Berita Wisata

Pantai Pulau Merah Banyuwangi, tempat bersantai sambil menantang ombak

Surabaya

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu ikon wisata Banyuwangi. Pantai ini sangat ideal untuk bersantai dan mencoba olahraga yang menantang.

Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Dari Taman Blambangan ke pusat kota Banyuwangi, jaraknya sekitar 71 km, ditempuh dengan mobil sekitar dua jam.

Pantai ini dikenal dengan bukit hijau yang berada di dekat pantai. Tanah bukit ini berwarna merah, sehingga disebut Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu ikon wisata Banyuwangi.  Pantai ini sangat bagus untuk bersantai dan mencoba olahraga yang menantang.Pantai Pulau Merah Banyuwangi Foto : Istimewa (dok. website Kemenparekraf)

Bukit ini menjorok ke tengah laut, pengunjung bisa berjalan ke atas bukit saat air laut surut.

Pantai Pulau Merah menawarkan pemandangan yang tidak sedap dipandang. Apalagi pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang tinggi. Cocok untuk wisatawan yang suka berselancar. Tak heran jika banyak turis mancanegara yang mencoba ombak di pantai Pulau Merah.

Bahkan pada tahun 2013 lalu, President Indonesian Surfing Association (INSA) Jro Made Suparta Karang mengatakan bahwa pantai Pulau Merah memiliki keunggulan dibanding tempat surfing lainnya di Banyuwangi, G-land. Seperti dikutip dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu ikon wisata Banyuwangi.  Pantai ini menarik untuk bersantai dan mencoba olahraga berat.Surfing di pantai Pulau Merah Banyuwangi/ Foto: Istimewa (dok. situs Kemenparekraf)

Saat itu, Jro menjelaskan salah satu alasannya. Menurutnya, ombak G-land hanya cocok untuk peselancar profesional. Karena itu lebih sulit. Sedangkan ombak Pulau Merah bisa untuk peselancar amatir maupun profesional.

“Ini peluang untuk menjadi wisata selancar keluarga karena bisa menarik lebih banyak wisatawan. Peselancar bisa mengajak keluarga atau temannya yang bukan profesional,” kata Jro.

Saat itu, Jro pun membandingkan Pulau Merah dengan mutiara yang baru saja digali. Saat ini pantai ini menjadi salah satu sudut yang dibanggakan Banyuwangi.

“Ada pulau yang menjulang di tengah lautan. Pantainya luas dan panjang, pasirnya bagus dan bersih,” tambah Jro.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi:

1. Sejarah

Pantai Pulau Merah Banyuwangi sebelumnya dikenal dengan nama Pantai Ringin Pintu. Baru belakangan ini dikenal dengan nama Pulau Merah karena tanah lereng bukit di tepi pantai berwarna kemerah-merahan.

2. Lokasi

Pantai Pulau Merah terletak di desa Sumber Agung di kecamatan Pesanggaran. Berikut adalah jarak dari kota ke bandara.

  • Blambangan-Taman Pantai Pulau Merah (71 km)
  • Ketapang – Pantai Pulau Merah (79 km)
  • Banyuwangi-Bandara Pantai Pulau Merah (62 km)

3. Harga tiket masuk

Pantai Pulau Merah Banyuwangi dikenakan biaya. Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan pantai ini adalah Rp 10.000.

Pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar parkir. Tarifnya Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda enam.

Tonton videonya “Banyuwangi Red Island Wave Swim Fighting Championship”
[Gambas:Video 20detik]
(matahari/lemak)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button