Tempat Wisata

Pantai Pelangi di Yogyakarta: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Berbicara tentang Yogyakarta, sepertinya daerah ini sebenarnya sarat dengan wisata yang sangat beragam. Mulai dari wisata pedesaan, wisata bahari, wisata alam hingga wisata buatan semuanya lengkap di Yogyakarta. Dapat dikatakan bahwa Yogyakarta tidak pernah kekurangan cara untuk menarik wisatawan.

Sekarang! Salah satu tempat wisata alam di Yogyakarta yang paling terkenal adalah wisata pantai. Ada banyak sajian wisata pantai di Yogyakarta, salah satunya adalah Pantai Pelangi. Menurut laporan, pantai ini masih sepi pengunjung sejak tahun 2009? menyalakan! Revitalisasi Pariwisata Lokal sebagai Warisan Indonesia!

Atraksi Pantai Pelangi

Atraksi Pantai PelangiPantai Pelangi Sumber: instagram.com/wildan_listrik

Sebagai salah satu kawasan wisata terlengkap, Yogyakarta menawarkan beragam wisata untuk menghibur warganya. Namun, Yogyakarta tidak hanya dikenal sukses menarik wisatawan lokal dari berbagai daerah, tetapi juga sukses menggaet wisatawan mancanegara. Inilah daya tarik Pantai Pelangi.

1. Perpanjangan Pantai Parangtritis

Daya tarik Pantai Pelangi yang tidak bisa dilupakan adalah sejarahnya. Padahal, pantai ini masih segaris dengan Pantai Parangtritis. Namun Pantai Pelangi memiliki perbedaan yang begitu kontradiktif sehingga bisa dikatakan tidak mirip dengan Parangtritis.

Pantai Pelangi menawarkan keindahan alam yang mempesona. Pengunjung disuguhkan dengan keindahan pantai yang landai dan tebing di kanan kirinya. Pantai Pelangi juga memiliki lereng yang tertutup pepohonan.

Membuatnya terlihat lebih bagus dan sangat menenangkan. Suara deburan ombak yang menghantam karang bisa menjadi suguhan relaksasi tersendiri. Pantai yang satu ini wajib dikunjungi oleh wisatawan dan lihat perbedaannya dengan pantai Parangtritis.

2. Bermain air di pantai

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang berombak besar. Sehingga tidak ada pengunjung yang berenang di kawasan ini. Kalaupun ada pengunjung yang ingin berenang, mereka tidak diperbolehkan berenang karena bisa berbahaya.

Oleh karena itu, bermain air menjadi pengganti aktivitas berenang yang bisa dilakukan wisatawan. Kehati-hatian juga diperlukan saat bermain air di pantai. Namun, untuk membuat pengunjung serasa bisa berenang, lebih baik bermain air saja.

Terakhir, jika pengunjung ingin bermain air, jangan terlalu dekat dengan pantai yang agak dalam, karena ombaknya yang besar dapat membuat wisatawan kewalahan. Jadi, jangan sampai liburanmu berubah jadi momen sedih ya?

3. Penyu muda menetas

Beberapa dari banyak pantai di Indonesia digunakan sebagai tempat bertelur penyu. Sekarang! Penyu yang bertelur di atas pasir putih seperti di Lombok biasanya kita temukan, namun berbeda dengan di Yogya.

Pantai Pelangi merupakan pantai pasir hitam yang digunakan sebagai tempat bertelur penyu. Apalagi saat musim kawin, penyu biasanya pergi ke darat dan bertelur di antara bukit pasir.

Namun sangat disayangkan sebagian besar telur penyu hilang dan dimakan oleh hewan liar. Makanya sekarang ada relawan yang merawat penyu. Jika ada telur penyu di pantai, segera diambil oleh relawan setempat dan dibudidayakan hingga menetas.

Penyu-penyu tersebut kemudian dilepasliarkan ke laut hingga akhirnya menetas. Sebenarnya penangkaran penyu ini bukanlah tempat yang mewah, namun lumayan juga untuk konservasi satwa yang semakin langka di Indonesia.

Maka jangan heran jika suatu saat ada semacam festival pelepasan penyu yang diadakan begitu saja oleh masyarakat setempat. Jika Anda cukup beruntung untuk datang ke sini saat penyu dilepasliarkan, Anda bisa menyaksikannya.

Biaya masuk dan jam buka

Biaya masuk dan jam buka Pantai PelangiPantai Pelangi Sumber: instagram.com/serdhy429

  • Biaya masuk: Rp 2.000 hingga Rp 5.000/orang

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Pantai Pelangi

Peta lokasi Pantai Pelangi

Tips mengunjungi Pantai Pelangi

Padahal, Pantai Pelangi termasuk salah satu pantai yang masih sepi, terutama di hari biasa. Tetap saja, itu tidak berarti Anda akan datang ke sini suatu hari nanti. Oleh karena itu, sebelum mengunjungi Pantai Pelangi, ada beberapa tips yang harus diperhatikan.

Antara lain memastikan kondisi tubuh yang sehat. Liburan kurang menyenangkan jika kondisi tubuh sedang tidak sehat. Jika perlu, siapkan obat-obatan yang dibutuhkan bersama dengan makanan dan minuman.

Bagi Anda yang berencana mengendarai kendaraan pribadi, sebaiknya periksa kondisi kendaraan sebelum Anda melakukan perjalanan agar Anda tiba dengan selamat di tempat tujuan. Tips tambahan: Pastikan untuk membawa kamera jika Anda senang mengabadikan momen foto.

Jika Anda termasuk orang yang suka kedinginan, bawalah jaket karena menjelang sore udara semakin dingin mengingat angin laut yang berhembus ke daratan. Selain itu, setelah liburan, berhati-hatilah untuk tidak meninggalkan sampah di pantai karena mencemari lingkungan.

Dijelaskannya, sebagai warga negara Indonesia, kami turut membantu menjaga kebersihan wisata lokal agar pengunjung juga senang. Mari kita, sebagai warga Indonesia yang kembali, membantu mempromosikan pariwisata lokal dan memastikan kebersihan.

Gambar dan foto Pantai Pelangi

Pantai Pelangi di YogyakartaPantai Pelangi, Penangkaran PenyuPenyu dilepasliarkan ke lautPenyewaan ATVMemancing di pantaiSunset di Pantai Pelangi

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button