Tempat Wisata

Pantai Pemuteran, surga bawah laut yang menakjubkan di Buleleng Bali

Pantai Pemuteran, surga bawah laut yang menakjubkan di Buleleng Bali
harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pemuteran, Kec. Gerokgak, Cab.Buleleng, Bali; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pulau Bali memiliki luas 5.780 kilometer persegi dan memiliki sekitar 150 pantai, baik yang populer maupun yang belum dikunjungi. Salah satu pantai yang terkenal dan menjadi favorit para wisatawan adalah Pantai Pemuteran, Buleleng. Wisata pantai ini sungguh indah dan eksotis, pasir hitam kecoklatan terhampar di sepanjang pantai, pohon kelapa, laut biru bersih dan jernih, langit biru dan awan putih.

Keindahan alam ciptaan Tuhan patut untuk dirawat, dilestarikan dan dikembangkan. Oleh karena itu, sepuluh bahkan seratus tahun yang lalu, di pantai ini terdapat berbagai patung batu dengan berbagai jenis dan ukuran. Ini unik dan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Karena mereka bisa menyelam sambil melihat dan mengabadikannya.

Daya tarik Pantai Pemuteran

Objek wisata Pantai PemuteranSumber gambar: Google Maps James Vdb

Pantai memang selalu menjadi tempat yang asik dan menarik untuk dikunjungi karena banyak tempat yang bisa menarik wisatawan. Layaknya Pantai Pemuteran, destinasi wisata bahari ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan dipadukan dengan hasil karya manusia berupa 33 patung batu dewa. Selain itu, ada berbagai atraksi lainnya di wisata pantai ini, antara lain:

1. Pemandangan Indah dan Eksotis

Perpaduan antara ciptaan Tuhan dengan tambahan tenaga manusia membuat Pantai Pemuteran menjadi pemandangan yang indah dan. Suara deburan ombak, tiupan angin pohon kelapa, pasir mengkilat berwarna coklat kehitaman, udara yang sejuk dan segar, inilah gambaran keindahan yang tampak dari luar.

Keindahan pesona pantainya tidak hanya terlihat cantik memukau dari luar, namun saat menyelam terdapat puluhan patung batu berupa candi, Buddha dan lain-lain. Selain itu, terdapat pula ikan yang berbeda jenis, berbeda warna dan hewan dasar laut lainnya yang memiliki ukuran berbeda. Semua yang ada di dasar laut bisa terlihat begitu jelas karena airnya yang begitu bersih dan jernih.

2. Terumbu Karang yang Indah

Daya tarik lain di kaki Pantai Pemuteran adalah terumbu karang. Meskipun Anda akan menemukannya di tempat lain, tempat perlindungan ikan di kawasan ini terbilang lengkap dan nyaris sempurna. Di dasar laut lainnya, Anda tidak akan menemukan berbagai jenis terumbu karang di pantai. Karena semua bentuk terumbu karang di nusantara, 80% dapat dilihat di dasar pantai ini.

3. Nikmati matahari terbenam dan matahari terbit yang menakjubkan

Selain menyelam, daya tarik lain di Pantai Pemuteran adalah menikmati sunset dan sunrise. Keajaiban alam ini dapat dilihat pada sore hari atau saat matahari terbit. Jadi jika anda berlibur ke tempat ini, anda harus menyaksikan dua fenomena alam tersebut. Karena keduanya memiliki keindahan yang berbeda.

Saat matahari terbenam, matahari miring ke barat, langit yang semula cerah perlahan mulai gelap dan gelap. Banyak wisatawan yang telah menunggu momen ini, mereka menyiapkan kamera dan berpose dengan berbagai gaya untuk mengabadikannya. Selain itu, sunrise juga dikejar wisatawan, mulai dari langit yang gelap gulita, dari timur matahari mulai muncul dan langit menjadi terang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai PemuteranKredit foto: Google Maps Tjipto Widodo

Bagi yang ingin berkunjung ke Pantai Pemuteran, destinasi wisata pantai ini terletak di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Denpasar, rutenya adalah Gilimanuk menuju Singaraja.

Perjalanan memakan waktu sekitar 4 jam karena jaraknya sangat jauh, sekitar 200 km. Namun wisatawan yang datang dari luar pulau Bali khususnya dari pulau Jawa bisa langsung menuju pelabuhan Gilimanuk. Setelah sampai di pelabuhan, perjalanan menuju lokasi hanya memakan waktu satu jam.

Tak bisa dipungkiri, tempat wisata selalu membutuhkan tiket masuk, karena hasil penjualan tiket digunakan untuk operasional. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk destinasi wisata Pantai Pemuteran, karena tiket masuk ke area piknik ini gratis. Tempat penyembuhan yang jarang ditemukan, berbagai atraksi menarik dapat dinikmati secara gratis.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pemuteran

Aktivitas menarik di pantai PemuteranSumber gambar: Google Maps Ahmad Haritz

Meski destinasi wisata Pantai Pemuteran ini gratis, bukan berarti tidak ada aktivitas yang bisa dilakukan. Bukan hanya daya tariknya yang membuat wisatawan heboh mengunjungi tempat ini. Namun, berbagai aktivitas seru, menantang, dan dijamin memacu adrenalin. Beberapa kegiatan menarik dapat dilakukan di lokasi, yaitu:

1. Menyelam atau snorkeling

Hal utama dan favorit wisatawan saat berkunjung ke Pantai Pemuteran adalah diving atau menyelam ke pantai. Kegiatan menarik ini merupakan pengalaman yang menyenangkan karena ikan dengan warna berbeda dapat dilihat saat menyelam. Berbagai jenis terumbu karang juga tumbuh dan berkembang di dasar laut, dan banyak spesies ikan bersembunyi di balik terumbu karang.

Selain itu, ada objek unik yang tidak bisa ditemukan saat menyelam di pantai lain, yaitu puluhan patung batu dengan berbagai jenis dan ukuran. Saat menyelam, ikan beraneka warna, terumbu karang yang indah dan eksotik, puluhan patung dewa tampak jelas bahkan bisa diraba dengan tangan. Oleh karena itu, para penyelam selalu mengabadikan momen seru dan menantang tersebut dengan kamera.

2. Mengunjungi penangkaran penyu

Tak hanya menyelam yang menjadi aktivitas menarik, saat mengunjungi penangkaran penyu di Pantai Pemuteran juga menjadi aktivitas yang mengasyikkan. Hewan lucu dan lucu ini dirawat dengan baik oleh para ahlinya. Oleh karena itu, saat wisatawan berkunjung ke penangkaran, petugas akan mendampingi dan menjelaskan proses penangkaran hingga bisa dilepasliarkan ke laut.

Perlu diketahui bahwa proses penangkaran penyu diawali dengan mengamankan ratusan bahkan ribuan telur penyu dari pemangsa. Ribuan telur diletakkan di tempat yang hangat dengan suhu tertentu hingga menetas. Selain itu, telur yang menetas dibawa ke tempat penangkaran, dirawat selama beberapa bulan, setelah itu penyu dilepas ke laut lepas.

3. Bermain di pantai

Usai menyelam dan mengunjungi penangkaran penyu, kegiatan menarik lainnya berlangsung di Pantai Pemuteran. Pesona alam pantai yang indah dan eksotik ini sangat disayangkan jika hanya berjalan melewatinya. Oleh karena itu, wisatawan selalu memaksimalkan aktivitasnya di sekitar pantai.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh pengunjung yaitu merenungi pemandangan di pantai, bermain voli pantai, saling kejar-kejaran, bermain pasir. Selain itu, ada juga yang sekadar berjemur, berburu keliling, dipijat, mengambil foto dan video pesona alam yang ada di sana, mengabadikan aktivitas keluarga dengan kamera, dan lain-lain.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di pantai PemuteranKredit Foto: Google Maps Dd Chan

Meski akses masuk ke Pantai Pemuteran gratis, bukan berarti sarana dan prasarananya minim. Pantai indah ini memiliki fasilitas yang memadai seperti tempat parkir yang luas, sepeda motor, mobil bahkan bus bisa masuk ke area yang telah ditentukan. Selain itu juga terdapat restoran, hotel, villa, toilet dan masih banyak lainnya.

Jika Anda dan keluarga berencana untuk berwisata ke Bali, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Pemuteran. Karena kawasan wisata ini memiliki pesona alam yang indah, baik di lepas pantai maupun di laut. Hal ini membuat rest area yang keren dan menarik ini sangat layak untuk dikunjungi. Jangan lupa membawa uang tambahan agar berbagai keinginan bisa terpenuhi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button