Tempat Wisata

Pantai Pelangi Bantul – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Terpesona dengan eksotisme Pantai Pelangi di Bantul, Jogja yang memukau dengan pemandangan matahari terbenamnya yang memukau sekaligus menawarkan pengalaman unik melalui penangkaran dan pelepasan hewan-hewan muda yang membuat jantung berdebar.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Indonesia merupakan negara yang memiliki tempat wisata pantai di seluruh wilayahnya. Pantai merupakan objek wisata air yang menarik bagi wisatawan. Selain menenangkan hati, pantai juga bisa menjadi destinasi seru. Berikut ini pantai menarik di Bantul yaitu Pantai Pelangi.

Pantai ini berdekatan dengan Pantai Parangtritis, walaupun masih sedikit wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Pantai ini memiliki keindahan alam dengan pesona pantainya yang landai, sangat cocok untuk bermain-main di pinggir pantai. Uniknya, pantai ini menawarkan tempat penangkaran penyu dengan pelepasan tukik.

Sebenarnya Pantai Pelangi merupakan pantai buatan yang berada di tepian Danau Ranau. Meski merupakan pantai buatan, namun pantai ini berbentuk seperti pantai pada umumnya dengan pasir berwarna kecoklatan sepanjang kurang lebih 300 meter di sepanjang pantai. Simak beberapa laporan singkat menarik tentang pantai ini!

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Pelangi

Daya Tarik Pantai PelangiKredit foto: Google Maps Sri Widyastuti

Tempat memelihara dan melepaskan hewan muda

Pantai Pelangi mempunyai tempat penangkaran penyu khusus. Penyu ini dapat naik ke darat pada malam hari untuk bertelur. Tempat ini menyediakan tempat perlindungan khusus bagi telur penyu. Pengunjung dapat melihat tempat berkembang biaknya telur-telur tersebut.

Saat tukik penyu ini menetas dan menjadi dewasa. Pengelola akan melepas kembali tukik tersebut ke dataran laut. Setiap tahunnya diadakan agenda pelepasliaran anak harimau. Jika beruntung, pengunjung dapat menyaksikan kegiatan ini pada hari pelepasliaran.

Ada banyak penyu di pantai ini. Sayangnya, dahulu ketika penyu bertelur, mereka akan langsung menelantarkan telurnya sehingga menjadi sasaran empuk satwa liar lainnya untuk memakan telur penyu karena hal tersebut sering terjadi sehingga mendorong pengelola untuk membuat perlindungan khusus bagi penyu.

Panorama pantai

Pantai Pelangi menawarkan panorama yang sangat indah. Memasuki kawasan pantai, Anda bisa mengagumi keindahan pantai yang berwarna kebiruan dan pasir yang berwarna kecoklatan. Karena pantai ini landai, maka sangat aman untuk bermain-main di tepiannya.

Tanaman hijau subur tumbuh di sekitar pantai, subur dan rindang. Beberapa pengunjung bahkan beristirahat di bawah pepohonan pantai yang rindang. Pohon-pohon ini tumbuh secara alami. Anda juga bisa berfoto di samping pohon dengan spot laut.

Pantai ini dikelilingi perbukitan hijau. Tak jarang kita melihat perbukitan dengan tebing setinggi beberapa meter dari permukaan Pantai Pelangi. Bukit ini juga terletak di sekitar Danau Ranau. Salah satu destinasi yang dekat dengan pantai.

Sayangnya ombak di pantai ini cukup besar yaitu lebih dari 1 meter di atas permukaan air sehingga pengunjung tidak diperbolehkan berenang di pantai ini, apalagi tidak ada pengawasan seperti tim SAR keamanan di pantai ini.

Menikmati langit matahari terbenam

Meski Pantai Pelangi masih sedikit terjamah manusia, namun keindahan pantai ini tak kalah dengan pantai lainnya. Hal ini terlihat dari pesona matahari terbenam yang dihadirkan kepada wisatawan. Senja merupakan waktu yang sangat menyenangkan untuk menikmati suasana pantai.

Saat senja, pengunjung menyaksikan keajaiban langit yang berubah warna menjadi oranye. Warna ini sangat indah ditambah dengan pemandangan laut biru dan pantainya. Beberapa pengunjung bahkan mengabadikan momen tersebut untuk berfoto bersama. Nikmati proses tenggelamnya matahari secara bertahap ke dalam bumi.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai PelangiSumber gambar: Google Maps Christopher Swenrijando

Pantai unik dengan hewan muda ini terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Kota Istimewa Yogyakarta. Letak pantai ini sangat strategis bagi yang ingin mengunjunginya. Lebih spesifiknya merupakan hasil perluasan Pantai Parangtritis dan terletak di sebelah timur Pantai Depok.

Waktu tempuh dari pusat kota Yogyakarta menuju lokasi Pantai Pelangi hanya sekitar 1 jam perjalanan. Dengan rute perjalanan yaitu dari pusat kota Yogyakarta, anda bisa melakukan perjalanan menuju Jalan Parangtritis.

Setelah itu, Anda cukup berjalan lurus ke selatan dan ikuti jalan tersebut hingga mencapai papan penunjuk arah yang menunjukkan lokasi pantai. Itinerarynya juga bisa ditempuh dengan bus, yaitu pengunjung bisa naik bus dari Kota Yogya menuju Terminal Kota Bantul. Selanjutnya Anda akan melanjutkan perjalanan menuju lokasi acara dengan menggunakan ojek.

Anda juga bisa datang dengan menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi. Jalur menuju pantai ini sangat bagus, tidak berkelok-kelok dan beraspal. Bagi yang baru berkunjung disarankan menggunakan aplikasi Google Maps agar perjalanan lebih tepat sasaran dan terpandu.

Sebelum melakukan perjalanan, disarankan juga untuk sarapan terlebih dahulu untuk menghindari kemungkinan kejadian buruk selama perjalanan, seperti mabuk perjalanan. Pengunjung juga diimbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti: B. Jaga jarak, selalu memakai masker dan membawa hand sanitizer.

Biaya masuk wisata bahari

Menariknya, pengunjung tidak dipungut biaya masuk untuk mengakses kawasan pantai. Anda bisa menikmati pesona pantai dengan kegiatan beternak anak secara gratis, menarik bukan?

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, terdapat tarif parkir yang sangat mudah di dompet: untuk parkir sepeda motor cukup membayar Rp 2.000 per sepeda motor, sedangkan untuk parkir mobil hanya perlu membayar sekitar Rp 5.000 per mobil.

Selain itu, beberapa akomodasi hotel khusus tersedia di sekitar pantai bagi pengunjung yang ingin bermalam. Selain bermalam di hotel, pengunjung juga bisa bermalam di pinggir pantai dan mendirikan tenda bersama.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal seru yang bisa dilakukan di Pantai PelangiSumber gambar: Google Maps Christopher Swenrijando

1. Kegiatan beternak hewan muda

Menariknya, pantai ini menawarkan tempat berkembang biak khusus bagi hewan-hewan muda. Faktanya, banyak sekali penyu di pantai ini sehingga pihak pengelola mendirikan tempat penangkaran khusus penyu. Anda bisa melakukan aktivitas berinteraksi dengan penyu di penangkaran.

Tukik muncul dari telur penyu yang pecah. Penyu kecil ini akan dilestarikan hingga cukup besar untuk dilepasliarkan ke alam liar di sekitar Pantai Pelangi. Pengunjung dapat melakukan penangkaran bersama-sama dengan pimpinan. Tanyakan langsung tentang pelatihan penyu.

2. Santai

Aktivitas lainnya adalah relaksasi. Di sekitar pantai tersedia pondok-pondok khusus bagi pengunjung. Selain untuk bersantai, gubuk ini juga digunakan untuk menyimpan barang bawaan pengunjung. Bersantai di cottage memang indah sambil duduk-duduk mengagumi keindahan alam pantai yang tertutup bukit laut.

Selain bersantai di saung-saung, pengunjung juga bisa bersantai langsung di atas pasir. Berada di dekat perairan laut dan menyentuh lembutnya pasir berwarna kecoklatan. Sore dan malam hari Anda bisa bersantai di atas pasir sambil menyaksikan matahari terbenam tepat di tepi pantai.

Anda juga bisa bersantai di bawah pepohonan rindang. Terdapat pepohonan yang tumbuh subur di sekitar Pantai Pelangi. Pohon ini cukup lebat dan rimbun dan sangat cocok untuk bersantai di bawah naungan pohon tersebut.

3. Jelajahi Pantai Pelangi

Pengunjung juga bisa berjalan-jalan di pantai. Berjalan perlahan di sepanjang pantai. Rasakan langsung sensasi pantainya. Pantai ini menawarkan ombak besar dengan suara yang keras. Karena tidak ada karang, ombak ini langsung menghantam pantai.

Banyak pengunjung yang sekedar berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil menunggu sore hari. Nikmati sejuknya suasana pantai dan perbukitan yang menyegarkan mata.

4. Berkemah

Kegiatan lainnya adalah berkemah. Anda bisa mendirikan tenda di berbagai lokasi sekitar Pantai Pelangi. Bermalamlah di tepi pantai dan nikmati suasana gelap malam yang dihiasi bintang-bintang terang.

Karena kuat dan besarnya ombak di pantai, pengunjung disarankan untuk mendirikan tenda jauh dari bibir pantai.

5. Permainan

Berfoto merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan saat Anda tiba di pantai. Abadikan juga momen penting bersama keluarga Anda. Ada banyak tempat menarik yang bisa dimanfaatkan, seperti di pinggir pantai, di kabin atau di bawah pohon rindang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai PelangiSumber gambar: Google Maps Nova Ariyanto

Pantai Pelangi menawarkan beberapa fasilitas yang lengkap. Tersedia musala untuk pengunjung yang salat. Terdapat juga tempat parkir yang luas dan aman yang dijaga oleh petugas keamanan yang ketat. Toilet dan toilet juga tersedia untuk wisatawan di sekitar pantai.

Terdapat juga warung yang menawarkan makanan dan minuman dengan beragam menu seafood yang lezat, terutama masakan pantai yang diolah dengan bumbu lokal.

Pantai ini juga memiliki beberapa paviliun dimana Anda bisa menitipkan barang atau sekedar bersantai di pinggir pantai.

Di sekitar pantai juga terdapat beberapa penginapan yang bisa anda gunakan untuk bermalam, penginapan semalam menghadap ke luasnya perairan pantai. Selain itu, pengunjung juga disediakan tempat sampah khusus dengan berbagai warna untuk menjaga kebersihan pantai.

Itulah beberapa ulasan menarik mengenai Pantai Pelangi di Bantul. Pantai ini memang sangat menarik dan mempunyai daya tarik yang unik. Selain memamerkan keindahannya, Anda juga bisa berinteraksi dengan penyu dan tukik di penangkaran. Cukup menarik, bukan? Destinasi ini wajib dikunjungi di akhir pekan Anda!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button