Tempat Wisata

Pantai Pero, tempat terbaik menikmati keindahan sunset di Sumba Barat Daya

Pantai Pero merupakan tujuan wisata yang terkenal di pulau Sumba dengan keindahan alam dan masih asri. Tertarik dengan pesonanya?

harga tiket: 15.000 Rp Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pero Batang, Kec. Kodi, Kab.Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Indonesia memiliki banyak pantai dengan pemandangan yang indah, salah satunya di Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur. Walaupun luas pulau Sumba tidak sebesar Bali, namun tempat wisatanya tidak kalah indahnya dengan daerah lain di Indonesia. Salah satu wisata pantai yang menawarkan panorama indah adalah Pantai Pero.

Pantai ini terkenal dengan pesona yang sangat indah dan kealamian yang masih terjaga. Memang pantai ini tidak sepopuler pantai lainnya di Sumba seperti Pantai Puru Kambera, Walakiri dan Pantai Tarimbang. Namun, pantai ini memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri yaitu sunset dan deburan ombaknya.

Karena ombak di pantai ini cukup besar dan panjang, maka sering dijadikan tempat surfing. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang memiliki hobi seperti surfing lebih memilih untuk datang ke pantai ini. Pantai ini juga dekat dengan desa adat Rotenggaro. Lalu apa saja daya tarik surga tersembunyi di Pulau Sumba ini?

Promo hotel di Sumba Barat

Daya tarik yang ditawarkan Pantai Pero

Objek wisata Pantai PeroFoto: Google Maps/Jeanny Haliman

Pulau Sumba memang terkenal dengan keindahan wisata alamnya. Ada banyak surga tersembunyi yang belum terjamah banyak orang dan masih terjaga keindahannya. Salah satunya adalah Pantai Pero yang bisa menjadi destinasi wisata populer. Terutama bagi mereka yang ingin mencari ketenangan. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

✦ Pemandangan indah

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih halus berpadu dengan air jernih serta pemandangan alam yang indah dikelilingi bebatuan yang menawarkan pemandangan sempurna. Selain pemandangan alam, wisatawan juga bisa menjelajahi kawasan sekitar pantai dan menemukan banyak rumah adat Sumba yang cantik.

Ombaknya yang besar juga menjadi ciri khas Pantai Pero. Anda juga bisa menemukan fenomena di pantai ini palu airIni adalah fenomena di mana air laut menyembur ke atas karena ombak yang menghantam bebatuan dengan keras. Fenomena unik ini sering dipelihara oleh wisatawan.

Namun, wisatawan disarankan untuk berhati-hati saat mengabadikan fenomena tersebut dengan kamera palu air. Hal ini karena kamera dapat terkena cipratan air. fenomena palu air Hal ini dapat terjadi kapan saja tanpa dapat diperkirakan sebelumnya.

✦ Keindahan matahari terbenam

Pantai ini juga digunakan sebagai tempat observasi yang populer matahari terbenam keemasan Si Cantik. Saat senja, semakin banyak wisatawan berduyun-duyun ke pantai ini untuk menikmati sunset. Ada banyak kegiatan wisata yang bisa dinikmati di pantai matahari terbenam.

Menikmati pemandangan indah yang ditawarkan sambil menyaksikan perahu nelayan di pelabuhan terdekat dengan bebatuan besar berpadu dengan hembusan angin akan menciptakan kepuasan tersendiri. Padahal, waktu terbaik mengunjungi kawasan pantai ini adalah sore hari.

Wisata Petualangan Pulau Sumba 5 Hari 4 Malam

✦ Keindahan bebatuan dan ombaknya

Selain keindahan lautnya yang biru, Pantai Pero memiliki keindahan lain yaitu formasi bebatuan di sekitarnya yang menambah keindahan pantai ini. Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar sehingga wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang di kawasan pantai ini.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai PeroFoto: Google Maps/Mardi Wu

Saat Anda berkunjung ke Sumba, Anda tidak akan menemukan kemacetan seperti di kota-kota besar lainnya. Khususnya yang berminat berwisata ke Pantai Pero tidak perlu khawatir macet. Pantai ini terletak di desa Pero Kodi, Kec. Kodi, Kab.Sumba Barat Daya, NTT. Akses menuju tempat ini cukup mudah untuk dilalui.

Jika Anda berjalan ke pantai ini dari Bandara Tambaloka, jaraknya sekitar 40 km dan perjalanan memakan waktu sekitar setengah jam. Karena kawasan ini cukup sepi, maka akan bebas dari kemacetan lalu lintas dan dapat ditempuh dalam waktu yang lebih singkat dengan kendaraan pribadi atau sewaan.

Perjalanan menuju pantai ini berakhir di jalan yang cukup sempit dan beraspal. Setibanya di pantai ini, wisatawan akan disambut oleh menara/viewpoint. Jarak antara gardu pandang dan pantai cukup kecil. Anda hanya perlu melewati padang rumput yang cukup luas dan seolah menjadi pembatas antara daratan dan lautan.

Tiket Trans Studio Mini Kupang

Biaya masuk wisata laut

Untuk menikmati pemandangan indah yang ditawarkan pantai ini, wisatawan harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau yaitu Rp 15.000 per orang. Tarif ini berlaku untuk hari kerja dan hari libur nasional. Tarif yang dihitung juga dapat berubah sewaktu-waktu.

Dianjurkan untuk menghubungi pusat panggilan terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi yang lebih detail. Wisatawan yang ingin menginap di pantai ini tidak perlu khawatir karena pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi wisatawan bisa datang kapan saja dengan bebas.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Kegiatan menyenangkan di Pantai PeroFoto: Google Maps/Stephen Wedu21

Meski pantai ini tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan, namun ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Mulailah berolahraga berselancarnikmati keindahannya matahari terbenam Dari pinggir pantai, Anda bisa menikmati olahan ikan hasil tangkapan nelayan atau sekedar bersantai di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

1. Berselancar

Ombak di Pantai Pero dikenal cukup besar dan memanjang. Ini adalah tempat yang sangat cocok untuk berlatih olahraga berselancar. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk penyaluran hobi-menjadi. Ombak yang cukup besar di pantai ini bisa menguji adrenalin Anda.

2. Menikmati keindahan sunset di Pantai Pero

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah merenungi keindahannya matahari terbenam. Pantai Pero menjadi pilihan banyak orang di sore hari untuk menikmati sunset. Di sore hari, pantai eksotis ini akan ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan dari berbagai daerah. Hingga sore hari masih banyak nelayan yang mencari ikan.

3. Bersantai di pantai

Suasana asri dan menenangkan di sekitar Pantai Pero menjadi tempat yang tepat untuk bersantai. Pantai berpasir putih dan birunya air laut cocok dijadikan tempat bersantai, berjemur atau sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan yang indah. Namun, karena ombaknya besar, wisatawan tidak diperbolehkan berenang.

4. Nikmati hasil tangkapan laut

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan di pantai ini adalah wisatawan bisa langsung menikmati ikan hasil tangkapan para nelayan. Ada beberapa warung makan yang menawarkan berbagai olahan seafood dengan berbagai cara dan harga yang cukup terjangkau. Produk utama dari pantai ini adalah cumi-cumi dan cumi-cumi.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas pantai di PeruFoto: Google Maps/Ziazu Nikki

Bisa dibilang fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup minim. Pengelola pantai menyediakan beberapa fasilitas umum untuk wisatawan, antara lain toilet, warung makan, dan tempat menginap. Turis bisa menyewa keluarga tamu jika Anda ingin menghabiskan banyak waktu di pantai ini.

Pantai Pero adalah salah satu surga tersembunyi yang wajib dikunjungi di pulau Sumba. Pemandangan indah dan asri yang masih terjaga cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat. Di sana Anda dapat melakukan berbagai kegiatan, mulai dari bersantai hingga berselancar hingga bersenang-senang matahari terbenamuntuk menikmati olahan ikan laut secara langsung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button