di awal musim liburan. Salah satunya adalah Pantai Pelabuhan Ratu yang namanya sudah dikenal berbagai penjuru. Pelabuhan Ratu selalu dipenuhi wisatawan lokal dan mancanegara.

Banyak juga hal menarik yang bisa ditemukan di pantai selatan yang memiliki garis pantai yang panjang. Meski ombaknya panjang dan tinggi sehingga tidak cocok untuk berenang, Anda akan merasa nyaman berada di alam indah yang memanjakan mata. Apa saja yang bisa dilakukan di Pelabuhan Ratu? Mari kita cari tahu.

Hotel murah di Sukabumi

Daya Tarik Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu menjadi saksi keajaiban pesta Ritual Laut di SukabumiFoto oleh Wahyu Hidayatulloh di Google Maps

✦ Kisah Nyi Roro Kidul

Adapun Pelabuhan Ratu tentu identik dengan kisah Nyi Roro Kidul yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Konon pantai ini dikuasai oleh Ratu Laut Selatan yang dikenal juga dengan nama Nyi Roro Kidul. Oleh karena itu, menurut legenda, pengunjung tidak diperbolehkan mengenakan pakaian berwarna hijau di sini.

Karena hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul. Jadi siapapun yang memakai pakaian berwarna hijau akan hanyut terbawa arus dan kemudian berubah menjadi tentara. Jika dilihat dari sudut pandang ilmiah, orang yang berpakaian hijau cenderung lebih sulit ditemukan saat terbawa ombak. Sebab, warna pakaiannya senada dengan warna air laut.

✦ Batuan raksasa

Di Pantai Pelabuhan Ratu, pengunjung akan menemukan deretan bebatuan besar yang menjorok dari tepi lautan. Bentuknya pun bermacam-macam sehingga terlihat semakin unik. Bebatuan besar ini menjadi spot foto yang menarik bagi wisatawan.

Selain itu, ombak lembut sesekali menyapa sisi bebatuan. Jika Anda mengambil foto pada sudut yang tepat, Anda akan mendapatkan foto ala Little Mermaid di antara bebatuan. Pastinya akan sangat Instagrammable dan cocok untuk dibagikan ke media sosial.

Tiket Santa Sea Waterpark Sukabumi

✦ Ritual Festival Laut

Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan ritual pesta laut saat mengunjungi Pantai Pelabuhan Ratu. Masyarakat setempat mempunyai kebiasaan melepaskan kepala kerbau beserta sesajinya di tengah laut. Ritual adat ini merupakan wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta atas anugerah hasil tangkapan ikan.

Menariknya, ritual pesta laut ini biasanya dimeriahkan dengan parade budaya bahari. Berbagai kesenian daerah juga dipamerkan, seperti tarian pengiring raja dan ratu, wayang dan masih banyak lagi.

Pelabuhan Ratu terletak di daerah Sukabumi, pantai ini terletak di Jalan Raya Cisolok, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya cukup jauh, sekitar 60 kilometer dari pusat kota. Mungkin Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai pantai.

Akses jalannya bagus dan beraspal sehingga bisa digunakan berbagai jenis kendaraan termasuk bus. Tak sulit untuk menemukannya, mengingat Pantai Pelabuhan Ratu sudah memiliki nama yang cukup terkenal. Jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda bisa naik tol Jagorawi hingga Ciawi dengan kendaraan pribadi.

Cek tiket Santa Sea Waterpark Sukabumi

Biaya masuk dan jam buka

Biaya masuk ke pantai ini sangat terjangkau. Penagihan didasarkan pada kendaraan yang digunakan. Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan, tiket masuk yang berlaku adalah Rp 3.000 saja. Sangat murah bukan?

Sedangkan pengendara sepeda motor akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000, selanjutnya akan dikenakan biaya masuk bagi pengendara dan biaya parkir. 20.000, dan untuk rombongan naik bus tarifnya Rp 20.000. 30.000.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Seru di Pantai Pelabuhan RatuFoto oleh Enjoy Game di Google Maps

1. Bersenang-senang berselancar di ombak

Karena ombak Laut Selatan yang besar dan tinggi, Pantai Pelabuhan Ratu menjadi tempat yang tepat untuk berselancar. Setidaknya ada sembilan spot selancar terbaik di Pelabuhan Ratu. Dan diantaranya yang paling populer adalah Cimaja, karena ombaknya bisa mencapai 4 meter. Tak heran jika kompetisi selancar internasional juga pernah diadakan di sini.

Arus laut yang cukup deras dan ombak yang tinggi sangat cocok bagi para peselancar profesional. Jadi jika Anda baru belajar selancar, sebaiknya pilih titik selancar lain. Tapi Anda bisa bersantai saja di sini dan menyaksikan para peselancar profesional ini.

2. Mengunjungi tempat pelelangan ikan di Pantai Pelabuhan Ratu

Terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pelabuhan Ratu yang menjual berbagai hasil laut seperti bawal, cakalan, layur, cumi, udang dan masih banyak lagi yang masih dalam kondisi segar. Jika ingin menyaksikan kedatangan perahu nelayan yang baru saja berlayar, kunjungilah WIB antara pukul 11.00 hingga 13.00.

Nanti Anda bisa membeli hasil tangkapan yang masih segar. Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau disiapkan langsung di toko setempat.

3. Sepanjang pantai

Tak perlu berenang, Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan berjalan-jalan menyusuri bibir pantai yang panjang. Selain itu, sudah terdapat persewaan kuda di Pantai Pelabuhan Ratu. Jadi Anda diajak menjelajahi pantai dengan menunggang kuda tanpa harus lelah mendaki.

Kuda-kuda tersebut dapat ditunggangi oleh maksimal dua orang sekaligus, asalkan salah satunya adalah anak kecil. Jadi Anda bisa mengajak putra putri Anda untuk menikmati keindahan pantai sambil berwisata. Jika tak ingin menunggang kuda, tentu akan sangat menyenangkan jika langsung menginjakkan kaki di atas butiran pasir yang lembut.

4. Menginap di hotel bersejarah

Pengunjung dari luar bisa langsung menginap di hotel bersejarah yang tidak jauh dari Pantai Pelabuhan Ratu. Hotel berbintang lima bernama Inna Samudera Beach Hotel ini sudah ada sejak masa jabatan Presiden pertama Republik Indonesia. Namun kamar hotel 308 dipercaya sebagai tempat persinggahan Nyi Roro Kidul, sehingga nuansa kamarnya hijau semua, seperti warna kesukaan Ratu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Pelabuhan RatuFoto oleh Mia Amalia di Google Maps

Pelabuhan Ratu tidak hanya menyuguhkan keindahan alam khas pantai yang mempesona, namun juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Terdapat banyak pilihan akomodasi di kawasan ini bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Mulai dari hotel, resort, villa mewah hingga penginapan kecil, ada hotel yang bisa dipilih tergantung kebutuhan masing-masing. Di area pantai juga Anda akan menemukan taman bermain anak dimana si kecil akan betah bermain.

Namun bukan itu saja, Pantai Pelabuhan Ratu juga memiliki pos penjaga pantai (SAR) sehingga bermain di pantai terasa lebih aman. Lalu ada stand makanan dan minuman lengkap hingga toko suvenir yang melayani segala kebutuhan Anda.

Pantai memang menjadi destinasi liburan yang menarik. Di Sukabumi, Anda bisa menemukan Pelabuhan Ratu dengan pantainya yang indah dan eksotik yang menawarkan berbagai hal menarik. Ayo ajak anak anda, pasangan anda, keluarga atau sahabat anda untuk menikmati keindahan pantai ini!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button