Tempat Wisata

Pantai Rambak, pantai indah dengan suguhan sunset yang memukau di Bangka

harga tiket: Rp3.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Desa Parit Padang, Kec. Sungai Liat, Cab.Bangka, Kepulauan Bangka-Belitung; map: pemeriksaan situs

Setiap destinasi wisata berupa pantai selalu menawarkan keindahan alam lautan, begitu pula dengan Pantai Rambak. Letaknya yang jauh dari kota membuatnya masih alami dengan panorama alam yang menakjubkan. Pantai ini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan berlibur, terutama yang berada di dekat Kepulauan Bangka Belitung.

Sebenarnya bukan hanya pantai indah ini yang menjadi objek wisata di Pulau Bangka. Namun karena keindahan yang ditawarkannya, sebagian besar pengunjung memilihnya sebagai tempat bersantai untuk menghabiskan waktu liburannya. Pemandangan alam pepohonan pinggir pantai, bebatuan, pasir dan birunya air laut seakan menyatu sengaja memberikan pemandangan yang indah. Apalagi jika pasir di tempat ini jarang ditemukan di pantai lain, teksturnya lembut seperti tepung, dengan warna kecoklatan.

Lebih menarik lagi ketika posisi Pantai Rambak berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan. Sehingga Anda bisa menikmati panorama laut lepas yang terpotong oleh garis fatamorgana. Di tempat lain pun Anda tidak akan mendapatkan pemandangan seperti ini, padahal sama-sama pantai. Terdapat banyak bebatuan dengan berbagai ukuran di pantai yang juga menambah keindahan. Yang unik bukan berupa batu karang seperti pantai melainkan berupa batu-batu granit yang tertata rapi.

Daya tarik Pantai Rambak

Objek wisata Pantai RambakKredit foto: Google Maps Onedes Sipahutar

Setiap pengunjung yang datang ke tempat wisata berupa pantai yang indah ini akan terpesona dengan daya tariknya. Bukan hanya satu atau dua, tetapi ada beberapa yang harus Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin berkunjung namun belum yakin, beberapa objek wisata Pantai Rambak di bawah ini mungkin bisa menjadi pilihan untuk Anda!

1. Keindahan alam Pantai Rambak

Seperti yang sudah disebutkan, lokasi pantai ini jauh dari perkotaan sehingga masih alami. Beberapa batuan granit di pantai ini bahkan memiliki bentuk yang unik. Ada batu besar yang di atasnya ada batu lain, kemudian batu itu menopang batu lainnya. Dalam posisi ini, kedua batu tidak bisa jatuh karena seimbang.

Sedangkan pasir lembutnya membentang sejauh 2 kilometer, mampu memuaskan setiap orang yang memandangnya. Beberapa turis meluangkan waktu untuk berjalan-jalan di pantai dan menginjak pasir. Bahkan, bibir Pantai Rambak cukup panjang sehingga membuatnya terlihat semakin eksotis.

Suasana semakin alami ketika pepohonan rindang di pantai tertiup angin. Pohon kelapa merupakan tumbuhan khas pantai yang juga dapat dijumpai di pantai dengan pesona yang luar biasa ini. Jauh dari pantai Anda juga dapat menemukan berbagai jenis tumbuhan berdaun dan warna hijau khasnya terlihat.

2. Garis pantai yang panjang

Sempat disinggung sebelumnya bahwa pantai di Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki garis pantai yang sangat panjang, sekitar 2 kilometer. Dengan panjang tersebut, wisatawan bisa leluasa berjalan-jalan di sepanjang pantai. Apalagi saat ombaknya tidak begitu besar, Anda aman tanpa perlu khawatir dihantam ombak laut.

Hamparan garis pantai semakin lengkap dengan pasirnya yang mempesona. Kadang-kadang pasir lembut terbawa ke laut oleh ombak yang kembali. Buih ombak saat menyentuh pasir juga sangat indah dan menjadi pemandangan tambahan bagi setiap pengunjung. Suasana ini kondusif untuk relaksasi dan menjernihkan pikiran.

3. Tempat melihat matahari terbit dan terbenam

Pantai Rambak terbentang luas di Pulau Bangka Belitung, menjadikannya tempat yang nyaman untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Atraksi seperti ini tentunya mampu menarik wisatawan yang datang dari berbagai tempat, tidak hanya warga lokal saja. Sebagian besar pengunjung juga ingin menikmati panorama alam yang indah ini.

Bahkan jika Anda bisa melihatnya setiap hari dalam cuaca dingin, tetap saja tidak membosankan. Apalagi jika terkadang pemandangannya tidak sama tergantung cuaca dan juga awan yang turut menghiasinya. Misalnya, jika awan mendekat ke matahari, gradasi warna yang dihasilkan sangat indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai RambakKredit foto: Google Maps Fernando Lian

Pengunjung yang tertarik menikmati panorama alam Pantai Rambak, silahkan berkunjung ke Desa Parit Padang, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Jarak dari ibu kota Bangka Belitung, Pangkalpinang, sekitar 30 kilometer dengan kendaraan bermotor. Pada jarak ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam penuh dengan kecepatan rata-rata.

Karena tempatnya masih tersembunyi dan belum ada akses transportasi umum, lebih baik menggunakan mobil sewaan atau kendaraan pribadi. Tentunya bagi yang menggunakan mobil rental tidak kesulitan untuk menuju ke lokasi, karena bisa langsung menginformasikan ke driver. Begitu juga dengan kendaraan pribadi, Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi menggunakan Google Map. Pastikan titik keberangkatan Anda berada di pusat kecamatan Sungaliat agar lebih mudah.

Biaya masuk ke objek wisata

Harga tiket Pantai RambakKredit foto: Google Maps Fernando Lian

Seperti tempat wisata lainnya, ada biaya masuk yang harus dibayar. Namun di Pantai Rambak ini bisa dibilang sangat murah, hanya 3.000 rupiah untuk seorang pengunjung. Harganya tentu sangat murah, belum lagi banyaknya latihan seru yang biasa Anda dapatkan. Selain itu, para pengunjung yang masuk bebas melakukan aktivitas apapun asalkan keselamatan menjadi prioritas.

Selain membayar tiket masuk, ada biaya lain yang harus dikeluarkan. Tarif yang dimaksud berlaku untuk parkir kendaraan apabila menggunakan kendaraan pribadi. Cukup murah untuk kelas pariwisata, hanya 5.000 rupiah untuk mobil dan 2.000 rupiah untuk yang menggunakan sepeda motor.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Rambak

Aktivitas di Pantai RambakKredit foto: Google Maps Fauzi Bijak Permadi

Mengunjungi objek wisata berupa pantai, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan positif. Lokasinya yang luas memungkinkan setiap pengunjung beraktivitas seperti berlibur. Namun, ada yang spesial dari mengunjungi Pantai Rambak, seperti kegiatan berikut ini!

1. Permainan renang dan air yang menyenangkan

Anda bisa berenang sepuasnya di pantai cantik dengan hamparan air laut yang sangat luas ini. Jangan takut dengan ombak karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Batuan karangnya tidak terlalu banyak, pasir agak lunak dan bebatuan kecil mendominasi. Alhasil, kaki tentu lebih aman dari serpihan batu tajam.

Jika Anda tidak bisa berenang karena tidak bisa atau tidak bisa, bermain di air juga tidak kalah menarik. Anda duduk santai di pinggir pantai dan menunggu ombak perlahan mendekat. Kegiatan ini semakin menyenangkan jika dilakukan bersama-sama, baik dengan teman atau keluarga.

2. Berjemur dan bersantai di pantai

Mengunjungi Pantai Rambak tidak mengharuskan berenang atau bermain air. Kegiatan lain yang tak kalah menarik adalah berjemur dan bersantai sambil menikmati alam sekitar. Semilir angin pantai membuat suasana lebih tenang dan menyegarkan. Jika Anda tidak ingin bagian tubuh Anda terkena sinar matahari, gunakanlah payung. Anda bisa mendapatkan payung dengan meminjamkannya kepada pengelola beserta semua kursinya.

3. Berjalan-jalan di sepanjang pantai

Hamparan pantai sepanjang hingga 2 kilometer ini tentunya sangat cocok untuk jalan-jalan santai. Banyak juga wisatawan yang melakukan kegiatan ini karena cukup seru. Ombak yang datang dari jauh perlahan merayapi pantai dan menghantam kaki Anda, memberikan sensasi tersendiri. Agar semakin seru, jangan sampai sepatu menghalangi Anda dari sentuhan lembut pasir pantai yang menyenangkan.

4. Menikmati keindahan matahari terbit

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai RambakKredit foto: Google Maps Ayu Wahyu

Salah satu daya tarik Pantai Rambak yang juga bisa dijadikan aktivitas menarik adalah panorama matahari terbit dan terbenam. Kegiatan ini sangat menarik meski hanya bersifat pasif. Matahari yang perlahan menghilang dari jangkauan mata, seolah memberikan kesan indah sepanjang hari. Silahkan datang pada sore hari untuk menikmati panorama alam yang menakjubkan ini.

Bagi yang ingin menikmati matahari terbit setelah tidak muncul semalaman, sebaiknya datang lebih awal. Anda akan mendapatkan rasa keindahan dari pancaran cahaya yang perlahan tapi pasti terbit. Itu tidak hanya menerangi tempat Anda menginjakkan kaki saat itu, tetapi juga menghangatkan tubuh dan suasana Anda.

5. Berburu spot foto dengan Pesona Alam

Entah Anda sedang berenang, berjemur, atau pun menikmati panorama matahari, jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut. Kegiatan seperti ini wajib dilakukan saat liburan. Percuma kalau ke tempat yang indah dan indah seperti Pantai Rambak, tapi tidak ada memorabilia di dalamnya. Tempat lain yang bisa dijadikan backdrop cantik adalah bongkahan batu granit di pinggir pantai cantik ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di pantai TambakSumber gambar: Google Maps Erna Vitrawati

Meski biaya sebagai syarat masuk ke tempat wisata indah ini sangat murah, namun fasilitas yang disediakan cukup memadai. Sebut saja keberadaan mushola sebagai tempat ibadah umat Islam ketika waktunya tiba. Ada juga toilet yang bisa digunakan untuk membersihkan atau mengganti pakaian. Tempat parkir mobil juga cukup luas bagi anda yang datang dengan kendaraan pribadi.

Jika Anda lapar atau ingin menikmati kuliner lokal, ada banyak warung yang tidak jauh dari pantai. Pada umumnya wisatawan berburu es kelapa muda di pantai cantik ini. Sayangnya, masih belum banyak tempat menginap di dekat tempat tersebut.

Itulah beberapa hal menarik tentang Pantai Rambak yang bisa kami sampaikan. Dengan semua informasi ini, kami harap Anda tidak lagi meragukan keindahannya dan segera mengunjungi tempat tersebut. Setidaknya Anda bisa menggunakan informasi ini sebagai referensi untuk tujuan perjalanan Anda selanjutnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button